cover
Contact Name
M. Abdul Ghofur
Contact Email
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Phone
+6285649547331
Journal Mail Official
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Pswt. 11, atau Telp./Faks. (0341) 712192.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 26543818     EISSN : 26229765     DOI : 10.17977
Core Subject : Education,
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and issues of children.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2024): March" : 5 Documents clear
DEVELOPMENT OF A LIBRARY ARRAGEMENT MODEL FOR STIMULATION OF EARLY LITERACY OF CHILDREN IN AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KINDERGARTEN in KABUPATEN JEMBERT Hirmawan, Rafiiqaa Ramadhan; Saputri, Senny Weyara Dinda; Zahro, Indah Rohmatuz
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2024): March
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v6i2p88-101

Abstract

The arrangement of the children's library space has an important role, which can make children feel comfortable and at home when they are inside. Literacy activities at Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember Kindergarten are only carried out through exercise books or spelling guidelines provided by the school. The library at Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember Kindergarten in the previous arrangement was only a reading corner so it needed to be developed into a library so that it could be visited by the whole group. The aim is to describe the process of developing a library arrangement model for children's early literacy stimulation and find out the results of developing a library arrangement model for children's early literacy stimulation. The analysis stage is to find the necessary needs such as lighting and wall decoration to design. The design stage is to design the arrangement of the area. The development stage is to test the validation of the design that has been applied in reality. The implementation stage is to directly practice the results of the library arrangement for literacy stimulation. The method used was observation, interview, and documentation. The results of the research used the results of the expert validity test the average score of the overall validation was 88 with a very feasible category. The practicality test received an average score of 73 with practical criteria. The effectiveness test gets an overall average score seen by children doing literacy activities in the library getting a score of 75 with effective criteria.
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pola Makan Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang Rachmasari, Satyaning; Sutama, I Wayan; Anisa, Nur
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2024): March
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v6i2p45-52

Abstract

Orang tua memiliki peran yang sangat penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun masih banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan kepentingannya sehingga membuat perannya sebagai orang tua terlalaikan. Kesibukan orang tua ini menyebabkan kurangnya perhatian terhadap anak, salah satunya yaitu kurang memperhatikan pola makan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan pola makan anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang. Metode penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dari peserta didik kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang dengan jumlah 30 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Spearman Rank. Hasil penelitian dengan pengujian Spearman Rank diperoleh nilai  value sebesar 0,002 , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan pola makan anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang. Dari hasil penelitian diharapkan orang tua dapat menambah pengetahuan mengenai pola asuh dan pola makan anak.
Penerapan Kegiatan Colour Corrugated Paper Untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Usia 506 Tahun Kustiawan, Usep; Tirtaningsih, Munaisra Tri
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2024): March
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v6i2p53-64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan colour corrugated paper untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati. Subjek penelitian yang digunakan adalah anak kelompok B TK PKK Untung Suropati yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan rincian setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seni rupa anak dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan kemampuan seni rupa meliputi aktivitas 3M yaitu menggulung, menggunting dan menempel melalui tahap mengenal media meliputi nama, warna, bentuk dan tekstur media, tahap 3M yaitu menggulung, menggunting dan menempel, dan tahap membuat hasil karya seni rupa. Peningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati tampak pada peningkatan dari 43,9% peserta didik yang mencapai standar 70% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2, dan rata-rata persentase capaian klasikal 73,0% pada siklus 1 menjadi 93,1% pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan colour corrugated paper dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati.Kata kunci: Kegiatan Colour Corrugated Paper; Kemampuan Seni Rupa; Anak Kelompok B
Pengaruh Membatik Dengan Media Tisu Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Wulandari, Lisfi; Simatupang, Nurhenti Dorlina
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2024): March
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v6i2p65-79

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Kondisi ruang lingkup menunjukkan pada kegiatan melipat masih belum simetris, pada saat membatik cap masih belum luwes dalam menggerakkan gerakan tangannya. Salah satu stimulasi motorik halus yang dapat diberikan kepada anak adalah kegiatan membatik dengan menggunakan media tisu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh aktivitas membatik menggunakan media tisu terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen Kuantitatif dengan Desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum (kelompok eksperimen) dan anak kelompok A1 RA YKUI Sambogunung (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample T test dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,023 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian kegiatan treatment (membatik menggunakan media tisu) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. 
STRATEGI IMPLEMTASI EDUKASI SAFETY TOUCH OLEH ORANG TUA AUD UNTUK MENCEGAH SEXUAL VIOLECE Andina, Rhadhia; Yulia, Resti; Warmansyah, Jhony
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2024): March
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v6i2p80-87

Abstract

Sexual violence merupakan salah satu bentuk kekerasan seksual yang bisa terjadi pada anak-anak termasuk di antaranya anak usia dini (AUD). Menurut data dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), kasus kekerasan seksual pada anak mengalami kenaikan sebesar 25% selama pandemi Covid-19. Pemilihan partisipan dilakukan secara purposive sampling dan data dikumpulkan melalui wawancara.tujuan utama dari penelitian ini yaitu mencegah sexual violence pada anak-anak melalui pendidikan preventif kepada para orang tua.Penelitian tentang strategi implementasi edukasi safety touch oleh orang tua AUD untuk mencegah sexual violence secara umum bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dari strategi tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan komunikatif pada orangtua terkait dengan topik kekerasan seksual pada anak.Salah satu pendekatan yang efektif dalam mencegah kekerasan seksual pada anak adalah dengan menerapkan edukasi Safety Touch.Artikel ini membahas strategi implementasi edukasi Safety Touch oleh orang tua AUD untuk mencegah kekerasan seksual.Orang tua dapat mengajarkan anak untuk mengungkapkan ketidak nyamanan mereka saat ada orang yang melampaui batasan, serta memberikan dukungan emosional dan fisik yang dibutuhkan oleh anak.Selama implementasi edukasi Safety Touch, orang tua juga harus menghindari perilaku yang berpotensi mengekang privasi anak, seperti memaksakan keintiman fisik atau mengabaikan keinginan anak untuk berbagi tentang tubuhnya.Menjaga lingkungan rumah yang aman dan bebas dari pornografi atau materi seksual yang tidak pantas juga merupakan langkah penting dalam mencegah kekerasan seksual.Dalam kesimpulannya, strategi implementasi edukasi Safety Touch oleh orang tua AUD dapat memberikan perlindungan yang efektif terhadap kekerasan seksual terhadap anak

Page 1 of 1 | Total Record : 5