cover
Contact Name
Teguh Wibowo
Contact Email
twibowo@umpwr.ac.id
Phone
+62275321494
Journal Mail Official
jipm@umpwr.ac.id
Editorial Address
Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jln. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
ISSN : -     EISSN : 27148157     DOI : https://doi.org/10.37729/jipm
Core Subject : Education,
The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, psychology in learning mathematics, etc.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): JIPM" : 2 Documents clear
Integrasi Konsep Aritmatika Sosial dalam Al-Qur’an serta Nilai-nilai Keislamannya
Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM) Vol. 6 No. 1 (2024): JIPM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jipm.v6i1.2758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mengetahui ada tidaknya integrasi konsep aritmatika sosial. (2) Bagaimana konsep integrasi materi aritmatika sosial dengan Al- Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analyze). Penelitian ini dibatasi pada ayat Al-Qur’an pada materi aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi (content analyze), dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah berupa wawancara. Langkah-langkah dalam menganalisis data ialah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat integrasi konsep aritmatika sosial dalam Al-Qur’an yang mencakup tentang kegiatan jual beli atau perdagangan. Diketahui ada sebelas ayat yang membahas mengenai jual beli. Dua ayat membahas mengenai sikap ketika transaksi jual beli, tiga ayat membahas mengenai takaran timbangan, satu ayat membahas hukum jual beli, satu ayat membahas mengenai permasalahan dalam simpan pinjam, satu ayat membahas nilai keseluruhan, tiga ayat membahas ketentuan jual beli. Dari ayat tersebut dapat kita integrasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan contoh-contoh soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial.
Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang Teoritis dan Peluang Empiris dengan Hompimpa Alaium Gambreng Elionora Indira Chastity; Apriani, Maria Suci; Ningsi, Gabariela Purnama
Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM) Vol. 6 No. 1 (2024): JIPM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jipm.v6i1.4888

Abstract

Pembelajaran matematika perlu dilakukan dengan memanfaatkan pendekatan dari hal yang sering atau pernah dilakukan oleh siswa itu sendiri untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Salah satu kegiatan yang erat kaitannya dengan berbagai permainan adalah hompimpa. Hompimpa biasa dilakukan sebelum memulai permainan dengan tiga atau lebih pemain untuk mengundi pemain yang kalah. Hompimpa sebagai sistem pengundian dalam permainan menunjukkan bahwa permainan ini dapat dikaitkan dengan materi peluang. Proses belajar siswa untuk sampai pada pemahaman yang bermakna sangat erat keterkaitannya dengan dugaan dari alur pembelajaran yang dibuat oleh guru. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) adalah alur belajar yang dibuat oleh guru berdasarkan hipotesis akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Pengenalan akan budaya dilakukan untuk mengajarkan siswa terhadap pemahaman akan nilai-nilai luhur budaya yang diharapkan juga memberikan dampak positif terhadap pendidikan karakter siswa. Artikel ini menyajikan hypothetical learning trajectory pada materi peluang teoritis dan peluang empiris dengan hompimpa alaium gambreng.

Page 1 of 1 | Total Record : 2