cover
Contact Name
Pada Lumba
Contact Email
padalumba@gmail.com
Phone
+6282172150290
Journal Mail Official
apteknikft@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai Desa Kumu, Rambah Hilir 28557 Rokan Hulu, Riau
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
APTEK
ISSN : 20852630     EISSN : 26559897     DOI : -
Core Subject : Engineering,
APTEK (Aplikasi Teknologi) menerbitkan manuskrip penelitian terkait dengan ilmu teknik. Tujuan jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan studi ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan teori dan konsep-konsep ilmu pengetahuan serta penerapannya pada bidang teknik. Ketentuan penerbitan, manuskrip tidak pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan di jurnal lain.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024" : 15 Documents clear
Identifikasi Kualitas Air dan Analisis Logam Berat di Sungai Batang Lubuh Kab. Rokan Hulu Hatika, Rindi Genesa; Daruwati, Ika
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2760

Abstract

Sungai Batang Lubuh merupakan salah satu sungai yang besar di kabupatan Rokan Hulu, Riau. Sungai ini melewati banyak kecamatan dan mempunyai nilai penting bagi penduduk yang tinggal disekitar. Penelitian mengambil lokasi yang berdekatan dengan galian pasir yang berada di Tanjung Berani, Kec. Bangun Purba Timur. Mengingat daerah aliran sungai batang lubuh yang berada disana digunakan sebagai tempat rekreasi dan terdapat galian pasir. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran beberapa parameter untuk mengukur kualitas air seperti suhu, kecerahan, kekeruhan, pH, TSS, DO dan BOD5 serta Pengukuran kandungan logam berat menggunakan metoda Atomic Absorption Spectroscopy (AAS). Secara umum kualitas perairan di Sungai Batang Lubuh masih layak dan mendukung untuk kehidupan organisme. Rata-rata kandungan logam pada air sungai antar stasiun bervariasi, untuk logam Zn dan Cr lebih tinggi yaitu (1,9785 ± 1,2231 mg/L) dan (0,6893 ± 0,0359 mg/L ) dari pada logam Cu dan Hg (0,1952 ± 0,1280 mg/L) dan (0,1265 ± 0,0086 mg/L)
Pengaruh Variasi Sudut Kampuh Single V Terhadap Kekuatan Butt Joint Dengan Las SMAW Pada Plat Baja A36 Jupri, Jupri Yanda Zaira
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2787

Abstract

Pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) adalah suatu proses pengelasan busur listrik Manual, Pengelasan ini proses penyambungan dua atau lebih benda logam yang menggunakan energi panas untuk menggabung benda kerja dengan pengisian elektroda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut kampuh las sambungan single V butt joint posisi 1G plat berbahan baja A36. Pengelasan ini menggunakan elektroda E7016 diameter 3,2 mm. Sebelum benda kerja dilakukan penyambungan terlebih dahulu dilakukan raw material untuk mengetahui kekuatan tarik benda yang digunakan. Bakal benda kerja di buat dan dilakukan tack weld dengan variasi sudut kampuh (included angle) sebesar 60°, 65° dan 70°. Hasil benda kerja yang sudah dilas dilakukan Visual Test dan NDT Penetrant Test, dimana hasil benda kerja dipastikan bebas dari cacat las (Sesuai dengan standard TWI Acceptance Level). Hasil yang sudah bebas dari cacat las selanjutnya dilakukan pembentukan specimen uji dengan ukuran (uji tarik dan bending 200x20x10 mm, uji impact 55x10x10 mm sesuai standard ASTM E23). Dari specimen dilakukan pengujian tarik diperoleh hasil kekuatan tarik terbesar terjadi pada sudut kampuh 60o rata – rata sebesar 675,148 MPa, untuk pengujian bending diperoleh hasil kekuatan bending terbesar terjadi pada sudut kampuh 65o dengan rata – rata 8,86 kN, sedangkan untuk uji impact hasil terbesar terjadi pada sudut kampuh 70o rata – rata sebesar 2,24 J/mm2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sudut kampuh pengelasan dapat mempengaruhi terhadap kekuatan mekanis sambungan.
Analisa Kualitas Air Tanah Studi Kasus Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru Rabiah
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2848

