Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian di bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Ruang lingkup Pendidikan Bahasa Indonesia mencakup Kajian Bahasa, Kajian Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Cakupan topik dalam jurnal secara spesifik dapat meliputi Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pengembangan Bahasa Indonesia, Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Teknologi dan Media Bahasa Indonesia, Evaluasi Program dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1 No 1 (2018): April"
:
14 Documents
clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP PADA SISWA KELAS VII SMP SEMESTER 1
LAKSMONO, NAZAR BUDI
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.5
Masalah yang akan dibahas adalah bagaimanakah model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip pada siswa SMP Kelas VII semester I?Tujuan Penelitian ini adalah untuk menyusun model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip tema pariwisata pada siswa SMP Kelas VII semester I.Penelitian ini diharapkan dapat memiliki manfaat untuk berbagai pihak. Bagi Siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang materi menulis teks hasil observasi dan mengikuti proses pembelajaran dengan perasaan senang dan aktivitas belajar yang tinggi. Bagi guru dengan adanya inovasi model pembelajaran, guru memliki pengetahuan dan keterampialn khususnya untuk memanfaatkan Teknologi Informasi yang berkembang pesat. Guru dapat berinovasi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan dalamtiga tahap penelitian. Selain karena keterbatasan waktu penelitian, kelima tahapan tersebut disusun berdasarkan modifikasi peneliti berdasarkan dua belas tahap pengembangan R & D.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkana. Prinsip/kadiah pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I yaitu fixative property, manipulative property, dan distributive property.b. Prototipe model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I memiliki kelebihan antara lain dapat mengaktifkan peserta didik, menarik dan menyenangkan, bermakna karena berkonteks lingkungan sekitar peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan bermuara tercapainya tujuan pembelajaran.
KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN (TANDA WAKTU) DAN TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERDASARKAN KECEMASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
DEWI, MARINE OKTAVIRANI
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.6
Berbicara adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP. Salah satu jenis keterampilan berbicara yang dimaksud adalah menyampaikan hasil diskusi dan pendapat secara lisan. Kurikulum 2013 menuntut guru melaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan lebih memperhatikan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Model Time Token dan Talking Stick efektif untuk pembelajaran keterampilan berbicara bagi peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini adalah adalah (1) mengetahui keefektifan penggunaan model Time Token dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (2) mengetahui keefektifan penggunaan model Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (3) mengetahui keefektifan interaksi Time Token dan Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan peserta didik SMP Kelas VIII.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI TANJUNG
CAHYONO, AGUNG
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.7
Menulis secara berantai (estafet writing) termasuk salah satu metode active learning atau learning by doing bertujuan agar siswa mengasosiasikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Para siswa diberi kebebasan mengekspresikan imajinasinya melalui tulisan-tulisan yang dihasilkan seperti menulis puisi. Kegiatan menulis puisi dengan menggunakan metode estafet writing ini juga dapat dimanfaatkan untuk menguji kompetensi siswa dalam membangun kalimat dalam sebuah paragraf.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEDIA VCD INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ASPEK MENDENGARKAN DI SD KELAS V
SARI, VITA IKA
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.8
Topik ini dipilih karena pengalaman siswa akan dunia nyata masih kurang, sehingga ketercapaian tujuan pembelajaran tidak maksimal. Besarnya biaya operasional pembelajaran di luar kelas mengakibatkan pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas dengan media seadanya.Belum lagi media VCD tematis yang hanya menyuguhkan foto atau gambar diam sehingga kurang menarik siswa. Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini adalah bagaimana karakteristik media VCD Interaktif yang digunakan di sekolah, bagaimana prinsip/kaidah media VCD interaktif pada pelajaran bahasa Indonesia di SD/MI kelas V semester II, dan bagaimana prototipe media VCD interaktif pada pelajaran bahasa Indonesia di SD/MI kelas V semester II. Tujuan yang ingin dicapai dalam artikel ini adalah Mendeskripsikan karakteristik media VCD interaktif pada pelajaran bahasa Indonesia di SD/MI kelas V semester II, merumuskan prinsip/kaidah media VCD interaktif pada pelajaran bahasa Indonesia di SD/MI kelas V semester II, dan menyusun prototipe media VCD interaktif pada pelajaran bahasa Indonesia di SD/MI kelas V semester II. Penelitian ini menggunakan pendekataran Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall (1983:775?776) yang telah diadaptasi oleh Sukmadinata menjadi sepuluh langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data/informasi tentang kebutuhan produk pengembangan; (2) perencanaan penyusunan produk pengembangan; (3) membuat rancangan/draf produk pengembangan; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi terhadap rancangan awal produk pengembangan; (6) uji coba lapangan awal; (7) revisi terhadap produk hasil uji lapangan; (8) uji coba operasional/uji pelaksanaan lapangan; (9) revisi produk akhir; (10) diseminasi dan implementasi.
BERITA KASUS KORUPSI E-KTP "MIRYAM TERSANGKA" DALAM SURAT KABAR SUARA MERDEKA (ANALISIS WACANA KRITIS MODEL THEO VAN LEEUWEEN)
HERMAJI, BOWO
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.9
Kasus korupsi E-KTP merupakan kasus yang cukup mengemparkan masyarakat Indonesia. Hal itu bukan karena jumlahnya yang cukup fantastik, melainkan juga karena melibatkan banyak tokoh partai politik. Teks berita ini menarik untuk dianalisis secara kritis, sehingga objektivitas pemberitaan dapat diungkap secara jelas. Untuk mengungkap teks berita tersebut, penulis menggunakan kerangka model Theo Van Leeuween yang lebih fokus pada strategi pengeluaran (exclusion) dan strategi pemasukan (inclusion) atas aktor yang terlibat dalam peristiwa. Berdasarkan analisis kritis model tersebut dapat dipahami bahwa pemberitaan tersebut lebih natural atau netral dengan penggunaan strategi verbal. Strategi nominalisasi,pasivasi, dan anak kalimat juga digunakan. Pemberitaan di Suara Merdeka itu cenderung memberitakan negatif terhadap tersangka.
BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI-NILAI SOSIAL UNTUK SISWA SMP
PURNOMO, PAJAR
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.10
Buku ajar selain memiliki peran penting dalam pembelajaran untuk peserta didik, juga mempunyai peran penting untuk guru. Bahan bacaan yang baik bagi peserta didik adalah bahan bacaan yang mengandung nilai edukatif. Salah satu nilai edukatif yang harus dimiliki peserta didik adalah muatan nilai-nilai sosial.Bahanajar keterampilan menulisyangberbentukbukupengayaanperlu diintegrasikandengan muatan nilai-nilaisosial.Metode penelitian menggunakanresearch and development (R&D) yang mengacu pada teori Sugiyono. Hasil penelitian menerangkan kecenderungan kebutuhan yang diajukan guru dan siswa. Ide tersebut disusun dalam bentuk prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis teks eksposisi yang bermuatan nilai-nilai sosial. Kemudian prinsip tersebut dijadikan dasar penyusunan prototipe buku pengayaan menulis teks eksposisi. Hasil penilaian ahli berkaitan dengan buku pengayaan memberikan penilaian baik dan layak sebagai bahan ajar. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan uji efektivitas buku pengayaan keterampilan menulis teks eksposisi yang bermuatan nilai-nilai sosial yang dikembangkan sudah baik dan layak untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dan menanamkan nilai-nilai sosial.
ANALISIS PENOKOHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DANUR :I CAN SEE GHOSTS KARYA RISA SARASWATI EDISI PERTAMA
Asriyani, Wahyu
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.96
Penelitian ini berjudul ?Analisis Penokohan Tokoh Utama Dalam Novel Danur :I Can See Ghosts Karya Risa Saraswati Edisi Pertama?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan watak dan teknik penokohan yang terdapat dalam novel Danur :I Can See Ghosts karya Risa Saraswati edisi pertama. Sumber data penelitian ini adalah novel Danur :I can see ghosts karya Risa Saraswati edisi pertama. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter.Hasil penelitian ini merujuk pada watak tokoh. Adapun watak tokoh meliputi : (1) penyayang, (2) mandiri, (3) pendiam, (4) baik, (5) pintar, (6) lucu, (7) dewasa, (8) humoris, dan (9) cengeng.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP PADA SISWA KELAS VII SMP SEMESTER 1
LAKSMONO, NAZAR BUDI
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.5
Masalah yang akan dibahas adalah bagaimanakah model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip pada siswa SMP Kelas VII semester I?Tujuan Penelitian ini adalah untuk menyusun model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip tema pariwisata pada siswa SMP Kelas VII semester I.Penelitian ini diharapkan dapat memiliki manfaat untuk berbagai pihak. Bagi Siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang materi menulis teks hasil observasi dan mengikuti proses pembelajaran dengan perasaan senang dan aktivitas belajar yang tinggi. Bagi guru dengan adanya inovasi model pembelajaran, guru memliki pengetahuan dan keterampialn khususnya untuk memanfaatkan Teknologi Informasi yang berkembang pesat. Guru dapat berinovasi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan dalamtiga tahap penelitian. Selain karena keterbatasan waktu penelitian, kelima tahapan tersebut disusun berdasarkan modifikasi peneliti berdasarkan dua belas tahap pengembangan R & D.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkana. Prinsip/kadiah pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I yaitu fixative property, manipulative property, dan distributive property.b. Prototipe model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I memiliki kelebihan antara lain dapat mengaktifkan peserta didik, menarik dan menyenangkan, bermakna karena berkonteks lingkungan sekitar peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan bermuara tercapainya tujuan pembelajaran.
KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN (TANDA WAKTU) DAN TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERDASARKAN KECEMASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
DEWI, MARINE OKTAVIRANI
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.6
Berbicara adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP. Salah satu jenis keterampilan berbicara yang dimaksud adalah menyampaikan hasil diskusi dan pendapat secara lisan. Kurikulum 2013 menuntut guru melaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan lebih memperhatikan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Model Time Token dan Talking Stick efektif untuk pembelajaran keterampilan berbicara bagi peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini adalah adalah (1) mengetahui keefektifan penggunaan model Time Token dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (2) mengetahui keefektifan penggunaan model Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (3) mengetahui keefektifan interaksi Time Token dan Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan peserta didik SMP Kelas VIII.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI TANJUNG
CAHYONO, AGUNG
Sasando Vol 1 No 1 (2018): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24905/sasando.v1i1.7
Menulis secara berantai (estafet writing) termasuk salah satu metode active learning atau learning by doing bertujuan agar siswa mengasosiasikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Para siswa diberi kebebasan mengekspresikan imajinasinya melalui tulisan-tulisan yang dihasilkan seperti menulis puisi. Kegiatan menulis puisi dengan menggunakan metode estafet writing ini juga dapat dimanfaatkan untuk menguji kompetensi siswa dalam membangun kalimat dalam sebuah paragraf.