cover
Contact Name
Gatot Kusjono
Contact Email
gatotkusj@yahoo.co.id
Phone
+6281386165113
Journal Mail Official
feasible@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1 Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26559811     EISSN : 26561964     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi" : 7 Documents clear
Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memoderasi Pengaruh Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas YPPI Rembang Ilhami, Susanti Dwi
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.135-144.22794

Abstract

Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui peran pendidikan kewirausahaan dalam memoderasi pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi wirausaha pada mahasiswa Universitas YPPI Rembang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh dengan jumlah responden 76 mahasiswa Universitas YPPI Rembang yang telah memperoleh mata kuliah Entreprenerurial Skill. Teknik analisis data dengan menggunakan structural equation model dengan pendekatan variances based sem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap intensi wirausaha. Namun pendidikan kewirausahaan tidak memoderasi pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi wirausaha mahasiswa Universitas YPPI Rembang.
Analisis Kelayakan Bisnis Shandy Laundry Kiloan di Tangerang Selatan Furyanah, Anah; Ibrahim, Ahmad Fahriza; Abdillah, Helmi; Muhammad, Hiqbal Nur; Maghfiroh, Jihan Ayu; Abasyah, Shandy
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.145-151.20634

Abstract

Perubahan gaya hidup dan tuntutan ekonomi pada zaman modern seperti sekarang ini, menuntut agar seseorang dapat mengatur waktunya se-efisien mungkin, baik dalam urusan pribadi maupun pekerjaan mereka. Perubahan yang demikian menyebabkan adanya tuntutan kepraktisan dalam menjawab kebutuhan pribadi mereka, misalnya dalam hal mencuci pakaian dan menyetrika. Dengan adanya hal ini, maka perlahan-lahan mulai berkembanglah suatu pelayanan jasa yang memberikan kemudahan dalam hal pencucian pakaian, yang disebut dengan Jasa Laundry. Analisa studi kelayakan usaha ini bertujuan untuk mengetahui usaha laundry tersebut layak untuk dijalankan dan mengetahui jangka waktu pengembalian modal dan tingkat keuntungan yang didapat. Pembukaan usaha laundry & dry clean didasarkan pada penilaian berbagai aspek studi kelayakan yang meliputi aspek pasar, aspek teknik, aspek hukum, aspek manajemen, aspek lingkungan dan aspek finansial. Dan juga dilakukan survey dengan menyebarkan kuesioner untuk menentukan layak atau tidak pendirian usaha tersebut. Berdasarkan hasil dari studi kelayakan usaha yaitu dengan Metode Pay Back Period, Metode Net Present Value, Metode Internal Rate of Return, Metode Profitabilitas Index maka pendirian usaha laundry and dry clean di daerah Pondok Jagung, Tangerang Selatan direkomendasikan layak untuk di jalankan.
Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru (Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi) Yudi Kurniawan, Kiagus; Albari, Albari
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.122-134.23868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian varian produk merek apple terbaru. Ada juga variabel brand image yang berperan dalam memediasi hubungan antara variabel media sosial dengan harga dalam variabel keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability convenience sampling yang kemudian diperoleh data dari survei kuesioner dengan total 200 responden. Pengujian model dan hipotesis menggunakan SEM dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menyampaikan bahwa variabel media sosial dan harga memiliki efek positif dan bermakna terhadap variabel brand image. Kemudian variabel harga juga memiliki pengaruh positif dan bermakna terhadap variabel keputusan pembelian. Selain itu, variabel media sosial memiliki pengaruh positif namun tidak berarti terhadap variabel keputusan pembelian. Akhirnya, variabel citra merek memiliki efek negatif dan tidak berarti pada keputusan pembelian.
Social Media and Endorsement for the 4.0 challenge Business Practice at Girls Eyelash Salon Pangesthi, Intan
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.%p.12391

Abstract

Usaha perdagangan industri dan jasa tidak terlepas dari persaingan yang merupakan salah satu faktor penentu untuk kelangsungan/kontinuitas suatu perusahaan. Perusahaan harus mampu mengembangkan strategi untuk menjawab tantangan dalam implementasi bisnis khususnya di bidang salon dan kecantikan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap pemilik usaha. Objek penelitian ini ialah Girls Eyelash ekstension.  Solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi bisnis ini ialah memperkuat strategi marketing dengan memanfaatkan berbagai sosial media dan layanan endorsement baik menggunakan selebriti atau selebgram lokal.
Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Septiani, Indriyana; Udayana, IBN; Hatmanti, Lusia Tria
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.110-121.23869

