cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 10 Documents clear
ANALISIS PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI REPUBLIK INDONESIA (KPNRI) DI KOTA PALU Yani Lestari; Muhammad Yunus Kasim; Husnah Husnah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.149 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.51

Abstract

This study proves the influence of working capital turnover (turnover of cash, accounts receivable turnover, inventory turnover) on net income (SHU) at the Civil Servants Cooperative of Republic of Indonesia (KPNRI) in Palu in 2011-2014. The data in this study is time series data in the form of financial statements, which consist of data on the balance sheet and profit/loss or SHU in four consecutive years of 2011-2014 of KPNRI in Palu City. Research sample is 12 cooperatives selected with purposive sampling technique. Model of analysis is multiple linear regressions analysis. The research proves that rotation of working capital includes cash turnover, accounts receivable turnover, inventory turnover simultaneously have significant influence on the SHU with f-value of 5.951 and significance level of 0.002 <α 0.05. Partially, cash turnover positively has significant influence on SHU with t-value of 2.184 with a significant value of 0.034 <α 0.05, receivable turnover has non- significant influence on the SHU with t-value of 2.595 with significance value of 0.180> α of 0.05, inventory turnover significantly has negative influence on SHU with t-value of -2.650 and significance value of 0.004 <α 0.05. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perputaran modal kerja (perputaran kas, perputaran piutang,perputaran persediaan) terhadap sisa hasil usaha (SHU) pada Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (KPNRI) di Kota Palu dengan periode penelitian 2011-2014. Data pada penelitian ini adalah data time series berupa laporan keuangan yang terdiri dari data-data pada neraca dan laporan laba/rugi atau SHU selama empat tahun berturut-turut (2011-2014) dari KPNRI Di Kota Palu. Sampel penelitian sebanyak 12 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Model analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan perputaran modal kerja yaitu perputaran kas, perputaran piutang,perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap SHU dengan nilai Fhitung sebesar 5.951, dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < α 0,05. Secara parsial perputaran kas berpengaruh signifikan positif terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 2.184 dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 < α 0,05, perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 2.595 dengan nilai signifikansi sebesar 0,180 > α 0,05, perputaran persediaan berpengaruh signifikan negatif terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar - 2,650 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < α 0,05.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL MEREK TOYOTA AGYA DI KOTA PALU (PT. HADJI KALLA) Rizcky Ardiansyah; Rosida P Adam; Bakri Hasanuddin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.936 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.47

Abstract

The objective of the research is to find out and analyze the influence of product quality on decision-making, both simultaneously and partially. The research is verificative. The sample involves consumers of Agya car at PT. Hadji Kalla. The analysis tool used is multiple linear regression analysis. The result of regression equation from the study is -2.887 + 0,237 X1+ 0,220X2 + 0,217X3 + 0,319X4 + 0,166X5 + 0,418X6 + 0,140X7. Product Quality partially has significant to decision-making.                                 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk keputusan menandai baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif. sampel adalah konsumen Of Agya di PT. Hadji Kalla. Alat analisis yang digunakan adalah beberapa analisis regresi linear. Hasil persamaan regresi dari penelitian ini adalah -2,887 + 0.237 X1 + 0,220X2 + 0,217X3 + 0,319X4 + 0,166X5 + 0,418X6 + 0,140X7. Kualitas produk parsial memiliki signifikan untuk pembuatan keputusan.
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK HOTEL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PAJAK DAERAH DI KOTA PALU Rizki Rafyuman R Massi Muhammad; Muhammad Faisal; Husnah Husnah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.604 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.52

