Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018"
:
13 Documents
clear
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI GAMES COMPETITION
Nugroho, Setiawan Eko
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis nilai hasil belajar IPS kelas VII B SMP Negeri 1 Kramat dengan KKM 70, diperoleh 24 siswa atau 75% belum mencapai ketuntasan, sedangkan 8 siswa atau 25% sudah mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 langkah tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hingga meningkat 8% yaitu dari siklus 1 sebesar 59% dengan kriteria cukup aktif menjadi 67% pada siklus 2 dengan kriteria aktif. Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkat menjadi 18,75% yaitu pada siklus 1 sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus 2.
PENINGKATAN KEDISIPLINAN BERSERAGAM SAAT UPACARA BENDERA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK
Sumarni, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib berseragam saat upacara bendera, berdasarkan data yang diperoleh terdapat 28 siswa yang tidak memakai seragam sekolah lengkap saat upacara bendera, hal ini menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 1 Kramat tingkat disiplin berseragam saat upacara bendera masih perlu ditingkatkan. Layanan bimbingan kelompok adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kedisiplinan berseragam saat mengikuti upacara bendera sesuai dengan tata tertib. Penelitian ini merupakan penelitian bimbingan konseling (PTBK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan disiplin berseragam saat upacara bendera siswa SMP Negeri 1 Kramat. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya prosentase siswa yang tidak melakukan pelanggaran disiplin berseragam saat upacara bendera yang tinggi yaitu dari 0 % saat pra tindakan, menjadi 75 % pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 100 % pada Siklus II.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI PENYEMBELIHAN HEWAN
Kosim, Abu
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Dalam pembelajaran PAI dijumpai adanya beberapa masalah diantaranya adalah kurangnya guru menggunakan pendekatan dan metode yang tepat. Sehingga siswa kurang aktif dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal tersebut memberi efek pada hasil belajar siswa yang belum maksimal, masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran PAI materi penyembelihan hewan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi sehingga diperoleh permasalahan baru kemudian dilakukan diagnosis ulang dilanjutkan dengan terapi ulang yang dilaksanakan dengan langkah tindakan lagi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 65,62% meningkat menjadi 87,50% ada peningkatan sebesar 21,88%.
PENGARUH KELUARGA TERHADAP JUVENILE DELINQUENCY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK
-, Mulyani;
Isliana, Mirnawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengaruh keluarga sangat dominan dalam menentukan pilihan remaja (siswa) dalam bersosialisasi di mana kalau pengaruhnya positif akan berperilaku positif tetapi sebaliknya jika pengaruhnya negatif akan berperilaku negatif. Perilaku negatif yang sering dilakukan di sekolah misalnya, bolos pada jam pelajaran, tawuran antar sekolah/berkelahi dengan teman, sudah mengenal lawan jenis, sudah bisa mengakses video/gambar porno. Dari perilaku – perilaku diatas kalau dibiarkan dapat membentuk suatu perilaku pada juvenile delinquency (kenakalan remaja) sehingga diperlukan suatu layanan untuk menanggulangi terjadinya juvenile delinquency (kenakalan remaja) berupa layanan bimbingan kelompok dan layanan informasi mengenai pengaruh keluarga terhadap juvenile delinquency.Populasinya siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Randudongkal sejumlah 315 dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 13% dari jumlah populasi yang berjumlah 315 peserta didik = 40 peserta didik kelas VIII yang dipilih melalui teknik purposive sample. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dalam penelitian ini, metode angket untuk memperoleh data tentang perkembangan biologis serta pembentukan konsep diri. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t-test yaitu berupa pemberian pre-test untuk mengetahui pemahaman anak mengenai juvenile delinquency kemudian diberi layanan berupa layanan bimbingan kelompok. Untuk melihat hasil dari layanan bimbingan kelompok siswa diberi post-test, ternyata siswa cukup berpengaruh dengan layanan yang diberikan. Hasil perhitungan statistik pada uji t-test diperoleh 6,01 kemudian dikonsultasikan ke t0,05 dengan harga ttabel = 2,04 serta dk = 40 adalah 6,01 ini terlihat bahwa thitung > ttabel atau 6,01 > 2,04 sehingga hipotesis diterima yaitu ada pengaruh keluarga terhadap juvenile delinquency melalui bimbingan kelompok pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Randudongkal.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh keluarga terhadap juvenile delinquency melalui bimbingan kelompok. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru BK dapat memberikan konseling secara periodik mengenai juvenile delinquency (kenakalan remaja) berupa layanan bimbingan kelompok.
