cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023" : 5 Documents clear
Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Wisata Arung Jeram Muara Ciantem Nurhadi, Aiman; Nugraha, Hartman; Ali, Masnur
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v6i02.55235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pelayanan terhadap kepuasan konsumen wisata arung jeram Muara Cianten. Perumusan masalah ini mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen wisata arung jeram Muara Cianten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen objek wisata arung jeram Muara Cianten berjumlah 100 orang. Validasi instrumen menggunakan Korelasi Product Moment sedangkan Reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. analisis data menggunakan teknik analisis regresi dengan bantuan program SPSS 27.0, dan hasil penelitian mengetahui Dimensi Pelayanan menunjukkan nilai t hitung sebesar 8,115 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Hal tersebut menyimpulkan bahwa Pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
Pengaruh Latihan Penetrasi (Deceive and Fly) terhadap Taktik Individu Menyerang Tim Futsal UNJ Adityawarman, Daffa; Irawan, Andri; Purba, Ruliando Hasea
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v6i02.55236

Abstract

Permasalahan yang mungkin muncul adalah kurangnya variasi dalam taktik individu pemain ketika menyerang.Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen. Variabel-variabel yang diteliti termasuk variabel bebas dan variabel terikat sudah ditentukan secara tegas oleh peneliti sejak awal penelitian. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihan deceive dan fly, sedangkan variabel terikatnya adalah taktik individu menyerang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan taktik individu menyerang setelah diberikan latihan penetrasi (deceive dan fly) dengan nilai thitung 2,96 yang lebih besar dari ttabel 2.16 dengan taraf signifikasi 0.05. Hal ini sesuai dengan kerangka berpikir dan teori serta hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh latihan penetrasi (deceive dan fly) terhadap kemampuan taktik individu menyerang futsal.Berdasarkan masalah yang ditemukan, yang didukung dengan tinjauan pustaka, kerangka berpikir dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan penetrasi (Deceive dan Fly) terhadap kemampuan taktik individu menyerang tim futsal UNJ.
Model Belajar Passing Hockey berbasis Permainan untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Mar’ah, Siti Azkiyatul; Novitasari, Eka Fitri; Hermanto
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v6i02.55238

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan variasi model passing hockey berbasis permainan untuk siswa sekolah menengah atas yang dapat diterapkan pada proses belajar permainan hockey di sekolah menengah atas. Terdapat 5 Tahapan model ADDIE antara lain analyze, design, development, implementation dan evaluation. Sample pada penelitian ini merupakan siswa ekstrakurikuler sekolah menengah atas 4 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, model belajar passing hockey berbasis permainan yang dikembangkan pada penelitian ini dapat digunakan oleh guru dan pelatih sebagai pedoman dalam memberikan materi passing pada permainan hockey karena pada penelitian ini hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut menunjukkan bahwa skor rata-rata sebesar 66%, hal tersebut terjadi peningkatan secara signifikan dari pretest dan post test sehingga dapat dikatakan model belajar passing hockey berbasis permainan cukup efektif untuk diterapkan sebagai variasi model belajar passing pada siswa sekolah menengah atas.
Pengaruh Outdoor Games terhadap Self-Esteem Remaja Usia 12-15 Tahun Kibar, Radite Gusti Nara Adil Panji; Aryati; Hartono, Fajar Vidya
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v6i02.55239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh positif dari outdoor games terhadap self-esteem Remaja usia 12-15 tahun. Pada fase ini remaja mengalami perkembangan dan perubahan baik secara fisik,Emosi,dan, lingkungan.Hal ini menjadi perhatian peneliti untuk mendorong remaja ke arah perkembangan dan perubahan positif melalui kegiatan outdoor games. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pre-experimental dengan pendekatan one-shot case study post-test design only. Penelitian dilakukan di SMPN 11 Bogor dengan proses keseluruhan 5 bulan dengan pengumpulan data menggunakan angket berbasis skala Likert. Responden penelitian remaja usia 12-15 tahun sebanyak 40 orang sebagai pengurus osis.Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa outdoor games memiliki pengaruh terhadap self-esteem remaja. Persentase tingkat pengaruh outdoor games terhadap self-esteem remaja usia 12-15 tahun menunjukkan kategori tinggi sebesar 35%, kategori sedang sebesar 45%, dan kategori rendah sebesar 20%. Hal ini menunjukkan bahwa outdoor games dapat menjadi sarana efektif dalam self-esteem remaja dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan psikologis mereka.
Model Pembelajaran Shooting Futsal Menggunakan Metode Cooprative Learning Tipe Team Games Tournament untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Febriyanto, Muhammad Arofah; Yusmawati; Prabowo, Eko
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 6 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 06, No. 02, November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v6i02.55240

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan model pembelajaran shooting permainan bola futsal pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku model pembelajaran shooting permainan bola futsal pada siswa sekolah menengah atas yang telah melalui tahap revisi dan validasi oleh ahli pembelajaran, ahli bola futsal , serta guru pendidikan jasmani dan menghasilkan 14 model yang telah di ujicobakan di tiga sekolah. Hasil angket kemudahan model sebesar 95.64% dan kemenarikan 87.65% untuk ujicoba kecil, kemudahan 95.64% dan kemenarikan 87.86% untuk ujicoba besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran pembelajaran bertahan dan menyerang permainan bola voli pada siswa sekolah menengah atas dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran atau digunakan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5