cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024" : 5 Documents clear
Model Pembelajaran Passing Bola Voli dengan Permainan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Sukarno, Anova Putri Cucu; Samsudin, Samsudin; Sujarwo, Sujarwo
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.54977

Abstract

The purpose of this research is to produce a product of learning model of lower passing, upper passing and combination of passing with games that can be applied in the process of learning physical education in junior high school.  The results obtained from student questionnaires on a small scale are 85.26% for the level of convenience and 86.94% for the level of attractiveness, the results obtained from large-scale student questionnaires are 88.21% for the level of convenience and 84.98% for the level of attractiveness, the results obtained on the 7E class experimental scale are 77.72% for the level of convenience and 81.40% for the level of attractiveness of the volleyball passing learning model that the researchers made. 
Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor berbasis Permainan Kartu Gambar pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Arlini; Sujarwo, Sujarwo; Novitasari, Eka Fitri
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i01.54978

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan permainan kartu bergambar yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi gerak dasar lokomotor. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian & pengembangan (R&D) dan menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian ini berupa 20 model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan permainan kartu bergambar untuk siswa sekolah dasar dan dinyatakan layak pada tahap validasi ahli dan guru PJOK. Hasil uji coba dengan hasil uji awal sebanyak 10 siswa kelas 2B dinyatakan tuntas dan hasil uji akhir sebanyak 20 siswa dinyatakan tuntas. Disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis permainan kartu bergambar untuk siswa kelas 2 sekolah dasar efektif dan dapat dijadikan acuan atau pedoman bagi guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran gerak dasar lokomotor.
Model Pemanasan Pencak Silat berbasis Permainan pada Siswa SMA Rohman, Deden; Rihatno , Taufik; Mustara
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i01.54981

Abstract

The aim of this research is to create a game-based pencak silat warm-up model for high school students. The method used is the Research & Development (R&D) method to validate the product in the form of a game-based pencak silat warm-up model for high school students. In this research there are 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. In this research study, it was verified by 1 learning expert, 1 pencak silat expert and 1 physical education teacher. The validation test used is an expert justification test, where the heating model that has been created and developed is tested first, then consulted and assessed by experts. Verification by experts resulted in a game-based pencak silat warm-up model for high school students. The game-based pencak silat warm- up model for high school students was developed to be more varied and innovative.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan Kuda melalui Media Sabuk pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Putriani, Marisha; Lubis, Johansyah; Hasyim, Andi Hasriadi; Prabowo, Eko
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i01.55244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan tendangan double B melalui alat bantu media berupa sabuk. Metode penelitian tindakan kelas pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Kota Bogor yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes tendangan kuda-kuda yang berjumlah 20 aspek penilaian yang telah direvisi oleh 3 orang pakar di bidang pencak silat. Penelitian ini menggunakan 1 siklus yang terdiri dari 5 kali pertemuan dan 1 kali observasi. Dalam penelitian ini diperoleh hasil latihan teknik tendangan kuda-kuda dengan menggunakan media sabuk Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Kota Bogor nilai rata-rata pada saat tes awal sebesar 89,5 dan pada saat siklus I baru dilaksanakan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 100. Siswa yang berhasil pada saat tes awal sebanyak 3 siswa atau 15% dari 20 siswa. Kemudian keberhasilan siswa pada tes siklus I sebanyak 20 siswa atau 100%.
Model Pembelajaran Gerak Dasar Bola Voli Mini di Sekolah Dasar Kelas Atas Mardiana, Shafa Ghita; Samsudin; Prabowo, Eko
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i01.55245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar bola voli mini bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian & pengembangan (R&D) metode ADDIE. Berdasarkan penilaian para ahli di bidangnya terhadap 20 model pembelajaran yang dikembangkan, hasil validasi menunjukkan bahwa model yang dibuat peneliti layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran gerak dasar bola voli mini kemudian mencari solusi untuk mengatasinya. Berdasarkan data validasi ahli bola voli, ahli pendidikan jasmani, dan guru penjas serta analisis hasil uji coba, disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak dasar bola voli mini untuk kelas SD Atas yang terdiri dari 20 model pembelajaran yang terdiri dari 5 model satu tangan, 5 model dua tangan, 5 model tangkap bola, dan 5 model lempar bola layak digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5