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand image, kualitas produk terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji sobel test. Hasil analisis regresi menjelaskan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 10,770  > ttabel = 1,981. Brand image berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 6,911> ttabel = 1,981. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 2,671 > ttabel = 1,981. Word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung = 10,770  > ttabel = 1,981. Celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung = 3,336 > ttabel = 1,981. Brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 2,550  > ttabel = 1,981. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan thitung = 2,099 > ttabel = 1,981. Hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa World of Mouth memperkuat pengaruh celebrity endorses terhadap keputusan pembelian dengan nilai z = 2,179 > 1.96, World of Mouth memperkuat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian dengan nilai z = 5,802 > 1.96 dan World of Mouth memperkuat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan  nilai z = 2,618 > 1.96.
Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Kinerja Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Supardi, Yusuf
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.99-109.23870

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis  Economic Value Added dan Market Value Added  terhadap Kinerja Keuangan PT Asuransi Jiwasraya yang saat ini sedang menghadapi masalah dalam hal keuangan. Salah satu indikasi perusahaan menunda pembayaran klaim atau tak bisa memenuhi kewajiban kepada nasabah, serta diduga ada kesalahan dalam manajemen investasi dana. Kondisi ini jika tidak cepat ditanggulangi akan mengganggu terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hasil analisis perhitungan Economic Value Added (EVA) tercatat bernilai positi pada awal tahun 2020, triwulan 3, dan triwulan 4 sedangkan pada triwulan 1 dan triwulan 2 tercatat negatif. Hal ini secara keseluruhan pada tahun 2020 tidak ada nilai tambah perusahaan yang akan berdampak pada pemegang saham. Perhitungan Market Value Added (MVA) tercatat nilai buku modal yang negatif dan mengalami penurunan dari periode ke periode berikutnya. Tercatat penurunan MVA tertinggi pada angka -103,56% pada triwulan 1 dan terendah sebesar -100,38% pada triwulan 4. Koefisien Z Score pada awal tahun 2020 tercatat 1,3121 selanjutnya berturut-turut sebesar 0,0687 pada triwulan 1, triwulan 2 sebesar 0,1406. Selanjutnya 0,1153  pada triwulan 3 dan -0,8871 pada triwulan 4. Dengan kondisi ini perusahaan dapat dikatakan mengalami kebangkrutan.
Gambaran Kemampuan Innovasi (Innovation Capability) Para Pelaku Usaha Kuliner di Sukabumi Nuramdini, Hesti; Gunawan, Ce
JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v4i2.2022.152-158.23957

Abstract

Keberlangsungan  usaha (business sustainability)  pelaku UMKM  pasca pandemi covid 19  dibutuhkan mengingat UMKM adalah sektor yang mampu menekan tingkat ketimpangan baik ekonomi dan sosial, seperti meningkatkan daya beli masyarakat terhadap komoditas dalam negeri. Era penyesuaian untuk bertahan di pasca pandemic Covid 19 harus disikapi dengan bijak oleh pelaku bisnis UMKM, dengan meningkatkan startegi pengembangan bisnis salah satunya dari kemampuan berinovasi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan innovasi para pelaku usaha kuliner di Sukabumi. Penelitian ini didasarkan pada investigasi penelitian kualitatif deskriptif pada pelaku usaha kuliner di Sukabumi. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif. Tujuan studi deskriptif adalah menggambarkan sesuatu karakteristik seseorang, peristiwa atau situasi. kapabilitas inovasi pelaku usaha di Sukabumi, gambaran untuk indikator inovasi produk pelaku usaha kuliner di sukabumi termasuk pada kategori tinggi, untuk indikator inovasi proses pelaku usaha kuliner di sukabumi memiliki kategori cukup dan indikator inovasi  pemasaran memiliki kategori cukup

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 1 (2025): Jurnal Ilmiaf Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan, dan Koperasi Vol 6 No 1 (2024): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 5 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4, No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4, No 1 (2022): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3, No 2 (2021): Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 2 (2021): Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 1 (2021): Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3, No 1 (2021): Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 1 (2019): JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi More Issue