cover
Contact Name
Ridwan Rustandi
Contact Email
ridwanrustandi@uinsgd.ac.id
Phone
+6285721502422
Journal Mail Official
jurnaltabligh@gmail.com
Editorial Address
Floor 4 Dakwah and Communication Faculty, Universitas Islam Negeri, Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia Jln. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Indonesia 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 26229781     EISSN : 26229773     DOI : DOI: https://doi.org/10.15575/tabligh.v5i1
Core Subject : Social,
Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, Computer-mediated communication
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam" : 6 Documents clear
Literasi Media Dalam Membangun Siaran Yang Sehat dan Pemirsa Yang Cerdas Ahmad Zakaria A.M; Aep Wahyudin; Asep Muhyiddin
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.1921

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses kegiatan literasi media yang diadakan oleh KPID Jawa Barat, mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, kegiatan literasi media, bentuk literasi media dalam pengawasan isi siaran dan pengaruh literasi media dalam membuat khalayak masyarakat cerdas dan kritis dalam bermedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dimana peneliti hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Peneliti menggunakan pendekatan teori media literasi dari James Potter (2005). Hasil penelitian ini yaitu, Kegiatan literasi media telah dijalankan sesuai rencana, namun pelaksanaan evaluasinya tidak berjalan dengan semestinya, karena belum ada perubahan signifikan yang ditunjukkan baik dari lembaga penyiaran, masyarakat atau KPID Jawa Barat sebagai pelaksana kegiatan literasi media. Namun dengan adanya kegiatan literasi media yang dilaksanakan oleh KPID Jawa Barat sejalan dengan Nilai – nilai Dakwah.
Religiusitas Media Dakwah Podcast Islam Spotif Mutmainnah Mutmainnah; Chatib Saefullah; Asep Shodiqin
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.2251

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui informasi keagamaan apakah yang diperoleh dari mendengarkan Podcast Islam Spotify dan untuk mengetahui peningkatan religiositas di kalangan mahasiswa Penyiaran Islam UIN Bandung setelah mendengarkan Podcast Islam Spotify. Menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan alat observasi partisipan dan wawancara mendalam dikarenakan data yang dikumpulkan bersifat subjektif atau pemikiran. Sumber data primer dalam penulisan ini adalah Podcast Islam Spotify dan partisipan di dalam penulisan. Data primer yang ada di dalam penelitian ini berasal dari 2 objek yang bernama (DR dan RN). Metode yang digunakan yakni studi kasus. Hasil penelitian kepada kedua informan, memperlihatkan terjadinya perubahan perilaku setelah sering mendengarkan Podcast Islam Spotify dengan isi konten Podcast yang beragam mulai dari pembahasan Qur’an dan Hadist, Fiqh hingga kisah Nabi dan Rasul. This paper aims to find out what religious information is obtained from listening to the Spotify Islamic Podcast and to find out the increase in religiosity of UIN Bandung Islamic Broadcasting students after listening to the Spotify Islamic Podcast. Using a qualitative approach. Data collection was carried out by participant observation and in-depth interviews because the data collected was subjective or wise. The primary data source in this paper is the Spotify Islamic Podcast and the participants in this writing. Primary data in this study came from 2 named objects (DR and RN). The method used is a case study. The results of the research with the two informants showed that there was a change in behavior after listening to Spotify Islamic Podcast frequently with various Podcast content ranging from discussion of the Koran and Hadith, Fiqh to the story of the Prophet and the Prophet.
Peranan Tabligh Terhadap Pemahaman Toleransi Beragama Pada Masyarakat di Kota Bandung Aji Gunawan; Aang Ridwan; Uwes Fatoni
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.2307

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penentuan mubaligh, serta penyiapan pesan toleransi umat beragama yang berdampak pada pemahaman masyarakat mengenai toleransi umat beragama di Kampung Toleransi, Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Penelitian ini studi kasus berjenis kualitatif, menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi dan observasi sebagai cara pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Lasswell dengan unsur – unsurnya yaitu komunikator (sender), pesan (message), media (channel), komunikan (receiver), efek (influence). Kemudian teori medan dakwah sebagai pengaplikasian tabligh yang dijalankan serta teori komunikasi masyarakat dan budaya sebagai pola komunikasi dalam suatu kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan dari fokus penelitian yang didapatkan yakni proses penentuan mubaligh yang dilakukan di Kampung Toleransi yaitu terorganisir dengan berbagai unsur masyarakat terlibat, penentuan yang selektif oleh pihak DKM setempat serta koordinasi dan pengawasan oleh pengurus RW dan Kampung Toleransi. Penyiapan pesan dakwah mengenai toleransi umat beragama dijalankan secara terprogram disampaikan sesuai dengan karakter, ciri, metode para mubaligh masing – masing yang hendak berceramah di Kampung Toleransi. Secara khusus pemahaman jama’ah terbina dengan baik dan umumnya masyarakat mengaplikasikan toleransi umat beragama dalam kegiatan kemasyarakatan. Aktivitas tabligh berjalan baik secara berkelanjutan, rutinitas dan temporal, yaitu dibuktikan menjadi semangat dalam kehidupan bermasyarakat yang bersatu dan toleran terhadap sesama umat manusia. Kata Kunci: Tabligh; Toleransi Beragama; Masyarakat. ABSTRACT The purpose of this study is to determine the process of determining preachers, as well as preparing messages of religious tolerance that have an impact on public understanding of religious tolerance in Tolerance Village, Jamika Village, Bojongloa Kaler District, Bandung City. This research is a qualitative case study, using the interview method, documentation study and observation as a way of collecting data. This research uses Lasswell's communication theory with its elements, namely the communicator (sender), message (message), media (channel), communicant (receiver), effects (influence). Then the dakwah field theory as the application of tabligh that is carried out as well as the theory of community and cultural communication as a pattern of communication in a group. The results of this study indicate that the focus of the research obtained is the process of determining preachers carried out in Tolerance Village, namely being organized with various elements of the community involved, selective determination by the local DKM as well as coordination and supervision by the management of RW and Kampung Toleransi. Preparation of da'wah messages regarding religious tolerance is carried out programmatically delivered according to the character, characteristics, method of each missionary who wants to speak in Tolerance Village. In particular, the understanding of jama'ah is well developed and in general the community applies religious tolerance in social activities. Tabligh activities run well in a sustainable, routine and temporal manner, that is, they are proven to be a spirit of community life that is united and tolerant of fellow human beings. Keywords : Tabligh; Religious Tolerance; Public.
Dakwah Kuliner (Analisis Pesan Dakwah dalam Channel Youtube Hobby Makan) Dita Fitria; Siti Sumijaty; Encep Taufik Rahman
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.2318

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang pesan dakwah yang terdapat dalam channel Youtube Hobby Makan, dilihat dari segi pengkategorian pesan. Pengkategorian pesan dibagi menjadi kategori isi dan kategori bentuk. Kategori isi pesan meliputi, akidah, syariah dan ahlak. Sedangkan kategori bentuk pemyajian meliputi informatif, persuasif dan koersif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) dengan penyusunan data kemudian dijelaskan, dianalisis, yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam channel youtube ini terdapat pesan dakwah. Peneliti menemukan tiga bentuk penyajian pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif, bentuk penyajian persuasif dengan kata ajakan dan himbauan yang lebih dominan dibandingkan bentuk penyajian yang lainnya. Selanjutnya kategori isi pesan tentang akhlak lebih dominan dibandingkan pesan syariah dan akidah Kata Kunci : Pesan; Dakwah; Kuliner; Youtube
Strategi Komunikasi Teman Halal dalam Mensosialisasikan Gaya Hidup Halal di Instagram indah padillah; Aang Ridwan; Tata Sukayat
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.2320

