cover
Contact Name
Rohinah
Contact Email
jurnalmadrasah@uin-suka.ac.id
Phone
+6285229198163
Journal Mail Official
jurnalmadrasah@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, 2th floor, Tarbiyah House of Journal, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jln. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281 Indonesia. Phone: +62-274-513056, Fax: +62-274-519734
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Madrasah
ISSN : 25274287     EISSN : 25276794     DOI : https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Madrasah invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education and madrasah education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education Curriculum, philosophy, Management, history, theology, sociology, anthropology, political science and others.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah" : 15 Documents clear
Professionalisme Pengelolaan Zakat Profesi dalam Meningkatkan Motivasi Prestasi dan Berdikari Mustahiq: Studi Kasus Zakat Profesi ASN di MAN Wonosari Ngadiyan Ngadiyan
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.853 KB)

Abstract

Abstract This paper is a field research (Action Research) intended to know and to describe the implementation of the profession tithe (zakat) for Civil State Apparatus especially educators/teachers and educational employees of MAN Wonosari and the improvement of the motivation to get achievements and to live on their own feet for mustahiq/the receivers of the tithe in MAN Wonosari. The method of the data collection used interviews and documentation. As for the data analysis, it used qualitative description which is supported by quantitative data in the form of a table. The results of the research showed that the management of the profession tithe from the givers of tithe/muzakki which in this case are the educators and the educational employees especially ASN in MAN Wonosari run professionally both in the collection and the distribution. This is proved by the increase of the tithe givers and the extent of the distribution area both for the students of MAN Wonosari and the School environment. There are three categories who receive the tithe, those are 1) The poor students who live very far from school and the students who stay in the boarding school. 2) The poor students who live far from school and the private employees of school. 3) The poor students who live near school, the mosque boards and the religion teacher who live in Gunungkidul region. Keywords: Motivation, Profession Tithe. Abstrak Tulisan ini merupakan penelitian lapangan (Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan zakat profesi bagi Aparatur Sipil Negara khususnya Pendidik/guru dan Tenaga Kependidikan MAN Wonosari dan peningkatan motivasi berprestasi dan berdikari bagi mustahiq/penerima zakat profesi di MAN Wonosari. Metode pencarian data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan diskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan zakat profesi dari muzakki yang dalam hal ini adalah Pendidik dan Tenaga Kependidikan khususnya ASN di MAN Wonosari baik dari pengumpulan maupun pentasyarupannya bagi mustahiq secara professional. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pembayar zakat dan luasnya jangkauan mustahiq sebagai daerah pemerataan pembagian baik bagi siswa MAN Wonosari maupun lingkungan sekitar atau masyarakatberupa bantuan dana zakat yang disetorkannya dan dibagi kepada mustahiq dengan tiga kategori, yaitu (1) kelompok I bagi siswa tidak mampu dan berdomisili sangat jauh dari madrasah, serta yang tinggal di asrama boarding school MAN Wonosari; (2) kelompok II bagi siswa tidak mampu dan berdomisili jauh dari madrasah dan untuk zakat produkti bagi PTT Madrasah; dan (3) kelompok III bagi siswa yang kurang mampu dan berdomisili dekat dengan madrasah serta pengurus masjid, guru ngaji yang ada di lingkungan wilayah Kabupaten Gunungkidul. Kata Kunci: Motivasi, Zakat Profesi
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari Faizuz Sa’bani
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.106 KB)

