'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study Program, Faculty of Cultural Sciences, Muhammadiyah University, Gorontalo. This journal discusses language problems that are examined in the branches of applied linguistics, such as sociolinguistics, discourse analysis, critical discourse analysis, pragmatics, stylistics, corpus linguistics, and others. In the field of literature, it includes literary history, literary theory, literary criticism, and others, which may include written texts, films, and other media. We only accept scholarly papers written in Bahasa Indonesia, Arab and English.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020"
:
11 Documents
clear
PUISI AL-KU>LI>RA KARYA NĀZIK AL-MALĀ’IKAH (Studi Analisis Semiotika Michael Riffaterre)
noor naila rochim
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (732.134 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.225-238.2020
Objek material tulisan ini adalah puisi Al-Ku>li>ra karya Nāzik Al-Malā’ikah, penyair perempuan terkenal di daerah Iraq dan objek formalnya adalah semiotika Riffaterre. Dalam teorinya, Riffaterre menjelaskan beberapa tahap dalam menentukan pemaknaan dalam puisi, yaitu pembacaan heuistik (pembacaan yang berdasarkan pada arti secara struktur gramatikal), pembacaan hermeneutik (proses pembacaan yang berdasarkan konvensi sastra), matriks, model dan hipogram. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pada pembacaan heuristik, puisi Al-Ku>li>ra masih terdapat makna yang tersirat. Dalam pembacaan hermeneutik, menghasilkan model (kalimat kiasan inti dari puisi) yang berbunyi Ya> syabah}a al-haid}atu ma> abqait “Wahai hantu yang tak menyisakan apa-apa” dan La> syaia siwa> ah}za>nu al-maut “Tak ada sesuatupun kecuali kematian yang menyedihkan”. Model tersebut dapat menghasilkan matrik puisi yaitu tentang hakikat kematian secara pandangan filsasat. Hipogram yang mendasari puisi ini adalah hakikat kematian yang datangnya pasti kepada semua penghuni bumi.
Application of Listening Reading Technique in Improving the Ability to Read the “Kitab Kuning” of Santri
Bambang Irawan
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (801.452 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.239-251.2020
This article is the result of a research study that discusses the Application of Reading Reading Techniques in Improving the Ability to Read the “kitab kuning” of Santri Putri at the Pondok Pesantren Bustanul Ulum Melokorejo, Jember Regency. Based on data analysis, it can be concluded that the application of reading reading techniques in improving the reading ability of the santri book is a teaching method that presents subject matter that begins with prioritizing aspects of reading, i.e. the teacher first reads the reading topics, then is followed by the santri. However, sometimes the teacher directly appoints one of the students to read an individual lesson first, and of course, the other students pay attention and follow it. The method of reading besides emphasizing reading ability also considers the importance of correct pronunciation. So this ability is seen to help the students to improve their ability to read the book.