Abstract

This study aims to analyze the level of growth, efficiency, effectiveness, and contribution of the hotel tax on the local tax in Palu. The data used in this study is primary and secondary tax data from 2010 until 2014. The research is conducted at the Department of Local Revenue, Finance, and Asset Management (DPPKAD) of Palu. The analytical tool used is the analysis of the growth, efficiency analysis, analysis of effectiveness, and analysis contributions. The results suggest that the growth of tax collection in Palu City is 52.73% the percentage seems to increase but the percentage fluctuates. Tax collection in Palu City in the period of 2010-2014 is very effective, which is proved that the hotel tax realization can be achieved over 100% with the level of effectiveness of 133.05%. The efficiency rate of the hotel tax is very efficient with the efficiency rate of 0.05 or 5%. Hotel tax contribution on the local tax of Palu City in 2010-2014 is 8.16%, which means that the local tax revenue of 8.61% in Palu, comes from the hotel tax. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat pertumbuhan, efisiensi, efektifitas dan kontribusi pajak hotel terhadap pajak daerah di Kota Palu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan periode yang di analisis dari tahun 2010 sampai tahun 2014. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palu. Alat analisis yang digunakan adalah analisis pertumbuhan, analisis efisiensi, analisis efektifitas, dan analiasis kontribusi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pertumbuhan pemungutan pajak hotel di Kota Palu sebesar 52,73%. Secara riil terlihat meningkat, akan tetapi secara presentase berfluktuasi. Pemungutan pajak hotel di Kota Palu dalam kurun waktu tahun 2010-2014 menunjukan sangat efektif, hal ini terlihat bahwa realisasi pajak hotel dapat dicapai diatas 100% dengan tingkat efektifitas sebesar 133,05%. Tingkat efisiensi pajak hotel diakatakan sangat efisien dari tahun-ketahun dengan tingkat efisiensi pajak hotel sebesar 0,05 atau 5%. Kontribusi pajak hotel terhadap pajak daerah kota palu dari tahun 2010-2014 sebesar 8,16%, ini berarti pendapatan pajak daerah Kota Palu sebesar 8,61% berasal dari pajak hotel.
PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI DI KOTA PALU Haidir, Sri Wulandari; Nurdin, Djayani; Husnah, Husnah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.041 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.48

Abstract

This study aims to obtain explanative findings of (1) simultaneous influence of own capital, loan capital, and business volume on SHU, (2) partial influence own capital on SHU, and (3) the partial influence of capital loans on SHU in Savings and Loans Cooperatives in Palu City. The subject of this study is the Savings and Loans Cooperatives in Palu, with research objects of own capital, loan capital, and SHU from 2010-2014. The type of data is quantitative. Data collection method is documentary recording and analyzed with multiple linear regressions. The results shows that: (1) simultaneously, there is a positive and significant influence of own capital and borrowed capital on cooperatives’ SHU with F-value of 6.421; (2) partially, there is a positive and significant influence of own capital on SHU with t-value of 2.788; and (3) partially, there is a positive and significant influence of loan capital against SHU t-value of 3.349 on savings and loan cooperatives in Palu.  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) simultan dari modal sendiri, modal pinjaman, dan volume usaha terhadap SHU, (2) parsial dari modal sendiri terhadap SHU, dan (3) parsial dari modal pinjaman terhadap SHU pada Koperasi Simpan Pinjam di Kota Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam di Kota Palu dan objek dalam penelitian ini adalah data modal sendiri, modal pinjaman dan SHU dari tahun 2010-2014. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan modal sendiri dan modal pinjaman terhadap SHU dengan nilai F hitung sebesar 6.421, (2) ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial modal sendiri terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 2.788, dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial modal pinjaman terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 3.349 pada Koperasi Simpan Pinjam di Kota Palu.
ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL PADA SUB SEKTOR PERKEBUNAN DAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muslimah, Latifah; Kasim, Muhammad Yunus; Bidin, Cici Riyanti K
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1135.135 KB)

Abstract

This study aims to determine the combination of optimal portfolios on plantation sub-sector and banking sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange, which is undertaken by looking at the level of the expected return and risk (standard deviation) generated by a combination of the portfolio each year. The main issue raised in this research is how the combination of the optimal portfolio can be formed from plantation sub-sector and banking sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2010-2014. The research applied Coefficient of Variation (CV) as a research method to determine the probability of shares in each sub-sector for each company combined, as well as efficient portfolio, so that the optimal portfolio can be formed easily. The results show that the determination of  the portfolio using the optimal portfolio yield probability SMAR shares of 0.05 or 5% and the probability of SDRA shares of 0.95 or 95% to portfolio risk by 0.460 and the expected return of the portfolio amounted to 0.393. The portfolio combination that is not optimal produces probability GZCO shares amounting to -0.19% and the probability of SDRA shares of 1.19% to portfolio risk and return expectations of 0.472 at 0.569. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi portofolio yang optimal pada sub sektor perkebunan dan sub sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang dilakukan dengan melihat tingkat keuntungan yang diharapkan (expected return) dan risiko (deviasi standar) yang dihasilkan oleh kombinasi portofolio setiap tahun. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kombinasi portofolio yang optimal dapat dibentuk dari sub sektor perkebunan dan sub sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 2010-2014. Metode penelitian ini menggunakan Coefficient of Variation (CV), menentukan probabilitas saham di masing- masing sub sektor pada setiap perusahaan yang dikombinasikan, serta portofolio efisien dengan begitu maka portofolio optimal dapat dibentuk dengan mudah. Hasil penelitian menunjukkan penentuan portofolio dengan menggunakan portofolio optimal tersebut menghasilkan probabilitas saham SMAR sebesar 0,05 atau 5% dan probabilitas saham SDRA sebesar 0,95 atau 95% dengan risiko portofolio sebesar 0,460 dan return ekspektasian portofolio sebesar 0,393. Sedangkan kombinasi portofolio yang tidak optimal yang menghasilkan probabilitas saham GZCO sebesar -0,19% dan probabilitas saham SDRA sebesar 1,19% dengan risiko portofolio sebesar 0,472 dan return ekspektasi sebesar 0,569.
ANALISIS PENGARUH KOMITMEN AFEKTIF, KOMITMEN BERKELANJUTAN DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT RADIO NEBULA NADA DI KOTA PALU Pathan, Raziyam Dwi; Natsir, Syahrir; Adda, Harnida Wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.54

