cover
Contact Name
Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani
Contact Email
tamaddun@umg.ac.id
Phone
+6285762621862
Journal Mail Official
ahyanyusuf@umg.ac.id
Editorial Address
http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/EditorialBoard
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
ISSN : 1693394X     EISSN : 27222632     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1
Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para peneliti/dosen/pendidik untuk mempublikasikan artikelnya, yang fokus pada kajian pendidikan Islam, pembelajaran pendidikan agama Islam, pemikiran pendidikan agama Islam, dan studi keislaman dan kemuhammadiyahan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan" : 5 Documents clear
PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM BUKU PERANAN KETELADANAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK KARYA AMALLIAH KADIR Basri, Hasan; Adeliyah, Nadiyah Syifa
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i2.8209

Abstract

The role of parents in educating children, especially in terms of religion and worship, certainly has a very important role in life. Especially for the development of an increasingly advanced era today, parents must equip themselves with good knowledge because it can be a big influence for children's education in the future. There are so many career parents out there who, of course, only have a little time with their children, moreover, mothers also work for the sole reason of wanting to help ease the burden on their husbands at home. The role of parents is important because parents are in the formation of personality for their children. Based on the research context, the problem that can be formulated is how the role of parents in shaping the child's personality in the book on the role of parental example in educating children by Amalliah Kadir. The purpose of this study is to find out how the role of parents in shaping the child's personality is contained in the book The Role of Parental Exemplary in Educating Children. This research is a type of literature study research that uses the object of literature review and the primary data source is the book The Role of Parental Exemplary in Educating Children by Amalliah Kadir. and for secondary sources take from books, journals, articles related to research. The data analysis technique is to use descriptive and content analysis. The results of this study indicate that the role of parents in shaping the child's personality in the book The Role of Parental Exemplary in Educating Children by Amalliah Kadir is to discuss how to educate children and teach good morals for children.The first education that parents need to instill in their children from a young age is aqidah, morals and worship. Besides that, being a parent is not easy because you have to have patience and patience so you don't feel stressed easily. It is even better if parents must have good qualities such as: compassionate, forgiving, intelligent, sincere and kind, patient, sincere, etc. Keywords: the role of parents, personality formation, Islamic personality
Dakwah Muhammadiyah Melalui Media Sosial DAMAYANTI, VANIA SISKA
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i2.8045

Abstract

Kehadiran media sosial menyebabkan banyaknya perubahan dalam cara masyarakat melakukan aktivitas dan komunikasi mereka. Perubahan ini juga termasuk didalamnya aktivitas dakwah Muhammadiyah. Dakwah di era digital memberikan dampak pada dunia dakwah saat ini, yakni memberikan kemudahan, yang akan membuat batasan-batasan waktu dan jarak antar individu menjadi hampir tidak ada. Penelitian ini akan melihat mengenai bagaimana pelaksanaan dakwah di era modern seperti sekarang ini, khususnya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah eksis di era milenial saat ini dengan perspektif Muhammadiyah serta apa saja tntangan-tangan yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan data penelitian ini berasal dari data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu (Library Research). Hasil dari penelitian menemukan bahwa era modern memberikan adanya jalan baru dalam melaksanakan dakwah islam yakni melalui media sosial, namun dalam pelaksanaanya tentunya terdapat tantangan dan hambatan. Agar dakwah dapat tersampaikan dengan utuh sesuai sasarannya, maka pemilihian platform media sosial yang tepat sangat berpengaruh, serta konten dan metode penyampaian yang digunakan juga akan menentukan keberhasilan pelaksanaan dakwah Muhammadiyah Kata Kunci: Dakwah, Muhammadiyah, Media Sosial
PERAN GURU PENDISIPLINAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH GRESIK Santoso, Subhan Adi
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i2.8149

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa peran guru dalam menciptakan disiplin kelas di SD Muhammadiyah Gresik, (2) Apa prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik, (3) Adakah korelasi antara peranan guru dalam menyiptakan disiplin kelas dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode antara lain: populasi, sampel, sumber data, metode pengumpulan data dan juga tehnik analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat empat peran yang harus dilakukan oleh seorang guru pendisiplin kelas, yaitu guru sebagai pelaksana pertama tata tertib, guru sebagai pengarah siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah, guru sebagai pengawas siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah dan guru memberikan hadiah dan hukuman kepada para siswa. Prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Gresik menunjukkan nilai yang cukup. Ada korelasi antara peranan guru dalam menciptakan disiplin kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik dan korelasi yang ditunjukkan tergolong korelasi yang cukup dengan nilai skor 0,698. Kata kunci: Peran Guru, Disiplin Kelas, Prestasi Belajar Siswa
PERAN KELUARGA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN DAN PEMBENTUKAN IDENTITAS KEAGAMAAN ANAK Caroline, Afrina; Nabila, Shalihatun; Igiasi, Teguh Setiandika
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i2.8000

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pendidikan agama Islam yaitu berupa kemampuan membaca Al-Quran, yang tidak hanya berfungsi sebagai kemampuan dasar dalam beribadah, namun juga sebagai pondasi dalam pembentukan identitas keagamaan anak. Tulisan ilmiah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana keluarga dapat berkontribusi secara efektif dalam mendidik anak-anak mereka secara religius, serta memberikan solusi konkrit untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dan studi literatur untuk memahami dinamika interaksi antara anggota keluarga dalam konteks pengajaran membaca Al-Quran serta pembentukan identitas keagamaan anak. Data primer di dapatkan melalui hasil wawancara mendalam yang dilakukan peneliti dengan narasumber, sedangkan data skunder didapatkan dengan menggunakan studi literatur melalui buku-buku rujukan dan arikel-artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep ashabiyah dari pemikiran ibnu khaldun dapat kita terapkan dalam konsep pendidikan agama dan keluarga. Solidaritas kelompok yang kuat memungkinkan keluarga dalam menghadapi tantangan serta lingkungan yang mendukung bagi perkembangan spiritual anak.
SPIRITUAL QUOTIENT DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI SMA NURUL HIDAYAH Qomariyah, Nurul; Wahyuni, S.
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i2.8110

Abstract

Spiritual intelligence is very much needed in human life. Because spirituality can be used to stem our bad behavior to become better. Spiritual intelligence is soul intelligence that helps a person to develop himself as a whole through creating the possibility to apply positive values. There is more value for every human being in developing their mindset so that they are able to develop and think clearly to consider, decide and face things by focusing on the problems they face and brilliant solutions. This reality can be seen from the dynamics of diverse people's lives, both in terms of religion, ethnicity, language and culture. The existing diversity can actually be a great potential for the nation's progress. However, on the other hand, it also has the potential to cause various kinds of problems if it is not managed and developed properly. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection uses observation, interviews and documentation. The important thing that is needed is to design some educational curriculum material content for students so that they can accept other people as equals and respect their religion, culture and ethnic differences. Therefore, a curriculum model with a variety of themes is a curriculum model that is highly recommended.

Page 1 of 1 | Total Record : 5