Implementasi Metode Sam’iyah Syafahiyah Pada Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Mufradat
M Rifian Panigoro;
Abdur Rahman Adi Saputera
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (92.496 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.164-178.2020
AbstrakPenelitian ini berawal dari keadaan rendahnya kemampuan penguasaan Mufradat siswa kelas X MA Alkhairaat Kota Gorontalo pada mata pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Mufradat. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, antara lain merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan rendahnya kemampuan penguasaan Mufradat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan penguasaan Mufradat siswa dengan penerapan metode Sam’iyah Syafahiyah. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam penerapan metode Sam’iyah Syafahiyah di kelas X dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu 1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode sam’iyah syafahiyah. 2) Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x 35 menit selama dua termin waktu ke sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode sam’iyah syafahiyah dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan penguasaan Mufradat siswa kelas Pada Siswa Kelas X MA Alkhairaat Kota Gorontalo.Kata Kunci : Implementasi, Sam’iyah Syafahiyah, Mufradat
BENTUK-BENTUK PERISTIWA ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA NOVEL “HARUT DAN MARUT” KARYA ALI AHMAD BAKTSIR
Tri ana Etika Sari
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (676.153 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.252-264.2020
Karya sastra merupakan cerminan dari kondisi kehidupan nyata yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra ialah novel. Gambaran dari kehidupan dan perilaku nyata tersebut dituangkan dalam bentuk teks yang tergabung dalam satu kesatuan yang dinamakan novel. Pada masyarakat dwibahasa atau multibahasa, penutur dituntut untuk dapat memilih kode bahasa secara tepat dalam berkomunikasi, agar komunikasi tetap dapat berlangsung secara lancar dan wajar.Dalam pemilihan kode menghasilkan beberapa peristiwa diantaranya adalah peristiwa alih kode dan campur kode.Penelitian ini bertujuan untuk membahasa apa saja bentuk-bentuk peristiwa alih kode dan campur kode yang terjadi dalam penggalan kisah yang tertuang dalam novel yang berjudul “Harut dan Marut” ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data adalah dengan teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa alih kode adalah tuturan yang memuat klausa ataupun kalimat bahasa Arab, sedangkan campur kode adalah tuturan yang memuat kata atau frasa yang mengandung serpihan bahasa Arab. Adapun dalam penggalan kisah berupa novel yang berjudul “Harut dan Marut” ditemukan 13 bentuk peristiwa alih kode dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya dan ditemukan pula 12 bentuk peristiwa campur kode dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Kata Kunci : Kode, Alih Kode, Campur Kode
المحسنات المعنوية في سورة الزمر: دراسة تحليلية بديعية
Hafidz Fadli;
Ibnu Hudzaifah Hamka
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (874.618 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.195-208.2020
البحث يهدف إلى بيان المحسنات المعنوية في علم البديع من الطباق والمقابلة. وحصر الباحث البحث في سورة الزمر من القرآن الكريم بالمنهج الوصفي الذي اعتمد على آراء العلماء البلاغيين في توصيف المصطلحات البديعية مع أنواعها ذات صلة بهذا البحث. ومن ثم، تحليلها بناء على توصيف الطباق والمقابلة في سورة الزمر. إن الباحث حصل على العناصر الهائلة من الطباق والمقابلة بعد أن تم تحليله في هذه سورة العظيمة، وقد اعتقد الباحث أن هذه العناصر تؤدي دورا مهما مميزا في تحسين معناها وكذالك في تأكيد معلوماتها لكل المسلم. ولقد حصل الباحث على أن الطباق الإيجابي أكثر موضوعا من الطباق السلبي في سورة الزمر مع تعرض المقابلات في بعض الآيات فيها.
Muhadatsah Learning Through Drama Performance Student Class IX Muhammadiyah Boarding School
Nisa Fahmi Huda
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (705.303 KB)
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.209-224.2020
Concept of drama performance used for learning Muhadatsah in class IX Muhammadiyah Boarding School Uses cooperative learning approach and Nadzariystul Wahdah unity approach that is collaborated with the method of drama individual role-playing model (presenting manuscript). The purpose of this research is to know the skills of Ahlaqulqarimah speak Arabic. Because many students that still difficulty in speaking because of the linguistic factors in question include difficulties in studying language science such as Sharaf and nahwu. To distract Ahlaqulqarimah to still think that talking with the Arabic language is not as difficult as imagined or perceived before, in the implementation of the concept of Muhadatsah students given some training exercises (strengthening), namely: movement exercises, vocals, character exercises, and last student learning results must be appreciated or rewarded in the form of drama staging in Arabic. Therefore, to overcome the problem of difficulty in learning the Muhadatsah in daily life by Ahlaqulqarimah Muhammadiyah Boarding School, then researchers offer a method to hone the skills of speech students with stage play using the Arabic language in the performance of drama there is communicative, creative, and fun nature. So that the problems that have been faced student can be overcome
