cover
Contact Name
Rusyda Fauzana
Contact Email
rusyda@uin-suska.ac.id
Phone
+6285355991278
Journal Mail Official
jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id
Editorial Address
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
ISSN : 26544709     EISSN : 26544938     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2
IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna mengangkat tulisan/karya ilmiah di bidang manajemen dakwah dengan fokus tema meliputi Manajemen Dakwah Lembaga, Manajemen Haji, Manajemen Umrah/Perjalanan Islami, Manajemen Zakat dan Wakaf, dan Strategi Dakwah. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian manajemen dakwah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021" : 6 Documents clear
Memilih Pemimpin dalam Islam Sarkawi Sarkawi; Fadli Ahmad
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.14584

Abstract

This article discusses about choosing a leader in Islam. As it is known that the current political dynamics of the nation are often neglected and excluded religion, the rise of demonstrations sometimes demand the leader resignation. Blaming the leader cannot be justified because he is the product and consequence of the election. This research aims to delve how Islam gives guidance to choose a leader. This is a library research in which the data was collected from documents such as journals, books, and manuscripts. They are analyzed in Islamic perspective, and then drawn into conclusion. The research concludes that Islam has taught muslims how to choose a leader. It is quite different from choosing a leader in democracy. In Islam, it is highly recommended and even mandatory to choose a prospective leader who meets the requirements and criteria in Islam, because a voter who determines his voting right is responsible to his religion for his choice. The state of being careless and neglacting in choosing a leader who is not in accordance with Islam will destroy the nation and people. At the end it is all the responsibilities of people, especially muslims to their the Creator. 
Syariah Hotel Solo: Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Berbasis Manajemen Syariah Totok Sudaryanto; Ade Yuliar; Agus Wahyu Triatmo
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.16339

Abstract

Konsep keramahan Islam (Islamic Hospitality) menjadi potensi besar dalam dunia industri. Pada saat yang sama, hal ini memunculkan investasi baru yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah di berbagai negara. Belakangan ini banyak sektor-sektor industri yang mengusung konsep syariah seperti wisata halal dan hotel-hotel syariah. Tulisan ini membahas Syariah Hotel di Solo, utamanya mengkaji tentang implementasi manajemen syariah dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru. Hal ini penting dilihat sebagai bagian dari konsep keramahan Islam. Dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi, tulisan ini menunjukkan bahwa Syariah Hotel Solo telah melakukan prinsip-prinsip syariah dalam pengadaan sumber daya manusia melalui proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Ini ditunjukkan dengan adanya kriteria khusus dan tes khusus dalam merekrut dan menyeleksi karyawan seperti beragama Islam, melaksanakan sholat, mempunyai kemampuan membaca Al-Quran, rukun Islam, dan pengetahuan-pengetahuan Islam lainnya.
Strategi Komunikasi Dakwah bil Qalam Komunitas Revowriter di Media Digital Rusyda Fauzana
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.16440

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah memudahkan penyebaran dakwah. Berbagai metode dakwah dijalankan dengan memanfaatkan media internet. Tiap metode dakwah memiliki keunikannya sendiri, termasuk metode dakwah bil qalam yang berfokus pada dakwah melalui tulisan. Revowriter adalah komunitas menulis untuk tujuan dakwah yang memanfaatkan media online dalam penyebaran dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi dakwah bil qalam Komunitas Revowriter di media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang menggali informasi dari pendiri dan anggota Komunitas Revowriter yang dapat membagi informasi sesuai dengan tujuan penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ekologi Media yang digagas oleh McLuhan bahwa media sebagai lingkungan hidup yang mempengaruhi kehidupan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Revowriter dalam penyebaran dakwah lewat tulisan memanfaatkan karakteristik media baru yang terkonvergensi. Karakter media baru yang bersifat global telah memudahkan pesan dakwah tersampaikan ke dalam berbagai platform media online tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media online mampu mengakomodasi pengarsipan pesan dakwah lewat tulisan dan dapat dibuka dan disebarkan kapanpun.
Dakwah Anti Riba di Youtube: Analisis Vlog Akun “Pecah Telur” Suardi Suardi
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.16498

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pesan dakwah dalam akun Youtube Pecah Telur. Dilihat dari segi pengkategorian pesan yang terbagi dalam kategori isi dan bentuk. Kategori isi meliputi akidah, syariah dan akhlak. Sedangkan kategori bentuk penyajian meliputi informatif, persuasif dan koersif. Untuk mengungkap fenomena tersebut, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam akun Youtube ini terdapat pesan dakwah. Peneliti menemukan tiga bentuk penyajian pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif, bentuk penyajian persuasif dengan kata ajakan dan himbauan yang lebih dominan dibandingkan bentuk penyajian yang lainnya. Selanjutnya kategori isi, pesan tentang akhlak lebih dominan dibandingkan pesan syariah dan akidah terutama dalam hal anti riba.
Mentoring Dakwah Di SMA: Fenomena KPPM Shadik di Karimun, Indonesia Mohammad Ikhsan Syuhada
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.16375

Abstract

Masa remaja adalah masa yang rentan mengalami keguncangan identitas. Ini bisa disebabkan oleh ekspansi globalisasi dan modernisasi, sehingga remaja terus beradaptasi dan menciptakan identitas yang baru, baik positif maupun negatif. Komunitas Peduli Pemuda Muslim Shalih dan Cendekia (KPPM Shadik) memiliki inisiatif dalam meng-counter perilaku negatif akibat globalisasi dan modernisasi di kalangan remaja sekolah melalui program pembinaan. Melalui wawancara, dokumentasi, dan netnografi, artikel ini menemukan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh KPPM Shadik antara lain melakukan mentoring general, halaqah pekanan, petualangan fajar, Rohis expo, dan riyadhoh. Program pembinaan yang dilakukan oleh KPPM Shadik ini menunjukkan bahwa jaringan Rohis semakin luas dan pada saat yang sama kultur ataupun pemahaman keagamaan Rohis ditentukan oleh jaringan-jaringan organisasi di luar sekolah.
Cyber-Da’wah: Narasi Konten Video Sebagai Metode Dakwah Non-Ulama Pada Media Sosial Tiktok Febby Amelia Trisakti
Idarotuna Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v3i3.16645

Abstract

Perkembangan media baru dan perluasan fungsi media sosial menjadi alat dakwah di era digital semakin marak di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik cyber-da’wah yang digunakan dalam narasi konten video dakwah non ulama akun @yudhidarmawan pada media sosial Tiktok. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah kualitatif dengan pendekatan paradigma naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi konten video dakwah oleh Yudhi Darmawan terdiri dari beberapa bagian yakni; bagian awal merupakan pembukaan dengan melakukan dialog (muhawarah) sesuai fenomena atau tren saat ini, bagian tengah menjelaskan pesan-pesan dakwah dengan merujuk pada akidah keislaman yang bersumber dari al Qur’an, Hadis, Ijma dan Qiyas. Bagian akhir memberi kalimat ‘call to action’ dengan menyerukan pesan untuk berbuat kebaikan dan menjauhi perbuatan yang bathil atau pemahaman yang salah. Pada keseluruhan konten Tiktok akun Yudhi Darmawan, yang paling banyak disukai ialah video “Salam Dari Surga!”, dan metode dakwah yang dilakukan oleh Yudhi termasuk pada dakwah bil al hikmah. Metode dakwah (ushlub al-Da’wah) yang diterapkan merupakan gabungan dari sisi kreatif dan sumber kredibel Islami di mana pendakwah menyesuaikan target audiens dengan isi pesan dakwah melalui konten visual yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6