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah kondisi air tanah di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kondis lapangan bahwa warga membuang sampah dengan baik. Analisis model sebaran kualitas pH, Konduktivitas, TDS dan Kekeruhan air tanah di daerah penelitian menggunakan metode Geokimia. Berdasarkan peta penyebaran dua dimensi dan profil penampang barat – timur dan Utara Selatan telah mengambarkan kualitas air tanah di daerah penelitian dan diperoleh informasi mengenai penyebaran dan fluktuasi yang masih sesuai dengan baku mutu. Dari hasil pengolahan data Geokimia dapat diambil kesimpulan bahwa air tanah di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru layak untuk dikonsumsi karena parameter pH, TDS, konduktivitas dan kekeruhan semuanya sesuai standar baku mutu sehingga layak dikonsumsi.
Rancang Bangun Mesin Pemarut Sagu Dengan Metode Grater (Cakra) Novison, Roni
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2900

Abstract

Rancang bangun mesin pemarut sagu adalah sebuah rencana untuk membuat mesin yang dapat digunakan untuk memproses sagu menjadi tepung sagu dengan lebih efisien. Mesin ini dirancang dengan menggunakan prinsip mekanik dan teknologi modern untuk menggantikan cara tradisional dalam memproses sagu yang memakan waktu dan tenaga. Metode yang digunakan pada mesin pemarut sagu ini yaitu grater (cakra). Mesin ini terdiri dari beberapa komponen seperti pemarut grater (cakra), besi poros, motor Listrik, dan rangka. Dari mesin pemarut sagu ini didapatkan motor Listrik dengan daya 0,5 HP serta putaran 1400 RPM kemudian dihubungkan menggunakan sabuk-V Type A 62 dengan jarak sumbu poros 536,170 mm sedangka puli kecil diameter 76,2mm puli besar diameter 152,4mm, dan bahan poros yang digunakan S40C AISI 1040 kemudian jenil bantalan yang digunakan ASB pillow blok bearing ucp 205 dan mesin menggunakan rangka besi UNP 30mm x 38mm x 5mm.Mesin ini untuk memudahkan pengoperasian dan memastikan konsistensi produk hingga akhir. Tujuan dari mesin ini adalah untuk meningkatkan produksi dan kualitas tepung sagu secara massal, serta membantu meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani sagu dengan mengurangi kerja fisik yang berat dalam memproses sagu secara manual. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah mesin pemarut sagu dengan mode cakra (disc) yang dilengkapi dengan duri-duri pada permukaannya yang berfungsi sebagai mata pemarut. Penggerak mesin ini menggunakan motor AC dengan daya 0,5 hp dan putaran 1400 rpm. Mesin pemarut sagu ini memiliki kapasitas memarut sagu sebanyak 10 kg, dengan hasil parutan sebanyak 5 hingga 7 kg setiap menitnya. Mesin ini membutuhkan daya listrik sebesar 2,62 kWh untuk memarut sagu dari bahan mentah hingga siap diolah dengan berat total 10 kg dalam waktu 6 hingga 7 menit
Perancangan Mesin Pengering Sagu Tipe Rotary Dryer Dengan Sirip Right Anglet Dan Screw Bersumber Panas Biomasa Novison, Roni
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2903

Abstract

Mesin pengering sari pati sagu ini dirancang untuk membantu petani sagu, khususnya di Kab. Kepulauan Meranti, mengolah sari pati sagu basah menjadi tepung sagu siap pakai. Mesin ini menggunakan tipe rotary dryer yang dipilih karena mampu mengeringkan bagian luar dan dalam padatan dengan efisiensi panas tinggi dan pencampuran yang baik. Drum rotary dilengkapi dengan sirip atau fin yang membolak-balikkan produk agar terkena aliran uap panas secara merata. Dimensi drum mesin adalah 36 cm dengan panjang 144 cm, dilengkapi sirip screw pada inlet dan outlet, serta sirip right angled di bagian tengah. Pengujian dilakukan dengan memasukkan bahan dari lubang inlet, kemudian drum berputar secara kontinu dengan kecepatan 20 rpm, dengan udara panas dari blower yang dihasilkan oleh tungku pembakaran biomassa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu, hasil output pati sagu, dan bentuk sirip terhadap proses pengeringan dengan variasi sudut drum 1˚ dan 3˚. Hasil pengeringan diukur dengan mengukur kadar air basah sebelum dan sesudah proses pengeringan. Mesin ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas tepung sagu dengan kadar air akhir sebesar 13%, meningkatkan hasil pengeringan, dan membantu petani mengatasi masalah dalam proses pengeringan sagu.
Effect of Temperature and Roasting Duration on the Quality of Roasted Peanuts in Bin Roaster With Burner Heating : An Experimental Investigation Checilia, Azzahra Dwi; Ma'a, Mustaza; Wijianto, Agus; Nugraha, Nurcahya
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2907