Abstract

Abstract This Oversight Action Research intends to determine whether the competence of teachers in MTs Muhammadiyah Wonosari can be improved through training. This study uses a model developed by Chemish and Taggart noting every action or cycle always consists of four activities: (1) the action plan, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This study shows that the training has increased professional competence of teachers at MTS Muhammadiyah Wonosari in preparing for the lesson plan. In the first cycle, the average score obtained is 57,5% meaning sufficient. Having held the training in the second cycle, the average score of the research subjects increased by 24, resulted in the average score obtained 91,0%, meaning changing from sufficient to excellence. The study concludes that training activities can enhance the competence of teachers in preparing their lesson plan at the MTs Muhammadiyah Wonosari. Keywords: Competence of Teachers, Preparing Lesson Plans, Training Activities. Abstrak Penelitian Tindakan Pengawasan (PTP) ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi guru pada MTs Muhammadiyah Wonosari dapat ditingkatkan melalui kegiatan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart. Setiap tindakan atau siklus selalu terdiri dari empat kegiatan: 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi atau Penelitian, dan 4) refleksi. Dari kegiatan penelitian ini dikatehui bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesional guru MTS Muhammadiyah Wonosari dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh 57,5% dengan sebutan cukup. Setelah diadakan kegiatan dengan pendekatan pelatihan pada siklus II ternyata rata-rata skor yang diperoleh oleh subjek penelitian naik 24 skor, sehingga rata-rata skor yang diperoleh 91,0%. Dari sebutan cukup menjadi sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan kegiatan pelatihan dapat peningkatkan kompetensi guru MTs Muhammadiyah Wonosari dalam menyusun RPP. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Kegiatan Pelatihan
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Gubah Lagu Elfa Tsuroyya
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.368 KB)

Abstract

Abstract This research aims to find out how to increase student motivation to learn the SKI lesson. In addition, this research will also reveal the extent of student’s learning motivation affect achievement of students. This research is a classroom action research, which has four phases, namely: planning, implementation, observation and reflection. The sample used in this study is the students of class XII-IPA 1 MAN Yogyakarta III. In this classroom action research the researcher uses a strategy of "gubah lagu". The observed aspect is an observation of the students changes including the student activeness, the change of learning process atmosphere, the student learning outcomes, and the changes of the teacher self in implementing the learning equipped by observation sheet on each aspect. The results show that the implementation of the strategy ”gubah lagu” in the lesson SKI can increase students' learning motivation. The increasing of student motivation begins looks at the first cycle in the second meeting until the end of the second cycle in the second meeting. This can be known from an observation of the students performed by collaborators. The increasing of the student’s learning motivation also affects the learning outcomes of students. It can be known from the results of the evaluation conducted during the pre-test and post-test at the end of each cycle. During pre-test it is only 42, 9% of students who achieved the KKM. Then post-test results of the first cycle showed an increase in students who reached the KKM is 61.1%, and post test results of the second cycle as much as 81.1% of students reached the KKM. And these results are in accordance with the indicators of success in this study. Keywords: Learning Motivation, “Gubah Lagu” Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Selain itu, penelitian ini juga akan mengungkap sejauh mana motivasi belajar peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), yang memiliki empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA 1 MAN Yogyakarta III. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti menggunakan strategi “gubah lagu”. Aspek yang diamati adalah pengamatan terhadap perubahan pada diri peserta didik yang meliputi keaktifan peserta didik, perubahan pada suasana proses pembelajaran, hasil belajar peserta didik, dan perubahan pada diri guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan dilengkapi lembar observasi pada masing-masing aspek. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi “gubah lagu” dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar peserta didik mulai terlihat di siklus I pada pertemuan kedua, sampai akhir siklus II pada pertemuan kedua. Peningkatan motivasi belajar peserta didik juga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik, hal ini dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan pada saat pre-test dan post-test pada setiap akhir siklus. Pada saat pre-test baru 42,9% peserta didik yang mecapai nilai KKM, kemudian hasil post-test siklus I menunjukan adanya peningkatan peserta didik yang mencapai nilai KKM yaitu 61,1%, dan hasil post-test siklus II sebanyak 81,1% peserta didik mencapai nilai KKM. Dan hasil ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gubah Lagu
Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Silabus melalui Supervisi Akademik Kolaboratif di MI se-Kecamatan Semanu Sihyu Darini Harsiwulan
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.48 KB)