Abstract

The purpose of this study is to determine and analyze the influence of affective commitment variable (X1), continuous Commitment (X2), and Normative commitment (X3) at PT. Radio Nebula Nada in Palu City. Hypothesis test used has significance level of α =0.05 and for the reliability test using cronbach alpha coefficient values with the limit value coefficient of α=0.60. The results of multiple linear regression analysis show that the variables of affective commitment (X1) and the continous commitment (X2), normative commitment (X3) simultaneously have positive and significant influence on the performance of employees at PT. Radio Nebula Nada in Palu with the adjusted R- square of 32.6%. Partially, with standard α = 0.05, X1, X2, and X3 partially have significant influence on Y with sig. value of 0.016, 0.086, and 0.015, respectively. The results show that correlation coefficient of 0.627, means that affective commitment, continuous commitment, and normative commitment have strong relationship with the employee's performance of 62.7%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel komitmen afektif (X1), Komitmen Berkelanjutan (X2), dan Komitmen Normatif (X3) pada PT Radio Nebula Nada di kota Palu. Uji hipotesis yang digunakan mempunyai taraf signifikansi α = 0,05 dan untuk uji reliabilitas menggunakan nilai koefisien croanbach alpha dengan nilai batas koefisien α = 0,60 Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa variabel komitmen afektif (X1) dan komitmen berkelanjutan (X2), komitmen Normatif (X3) secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan pada PT Radio Nebula Nada di Kota Palu. Dengan Adjusted R- square sebesar 32,6%. Secara parsial dengan standar α = 0,05 diperoleh hasil penelitian X1, X2, dan X3 berpengaruh signifikan terhadap Y dengan nilai sig masing – masing sebesar 0,016, 0,086, dan 0,015. Hasil korelasi menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,627 yang berarti variabel komitmen afektif, komitmen berkelanjutan dan komitmen normatif mempunyai hubungan yang kuat dengan kinerja karyawan sebesar 62,7%.
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO Khusnul Hatima; Niluh Putu Evvy Rossanty; Risnawati Risnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.49

Abstract

This study determines simultaneous and partial influence of intellectual intelligence and emotional intelligence on academic achievement of Management Department Students of 2013 and 2014 at the Faculty of Economics, Tadulako University. The type of research is quantitative and sampling technique applies purposive sampling, with a total sample of 83 respondents consisting of 36 students of class 2013 and 47 students of class of 2014. Data collection methods include observation, interviews, and questionnaires. The results of this study show that the variables intelligence (X1) and emotional intelligence (X2) simultaneously influence academic achievement (Y) with sig. value of 0.000 <0.05. Furthermore, variable intellectual intelligence (X1) with sig. value of 0.003, and Emotional Intelligence (X2) with sig is 0,001 that showing partial influences on academic achievement (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik Mahasiswa Manajemen Angkatan 2013 dan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden yang terdiri dari 36 mahasiswa angkatan 2013 dan 47 mahasiswa angkatan 2014. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap prestasi akademik (Y) berpengaruh secara simultan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya variabel Kecerdasan Intelektual (X1) dengan nilai sig sebesar 0,003, dan Kecerdasan Emosional (X2) dengan nilai sig sebesar 0,001 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap Prestasi Akademik (Y).
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MEMBELI SHAMPO MEREK PANTENE (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO PALU) Elok Cahyaningtyas; Chalil Chalil; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.55

