cover
Contact Name
Kadek Widiyarta
Contact Email
dekwiedie1996@gmail.com
Phone
+6287762794462
Journal Mail Official
dekwiedie1996@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali, Kode Pos 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Values and Character Education Journal
ISSN : 26154684     EISSN : 26156938     DOI : 10.23887/ivcej.v3i1
Core Subject : Education,
Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of character education and value education for the academic community. This journal is published twice a year
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): April" : 6 Documents clear
Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Kusmilawati, Farita Ervina; Hadi, Husnul; Agustini, Ferina
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan cukup baik. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari lima nilai karakter dalam rangka penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Kata Kunci: Nilai Karakter, Belajar Bahasa Indonesia, Membaca 
Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono Maziyah, Naelil; Rais, Rahmat; Kiswoyo, Kiswoyo
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-niali spiritual yang dapat membentuk karakter siswa dalam Buku Cerita Rakyat Joko Dolok Karya Wiradarsono, untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya nilai spiritual dalam buku cerita yang dapat membentuk nilai karakter serta untuk mengetahui bagaimana sekolah menanamkan nilai karakter pada anak didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang dapat mempengaruhi berkurangnya minat baca siswa terhadap buku cerita rakyat serta menggeser tata nilai dalam kehidupan. Akibatnya, kehidupan manusia menjadi kering spiritualitas, bahkan keimanan pada Dzat Yang Maha Kuasa juga mulai luntur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. berdasarkan hasil analisis peneliti, buku cerita rakyat Joko Dolok mengandung 34 nilai spiritual yang dapat membentuk karakter siswa. Nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai karakter tersebut dapat dilihat dari kutipan dalam penokohan, dan dibuktikan dari indikator iman, ibadah, dan akhlak serta indikator 18 nilai karakter, beberapa point yang mempengaruhi nilai spiritual dalam buku cerita dapat membentuk nilai karakter yaitu dari lingkungan, banyaknya nilai spiritual yang ada didalam buku tersebut dan isi atau alur dari cerita tersebut. Dan tiga cara menanamkan nilai karakter pada siswa yaitu sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran dimulai dan saat diluar jam pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan mengenai nilai spiritual dalam buku cerita rakyat berkaitan dengan karakter siswa itu sendiri, guru bisa menjadikan buku cerita rakyat sebagai media untuk membentuk karakter, media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Kata kunci : Nilai Spiritual, Nilai Karakter, Buku Cerita Rakyat
Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang Munawaroh, Ririn Layfatul; Prasetyo, Singgih Adhi
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17925

Abstract

Film animasi merupakan film yang banyak digemari oleh semua kalangan khususnya anak-anak. Selain menghibur, film animasi biasanya mengandung nilai karakter serta pesan moral yang baik. Oleh karena itu film animasi dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai karakter dalam film animasi Horton Hears a Who sudut pandang siswa sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Glapansari Parakan Temanggung. Data di peroleh menggunakan observasi, wawancara, angket dan teknik simak catat. Peneliti melakukan analisis terdapat enam belas nilai karakter dari delapan belas nilai karakter acuan yang terkandung dalam film animasi Horton Hears a Who. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa setiap siswa hanya dapat menangkap dua sampai empat karakter saja. Hampir setiap siswa dapat menemukan nilai karakter kreatif dalam film.Temuan lain dalam penelitian, siswa tidak hanya mengungkapkan nilai karakter positif namun beberapa siswa juga mengungkapkan ada nilai karakter negatif dalam film animasi tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa anak tidak hanya menangkap karakter baik namun juga karakter jahat dalam film yang mereka tonton. Meskipun demikian film animasi “Horton Hears a Who” masih dapat tonton dan digunakan sebagai media penanaman nilai karakter pada siswa dengan bimbingan guru atau orang tua. Kata Kunci: Nilai Karakter, Horton Hears a Who, Sekolah Dasar
EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER BERSAHABAT SISWA Wulan, Nawang; Wakhyudin, Husni; Rahmawati, Intan
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter bersahabat melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SDN Tlogomulyo Semarang. Proses penelitian yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter bersahabat melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari SDN Tlogomulyo Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan guru pelatih seni tari. Hasil dalam penelitian ini adalah peran aktif kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk nilai karakter bersahabat siswa sudah terbentuk dengan baik. Hal tersebut direalisasikan ketika anak dalam menari bisa membantu temannya ketika ada teman yang belum bisa menari, anak mengenal semua temannya dalam menari dan anak tidak membeda – bedakan teman dalam menari.Kata Kunci : Ekstrakurikuler Seni Tari, Karakter Bersahabat
Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa Silkyanti, Fella
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17941

Abstract

Sekolah perlu menyadari keberadaan peran budaya sekolah akan memengaruhi dalam pembentukan karakter pada siswa. Dengan adanya berbagai penyimpangan karakter pada siswa, diharapkan melalui budaya sekolah siswa dapat membentuk karakter melalui suatu pembiasaan yang dilakukan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Muhammadiyah 17 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Budaya sekolah religius di SD Muhammadiyah 17 Semarang setiap harinya meliputi budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun atau 5S, do’a bersama, hafalan, TPQ, sholat dhuha dan sholat dhuhur. 2) Metode atau langkah dalam membentuk karakter melalui keteladanan dan pembiasaan. 3) Karakter yang dihasilkan adalah religius, disiplin, toleransi, bersahabat, dan tanggung jawab. Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa peran budaya sekolah religius dapat membentuk karakter pada siswa. Kata kunci: Budaya Sekolah Religius, Karakter
Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Ariyanti, Fifa; Rustopo, Rustopo; Setya Putri, Anggun Dwi
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 2 No. 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema cita-citaku pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini melakukan uji kredibilitas yaitu peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema Cita-Citaku subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sedangkan nilai karakter yang tidak ditemukan adalah Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, dan Gemar Membaca. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh kemendikbud. Kata Kunci : Nilai karakter, aktivitas belajar, tematik

Page 1 of 1 | Total Record : 6