Abstract

Abstract This research aims to improve the competence of teachers in the learning and insight especially in academic competence in the form of drafting and developing a syllabus. Is the research school action (Action Research) through the steps of planning (planning), actions (acting), observation (observing) and reflection (reflecting) that carried out these forces cycle to repeat some of the cycle at least two cycles. Research involves classroom teacher at Madrasah Ibtidaiyah three MI se-Semanu district. The development of the syllabus is very important done by the teacher before you start learning or learning activities initiated in one semester so that students or parents of students to have signs in the following learning which has been meant by the teacher is included in the evaluation study and follow-up so that learning goals can be achieved. The observations showed that the teacher was found still less understand completely how to devise the syllabus because it just did a copy and paste results of downloading from the internet. Of the 12 teachers as the subject obtained three teachers who got less than 50, while 9 teachers have earned above the limit completely. This means 75% of teachers have been able to devise and develop syllabus correctly. Keywords: Increased Competence Of Pedagogy, Academic Competence, Syllabus, Collaborative Supervision Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan guru dalam pembelajaran khususnya dalam kompetensi akademik berupa menyusun dan mengembangkan silabus. Merupakan penelitian tindakan sekolah (Action Research) yang melalui langkah-langkah dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting) yang dilakukan secara bersiklus hingga berulang beberapa siklus minimal dua siklus. Penelitian melibatkan guru kelas MI di tiga Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Semanu. Pengembangan silabus sangat penting dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran maupun mengawali kegiatan pembelajaran dalam satu semester agar siswa maupun orang tua siswa mempunyai rambu-rambu dalam mengikuti pembelajaran yang telah direncakan oleh guru termasuk dalam evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa masih ditemukan guru yang kurang mengerti sepenuhnya cara menyusun silabus karena hanya melakukan copy paste hasil mengunduh dari internet. Dari 12 guru sebagai subjek penelitian didapatkan ada 3 guru yang mendapat nilai kurang dari 50, sedangkan 9 guru telah mendapatkan nilai di atas batas tuntas. Hal ini berarti 75% guru telah mampu menyusun dan mengembangkan silabus dengan benar. Kata Kunci: Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Akademik, Silabus, Supervisi Kolaboratif.
Penerapan Metode Consciousness-Raising (CR) untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Kelas 8E MTs N 6 Sleman (MTs N Yogyakarta 1) Lilis Ummi Fa’iezah
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.285 KB)

Abstract

Abstract By using the Consciousness-Raising Method, we attempt to draw the students’ curiosity and attention in learning English especially in writing English. The Consciousness-Raising Method, in writing English emphasizes the teacher and student’s awareness, consciousness and intention to the writing process. The point is that the teacher in the class must be helpful to make the students aware of the mistakes they have made. Moreover, the teacher must help the students to gradually gain insight into how a language works. By using the Consciousness-Raising Method, it means the teacher and students ‘analyse’, ‘compare’, reflect’, ‘comprehend’, and ‘write’. This study shows that the Consciousness-Raising Method guides to improve students’ ability in writing English. By applying this method, the ability of students to compose English descriptive texts is gradually increasing. Keywords: Writing Skill, Consciousness-Raising, English Language Abstrak Dengan menerapkan metode Consciousness-Raising (C-R), penulis ingin mencoba membangkitkan rasa ingin tahu dan perhatian siswa saat belajar Bahasa Inggris terutama belajar menulis paragraf Bahasa Inggris. Metode C-R menekankan kesadaran dan perhatian siswa dan guru dalam proses menulis secara bertahap. Hal terpenting adalah bahwa guru di dalam kelas harus siap membantu siswa agar memberi perhatian lebih terhadap kesalahan penulisan yang mereka buat. Lebih jauh lagi, guru harus siap membantu siswa memahami dengan sesungguhnya bagaimana setiap elemen bahasa itu bekerja. Dengan menggunakan metode C-R, artinya siswa menganalisa, merefleksi, memahami, dan menulis kembali. Penelitian Tindakan Kelas ini memperlihatkan bahwa metode C-R mengarahkan siswa dalam menulis dan kemudian membuat kemampuan siswa untuk menulis sedikit demi sedikit meningkat. Kata Kunci: Ketrampilan Menulis, Consciousness-Raising, Bahasa Inggris
Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik pada MI se-Kecamatan Paliyan Gunungkidul Purwata Purwata
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.845 KB)

