cover
Contact Name
Dinda Rakhma Fitriani
Contact Email
mediakom@gunadarma.ac.id
Phone
+622178881112 ext. 516
Journal Mail Official
mediakom@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100, Depok, Jawa Barat
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 25979841     EISSN : 2686469X     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/mkm
Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas Gunadarma
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023)" : 11 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA DAN KREDIBILITAS MEDIA ONLINE: MENGANALISIS PENGARUHNYA PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI AUDIENCE Muhammad Rizki Nasution; Nuke Farida; Fitri Dwi Lestari
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media dan kredibilitas media online terhadap pemenuhan kebutuhan informasi viewers (studi pada media online kumparan.com). Pendekatan penelitian ialah menggunakan kuantitatif dengan metode survey yakni kuesioner. Paradigma yang dipakai merupakan paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini yaitu viewers dari media online kumparan.com yang pernah mengakses, mengunjungi atau melihat media kumparan.com dengan rentang usia 21-41 tahun, Tata cara penentuan sampel memakai non probabilitas sampel dengan pendekatan purposive sampling. Riset ini memakai rumus Lemeshow dengan margin eror 5%, sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 384. Riset ini memakai teori Uses and Gratification. Hasil riset bisa disimpulkan bahwa variabel penggunaan media dengan indikator context, communication, collaboration, serta connection dan variabel kredibilitas media dengan indikator believability, accuracy, trustworthiness, bias, completeness memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi dengan indikator current need approach, everyday need approach, exhaust need approach, catching up need approach. Saran untuk peneliti selanjutnya agar mempunyai perspektif yang luas dan menambahkan variabel dalam penelitian ini yaitu kredibilitas pesan (message credibility).
TRANSFORMASI BISNIS DAN KOMUNIKASI INTERNAL DI MASA KRISIS: SEBUAH PEMBELAJARAN DARI JAKARTA EXPERIENCE BOARD Heryadi Silvianto; Ari Putra Utama
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.7985

Abstract

Transformasi bisnis ialah bagian tak terpisahkan dari cara sebuah perusahaan untuk mempertahankan eksistensi mereka sekaligus memperoleh peluang baru bagi perusahaan. Dalam prosesnya, komunikasi internal menjadi faktor kunci yang menentukan apakah transformasi akan berhasil ataupun gagal. Penelitian ini berupaya menjelaskan proses transformasi bisnis yang dilakukan oleh Jakarta Experience Board (JXB) sepanjang tahun 2020-2021, beserta model komunikasi internal yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan transformasi tersebut. Ada pun, penelitian ini menggunakan metode riset kualitatif dengan melakukan studi literatur, wawancara, dan observasi langsung. Merujuk pada konsep yang ditawarkan oleh Qiao Yunli dan Yan Laishi (2010), kami menemukan bahwa transformasi perusahaan di Jakarta Experience Board (JXB) sudah melalui dua tahap yang berbeda, yakni: (1) tahap kebangkitan dan perubahan awal (awakening and thaw stage) dan (2) tahap rekonstruksi dan internalisasi (reconstruction and internalization stage). Model komunikasi yang berbeda pun diterapkan pada dua tahap transformasi perusahaan tersebut, yakni (1) komunikasi linier (linear communication) dan (2) komunikasi "empat dalam satu" (“four in one” communication). Namun, JXB belum mencapai tahap integrasi dan pengokohan (integration and freezing stage) karena masih terdapat beragam tantangan dan hambatan internal yang perlu diselesaikan oleh manajemen perusahaan.
KOMUNIKASI EGALITER SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI RRI JAKARTA PRO 4 DI ERA PENYIARAN DIGITAL Dimas Yori Koyana; Yuning Ika Rohmawati
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8459

Abstract

Digitalisasi penyiaran telah membawa dampak pada adanya transformasi radio dari yang sebelumnya analog menjadi digital. Radio Republik Indonesia (RRI), termasuk RRI Jakarta Pro 4 sebagai radio milik negara pun mengadopsi bentuk baru penyiaran ini. Di level organisasi, dibutuhkan strategi komunikasi organisasi yang tepat dalam rangka menyeimbangkan proses adopsi dan transformasi tersebut. Strategi komunikasi organisasi merupakan serangkaian panduan perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  Adapun tujuan penelitian ini, yakni mengeksplorasi lebih dalam mengenai strategi komunikasi organisasi RRI Jakarta Pro 4 di era digitalisasi penyiaran. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis digunakan dalam menganalisis data. Adapun data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan situasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional yang menggunakan komunikasi egaliter sangat menguntungkan bagi RRI Jakarta Pro 4 dalam proses adopsi dan transformasi pada digitalisasi penyiaran. Prinsip egaliter dalam komunikasi yang diterapkan pemimpin efektif mendorong karyawan untuk fleksibel dan mencapai performa yang baik di tengah situasi yang dinamis.
WEBSITE PEMERINTAH SEBAGAI PENERAPAN E-GOVERNMENT Siko Dian Sigit Wiyanto; Thelma Amelita; Irwansyah Irwansyah
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8212