DIAKRITIK AL-QUR’AN MENURUT PREFERENSI ABU DAWUD
Ibnu Rawandhy Hula;
Berti Arsyad
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.264-284.2020
Penelitian ini mengkaji tentang diakritik al-Quran/al-d}abt, yang menitik beratkan pada aspek tanda baca, baik syakal/harakat maupun titik/nuqt menurut preferensi Abu>> Da>wu>d Sulaima>n bin Najja>h}. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, karena data diperoleh, dianalisis dari sumber primer yang merupakan karya beliau dengan judul us}u>l al-d}abt wa kaifiyatuhu ‘ala jihhah al-ikhtis}a>r. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, preferensi Abu> Dawud dilandasi oleh beberapa hal: 1) Tanda diakritik harus dilihat dari aspek s}ifa>t al-h}uru>f seperti (ط - ت) pada kata (بسطت), huruf (ط) tanpa dibubuhi sukun karena sifatnya it}ba>q, 2) b) Tanda diakritik ma>d pada kata (الشُّفَعٰؤُاْ- أَتُحٰجُّوْنِي - فَأْوُاْ - تَأْوِيْلَهُ ) beliau cenderung memilih pendapat menghilangkan huruf alif, wa>w maupun ya>‘ pada mad, c) Pada tanda diakritik hamzah seperti (أَءَنْذَرْتَهُمْ -ءَأُنْزِلَ - أَءِذَامِتْنَا), beliau membenarkan kedua bentuk penulisan hamzah, sesuai dengan madzhab qira>’at al-kisa>’i dan al-Farra>‘, d) Tanda diakritik pada kata yang memiliki dua huruf ya>‘ (النَّبِيِّيْنَ - اَلأُمِّيِّيْنَ - رَبٰنِيِّيْنَ) Abu Dawud berbeda dengan pendapat gurunya al-Dani, dan memilih membuang ya>‘ jama‘ketimbang ya>’ as}li> yang menjadi akar kata, e) Meletakkan tanda diakritik berbentuk lingkaran (الدائرة) sebagai simbol ziya>dah ya>’, yang tidak dibaca (نبإي-أَفإِين), sedangkan pada kata (بأييد) yang memiliki dua ya>‘, Abu> Dawud meletakkan tanda sukun pada ya>’ pertama, sebagai pembeda antara ya>‘ as}li> dan ya>‘ za>idah. Adapun untuk ya>‘ kedua pada surah al-Qalam (بأييكم) beliau memberi tanda diakritik tasydi>d yang harus dibaca idgam karena bertemunya dua huruf yang sama.
تطوير الكتاب التعليمي للمدارس الابتدائية على أساس كتاب دروس اللغة العربية للشيخ إمام زركشي والشيخ إمام شباني
Lia Aulial Muna
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.285-296.2020
AbstrakPembelajaran bahasa Arab meningkat dari hari ke hari di era sekarang dengan kebutuhan dalam pemahaman agama Islam, terutama Al-Quran. Materi pembelajaran adalah komponen inti dari sebagian besar program bahasa dan sumber terpenting pembelajaran jarak jauh. Buku teks pembelajaran ini berkaitan dengan materi pendidikan khusus di sekolah. Ini adalah sarana yang dengannya memberikan pengetahuan kepada siswa. Media ini tidak selalu ada tetapi hampir tidak ada atau disiapkan atau mungkin tidak sesuai dengan tujuan yang ditetapkan untuk tingkat pelajar bahasa Arab, terutama di tingkat dasar, karena mereka adalah pemula tetapi juga anak-anak.Kata kunci: Penyusunan, Buku Teks Pembelajaran, Sekolah Dasarملخصتزداد مهمّة تعلّم اللغة العربية يوما بعد يوم في عصرنا الحاضر، بوجود الاحتياجات في تفقه دين الإسلام خاصة القرآن الكريم لهذا العصر. تعد المواد التعليمية عنصرا رئيسيا في غالبية البرامج اللغوية وأهم المصادر في التعلم عن بعد. والكتاب التعليمي تعنيه بالمواد التعليمية الخاصة في المدرسة. وهو الوسيلة التي تقدم بوسيلتها المعرفة للتلاميذ. وهذه الوسيلة لايتاوفر وجودها دائما بل تكاد تكون معدومة أحيانا أم مهيئة بل قد لا تناسب بالأهداف المرسومة لمستوي دارس اللغة العربية خاصة في المرحلة الابتدائية، لأنهم من المبتدئين بل من الأطفال كذلك.الكلمات الرئيسة: الكتاب التعليمي، المدرسة الابتدائية، اللغة العربية
Problematika Ilmu Al-Dilālah Dalam Penerjemahan
Saida Gani
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.314-322.2020
A translator is required to have skills in transferring meaning (content) well, so that it is easily accepted and understood by the reader. The process of transferring meaning from the source language, and finding the right equivalent in the target language is not an easy thing. This study aims to analyze the problems of science in translation. The research method is descriptive qualitative with the type of literature review research, where the data sources are obtained from various references related to the study and the problems studied. From the analysis results, the researchers found that the problem in translation is that the translator cannot find or find the equivalent meaning according to the source language and target language. As Mukhtar Umar said that the fundamental problem in the translation process is finding the right equivalent of meaning for a word from the source language into the target language.