Abstract

The aim of this research is to determine simultaneous and partial influence of trust brand on the loyalty of student of the Faculty of Economics, Tadulako University, Palu to buy Pantene Shampoo. Sampling method in this research is purposive sampling; with a total sample of 96 respondents. The results of hypothesis testing using F-test show that the three independent variables that are brand trust (X) consisting of brand characteristics (X1), the characteristics of the company (X2) and the characteristics of customers with the brand (X3) simultaneously have positive and significant influence on the dependent variable customer loyalty (Y) with sig-F of 0.000 <0.05. Furthermore, the brand characteristic variable (X1) with sig 0,001, characteristic of the company (X2) with sig of 0.001, and characteristics of customers to the brand value of sig 0.004 <0.05, which shows partial influence on customer loyalty variable (Y). R2 values of 0.645 and brand belief variable (X) simultaneously influence customer loyalty (Y) of 64.5%, while the remaining 35.5% is influenced by other factors that are not examined. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari kepercayaan merek terhadap loyalitas mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji F bahwa ketiga variabel independen kepercayaan merek (X) yang terdiri dari karakteristik merek (X1), karakteristik perusahaan (X2) dan karakteristik pelanggan dengan merek (X3) terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai sig-F sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya variabel karakteristik merek (X1) dengan nilai sig sebesar 0,001, karakteritik perusahaan (X2) dengan nilai sig sebesar 0,001 dan karakteristik pelanggan dengan merek nilai sig sebesar 0,004 < 0.05 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap variable loyalitas pelanggan (Y). Nilai R2 sebesar 0,645 dengan demikian variabel kepercayaan merek (X) yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) sebesar 64,5% sementara sisanya 35,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL PADA SUB SEKTOR PERKEBUNAN DAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muslimah, Latifah; Kasim, Muh Yunus; Bidin, Cici Rianty
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi portofolio yang optimal pada sub sektorperkebunan dan sub sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang dilakukan denganmelihat tingkat keuntungan yang diharapkan (expected return) dan risiko (deviasi standar) yangdihasilkan oleh kombinasi portofolio setiap tahun. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitianini adalah bagaimana kombinasi portofolio yang optimal dapat dibentuk dari sub sektor perkebunandan sub sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 2010-2014. Metodepenelitian ini menggunakan Coefficient of Variation (CV), menentukan probabilitas saham di masing-masing sub sektor pada setiap perusahaan yang dikombinasikan, serta portofolio efisien dengan begitumaka portofolio optimal dapat dibentuk dengan mudah. Hasil penelitian menunjukkan penentuanportofolio dengan menggunakan portofolio optimal tersebut menghasilkan probabilitas saham SMARsebesar 0,05 atau 5% dan probabilitas saham SDRA sebesar 0,95 atau 95% dengan risiko portofoliosebesar 0,460 dan return ekspektasian portofolio sebesar 0,393. Sedangkan kombinasi portofolio yangtidak optimal yang menghasilkan probabilitas saham GZCO sebesar -0,19% dan probabilitas sahamSDRA sebesar 1,19% dengan risiko portofolio sebesar 0,472 dan return ekspektasi sebesar 0,569.
KESADARAN MEREK DAN PENGALAMAN MEREK TERHADAP PREFERENSI MEREK PADA PRODUK PARFUM MEREK VITALIS DI UNIVERSITAS TADULAKO Fatikahtul Islamiah; Elimawaty Rombe; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.50

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of brand awareness and brand experience on the brand preferences of Vitalis perfume in Tadulako University. The type of this research is explanatory. The population in this study focuses on students that consume Vitalis perfume in Tadulako University. The sampling technique applied is purposive sampling technique, with a total sample of 90 respondents. Data collection method is questionnaires. Method of analysis is path analysis. The results of the test show that brand awareness and brand experience have positive and significant influence on brand preference of Vitalis perfume in Tadulako University. Brand experience has positive and significant influence on brand preference of Vitalis perfume in Tadulako University. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek dan pengalaman merek terhadap preferensi merek pada produk parfum merek Vitalis di Universitas Tadulako. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research (penelitian penjelasan). Populasi dalam penelitian ini dikhususkan pada mahasiswi pengguna parfum merek Vitalis di Universitas Tadulako. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek pada produk parfum merek Vitalis di Universitas Tadulako, dan Variabel pengalaman merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek pada produk parfum merek Vitalis di Universitas Tadulako.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue