Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi)
Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), ISSN No. 2655-6421 is a venue for publicizing scientific research activities in the field of Civil Engineering, necessarily restricted to structures, geotechnic and earthquakes, transportation, highway and railway, construction materials, water resources, hydrology and hydraulic, environment, surveying, monitoring and control systems, health and safety in construction. Proteksi is a peer-reviewed journal that is published by Universitas Negeri Surabaya or the State University of Surabaya in collaboration with Himpunan Ahli Teknik Tanah (HATTI) Cabang Jatim or Soil Engineering Expert (HATTI) East Java Branch. Proteksi is published by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya - Indonesia with publishing period twice in a year. The articles published in Proteksi been through the editing process and rigorous assessment of third parties who joined as a mitra bebestari. This editing process aims to ensure the accuracy of the content of the article as well as guarantee the accuracy of information as expected by the reader. The article published in Proteksi be accessible online and can be downloaded without charge (free of charge). We invite researchers, academics, and practitioners to publish research results in this journal. The language used in this journal is English and Bahasa Indonesia. Proteksi published by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Surabaya, East Java, Indonesia. Proteksi published twice a year, in Juni and December, Proteksi includes research in the field of Structures, Geotechnic and Earthquakes, Construction Management, Transportation, Highway and Railway , Construction Materials, Water Resources, Hydrology and Hydraulics, Environment, Surveying, Monitoring, and Control Systems, Health and Safety in Construction. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)"
:
9 Documents
clear
Rancang Bangun Prototipe Fluid Friction Apparatus untuk Menganalisis Kehilangan Energi (Head Loss) dengan Varias Diameter Pipa
Luthfi, Muhammad;
Yulianto, Totok
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p29-35
Rancang bangun prototipe fluid friction apparatus telah selesai dirancang dan diuji pada penelitian ini. Pembuatan prototipe ini dilakukan di laboratorium Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Head loss atau kehilangan energi adalah suatu fenomena rugi-rugi aliran di dalam sistem perpipaan. Head loss yang terjadi prinsipnya ada dua macam, yaitu head loss mayor dan head loss minor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun prototipe fluid friction apparatus yang dapat digunakan untuk media pembelajaran dalam menganalisis head loss skala laboratorium. Bahan pipa terbuat dari Poly Vynil Chloride (PVC) kelas AW dengan beberapa variasi diameter yang digunakan, yaitu diameter 1”, ¾” dan ½”. Tekanan air diukur menggunakan pressure gauge digital serta pengukuran debit menggunakan flowmeter. Pengujian kehilangan energi dilakukan pada pipa diameter 1”, pipa diameter ¾” dan pipa diameter ½”. Hasil pengujian dari prototipe menunjukkan bahwa pipa diameter 1” mengalami head loss mayor sebesar 0,092 m, pipa diameter ¾” mengalami head loss mayor sebesar 0,245 m dan pipa diameter ½” mengalami head loss mayor yang terjadi sebesar 0,571 m. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, kesimpulan yang didapatkan adalah Nilai head loss mayor mengalami penurunan seiring bertambah besar diameter pipa.
Kontribusi Ruang Terbuka Hijau Publik di Kecamatan Jombang dalam Mereduksi Limpasan Air
Setyaningrum, Wiwin;
Amudi, Abdiyah
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p21-28
RTH menurut PERDA Kota Jombang No.5 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan RTH merupakan jalur mengelompok tempat tumbuh tanaman baik secara alamiah maupun sengaja ditanam yang penggunaannya lebih bersifat terbuka. Manfaat RTH yaitu sebagai daerah resapan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Level Kapasitas RTH Publik di Kecamatan Jombang dalam mereduksi limpasan air. Penelitian dilakukan menggunakan teknik analisis skoring koefisien variabel dan pengukuran infiltrasi menggunakan alat infiltrometer cincin ganda dengan metode Horton. Parameter variabel yaitu karakteristik kawasan, tutupan lahan, kelerengan, jenis vegetasi, curah hujan, tekstur tanah dan jenis tanah. Hasil yang diperoleh yaitu Level Kapasitas rendah 3 unit dengan luas 818,181 m³, Level Kapasitas sedang 10 unit dengan luas 1053,296 m³, dan Level Kapasitas tinggi 14 unit dengan luas 9371,07 m³. RTH Publik diKecamatan Jombang mencapai 40,93%, jadi tergolong sudah memenuhi proporsi RTH Publik sehingga mampu berkontribusi dalam mereduksi limpasan air. Total volume air yang diserap adalah 11242,55 m³/Th atau sebesar 83,89 % dari kapasitas maksimumnya sehingga masih perlu ditingkatkan. Hasil pengukuran infiltrasi didapat laju infiltrasi tertinggi pada Taman kebon rojo yaitu 16,749 cm/jam atau 167,49 mm/jam termasuk kategori cepat, infiltrasi terendah pada lapangan Jabon yaitu 0,619 cm/jam atau 6,187 mm/jam termasuk kategori agak lambat.