Abstract

Abstract The learning process in fact directed to membelajarkan students in order to achieve the objectives that have been determined. These goals can succeed in everything related to the learning process are arranged in advance in Learning implementation plan (RPP). This school action research aims to improve the competence of educators in drawing up the implementation plan (RPP) Learning through academic supervision. This research includes research actions are realized in the cycle. Each cycle has always been through four stages: 1) action plan implementation, 2), 3) obeservasi, or 4) observations, and reflections. The subject of this study 23 people educators MI se-Sub Paliyan, Gunungkidul. Technique of data analysis performed with diskriptif analysis. The results of the analysis showed that the competence of educators-educators MI in drawing up the RPP held increased after coaching by supervisors through academic supervision. On the initial observations (pre cycle) obtained an average score of 53.9% (less). After held coaching at 1st cycle of obtaining an average score of 68.7%. Construction resumed in the second cycle, and obtained an average score of 81%. Because it has been a significant increase in competence occurs on Small-scale se-MI educators Subdistrict Paliyan, then there needs to be continued construction in the 3rd cycle. Finally it can be concluded that the school's action research related to the improvement of the competence of educators in drawing up the RPP on the Small-scale Sub se-MI Paliyan through academic supervision can be increased. Keywords: Competence Of Teacher, The Plan Of Implementation Of The Learning, Academic Supervision Abstrak Proses pembelajaran pada hakikatnya diarahkan untuk membelajarkan siswa agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan tersebut bisa berhasil apabila segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran disusun terlebih dahulu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi akademik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan yang diwujudkan dalam siklus. Setiap siklus selalu melalui empat tahapan: 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan, 3) obeservasi atau pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini 23 orang pendidik MI se-Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pendidik-pendidik MI dalam menyusun RPP meningkat setelah diadakan pembinaan oleh pengawas melalui supervisi akademik. Pada pengamatan awal (pra siklus) diperoleh skor rata-rata 53,9% (kurang). Setelah diadakan pembinaan pada siklus ke-1 perolehan skor rata-rata 68,7%. Pembinaan dilanjutkan pada siklus ke-2, dan diperoleh skor rata-rata 81%. Karena telah terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan pada pendidik MI Binaan se-Kecamatan Paliyan, maka tidak perlu dilanjutkan pembinaan pada siklus ke-3. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan sekolah yang terkait dengan peningkatan kompetensi pendidik dalam menyusun RPP pada MI Binaan se-Kecamatan Paliyan melalui supervisi akademik dapat meningkat. Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Supervisi Akademik
Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Integrasi-Interkoneksi untuk Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ahmad Rodli
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.492 KB)

Abstract

Abstract The research aims to develop the Arabic teaching materials for new students of State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta. The background of this research is the role of Language Development Center (P2B) which do not implement foreign language learning in general as before, but only focused on achieving value IKLA and TOEC and began the Academic Year 2015/2016 foreign language learning both Arabic and English refunded to the faculty. This research was conducted at the Center for Language Development State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga by 100 sample of students by using probability sampling techniques. Data analysis using quantitative descriptive techniques. The results showed that the response of students to the textbooks in Arabic based on integration-interconnection for new students UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta on the learning aspect 4.045 (good), the aspect of the content materials 4,125 (good), the aspect views 3,975 (good), and aspects of the presentation of 4,095 (good). Keywords: Teaching Material, Arabic Teaching, Integration-Interconection Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) yang tidak lagi melaksanakan pembelajaran bahasa asing secara umum seperti sebelumnya, melainkan hanya terpusat pada pencapaian nilai IKLA dan TOEC dan mulai Tahun Akademik 2015/2016 pembelajaran bahasa asing baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris dikembalikan ke fakultas. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga dengan mengambil sampel sebanyak 100 mahasiswa yang dilakukan menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil respon mahasiswa terhadap buku ajar bahasa Arab berbasis integrasi-interkoneksi bagi mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada aspek pembelajaran 4,045 (baik), aspek isi/materi 4,125 (baik), aspek tampilan 3,975 (baik) dan aspek penyajian 4,095 (baik). Kata Kunci: Buku Ajar, Bahasa Arab, Integrasi-Interkoneksi
Peranan Madrasah dalam Penanggulangan Penyimpangan Perilaku Seksual Peserta Didik di MAN 2 Bantul Noor Hamid
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.059 KB)