Abstract

Gelombang digitalisasi baru telah hadir karena kemajuan teknologi internet. E-government muncul sebagai metode utama dari sarana digitalisasi pemerintahan. Salah satu teknologi digital tersebut yakni website sebagai salah satu sarana implementasi e-government. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat riset-riset di seluruh dunia terkait penerapan website sebagai penerapan e-government. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review dari 32 jurnal yang terindeks Scopus. Berbagai aspek dalam website e-government yang dibahas pada jurnal ini antara lain e-government, usability, accessibility, user perspective, readability, security, performance, dan fungsi. Usability dan perspektif pengguna menjadi dua hal yang paling banyak dibahas. Pengembangan e-government membutuhkan masukan dari dua sumber, yakni pemerintah sebagai pencipta sistem, dan masyarakat sebagai pengguna sistem. Pemerintah perlu membuat website e-government lebih interaktif lagi dengan pengguna, sedangkan masyarakat perlu didorong untuk berpartisipasi dalam menggunakan dan mengembangkan website e-government. Masih perlu banyak penelitian mengenai website e-government dilakukan khusus implementasinya di Indonesia.
PERAN JEJARING SOSIAL KOMUNIKASI DALAM ANALISIS SENTIMEN DI TWITTER PADA TAGAR #KOMNASHAM (STUDI KASUS: KKB PAPUA) Saniyah Nabila Fikriyah; Prawiro Weninggalih
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8493

Abstract

Penelitian ini mengkaji jaringan komunikasi di media sosial Twitter yang cepat menyebar dari sebuah tagar #KomnasHAM dan KKB Papua yang menjadi buah bibir seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan opini publik atau kritik kepada pejabat tinggi yang ada di Komnas HAM.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini atau perilaku pengguna media sosial tersebut, apakah menjadi sebuah kritikan yang membangun pada permasalahan ini atau tidak, menganalisis perannya jaringan sosial, dan mengidentifikasi pengguna media sosial Twitter yang berpengaruh pada tagar #KomnasHAM dan KKB Papua. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Social Network Analysis (SNA). Hasilnya memperlihatkan bahwa entitas user yang memiliki sentimen netral menjadi entitas dengan jumlah terbanyak dibandingkan entitas dengan sentimen positif maupun negatif.
PARADOKS PRIVASI: ONLINE SELF-DISCLOSURE DITINJAU DARI PRIVACY CONCERN PADA PENGGUNA INSTAGRAM USIA EMERGING ADULTHOOD Paujiatul Arifah; Intaglia Harsanti
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8830

Abstract

Media sosial merupakan platform untuk dapat menampilkan diri dan berbagi informasi diri dengan orang lain. Membagikan informasi diri yang tidak mengenal batasan kemudian dapat menimbulkan masalah pada pengguna berupa risiko terhadap privasi diri yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari privacy concern terhadap online self-disclosure pada pengguna media sosial Instagram usia emerging adulthood. Penelitian ini menggunakan teori Johari Window untuk menjelaskan online self-disclosure dan teori manajemen privasi komunikasi untuk privacy concern. Partisipan dalam penelitian  berjumlah 230 partisipan terdiri dari 150 wanita dan 80 pria. Partisipan berada pada rentang usia emerging adulthood yaitu usia 18 – 24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara privacy concern dan online self-disclosure, hal ini menunjukkan bahwa kesadaran partisipan terhadap batasan privasi bukan menjadi alasan utama partisipan untuk mengatur online self-disclosure mereka. Hal tersebut menjelaskan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yang mendapatkan hasil bahwa privacy concern memiliki pengaruh terhadap online self-disclosure pada pengguna media sosial Instagram usia emerging adulthood namun dalam kategori lemah. Terdapat faktor-faktor dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dapat menjadi saran dalam penelitian selanjutnya.
ANALISIS MEDIA SIBER PADA AKUN INSTAGRAM @POTONGANFILM SEBAGAI RUANG KOMUNITAS VIRTUAL Valen Anandayan; Vani Dias Adiprabowo
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8259