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan strategi komunikasi, implementasi, faktor pendukung, penghambat dan solusi serta evaluasi yang digunakan Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sehingga peneliti memberikan gambaran objek mengenai Teman Halal secara jelas dan sistematis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan Teman Halal meliputi mini riset, membuat desain dan konten yang kreatif, inovatif serta komunikatif, memberikan materi secara intertekstual, mengadakan halal challance dan membangun komunikasi yang baik dengan followers. Implementasi Teman Halal memanfaatkan semua media yang ada terutama media sosial instagram. Keberhasilan Teman Halal didukung oleh sumber daya yang lengkap, adanya peran mahasiswa, followers komunitas dan media. Adapun faktor penghambat yaitu, infobesitas serta kurangnya pemahaman masyarakat dan industri kecil terkait konsep halal haram. Evaluasi Teman Halal menggunakan analisis SWOT dengan mengenali peluang dan ancaman baik internal maupun eksternal. Kata Kunci : Strategi Komunikasi; halal lifestyle; media sosial The purpose of this research is to find out how communication strategy planning, implementation, supporting factors, obstacles and solutions as well as evaluation are used by Teman Halal in socializing the halal lifestyle on Instagram social media. The method used in this study is a qualitative descriptive analysis method, so that the researcher provides a clear and systematic description of the object regarding Teman Halal. The results of this study explain that the communication strategy planning carried out by Teman Halal includes mini research, creating creative, innovative and communicative designs and content, providing intertextual material, holding halal challenges and building good communication with followers. Teman Halal implementation utilizes all existing media, especially Instagram social media. The success of Teman Halal is supported by comprehensive resources, the role of students, followers communityand the media. As for the inhibiting factors, namely, infobility and lack of understanding of the community and small industry regarding the concept of halal haram. Teman Halal evaluation uses a SWOT analysis by identifying opportunities and threats both internal and external. Keywords : Communication Strategy; halal lifestyle; social media
Dimensi Dakwah Dalam Tradisi Hajat Laut Fitriani Rahmawati; Mukhlis Aliyudin; Nase _
Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Department of Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/tabligh.v6i2.2353

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prosesi tradisi hajat laut, adakah unsur dakwah dan konsep dakwah yang digunakan dalam tradisi hajat laut ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial max weber. Teori ini menjelaskan tentang adanya tindakan sosial yang merupakan tradisi yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, yakni adanya makna islam yang terkandung didalamnya.Metode dalam penelitian tersebut adalah deskriptif menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini mengenai kandungan dimensi-dimensi dakwah atau unsur-unsur dakwah dalam tradisi hajat laut. Sedangkan untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Ditemukan banyak kandungan dakwah islam didalam tradisi hajat laut yang diselenggarakan oleh desa pangandaran, kecamatan pangandaran. Media dakwah dalam tradisi hajat laut ini yakni pertunjukan wayang kulit, puasa hajat, tahlilan, dongdang, dan pengumpulan makanan di balai desa. Hal ini memberikan nilai positif yang di terapkan oleh masyarakat desa pangandaran seperti nilai dakwah, syukur, dakwah, aqidah dan akhlak. The purpose of this research is to find out how the marine hajat tradition procession, are there elements of da'wah and the concept of da'wah used in this marine tradition. The theory used in this research is Max Weber's theory of social action. This theory explains the existence of soci cval action which is a tradition that is always carried out every year, namely the meaning of Islam contained therein. The method in this research is descriptive using a qualitative analysis approach. The focus of this research is about the content of the dimensions of da'wah or elements of da'wah in the marine hajat tradition. Meanwhile, to collect research data using observation, interviews, and documentation. It was found that there are many contents of Islamic da'wah in the marine hajat tradition held by Pangandaran Village, Pangandaran District. The media of da'wah in this marine hajat tradition are shadow puppet shows, fasting hajat, tahlilan, dongdang, and food gathering at the village hall. This provides positive values ​​that are applied by the Pangandaran village community such as the values ​​of preaching, gratitude, preaching, aqidah and morals.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 6 No 3 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 6 No 1 (2021): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5 No 4 (2020): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5 No 3 (2020): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5 No 2 (2020): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5 No 1 (2020): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 4 No 4 (2019): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 4 No 3 (2019): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 4 No 2 (2019): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 4 No 1 (2019): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 3 No 4 (2018): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 3 No 3 (2018): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 3 No 2 (2018): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 3 No 1 (2018): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 4 (2017): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 3 (2017): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 2 (2017): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2017): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 4 (2016): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 3 (2016): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 2 (2016): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2016): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam More Issue