Pengaruh Penambahan Silica Fume Terhadap Kuat Tekan Beton Fc’25
Sopa N.R, Yra Maya;
Nisumanti, Sartika;
Chandra, Denie
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p1-6
Beton salah satu bahan utama dalam bidang kontstruksi. Bangunan insfrastruktur seperti gedung, jembatan, irigasi dan jalan semuanya menggunakan beton sebagai bahan utama. Silica fume adalah material pozzolan yang halus, berbentuk butiran, sangat kecil, mengandung senyawa silika dioksida (SiO2) dan alumina (Al2O3) yang berpengaruh dalam proses pengerasan pada beton. Penggunaan silica fume pada campuran beton dapat menghasilkan beton dengan kuat tekan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan silica fume dengan variasi kadar silica fume sebesar 10% dan 20%. Menggunkan metode eksperimen sesuai standar SNI 03-2834-2000 untuk memperoleh hasil yang akan mengkonfirmasi variasi yang diteliti. Hasil dari penelitian menunjukkan kuat tekan optimum terdapat pada kadar silica fume sebesar 20% dengan kuat tekan beton 27,20 MPa pada umur beton 28 hari, dengan meningkatnya proporsi campuran silica fume kemampuan kerja beton semakin meningkat. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui semakin tinggi kadar silica fume maka workabilitas beton semakin berkurang, hal ini terjadi karena sifat silica fume yang menyerap air. Kata Kunci: Beton, Silica Fume, Kuat Tekan Beton
Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) UPT Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah
Rusmadi, Muhammad Iqbal Maulana;
Suyanto, Hendro;
Jaya, Allan Restu
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p7-12
Laboratorium merupakan wadah untuk membuktikan sesuatu yang harus dilakukan melalui suatu percobaan, yang menghasilkan limbah cair maupun limbah padat yang seharusnya diolah di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terlebih dahulu sebelum dibuang kembali. Limbah yang tidak tertangani dengan baik akan mencemari lingkungan di sekitar Laboratorium tersebut. Laboratorium ini sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun tahun 2021, namun pengolahan tidak optimal dikarenakan aliran debit air limbah di laborarotium terlalu rendah sehingga perlunya perencanaan ulang pada IPAL. Tahapan perencanaan ini meliputi pada analisis perhitungan air bersih, perhitungan air limbah yang dikeluarkan, perhitungan desain kapasitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan perhitungan rencana anggaran biaya. Dari hasil perencanaan didapat kapasitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebesar 3 m3/hari, dilakukan perbandingan dengan kondisi eksisting, sedangkan untuk biaya yang telah direncanakan sebesar Rp.88.680.000,00 dengan perencanaan ini diharapkan hasil olahan dapat memenuhi standar baku mutu yang telah ditetapkan.
Analisis Kinerja Lalu Lintas dan Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Antar Jemput Sekolah di Masa New Normal (Studi Kasus : Ruas Jalan Dr. Siwabessy Ambon)
Waas, Richrisna Helena;
Matitaputty, Vemara
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p13-20
Ruas Jalan Dr Siwabessy Ambon, merupakan jalan Arteri Sekunder dengan status Jalan Propinsi, melayani akses komersial dan juga pendidikan sangat ramai dengan aktivitas pendidikan di masa new normal pasca covid 19. Berlangsungnya kegiatan pendidikan di ruas jalan ini untuk jam puncak pagi dan jam puncak siang mengakibatkan dampak pergerakan lalu lintas dan kebisingan yang padat karena pergerakan antar jemput siswa maupun guru dan pegawai di setiap sekolah yang berada di ruas jalan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Kinerja Lalu Lintas dan tingkat kebisingan Akibat Aktivitas antar jemput sekolah di masa New Normal pada Ruas Jalan Dr. Siwabessy Ambon. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berdasarkan standar PKJI 2014 untuk menganalisis kinerja Lalu lintas dan aplikasi Sound Level Meter untuk menganalisis Tingkat Kebisingan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas yaitu nilai hambatan samping di ruas jalan Dr Siwabessy dalam kategori sedang, nilai derajat kejenuhan dengan nilai maksimum 0,73 dengan nilai LOS C. Nilai kebisingan Lalu Lintas di jalan Dr Siwabessy Ambon berkisar antara 71-73 dB. Nilai ini menunjukkan kebisingan yang cukup tinggi dan melebihi standar baku mutu kebisingan untuk wilayah sekolah dan perdagangan serta jasa yaitu 50 – 70 dB. Kata Kunci: Kinerja; Lalu Lintas;Kebisingan;jalan Kota
Perhitungan Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Batas Kota Kediri – Nganjuk Menggunakan Metode MDPJ 2017
Wibisono, R. Endro;
Fitriani, Kresna Dini
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p36-43
Ruas Jalan Batas Kota Kediri - Nganjuk merupakan jalan penghubung antar kabupaten sekaligus sebagai jalur konektivitas antar wilayah. Ruas jalan batas Kota Kediri – Nganjuk menjadi jalan akses menuju Bandara Dhoho Kediri yang rencana beroperasi Juni 2023. Pelebaran jalan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat dan mendukung operasionalnya Bandara Dhoho Kediri, sehingga perlu adanya metode pelaksanaan yang tepat agar tercapainya target mutu, biaya, serta ketepatan waktu. Tujuan pengamatan ini yaitu untuk mengetahui perhitungan tebal perkerasan yang digunakan dalam pekerjaan pelebaran jalan batas Kota Kediri – Nganjuk, dan untuk mengetahui metode pelaksanaan pelebaran jalan yang dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim. Metode yang digunakan dalam perencanaan perkerasan lentur yaitu menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ 2017), dengan pengumpulan data melalui observasi, literatur, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan data LHR, diperoleh nilai CESA5 dengan umur rencana 10 tahun yaitu sebesar 19.401.953, maka nilai CESA5 berada diantara >10 – 30 juta, berdasarkan Bagan Desain 3B dan didapatkan struktur perkerasan FFF5 dengan ketebalan lapisan perkerasan yang akan digunakan pada perencanaan ruas jalan Batas Kota Kediri – Nganjuk, yaitu : AC WC = 40 mm; AC BC = 60 mm; AC Base = 145 mm ; LPA Kelas A = 300 mm
Peran Unit Pengelola Bendungan Dalam Pengelolaan Bendungan Berkelanjutan Di Satker OP BBWS Brantas (Studi Kasus UPB Bendungan Babjulmati Dan Bendungan Nipah)
Rosytha, Anna;
Suryana, Wiel Mushawiry
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p44-50
Potensi sumber daya air di Indonesia saat ini ±3.900 miliar meter kubik setiap tahunnya dan Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia dalam hal potensi cadangan air, namun hanya 25% yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti irigasi, air baku dan industri. Di Indonesia saat ini terdapat 244 bendungan (teregistrasi di Balai Teknik Bendungan per Agustus 2021) dan reservoir dengan luas sekitar + 108.183 hektar, jumlah bendungan di Indonesia akan terus bertambah seiring pembangunan 61 bendungan proyek strategis nasional, bendungan pembangkit listrik tenaga air dan bendungan limbah tambang. Dalam pengelolaan bendungan, Unit Pengelola Bendungan (UPB) memiliki peranan yang penting dalam operasi, pemeliharaan dan pemantauaan bendungan. Studi penelitian pada paper ini merupakan studi kasus dan studi literatur, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisa studi dan kajian data, dokumen teknis dan peraturan terkait, hasil diskusi/sidang teknis dengan unit pengelola bendungan serta inspeksi lapangan ke Bendungan Nipah dan Bendungan Bajulmati. Hasil dari penelitian ini adalah berdasar pada pengelolaan pada kedua bendungan tersebut bahwa UPB memiliki peranan besar dalam pengelolaan bendungan berkelanjutan dan menjadi bagian penting dari upaya untuk mencapai pengelolaan Pengelolaan Cerdas Sumber Daya Air atau Smart Water Management (SWM)
Analisis Biaya Investasi Proyek Pembangunan Perumahan La Diva Green Hill Menganti Gresik
Sujatmiko, Bambang;
Bustamin, Maulidya Octaviani;
Ardiansyah, Gilang Nova;
Unitomo, Sipil
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p51-59
Analisa investasi dilakukan dengan beberapa metode penilaian investasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan, pengolahan, dan analisa data serta analisa investasi dengan metode NPV, IRR, PI, serta menghitung waktu pengembalian investasi dengan metode PP. Dari hasil analisa investasi dengan metode NPV, IRR, PI, dan PP menggunakan diskon faktor 15%. Penilaian investasi menggunakan metode Net Present Value (NPV) dari hasil perhitungan diketahui nilai NPV =+Rp.45.633.543.816.03, artinya nilai penerimaan kas bersih sekarang dimasa yang akan datang akan lebih besar daripada nilai investasi sekarang dan dikatakan menguntungkan. Hasil perhitungan Internal Rate of Return (IRR) didapatkan hasil bunga sebesar 32.617 %. Hasil tersebut diperoleh dari P1(32%)= P2(33%) (P1 mendekati P2), yang artinya pada kondisi ini nilai NPV=0 atau mendekati 0 dengan nilai NPV1 = Rp1.158.790.178 dan NPV2 = -Rp.718.417.196, karena IRR lebih besar dari yang disyaratkan = 15% maka proyek tersebut menguntungkan. Hasil perhitungan Profitability Index (PI) didapatkan nilai PI=1,47. Karena nilai PI=1,47 > 1 maka proyek perumahan tersebut dikatakan menguntungkan. Hasil perhitungan Payback Period (PP) diketahui investasi akan kembali dalam 3 tahun 4 bulan pada tahun 2025 bulan ke-4, karena waktu pengembalian investasi kurang dari yang direncanakan yaitu 5 tahun (2023-2027), sehingga proyek dikatakan menguntungkan.
Dominasi Material yang Diangkat Tower Crane pada Proyek Pembangunan Air Traffic Control Tower Bandara Internasional Kediri
Sah, Aldimas Nasruddin;
Prasetyono, Puguh Novi
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 5 No 1 (2023): Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/proteksi.v5n1.p60-66
Indonesia telah mengalami banyak kemajuan pada bidang konstruksi dengan adanya dukungan kebijakan oleh pemerintah khususnya bidang konstruksi sebagai perwujudan transformasi ekonomi menuju Indonesia maju tahun 2045. Untuk menuju Indonesia maju pada bidang konstruksi salah satunya adalah pembangunan bandara Internasional Dhoho di Kabupaten Kediri. Salah satu pembangunan gedung di bandara Internasional Dhoho Kediri adalah air traffic control tower. Fungsi dari air traffic control tower adalah sebagai pengatur lalu lintas pesawat dengan batasan wilayah yang luas, oleh sebab itu pembangunan air traffic control tower membutuhkan peran alat berat berupa tower crane sebagai mobilisasi material. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah observasi di lapangan. Dari hasil observasi di lapangan selama 10 hari, material yang diangkat oleh tower crane antara lain adalah rangka baja, scaffolding, bata ringan, bucket concrete, besi wire mesh, keramik, besi ulir, besi holo, dan besi UNP. Material dominan yang diangkat oleh tower crane berdasarkan volume material adalah besi ulir 8D dengan jumlah total volume materialnya sebesar 30105,45 Kg. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui produktivitas tower crane dalam pengoperasiannya pada pembangunan air traffic control tower selama 10 hari di bandara internasional Dhoho Kediri bahwasannya tower crane dapat mengangkat berbagai jenis material dengan berat dan jenis yang berbeda-beda.