Abstract

Kacang sangrai merupakan salah satu jenis pengolahan kacang tanah yang memiliki potensi ekonomi yang cukup besar peluangnya di Indonesia. Kacang sangrai cukup digemari sebagai cemilan karena rasanya yang manis dan masa penyimpanannya tahan lama. Untuk dapat efektif, diperlukan pula cara penyangraian yang benar. Seperti pengaturan temperatur dan lama penyangraiannya. Adapun jenis penyangraian yang menggunakan bantuan media pasir.Penelitian ini dilakukan untuk melakukan pengujian eksperimental terhadap proses penyangraian kacang, Dimana proses penyangraian dilakukan dengan 2 variabel bebas, yaitu variasi suhu dan variasi media penyangraian. Untuk suhu menggunakan 3 variasi pengujian, yaitu 150 C, 165C, dan 180C. Sedangkan variabel media penyangraian menggunakan 2 variasi, yaitu dengan menggunakan media pasir dan tanpa menggunakan media pasir. Metode pengambilan data berupa pengambilan data eksperimental temperatur di 5 titik setiap 5 menit sekali. Dilakukan hingga kacang berubah warna kecoklatan (matang). Dari hasil pengujian, didapatkan hasil kacang sangrai yang baik pada saat pengujian temperatur 180 C dengan menggunakan bantuan media pasir. Tingkat kegosongan kacang sebesar 2% dari 1 Kg pengujian, butir kacang rusak sebanyak 18gr, lama waktu penyangraian 1 kg kacang selama 25 menit, dan pengurangan kadar air pada kacang mencapai 20%
Perbaikan Sifat Mekanis Baja SUP9A Untuk Bahan Pisau Dodos Sawit Dengan Cara Perlakuan Panas haidil, haidil fauzir
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2969

Abstract

Material baja SUP9A dengan variasi holding time 30 menit dan 45 menit dan media pendingin air, larutan garam dan oli bekas. Harga impact tertinggi terjadi pada saat holding time 45 menit dengan media pendingin oli bekas yaitu sebesar 0,37 J/mm² dan 0,47 J/mm² dan 1,35 J/mm². Karena adanya pengaruh holding time dan quenching pada material JIS SUP 9A dalam hasil perlakuan panas terhadap harga impak dimana holding time semakin lama akan mengembalikan sifat keuletan material JIS SUP9A dan media pendingin air, larutan garam dan oli bekas memiliki viskositas yang berbeda-beda visositas akan memperlambat proses pendinginan. Dengan adanya media oli bekas memiliki viskositas tertinggi akan memperlambat pendinginan sehingga keuletan material SUP9A lebih tinggi. Sedangkan kekerasan tertinggi terjadi pada saat holding time 30 menit yaitu 1.229,33 MPa. Karena semakin lama menahan material waktu saat dipanaskan didalam furnace akan menurunkan tingkat kekerasan material. Hasil mikrostruktur terlihat struktur martensit dengan media pendingin oli bekas
Dampak Pelanggaran Lalulintas terhadap Probabilitas Kecelakaan pada Pengendara Sepeda Motor di Indonesia Lumba, Pada; Ariyanto, Anton; ., Rismalinda; Fathoni, Ahmad
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.2993

