cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGENALKAN HURUF-HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE AL-BARQY DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KORPRI KUBU RAYA Muharliana, Pina; Soemantri, Elin B; Diana, Diana
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i1.2958

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh TK Aisyiyah Korpri Kubu Raya belum pernah menerapkan metode al-barqy dalam mengenalkan huruf-huruf hijaiyah. Terdapat 5 anak yang tidak mampu memberikan informasi atau keterangan tentang huruf-huruf hijaiyah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : (1) Perencanaan peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy  di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Korpri Kubu Raya.(2) Pelaksanaan peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kopri Kubu Raya.(3) Hasil belajar anak melalui peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Korpri Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas( PTK) metode yang digunakan deskriptif, teknik alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komuniksi langsung dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian ini yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat : 1) peningkatan huruf hijaiyah melalui metode al-barqy dan telah dilaksanakan dengan baik, 2) upaya guru dalam meningkatkan huruf hijiayah melalui metode al-barqy dilaksanakan sangat baik dengan mempersiapkan RPPH dan media pembelajaran, 3) terjadi peningkatan huruf hijaiyah anak melalui metode al-barqy, seperti ب  ل  م س ,ن و ت ك, ي ك ه م , ج ر د ا,   yang diberikan oleh guru saat metode al-barqy berlangsung. Hasil penelitian dapat dilihat dari meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada setiap siklusnya, terlihat pada siklus I (BB : 11,41%), (MB : 7%), (BSH : 6,08%) dan (BSB : 2,83%), siklus II megalami peningkatkan pada (MB : 10,91%), (BSH : 6,25%) dan (BSB : 9,16%) siklus ini merupakan siklus terakhir kerena hasil sudah mencapai target yang diharapkan peneliti 9,16%.Kata kunci :huruf-hurufhijaiayah, metode al-barqy.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PANGGUNG BONEKA DI PAUD KASIH BUNDA PONTIANAK Sumaryani, Sumaryani; Diana, Diana; Maulina, Iin
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i1.2955

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan guru di kelas hanya satu arah di PAUD Kasih Bunda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui media panggung boneka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dengan tiga siklus yang berhubungan satu sama lain, siklus I dan siklus selanjutnya merupakan perbaikan siklus sebelumnya. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, video dan dokumentasi. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada pembelajaran peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media panggung boneka. Peningkatan keterampilan berbicara dapat dilihat pada tiap siklusnya hal ini dapat dilihat pada Siklus I Peningkatan keterampilan berbicara pada anak sebesar 18,5%, pada siklus II mencapai 33,3% dan pada siklus III meningkat hingga 77,7%. Hasil menunjukkan bahwa media panggung boneka dapat digunakan untuk melatih keterampilan anak berbicara dengan pengkondisian anak yang dibagi kedalam kelompok yang lebih kecil.Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Media Panggung Boneka
PENERAPAN NILAI-NILAI DALAM ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE ROLE PLAYING Ely, Fitri; Maulina, Iin; Sutrisno, Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i1.2931

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Ananda Pontianak Barat ditemukan adanya interaksi yang terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas, yang mana anak-anak menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi, kejujuran dan pantang menyerah. Apabila guru meminta anak-anak untuk maju ke depan, maka anak akan berusaha untuk maju dan bersedia memenuhi permintaan guru walaupun belum mengerti yang akan dilakukannya. Tujuan Penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan tentang Penerapan Nilai-Nilai Dalam Entrepreneurship Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Role Playing. Metode dalam penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data/subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara. Teknik yang digunakan yaitu kodifikasi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan: Penerapan nilai-nilai entrepreneurship pada anak usia 5-6 tahun melalui metode role playing di Taman Kanak-kanak Ananda Pontianak Barat telah dilaksanakan dengan baikKata Kunci: Nilai-Nilai Entrepreneurship, Metode Role Playing
MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL MUJAHIDIN SEKADAU HULU Aryani, Risa; Sutrisno, Sutrisno; Zar'in, Firdaus
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i1.2956

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan dibimbing oleh guru yang berbeda pada setiap kelompok dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Manajemen Pembelajaran Kelas di Taman Kanak-Kanak Al Mujahidin Sekadau Hulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di TK Al Mujahidin Sekadau Hulu terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), Program Semester dan Program Tahunan yang dikerjakan oleh masing-masing guru kelompok. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri atas tiga proses kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir/penutup, pada saat kegiatan inti pembelajaran dilakukan dengan model kelompok, anak-anak terfokus pada aspek keagamaan, seperti belajar sholat dan membaca surat-surat pendek, sehingga lulusan dari TK tersebut anak-anak sudah bisa bacaan sholat. Tahap yang ketiga adalah evaluasi, yaitu guru dalam memberikan penilaian pada anak dengan bentuk penilaian hasil karya anak serta penilaian perkembangan yang meliputi 6 (enam) aspek dan tercantum di raport serta dibagikan setelah anak lulus.Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Kelas
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DI TAMAN KANAK-KANAK ANANDA KOMYOS SUDARSO PONTIANAK BARAT Linda, Mei; Soemantri, Elin B; Zar'in, Firdaus
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i1.2957

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berbicara anak  kelompok B2 masih  rendah. Terlihat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas ketika anak diminta untuk menceritakan sesuatu, anak-anak tidak mampu merangkai kalimat dengan baik, kosakata yang digunakan sedikit, kurangnya kemampuan berbicara anak disebabkan karena pembelajaran di kelas masih monoton dan menggunakan LKS, dan media yang digunakan kurang menarik. Oleh karena itu, guru perlu menstimulasi anak dengan media yang tepat agar anak mau berbicara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berbicara anak dapat dilihat pada hasil penelitian diperoleh pada siklus III kategori kegiatan menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama diperoleh 77,77% atau 14 orang anak  dari 18 anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Kategori kegiatan kemampuan menjawab pertanyaan secara kompleks diperoleh 83,33% atau 15 orang anak dari 18 orang anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Kategori kegiatan melanjutkan sebagian cerita yang telah diperdengarkan diperoleh 77,77 % atau 14 orang anak dari 18 orang anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak pada kelompok B2dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan media Big Book di Taman Kanak- KanakAnanda Pontianak Barat.Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Media Big Book.

Page 1 of 1 | Total Record : 5