cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 9 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MOTOR MEREK YAMAHA NMAX DI KOTA PALU Eka Desyani; Wahyuningsih Wahyuningsih; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.317 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.60

Abstract

This study aims to determine the influence of price perceptions and brand image on the interest in purchasing Yamaha NMAX in Palu City. Type of stduy is explanatory. Population consist of people in Palu City who have known and interested, but do not yet have Yamaha NMAX products. Sampling technique is purposive sampling, with total samples of 90 people. Data collection using questionnaire which then processed by using regression analysis tool with SPSS for Windows Release 16.0. Method of analysis is multiple regression analysis. The result shows that price perceptions have positive and significant influence on the interest of poeople purchasing Yamaha NMAX in Palu City, with significance level t-sig. of (0,05 ≥ 0.041) with regression coefficient equals to 0.154. Brand image has positive and significant influence on the interest of buying Yamaha NMAX in Palu City, with significance level t sig. of (0,05 ≥ 0.000) with regression coefficient value equals to 0.464. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan citra merek terhadap minat beli produk motor merek Yamaha NMAX Di kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research (penelitian penjelasan). Populasi dalam penelitian ini dikhususkan pada masyarakat kota Palu yang mengetahui dan berminat, tetapi belum memiliki produk Yamaha NMAX. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis regresi dengan program SPSS For Windows Release 16.0. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk motor merek Yamaha NMAX di kota Palu, dengan tingkat signifikansi t sig. (0,05 ≥ 0,041) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,154. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap  minat beli produk motor merek Yamaha NMAX di kota Palu, dengan tingkat signifikansi t sig. (0,05 ≥ 0,000) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,464.
PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN ASET PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA Muhammad Nurochman; Muhammad Yunus Kasim; Vitayanti Fattah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.997 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.65

Abstract

The purpose of this study is to determine simultaneous and partial influence of dividend policy, profitability, and growth of corporate assets on the value of companies in the Manufacturing industry listed on the Indonesia Stock Exchange. This research is a quantitative descriptive. Sample consists of 11 companies in manufacturing industry listed on Indonesia Stock Exchange with research period of 5 years starting from 2012 until 2016. The study uses panel data regression with fixed effect model. The result shows that dividend policy, profitability, and growth of company asset simultaneously have significant influence on company value with R square value of 0.9588 means that dividend policy, profitability, and growth of company asset is 95,88% and the rest of 4,12 % influenced by other variables that are not examined. Partially, dividend policy and growth of company asset have non- significant influence on company’s value while profitability has significant influence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kebijakan dividen, profitabilitas, dan pertumbuhan aset perusahaan secara serempak dan parsial terhadap nilai perusahaan pada industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang deksriptif yang bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan pada industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 5 tahun mulai tahun 2012 hingga 2016. Metode penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan model fixed effect. Hasil Penelitian menunjukkan variabel kebijakan dividen, profitabilitas, dan pertumbuhan aset perusahaan secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai R Squared sebesar 0.9588 artinya bahwa kebijakan dividen, profitabilitas, dan pertumbuhan aset perusahaan sebesar 95,88 % dan sisanya sebesar 4,12 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel kebijakan dividen dan pertumbuhan aset perusahaan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH Eka Ayu Savitri; Zakiyah Zahara; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.009 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.61

Abstract

This study aims to identify and analyze: (1) direct influence of promotion via social media on eWOM at RM Radja Penyet Mas Fais in Palu, (2) direct influence of promotion via social media on repurchase intention at RM Radja Penyet Mas Fais in Palu, (3) direct influence of eWOM to repurchase intention on RM Radja Penyet Mas Fais in Palu. Type of research is quantitative. The population consists of people who have been exposed information about RM Radja Penyet Mas Fais  in social media, and had visited RM Radja Penyet Mas Fais or become followers @radjapenyetmasfais instagram. Sampling technique is purposive sampling, with total sample of 100 respondents. Data collecting method using online and offline questionnaires that have been tested for their validity and reliability. The analytical method using path analysis. The results show that: (1) there is direct influence of promotion via social media on eWOM at RM Radja Penyet Mas Fais in Palu, (2) there is direct influence of promotion via social media on repurchase intention at RM Radja Penyet Mas Fais in Palu, (3) there is no direct influence of eWOM on repurchase intention at RM Radja Penyet Mas Fais in Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa: (1) Pengaruh langsung promosi melalui media sosial terhadap eWOM di RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu, (2) Pengaruh langsung promosi melalui media sosial terhadap repurchase intention RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu, (3) Pengaruh langsung eWOM terhadap repurchase intention di RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat umum yang pernah terpapar informasi mengenai RM Radja Penyet Mas Fais di media sosial, dan sudah pernah bersantap di RM Radja Penyet Mas Fais atau yang menjadi followers akun instagram @radjapenyetmasfais. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner online dan offline yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung promosi melalui media sosial terhadap eWOM pada RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu, (2) Terdapat pengaruh langsung promosi melalui media sosial terhadap repurchase intention pada RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu, (3) Tidak Terdapat pengaruh langsung eWOM terhadap repurchase intention pada RM Radja Penyet Mas Fais di Kota Palu.
ANALISIS STRATEGI BERSAING RUMAH MAKAN (STUDI PADA RUMAH MAKAN DARISA CAFE CAMPUS) Akbar Riswandi; Harifuddin Thahir; Ira Nuriya Santi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.001 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.66