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memahami aktivitas interaksi pada komunitas virtual serta unsur komunikasi visual yang terjadi di dalam akun instagram @potonganfilm. Akun instagram @potonganfilm merupakan satu dari sekian banyaknya media online yang menciptakan komunitas virtual dengan penyajian konten yang menarik mengenai film sebagai lingkup informasinya. Akun instagram @potonganfilm mampu membentuk komunitas virtual dengan terciptanya interaksi, diskusi, serta bertukar pikiran antar pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan etnografi virtual melalui pendekatan analisis media siber yang mencakup 4 level, yaitu level ruang media, level dokumen media, level objek media, dan level pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa level ruang media pada akun tersebut berisikan informasi dan review film opini pemilik akun tersebut dengan menampilkan grafis informasi beberapa film. Pada level dokumen, unggahan yang disajikan akun instagram @potonganfilm meliputi; judul film, tahun film, tahun film, poster film, dan screenshot potongan film (legal). Serta akun ini telah memenuhi unsur komunikasi visual yaitu: garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, dan tipografi. Pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan komentar pada postingan. Level pengalaman media, sebagian besar pengikut mengikuti akun tersebut karena mendapatkan informasi tentang film dengan penyajian yang menarik.
Front Matter Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No.1, Juni 2023 Editorial Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MODEL PENGEMBANGAN PARIWISATA PULAU KOMODO SEBAGAI SOCIETY-BASED SUSTAINABLE MARINE TOURISM VILLAGE 5.0 Rahmi Setiawati; Peny Meliaty Hutabarat; Arius Krypton Onarelly; Melisa Bunga Altamira
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8863

Abstract

Desa wisata bahari (marine tourism village) membutuhkan paradigma pembangunan yang berkarakter sesuai dengan budaya wilayah maritim, yang berbasis kearifan lokal dan menggunakan pendekatan teknologi serta human capital. Pulau Komodo merupakan salah satu desa wisata bahari. Budaya kemaritiman seyogyanya adalah budaya asli Indonesia sebagai negara kepulauan dan penerapan digitalisasi teknologi serta human capital akan  menghasilkan model blue economic maritime yang inovatif, kreatif dan daya saing, yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di wilayah kepulauan. Konsep yang digunakan adalah model society 5.0, kepariwisataan berkelanjutan, desa wisata bahari dan community development dengan tujuan membangun human capital agar tercipta kapasitas sumber daya  manusia, dalam hal ini masyarakat lokal,   yang  memahami  sikap  dan  nilai-nilai  kemaritiman. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan di pulau Komodo, Labuan Bajo. Hasil penelitian riset ini diperlukan untuk pembangunan desa wisata bahari. Pendekatan digitalisasi dapat digunakan sebagai pusat informasi yang berisi tentang hasil internalisasi budaya maritim dengan kearifan lokal dan sarana infrastruktur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Penggunaan platform digital oleh masyarakat, diantaranya para nelayan, pelaku usaha bidang pariwisata dan usaha kecil menengah, sehingga dapat menciptakan jaringan data informasi dalam bentuk big data sebagai sarana infrastruktur digitaliasi ekonomi, dan pembangunan human capital melalui pengembangan sumberdaya manusia dan literasi digital.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JACOB KOFFIE HUIS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS Haya Khazimah Mega Saniyyah; Ahmad Nasher
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i1.8391

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Jacob Koffie Huis dalam meningkatkan brand awareness. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Jacob Koffie Huis memadukan elemen-elemen komunikasi pemasaran, seperti periklanan melalui Instgram dan Facebook, penjualan personal secara tatap muka antara barista dengan konsumen, dan melakukan publisitas dengan berkolaborasi bersama brand lain untuk mendapatkan exposure. Sementara, elemen komunikasi pemasaran berbentuk promosi penjualan dan penjualan secara langsung sudah tidak dilakukan karena dianggap tidak efektif. Strategi komunikasi pemasaran yang sudah diterapkan oleh Jacob Koffie Huis berhasil membuat brand awareness mereka berada di tahap brand recall. Artinya, konsumen mampu mengingat brand Jacob Koffie Huis tanpa stimulus ketika mereka diminta menyebutkan suatu produk dalam kategori coffee shop.

Page 1 of 2 | Total Record : 11