Abstract

Abstract This study is amied at describing (1) knowledge of students of MAN 2 Bantul about sex among teenagers, (2) sexual deviation among students of MAN 2 Bantul, (3) perseption of students of MAN 2 Bantul toward sexual deviation among students, and (4) roles of madrasah (Islamic School) in preventing sexual deviations among students of MAN 2 Bantul. Therefore, the researcher conducts qualitative research with case study design. This study is conducted at MAN 2 Bantul located at Jl. Parangtritis km 10, 5 Sabdodadi, Bantul, Bantul, Yogyakarta. Data of study is student’s responses toward interview, questionnaire, and observation. Subject of the study is students of MAN 2 Bantul Yogyakarta. Other than that, researcher collected data from teachers and madrasah (Islamic school) too. Based on the result of data analysis, it is found that generally students of MAN 2 Bantul haven’t enough knowledge about sex. Other than that, many of students still taboo conversation about sexual education. Do not let the students actually get information from sources that can not be accounted for. In order to prevent sexual deviation among students of MAN 2 Bantul, madrasah (Islamic school) plays important roles. The roles are (1) goving sex education, (2) giving religious moral lesson, (3) maintaining disciplin, (4) becoming consultant or a friend for the students. Keywords: Roles Of Madrasah (Islamic School), Sexual Education Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengetahuan peserta didik MAN 2 Bantul tentang seksualitas dan penyimpangan seksual di kalangan remaja, (2) kecenderungan perilaku seksual peserta didik MAN 2 Bantul, (3) persepsi peserta didik MAN 2 Bantul terhadap penyimpangan seksual di kalangan remaja, dan (4) peranan madrasah dalam menganggulangi masalah penyimpangan seksual di MAN 2 Bantul. Dalam rangka itu, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan ancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Bantul berlokasi di Jl. Parangtritis km 10,5 Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Data penelitian ini berupa respon peserta didik terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peneliti baik melalui wawancara, angket, maupun observasi mengenai perilaku keseharian. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik MAN 2 Bantul Yogyakarta. Selain itu, peneliti juga mengambil sumber penelitian dari pendidik dan pihak madrasah. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa secara umum peserta didik MAN 2 Bantul belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seksualitas. Selain itu, banyak dari peserta didik masih menganggap tabu perbincangan mengenai pendidikan seksual. Hal ini menjadi tugas tersendiri bagi pendidik untuk menjelaskan konsep pendidikan seksual. Jangan sampai peserta didik justru mendapat keterangan dari sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dalam penanggulangan penyimpangan perilaku seksual di kalangan peserta didik MAN 2 Bantul, madrasah memainkan peranan penting. Beberapa peran yang dimainkan madrasah dalam proses penanggulangan penyimpangan seksual tersebut diantaranya (1) memberikan pendidikan seks (sex education), (2) memberikan pendidikan moral agama, (3) mengendalikan disiplin, (4) menjadi konsultan dan kawan bagi peserta didiknya. Kata Kunci: Peranan Madrasah, Pendidikan Seksual
Penerapan Metode Terpadu dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPA di MTs Negeri Gondowulung Bantul Asih Budiati
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.44 KB)