Abstract

The purpose of this study is 1) to find out the strengths and weaknesses of Darisa Cafe Campus Restaurant. 2) to find out the opportunities and threats of Restaurant Darisa Cafe Campus. 3) to find out the competitive strategy of Restaurant Darisa Cafe Campus. This research is a qualitative research with key informants are restaurant owners, restaurant managers and consumers. Data analysis techniques used are SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Based on the results of the SWOT analysis, the result of the strength factor of Restaurant Darisa Cafe Campus has a score of 1.97 and strength factor of 1.09 so it has a total score of 3.06 while the external strategic factor analysis summary (EFAS). The result of the opportunity factor of Restaurant Darisa Cafe Campus has a score of 2.26 from the results of the SWOT diagram at Darisa Cafe Campus Restaurant is in quadrant 2 (Two ) are ST strategies (strengths and threats) Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Rumah Makan Darisa Cafe Campus. 2) untuk mengetahui peluang dan ancaman Rumah Makan Darisa Cafe Campus. 3) untuk mengetahui strategi bersaing Rumah Makan Darisa Cafe Campus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan kuncinya adalah pemilik rumah makan, manajer rumah makan dan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Berdasarkan hasil analisis SWOT, dapat disimpulkan bahwa internal strategic factor analysis summary (IFAS), hasil faktor Kekuatan Rumah Makan Darisa Cafe Campus memiliki skor 1,97 dan faktor kekuatan, kelemahan memiliki skor 1,09 sehingga memiliki total skor 3,06 sedangkan external strategic factor analysis summary (EFAS), hasil faktor peluang Rumah Makan Darisa Cafe Campus memiliki skor 1,26 dan ancaman memiliki skor 2,10 sehingga memiliki total skor 3,36 dari hasil tersebut diagram SWOT pada Rumah Makan Darisa Cafe Campus berada pada posisi kuadran 2 (Dua) yaitu strategi ST (strengths dan threats.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PADA RUMAH MAKAN KHAS KAILI JALAN TEMBANG DI KOTA PALU Pina Pina; Zakiyah Zahara; Nirwan Nirwan
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.398 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.57

Abstract

This research aims to know and analyze simultaneous and partial influence of service marketing mix (X), which consist of product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), and process (X7) on consumer decision (Y) to buy at the Kailinese restaurant in Palu. Based on the result of multiple linear regressions, it is shown that service marketing mix consist of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process, simultaneously have significant influence on consumer decision to buy at the Kailiniese restaurant in Palu with the sig. value of 0,737 or 73,7 %. Partially, the study also shown that service marketing mix which consist of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process have significant influence on consumer decision to buy at the Kailinese restaurant in Palu with the sig. value of product = 0,559, price=0,085, place = 0,173, promotion = 0,042, people=0,201, physical evidence = 0,877, and process = 0,000. The most dominant variable that influences the decision of consumer is physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran jasa (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (6), dan proses (X7), secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen (Y) membeli di restoran khas Kaili Palu. Berdasarkan hasil regresi linier berganda, mendapatkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses, secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli di restoran kaili di Kota Palu. Dengan nilai pengaruh sebesar 0,737 atau 73,7%. Variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli di restoran khas kaili di Kota Palu. Dengan nilai pengaruh sebesar: produk = 0559, harga = 0085, tempat = 0,173, promosi = 0,042, = 0.201 orang, bukti fisik = 0,877, dan proses = 0,000. variabel yang dominan mempengaruhi sebagian besar keputusan konsumen, variabel bukti fisik.
PENGARUH STRES DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PALU Maskun Maskun; Bakri Hasanuddin; Niluh Putu Evvy Rossanty
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.14 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.62

Abstract

This study aims to determine the influence of work stress and work conflict on employee performance in The Environmental Office of Palu City. Method of study is descriptive. Yype of data is qualitative and quantitative data from primary and secondary data. Data analysis technique is multiple linear regression analysis. The result of hypothesis analysis and testing conclude that: (1) regression test shows sig. f equals to 0.003<0.05, which can be interpreted that work stress and work conflict simultaneously have positive and significant influence on employee performance; (2) regression test shows that job stress has significance level t sig. of (0.029) <α (0.05), and work conflict has significance level t sig. of (0.007) <α (0.05), which means that work stress and work conflict partially have positive and significant influence on employee performance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap  Kinerja Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) berdasarhan hasil uji regresi diperoleh Sig.F sebesar 0,003 < 0,05, yang dapat diartikan bahwa variabel stres kerja dan konflik kerja secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai. (2) berdasarkan hasil uji regresi diperoleh variabel stres kerja memiliki tingkat signifikansi t sig. (0,029) < α (0,05) dan variabel konflik kerja memiliki tingkat signifikansi t sig. (0.007) < α (0,05), sehingga variabel stres kerja dan konflik kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI TIKET PADA AGEN JASA MASKAPAI PENERBANGAN PT. GARUDA AIRLINES DI KOTA PALU Puspitasari, Henny; Adam, Rosida P; Parani, Syamsul Bachri Daeng
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.561 KB)