Abstract

Jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2019 cukup tinggi dibandingkan jenis kendaraan lainnya yakni 112.771.136 unit dengan pertumbuhan per tahun sebesar 6,2%. Peningkatan sepeda motor mengakibatkan peningkatan kecelakaan lalulintas. Fakta menunjukkan bahwa 70.93% kecelakaan yang terjadi di Indonesia melibatkan pengendara sepeda motor [1]. Untuk itu penting dilakukan studi untuk mengurangi risiko kecelakaan pada pengendara sepeda motor dengan memberikan gambaran awal kepada pengendara sepeda motor dan pengambil kebijakan tentang besarnya probabilitas kecelakaan pada pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran lalulintas. Dari 205 sampel yang dianalisis dengan metode Bayesian Network mengindikasikan bahwa probabilitas kecelakaan lalulintas terjadi lebih besar pada pengendara yang melakukan pelanggaran lalulintas lebih dari 1 kali sebelum mengalami kecelakaan dibandingkan pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran hanya 1 kali sebelum terjadinya kecelakaan. Selanjutnya dilakukan validasi model dasar dengan menggunakan jumlah sampel 92 responden. Kemudian dilakukan beberapa skenario untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap probabilitas kecelakaan. Kontribusi penelitian ini sebagai gambaran awal yang komprehensif kepada pengendara sepeda motor dan pengambil kebijakan dalam meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan pada pengendara sepeda motor.
Interpretasi Struktur Geologi Bawah Permukaan Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Schulumberger Studi Kasus di Kampus UNRI Krisman; Zulfa; Muhammad, Juandi
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.3007

Abstract

Melalui metode geolistrik ini, karakteristik dan kedalaman aquifer yang terkandung dalam lapisan tanah dapat diidentifikasi dengan lebih akurat. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi air bawah tanah di Kampus UNRI, tepatnya depan laboratorium Fisika Bumi, dengan menggunakan metode geolistrik untuk mengetahui struktur geologi bawah permukaan yang berpotensi sebagai sumber air bersih. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan model pengelolaan berwawasan lingkungan yang dapat meningkatkan pemanfaatan air bawah tanah untuk pemenuhan kebutuhan air di Kampus FMIPA UNRI, dari penelitian ini sangat penting, baik dalam bidang ilmu geofisika maupun dalam ilmu lingkungan, khususnya yang berkaitan dengan keberlanjutan sumber daya air bawah tanah. Selain itu, penelitian ini juga relevan dengan pengembangan IPTEK dalam rangka konservasi air bawah tanah, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai tujuan keberlanjutan pembangunan yang melibatkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Setelah dilakukan penelitian menggunakan metode geolistrik konfigurasi elektroda Schlumberger di areal study didapatkan kesimpulan, yaitu hasil pengolahan data geolistrik bahwa akuifer bebas berada pada kedalaman 19 metee sampai 25 meter dengan nilai resistivitas 62,7 Ωm sampai 88,3 Ωm. Di daerah studi dapat dikatakan bahwa di daerah studi teridentifkasi terdapat 13 lapisan
Perancangan dan Uji Displacement Rangka Mobil Listrik Wijayakusuma Tipe Tubular Space Frame Material Baja ST37 Prabowo, Dian; Unggul, Unggul Satria Jati; Ulikaryani
Aptek Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 17, No. 01, Desember 2024
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/aptek.v17i1.3022

Abstract

Mobil listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan energi listrik untuk bahan bakar utamanya, dan memiliki dampak positifnya yaitu tidak ada sisa hasil pembakaran yang dihasilkan yang akhirnya tidak menambah gangguan pencemaran udara. Hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah rangka dimana rangka adalah tempat untuk menopangnya semua komponen yang berada diatasnya. Tujuan dalam penlitian ini adalah merancang desain rangka mobil listrik, menghitung kekuatan rangka dan menguji rangka dengan uji displacement. Hasil dari penilitian ini didapat bahwa desain mobil listrik type tubular space frame mendapat dimensi 2,05 x 0,85 x 1,1 meter. Untuk hasil perhitungan rangka bahwa rangka dapat digunakan dengan aman dimana tegangan ijin pada rangka tidak melebihi tegangan maksimal yaitu sebesar 388,561 Mpa dari 464 Mpa. Sedang uji displacement rangka mengalami defleksi sebesar 2 mm

Page 1 of 2 | Total Record : 15