دعاوي إنكار الإعراب في العربية والرد عليها
MASKANATUL FIQIYAH
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 9, No 2: SEPTEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.9.2.179-194.2020
الملخّصإنَّ الإعراب معلمٌ من معالم العربية، ومفخرةٌ من مفاخرها؛ فهو يكشف عن بواطن الألفاظ، ويفرق بين المعاني، وما يعتور الألفاظ من ضبابية، ولذا سيتعرض البحث إلى دعاوى إنكار الإعراب، ودحضها والرد عليها، وتظهر أهمية البحث في ـنه يتناول أساسا يقوم عليه علم العربية وما يلحق به، وكذلك تظهر أهمية البحث في كشف الدعاوي إلى إنكار الإعراب، وبيان خلفيتها، ومن يقف خلفها، ومن ثمّ الرد على هذه الدعاوي، ودحضها بالحجة والبرهان، وقد اعتمد الباحث في هذا البحث المنهج الوصفيّ التحليليّ، الذي يتناسب مع طبيعة بحثه المتمثلة في دراسة دعاوي إنكار الإعراب في العربية والرد عليها، حيث قسّم الباحث بحثه إلى مقدمة، ومبحثين، ففي المبحث الأول تعرض إلى ماهية الإعراب، حيث ذكر تعريف الإعراب لغة واصطلاحا، ثم ذكر الفرق بين النحو والإعراب، ومن ثم تناول المعرب من الكلام، واختتم المبحث بذكر أهمية الإعراب، أما المبحث الثاني، فقد كان بعنوان إنكار الإعراب، حيث ذكر البحث دعاوي إنكار الإعراب، ممثلة في إبراهيم أنيس وموقفه من الإعراب، ثم اختتم المبحث بالرد على منكري الإعراب، ثم اختتم البحث بذكر مجموعة من النتائج من أهمها، إنَّ الإعراب معلمٌ من معالم العربية، ومفخرةٌ من مفاخرها؛ فهو يكشف عن بواطن الألفاظ، ويفرق بين المعاني، وما يعتور الألفاظ من ضبابية، وأنَّ القواعد تُستخلص من اللغة، ولا تُخترَع ولا تُفتَرى، وفي ذلك يقول الدكتور علي عبد الواحد وافي([1]): "خَلْقُ القواعد خلقًا، لا يتصورها عقل، ولم يحدث لها نظير في التاريخ، ولا يمكن أن يفكر فيها عاقل، أو يتصور نجاحها؛ فمن الواضح أنَّ قواعد اللغة ليست من الأمور التي تُخترع، أو تفرض نفسها على النَّاس، بل تنشأ من تلقاء نفسها، وتكون بالتدرج. وقد تأكد لدى الباحث بطلان الدعاوي الرامية إلى ترك الإعراب، ووضوح أهدافها الخبيثة.[1]الثعالبي، أبو منصور عبد الملك ابن محمد ابن إسماعيل، "فقه اللغة وسر العربية،" (دار الكتب العلمية، بيروت)، 1971، ص163