Abstract

This study aims to examine the simultaneous and partial influence of tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), and empathy (X5) on customer satisfaction (Y) in Garuda Airlines agent in Palu City. The type of research is descriptive-causal. Sampling technique is purposive sampling method. The results show that the dimensions of service quality consisting of physical evidence, empathy, reliability, responsiveness, and assurance simultaneously have a significant influence on customer satisfaction of buying tickets at Garuda Airline service agents. Partially, all the dimension of service quality have significant influence on the customer satisfaction of buying tickets at The Garuda airline service agent in Palu City. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial dari tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y) yang melakukan pembelian tiket pada agen jasa maskapai PT.Garuda Airlines di Kota Palu. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kausal. Teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen  jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines. Dimensi Bukti Fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines. Dimensi Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines. Dimensi Kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines. Dimensi Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines. Dimensi Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.
PENGARUH SUASANA TOKO DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU RAMEDIA DI KOTA PALU Andhika Dwitama; Suardi Suardi; Ira Nuriya Santi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.59

Abstract

The purpose of this study is to know and analyze the influence of store atmosphere (X1) and store image (X2) simultaneously and partially significant effect on purchasing decision of consumer (Y) at Bookstore Ramedia in Palu City. This type of research is causal research. The population of this study is the people of Palu City who were / were buying at Ramedia Bookstore. Sampling technique using purposive sampling with sample number 90 people. The analysis tool used is multiple linear regression analysis. Based on the result of multiple linear regression analysis, it was found that store atmosphere variables (X1) and store image (X2) simultaneously significant influence consumer purchasing decision (Y) at Ramedia Bookstore in Palu with significant value 0.001 below <0.05. Store atmosphere variables (X1) = 0.021 and store image (X2) = 0.042 partially significant effect on purchasing decision of consumer in Ramedia Bookstore in Palu City. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh suasana toko (X1) dan citra toko (X2) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada Toko Buku Ramedia di Kota Palu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kausal. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Palu yang pernah/sedang membeli di Toko Buku Ramedia. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 90 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda didapatkan hasil bahwa variabel suasana toko (X1) dan citra toko (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada Toko Buku Ramedia di Kota Palu dengan nilai signifikan 0.001 dibawah < 0.05. Variabel suasana toko (X1) = 0.021 dan citra toko (X2) = 0.042 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Buku Ramedia di Kota Palu.
PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA CV. IFMI MOTOR KOTARAYA Aswar Aswar; Muhammad Yunus Kasim; Vitayanti Fattah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.64

Abstract

The purpose of the research are 1) to find out and analyze simultaneous effect of working capital consisting of quantitative working capital, qualitative working capital, and functional working capital on profitability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 2) to find out and analyze the partial influence of quantitative working capital on rentability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 3) to determine and analyze the partial effect of qualitative working capital on rentability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 4) to determine and analyze partial effect of functional working capital on rentability at CV. IFMI Motor Kotaraya. Type of research is causal descriptive. Data analysis technique is path analysis. The results show that: 1) working capital of CV. IFMI Motor Kotaraya during 2012-2016 seen from the quantitative working capital and functional working capital has been decreased every year, while the qualitative working capital showed annual increase. 2) working capital consisting of quantitative working capital, qualitative working capital, and functional working capital simultaneously have significant effect on rentability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 3) quantitative working capital partially has a negative and significant effect on profitability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 4) qualitative working capital partially has a positive and significant effect on profitability at CV. IFMI Motor Kotaraya. 5) functional working capital partially has positive but non- significant effect on profitability at CV. IFMI Motor Kotaraya. Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara serempak modal kerja yang terdiri dari modal kerja kuantitatif, modal kerja kualitatif, dan modal kerja fungsional terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial modal kerja kuantitatif terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 3) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial modal kerja kualitatif terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 4) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial modal kerja fungsional terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kausal. Teknik analisis data adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Modal kerja CV. IFMI Motor Kotaraya tahun 2012-2016 dilihat dari modal kerja kuantitaif dan modal kerja fungsional mengalami penurunan setiap tahun, sedangkan modal kerja kualitatif menunjukkan peningkatan setiap tahun. 2) Variabel modal kerja yang terdiri dari modal kerja kuantitatif, modal kerja kualitatif, dan modal kerja fungsional berpengaruh dan signifikan secara serempak terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 3) Variabel modal kerja kuantitatif berpengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 4) Variabel modal kerja kualitatif berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya. 5) Variabel modal kerja fungsional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan secara parsial terhadap rentabilitas pada CV. IFMI Motor Kotaraya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue