cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2017)" : 7 Documents clear
Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan belajar (Study kasus pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan) Iryani, Endang
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.24

Abstract

Pengajar atau guru dengan perencanaan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kemampuan guru dalam merencanakan belajar mengajar di dalam kelas mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan seorang guru. Jika guru tidak bisa membuat perencaan belajar yang sesuai dengan keinginan siswanya dikelas maka guru tersebut dianggap gagal untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Perencanaan belajar yang dibuat guru akan menjadi satu kesatuan dengan harapan siswa dikelas (motivasi). Guru bisa mengetahui harapan dan keinganan siswa dengan menganalisa dari karakter siswa tersebut. Motivasi yang melekat dalam diri siswa juga mempengaruhi gaya, dan tujuan siswa belajar dikelas. Sebab, motivasi secara tidak langsung mampu memberikan dorongan tersendiri terhadap keinginan siswa dalam belajar. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengadakan analisa terhadap perencanaan guru dan motivasi siswa dalam belajar mengajar. Peneliti mengambil objek pada siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Dengan penelitian kuantitatif dan metodepenelitian T-Test, kesimpulan dari penelitian ini adalah: a) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi koefisien thitung sebesar 10,115 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan diatas diperoleh nilai thitung (10.115) > ttabel (1,684), maka Ho ditolak dan Hi diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hasil statistik tersebut menunjukkan bahwa perencanaan belajar siswa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Artinya makin baik perencanaan belajar siswa, maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Perencanaan belajar siswa ditentukan olehindikator seperti psikologis, social, fisik, financial, pemenuhan kebutuhan, upah, keamanan kerja, kondisi kerja,status, prosedur, prestasi, pengakuan, pekerjaan, tanggung jawab, kemajuan. b) Dari hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan dapat dihubungi oleh perencanaan belajar siswa dengan signifikansi thitung 10.539 pada taraf signifikansi 0,05.Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan perencanaan belajar siswa secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Prestasibelajar dipengaruhi oleh indikator seperti ketelitian, fokus, bersikap adil, rasional, gunakan waktu, kecakapan, menyelesaikan tugas, persaingan yang sehat, perilaku, mengarahkan, iklim sekolah, potensi, jenjang pendidikan, melatih siswa, faedah.
Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor Wijayanti, Wiwit
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.25

Abstract

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru/dosen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar diAkademi Kebidanan Prima Husada Bogor Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan Cross sectional.Populasinya adalah seluruhmahasiswa Akademi kebidanan Prima Husada Bogor.Sampel yang digunakan adalah 150 mahasiswa.Mata kuliah yang dijadikan sampel adalah asuhan kebidanan persalinan.Teknik sampel secara Purposive sampling. Analisis univariat menunjukkan bahwa 79% mahasiswa yang mendapat prestasi belajar ASKEBPersalinan rendah. Hasil uji Chi-square menyatakan bahwa dari lima variabel yang diteliti memiliki hubungan yang bermakna dengan nilai p-Value dari masing-masing variabel yaitu kecerdasan emosional (p = 0,005), minat belajar (p = 0,000), sikap belajar (p = 0,003), teman sebaya (p = 0,000) dan motivasi(p = 0,002). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rendahnya prestasi belajar ASKEB Persalinan yang meliputi kecerdasan emosional, minat belajar, sikap belajar, teman sebaya dan motivasi belajar dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Saran untuk institusi pendidikan diharapkan untuk dapat meningkatkan kecerdasan emosional mahasiswa agar lebih percaya diri, menumbuhkan minat mahasiswa dalam belajar, memantau sikap mahasiswa agar tidak tumbuh sikap yang negatif, meningkatkan keakraban antara dosen dengan mahasiswa agar tidak terpengaruh oleh teman sebaya yang mengarah pada hal kurang baik dan berikan pada mahasiswa motivasi yang membangun agar mereka memiliki semangat untuk maju.
Language Errors in Public Advertisement Khotimah, Annisa Khusnul
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.26