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR METABOLISME MELALUI GROUP INVESTIGATION
Fatimah, Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar metabolisme dengan Group Investigation bagi siswa kelas XII IPA 3 semester 1 SMA Negeri 1 Purwanegara tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini berjumlah 21 siswa dengan metode pengumpulan datanya menggunakan tes, pengamatan dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu penerapan metode gruop investigation dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar metabolisme. Saran yang diberikan yaitu pelaksanaan penelitian baru sampai siklus II, peneliti selanjutnya dapat menambah sampai silkus III untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
-, Jumaroh
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Permasalahan aktivitas belajar dan belum optimalnya hasil belajar IPS di SMP Negeri 3 Talang. Peneliti berupaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Metode dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data hasil belajar terkait dengan hasil belajar siswa, yang berupa data kuantitatif. Nilai kompetensi siswa dianalisis untuk diketahui jumlah nilai masing-masing siswa, nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rata-rata, ketuntasan belajar perorangan dan klasikal. Hasil penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS materi Uang dan Lembaga Keuangan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Talang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Hali ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 73,45 % meningkat pada siklus II menjadi sebesar 80,35%. Model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Uang dan Lembaga Keuangan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Talang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan nilai siswa yang tuntas pada siklus I 74 % dengan nilai rata-rata siswa sebesar 74 meningkat pada siklus II nilai siswa yang tuntas 88 % dengan nilai rata-rata siswa 78.
PARALELISME DALAM CERITA PENDEK “MADU PAHIT” KARYA FAJAR EL FATIH DKK DAN IMPLIKASINYA
Anwar, Syamsul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi wujud paralelisme dalam kumpulan cerita pendek karya Fajar El Fatih dkk dan mendeskripsi implikasi paralelisme untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah kumpulan cerita pendek karya karangan Fajar El Fatih dkk. Data penelitian teks dalam kumpulan cerita pendek “Madu Pahit” Karya Fajar El Fatih dkk. Objek penelitian ini ialah paralelisme. Analisis data penelitian ini ialah deskriptif analisis. Hasil penelitian ditemukan wujud paralelisme dalam kumpulan cerita pendek “Madu Pahit” Karya Fajar El Fatih dkk. Wujud paralelisme bentuk ialah aku cintai dan aku sayangi, ketakutan dan kegugupan, semakin lama semakin bertambah serius. Wujud paralelisme makna ialah sopan, ramah dan baik, pemuda yang tampan dan berpenampilan sangat rapi, orang awam maupun kaum intelektual. Wujud paralelisme perincian ialah kegiatan bersholawat, kegiatan tahlilan dan kegiatan lainnya. Persentase paralelisme bentuk sebesar 28,57%. Persentase paralelisme makna sebesar 65,57% dan perincian sebesar 5,7%. Saran agar penelitian yang berkaitan dengan kata, frasa, kalimat, paragraf ditindaklanjuti lagi.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI FOCUS GROUP DISCUSION DENGAN MEDIA KARTU
-, Supono
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Focus Group Discusion (FGD) dengan Media Kartu. Subyek Penelitian ini berjumlah 31 siswa dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS Terpadu pada Materi “Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial”. Saran yang diberikan yaitu pelaksanaan penelitian baru sampai siklus II, peneliti selanjutnya dapat menambah siklus untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DI INDONESIA
Darin, Abu
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang dilaksanakan penelitian adalah rendahnya nilai dalam pembelajaran IPS pada materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia dan untuk meningkatkan keaktifan siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus, dan memerlukan waktu 4 bulan yaitu dimulai bulan Juli - Oktober. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan data-data penelitian diperoleh hasil melalui metode Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan nilai siswa dengan nilai rata-rata pada studi awal 50 meningkat menjadi 68,43 dan ketuntasan belajar dari 25% meningkat menjadi 62,50% pada akhir siklus II serta dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia yang pada siklus awal 25% meningkat menjadi menjadi 79,17%. Dengan demikian terbukti perbaikan pembelajaran melalui metode Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan nilai pembelajaran IPS.
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
-, Tamtomo
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya nilai dalam pembelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning cycle. Penelitian ini menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning cycle dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami kenaikan dari tahap pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra-siklus yang tuntas belajar baru 12 siswa atau dengan persentase 54,54%; kemudian mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 14 siswa atau dengan persentase 63,64%; dan pada siklus II menjadi 17 siswa atau dengan persentase 77,27%. Peningkatan aktivitas belajar pada penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe learning cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.