Abstract

Abstract This study aims to determine how big an effort to implement an integrated method can increase the activity of learning and learning outcomes. This study is a class action (Classroom Action Research). The study took place in two cycles. Each cycle consists of two meetings, each cycle is carried out through four stages: planning (planning), action (enforcement action), observation (observation), and reflecting (reflection). The subjects of this study were students VII-C MTsN Gondowulung Bantul 2012-2013 school year. The results showed that the implementation of learning science using an integrated method can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the positive activity during the execution of a small test of 64.71% in the first meeting to be 100% at the last meeting. During the learning takes a good activity increased from 39.68% to 42.70%. Group discussion activities also increased where the activities ask and explain increased from 25.00% in the first meeting be 36.60% at the last meeting. Student learning outcomes also increased, from an average value on a daily test I is 62.36, daily test II was 62.68 and in the first cycle test was 67.94, and the second cycle test is 72.06. Keywords: Integrated Methods, Activities, Results Learning, Science Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya penerapan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa VII-C MTsN Gondowulung Bantul tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas positif selama pelaksanaan tes kecil dari 64,71% di pertemuan pertama menjadi 100% pada pertemuan terakhir. Selama pembelajaran berlangsung kegiatan potitif meningkat dari 39,68% menjadi 42,70%. Kegiatan diskusi kelompok juga meningkat dimana kegiatan bertanya dan menjelaskan meningkat dari 25,00% di pertemuan pertama menjadi 36,60% pada pertemuan terakhir. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata rata pada ulangan harian I adalah 62,36, ulangan harian II adalah 62,68 dan pada tes siklus I adalah 67,94, serta pada tes siklus II adalah 72,06. Kata Kunci: Metode Terpadu, Aktifitas, Hasil Belajar, IPA Abstract This study aims to determine how big an effort to implement an integrated method can increase the activity of learning and learning outcomes. This study is a class action (Classroom Action Research). The study took place in two cycles. Each cycle consists of two meetings, each cycle is carried out through four stages: planning (planning), action (enforcement action), observation (observation), and reflecting (reflection). The subjects of this study were students VII-C MTsN Gondowulung Bantul 2012-2013 school year. The results showed that the implementation of learning science using an integrated method can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the positive activity during the execution of a small test of 64.71% in the first meeting to be 100% at the last meeting. During the learning takes a good activity increased from 39.68% to 42.70%. Group discussion activities also increased where the activities ask and explain increased from 25.00% in the first meeting be 36.60% at the last meeting. Student learning outcomes also increased, from an average value on a daily test I is 62.36, daily test II was 62.68 and in the first cycle test was 67.94, and the second cycle test is 72.06. Keywords: Integrated Methods, Activities, Results Learning, Science Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya penerapan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa VII-C MTsN Gondowulung Bantul tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas positif selama pelaksanaan tes kecil dari 64,71% di pertemuan pertama menjadi 100% pada pertemuan terakhir. Selama pembelajaran berlangsung kegiatan potitif meningkat dari 39,68% menjadi 42,70%. Kegiatan diskusi kelompok juga meningkat dimana kegiatan bertanya dan menjelaskan meningkat dari 25,00% di pertemuan pertama menjadi 36,60% pada pertemuan terakhir. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata rata pada ulangan harian I adalah 62,36, ulangan harian II adalah 62,68 dan pada tes siklus I adalah 67,94, serta pada tes siklus II adalah 72,06. Kata Kunci: Metode Terpadu, Aktifitas, Hasil Belajar, IPA
Peningkatan Kemampuan Menulis Monolog Teks Bahasa Inggris dengan Menggunakan LSB pada Peserta Didik Kelas VIII-B MTsN Gondowulung Bantul Erna Rahayu
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Madrasah
Publisher : Pusat Pengembangan Madrasah (PPM), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.847 KB)

Abstract

Abstract The research aims to improve the students’ writing skill on monolog text (Recount text and Narrative text) by applying a media called LSB (Little Smart Book) for the students of VIII-B MTsN Gondowulung Bantul in the academic year of 2015/2016. The research is a classroom action research that is done in two cycles. Every cycle consists of four steps. They are planning, acting, observing and reflecting.The result of the research showed that the implementation of LSB could improve the students’ English writing skill on monolog text (Recount text and Narrative text) of the students of VIII-B MTsN Gondowulung Bantul. The result of English writing test showed the improvement on the average mark which obtained 75,48 on the cycle I and rose to 76,94 on cycle II. This result has gained the target of the research that is 75. The students who achieved the minimal standart criteria also improved from 71% on cycle I to 80,6% on cycle II. It means the result of the research has gained the target of the research that is 80%. The result of the research also showed the improvement of students’ active participation in the classroom. The students’ active participation obtained 83,9% in cycle I and rose to 87,1% in cycle II. This indicated that the improvement of the students’ active participation in the classroom has gained the target of the research. Keywords: Writing skill, Writing test, LSB Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada teks monolog (Recount text dan Narrative Text) dengan menggunakan media pembelajaran LSB pada peserta didik kelas VIII-B MTs Negeri Gondowulung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran LSB dapat meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris pada monolog teks (Recount Text dan Narrative Text) pada peserta didik kelas VIII-B MTs Negeri Gondowulung. Hasil nilai rata–rata menulis mengalami peningkatan yaitu 75,48 pada siklus I dan 76,94 pada siklus II. Hasil ini sudah mencapai nilai target yang ditentukan dalam penelitian yaitu 75. Jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan yaitu 71% pada siklus I dan 80,6% pada siklus II. Jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan sudah mencapai target yaitu 80%. Tingkat partisipasi aktif peserta didik mencapai 83,9% pada siklus I dan 87,1% pada siklus II. Hasil ini menunjukan partisipasi aktif sudah melampaui target yaitu 85%. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Tes Menulis, LSB

Page 1 of 2 | Total Record : 15