Abstract

Advertisement is the media that have strong power to convey any message. The use of English inappropriately makes their message unclear and fail to be perceived by people as the reader. This article shows the levels of error based on James in his Errors in Language Learning and Use. The errors found in advertisements mostly are in lexical level, morphological level, and syntax level. The advertisements publisher should understand the English grammar and vocabulary before they create the message on the board in English.
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Melalui Teknik Pemetaan Pikiran (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa UPT MKU Universitas Negeri Jakarta) Ayatullah, Ayatullah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui teknik peta pikiran. Teknik ini digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis untuk mengetahui teknik pembelajaran menulis yang terbaik dan tepat sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Data penelitian ini bersifat kualitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar selama pelaksanaan tindakan, serta wawancara siswa dan kolaborator tentang tindakan yang diimplementasikan. Penelitian dilakukan di UPT MKU UNJ dengan subjek penelitian mahasiswa yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiridari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisis data kemampuan mahasiswa dan aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa siklus I memperoleh nilai ratarata aktivitas mahasiswa sebesar 46,5% dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 66,5%kemudian meningkat lagi di siklus III menjadi 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Peta Pikiran (mind mapping) pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di UPT MKU UNJ.
Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Hermawan, Yudi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.28

Abstract

Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan CAI terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda. Penelitian menggunakan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Klaster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dengan materi sifat bahan dan perubahan benda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan uji F. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 3.56. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 34 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar daripada t tabel (2,26 > 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, program CAI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda.
Pengaruh Model Pembelajaran BCCT dan Kemandirian Terhadap Kreativitas Bermain Balok Anak Usia 4-6 Tahun di Kecamatan Ciracas 2012 Mundariyah, Sri
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 4-6 tahun di kecamatan Ciracas sebanyak 44 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 115 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas bermain balok adalah pengamatan dan instrumen kemandirian adalah dengan angket. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach untuk instrumen kemandirian dan Hyot untuk instrumen kreativitas bermain balok. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT lebih tinggi daripada anak yang diberi model pembelajaran konvensional. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan model pembelajaran BCCT; (2) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian tinggi dapat menggunakan model pembelajaran BCCT (3) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa kemandirian rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran BCCT. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian rendah dapat digunakan model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok anak usia dini.
Persepsi Mahasiswa terhadap Karakteristik Dosen yang Efektif Pada Pengajaran Bahasa Indonesia di Kalbis Institute Jakarta Timur Mulyana, Ajeng Tina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.30

Abstract

Artikel ini menyajikan studi penelitian yang dirancang untuk mengetahui karakteristik dosen yang efektif dalam mengajarkan bahasa Indonesia di fakultas ekonomi jurusan Akuntansi dan keunikan dosen Bahasa Indonesia dalam kemampuan bahasa, kemampuan komunikasi, perencanaan pembelajaran, keterampilan sosial dan emosional dan pengelolaan kelas, dalam pengajaran bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU). Penelitian ini didasarkan pada lima kategori umum: kemampuan bahasa, kemampuan komunikasi, perencanaan pembelajaran, keterampilan sosial dan emosional, pengelolaan kelas. Sedangkan persepsi mahasiswa akan dibedakan untuk mahasiswa semester 1 dan semester 5. Sample semester 1 akan diambil dari jurusan akuntansi, sedangkan semester 5 diambil dari jurusan komunikasi. Kategori umum ini akan dilihat dari persepsi mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan jurusan komunikasi di Kalbis Institute Jakarta Timur. Untuk mengukur variabel independen terhadap variabel dependen. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan Lickert lima-titik. Kusioner dibagikan kepada 30 mahasiswa. Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, persepsi mahasiswa di Kalbis Institute pada pengajaran bahasa Indonesia didapatkan nilai rata-rata yang paling besar adalah kategori keterampilan sosial dan emosional” yaitu sebesar 18,7. Sedangkan mean kumulatif diperoleh nilai 4.43 pada pertanyaan kelima yaitu “Dosen bahasa Indonesia mendorong lebih banyak berbicara di kelas” (kategori kemampuan komunikasi), median 278,56, dan standart deviasi 153,57. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mengungkapkan keyakinan mahasiswa dalam pentingnya karakteristik yang efektif dalam pengajaran bahasa, khususnya Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU). Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pemahaman tentang harapkan mahasiswa terhadap arakteristik yang efektif dosen bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU); di samping itu, penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi pada bidang pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU) di Kalbis Institute Jakarta Timur. Selain itu, mampu meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7