cover
Contact Name
M. Abdul Ghofur
Contact Email
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Phone
+6285649547331
Journal Mail Official
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Pswt. 11, atau Telp./Faks. (0341) 712192.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 26543818     EISSN : 26229765     DOI : 10.17977
Core Subject : Education,
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and issues of children.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2024): Oktober" : 5 Documents clear
Penerapan Program Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Rumah Bersama Keluarga Marzuuqoh AR, Farah Yumnaa; Sutama, I Wayan; Astuti, Wuri
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v7i1p47-56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pembelajaran daring yang dilaksanakan salah satu sekolah yang berada di Palangka Raya. Data penelitian ini di kumpulkan melalui kuesioner dan wawancara kepada guru dan orang tua tentang pembelajaran online yang di laksanakan di rumah bersama orang tua. Proses pembelajaran online, sekolah tetap menggunakan model Montessori yang dapat berhubungan dengan kegiatan sehari-hari anak dan mencakup lima aspek perkembangan Montessori. Meskipun kegiatan Montessori dilakasanakan di rumah, guru tetap memberikan contoh kepada anak melalui youtube sekolah, kegiatan tersebut anak dapat merasakan dan belajar secara langsung. Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum yang dibuat oleh sekolah dengan hasil perkembangan dari psikolog dan terapis perkembangan anak. Analisis data yang digunakan yaitu penelitian kualitatif interactive model. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu proses pembelajaran Montessori di rumah bersama keluarga, proses pembelajaran Montessori di sekolah, serta kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Orang tua tidak memaksakan kepada anak untuk mengi kuti pembelajaran melalui via zoom jika suasana hati anak tidak baik. Media pembelajaran yang digunakan oleh anak di rumah menggunakan benda yang berada di sekitar anak, aplikasi untuk pembelajaran online, serta alat permainan Montessori yang dipinjam dan dipilih langsung oleh anak di sekolah. Pembelajaran online di TKIT Sahabat Alam berjalan dengan baik serta menyenangkan bagi anak serta berkat kerja sama dari orang tua dan guru.
Pengaruh Pembiasaan Membaca Hadits Pilihan terhadap Perkembangan Moral Anak Permata Sari, Divvy Aulia Dwi Julian; Widiastuti, Reski Yulina; Afandi, Ahmad
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v7i1p1-9

Abstract

AbstractEarly Childhood Education is education that is built specifically for children from the age of 0-6 years carried out by providing stimulation of an education, as an effort for the growth and development that children have. There are several developments that children have, such as physical, motor, language, social, emotional, cognitive, artistic, and moral and religious aspects. The aspect of basic development in children is the moral aspect. The moral aspect is manners, customs, rules, values or rules of life. In developing aspects of moral development, it is necessary to have a stimulus that is carried out, one of which is by habituation. The habit of reading hadiths is habituation which is done repeatedly and continuously with the aim that children can learn, understand, believe, practice the values contained in the hadiths. The purpose of this research is to examine more deeply whether reading the hadith habitually can develop moral aspects in children. The method in this study is the ex post facto quantitative method. The conclusion obtained in this study is that there is an influence of the habit of reading hadith on moral development in group A children at Darus Shalah Kindergarten Jember. By producing an R Square value of 0.119. These results show that reading Hadith (X) has an influence of 11.9% on the moral development of group A children in Darus Sholah Kindergarten (Y).Keywords: Habituation; Hadith; Moral Development; Early ChildhoodAbstrakPendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang dibangun dengan ditujukan khusus untuk anak sejak umur 0-6 tahun dilaksanakan dengan pemberian stimulasi suatu pendidikan, sebagai upaya bagi tumbuh dan kembang yang anak miliki. Terdapat beberapa perkembangan yang anak miliki seperti aspek fisik motorik, bahasa, sosial emosional, kognitif, seni, serta moral dan agama. Aspek perkembangan dasar dalam diri anak yaitu aspek moral. Aspek moral merupakan tata krama, adat istiadat, aturan, nilai atau aturan hidup. Dalam mengembangkan aspek pekembangan moral perlu adanya stimulus yang dilakukan, salah satunya dengan dilakukannya pembiasaan. Pembiasaan membaca hadits yaitu pembiasaan dimana dilakukan secara berulang dan continue dengan tujuan anak dapat mempelajari, memahami, meyakini, mengamalkan nilai-nilai yang tercantum dalam hadist. Tujuan penelitian yaitu hendak menelaah lebih mendalam apakah dengan pembiasaan membaca hadits dapat mengembangkan aspek moral pada anak. Metode pada penelitian ini yaitu metode ex post facto kuantitatif. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembiasaan membaca hadits terhadap perkembangan moral pada anak kelompok A di TK Darus Shalah Jember. Dengan menghasilkan nilai R Square sebesar 0,119 atau jika di persentasekan 11,9%. Hasil tersebut menunjukkan membaca Hadits (X) memberikan pengaruh sebesar 11,9% terhadap perkembangan moral anak kelompok A di TK Darus Sholah (Y). 
Pengembangan Media Flannel Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun Lukasim, Yohana Emilia; Budyawati, Luh Putu Indah; Zahro, Indah Rohmatuz
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v7i1p10-21

Abstract

Media dalam prespektif pendidikan merupakan instrumen yang sangat strategis dalam ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik. Kegiatan pembelajaran di TK Pertiwi Kabupaten Jember, guru hanya menjelaskan dan menyebutkan materi tanpa menggunakan media tambahan untuk mengajar sehingga membuat anak tidak fokus dan mengerti akan materi yang dijelaskan oleh guru. Tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak dan untuk mengetahui efektifitas penerapan pengembangan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak. Tahap analisis untuk mengetahu kebutuhan apa yang diperlukan oleh sekolah. Tahap desain untuk merancang media pembelajaran dan rancangan kegiatan. Tahap pengembangan untuk uji validitas terhadap desan yang telah disusun. Tahap implementasi untuk mempraktikkan secara langsung media yang telah dirancang. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, validasi. Hasil penelitian menggunakan hasil uji validitas ahli dengan skor rata-rata secara keseluruhan 4,23 dengan kategori valid. Uji kepraktisan dengan skor rata-rata 4,17 dengan kriteria valid. Uji keefektifan dengan skor rata-rata 80,5 dengan kriteria efektif.
PEMANFAATAN KARTU HURUF BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Fathonah, Fathonah; Kustiawan, Usep; Anisa, Nur
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v7i1p22-36

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas B menunjukkan bahwa pengenalan abjad anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Monta Kabupaten Bima belum berkembang dengan baik; dari 26 anak, 13 tidak mengenal huruf dan 13 sudah bisa mengenal alfabet. Kartu kata online dari website wordwall akan digunakan sebagai media untuk membantu siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Monta Kabupaten Bima NTB menjadi lebih baik dalam mengenal abjad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan kartu huruf berbasis online untuk membantu anak usia dini dalam belajar mengenal huruf dan mengkaji perkembangan penggunaan kartu tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metodologi pelaksanaan PTK dalam penelitian ini didasarkan pada model Kemmis dan McTaggart yang menggunakan proses spiral yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya. Hasil temuan menunjukkan bahwa setelah dilakukan intervensi, anak kelompok B di TK Kecamatan Pembina, Kabupaten Monta, telah berkembang kemampuan mengenal huruf menjadi rata-rata 88% dari keadaan semula 58%. Hasilnya menunjukkan bahwa kartu kata dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan pengenalan huruf. Penelitian ini menggunakan kartu surat online website wordwall sebagai alat pengajaran yang efektif untuk guru.
Peningkatan Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Bermain Palydough bagi Anak Usia 5-6 Tahun Ngawan, Elfrida Suriani; Cahaya, I Made Elia; Prima, Elizabeth
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v7i1p37-46

Abstract

One of the abilities that must be developed in children is cognitive abilities. Cognitive ability is a thinking process in the form of the ability or power to connect an event with another event as well as the ability to assess and consider everything that is observed from the world around. Cognitive abilities can be stimulated through playing while learning. One of them can be done by playing Playdough. This study aims to determine the increase in cognitive abilities of early childhood through playing Playdough in Group B2 TK Widya Kumara Tangeb children. This research is a classroom action research carried out in 2 cycles with the stages of planning, action, observation, and reflection in each cycle. The subjects of this study were the children of Group B2 Kindergarten Widya Kumara Tangeb for the 2022/2023 Academic Year, totaling 24 children. The object of this research is to improve cognitive abilities through playing Playdough. Data collection methods are documentation, observation, and interviews. The analysis technique used in this research is quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate that the criteria for the completeness of the cognitive abilities of the children in Group B2 Kindergarten Widya Kumara Tangeb at the initial observation were 20.83%, in Cycle I was 45.83%, and in Cycle II was 87.50%. Thus the application of playing Playdough can improve the cognitive abilities of Group B2 TK Widya Kumara Tangeb children

Page 1 of 1 | Total Record : 5