cover
Contact Name
Hamidi
Contact Email
hamidi@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
dekriati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mananga Aba, Desa Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya 87254 – NTT, Indonesia
Location
Kab. sumba barat daya,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Sumba Journal of Research and Mathematics Education
ISSN : 27148939     EISSN : 27148947     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2019 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan matematika secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, kajian pembelajaran matematika, dan analisis pembelajaran matematika. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal OPEN ACCESS sehingga bisa diakses untuk dijadikan sebagai rujukan untuk karya ilmiah lainnya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (JPPM) disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021)" : 8 Documents clear
Kaka Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka Angel Kaka; Dekriati Ate; Samuel Rex M. Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik di SMP N.1 Kota Tambolaka   dalam menyelesaikan soal-soal literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IXC SMP N.1 Kota Tambolaka   dengan jumlah siswa 27 orang. Subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 6 subyek, keenam subyek dipilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali, masing- masing kategori dipilih untuk diwawancarai. Jenis data yang dikumpuikan berupa data kualitatif dari hasil tes literasi numerasi siswa. Data dianalisis berdasarkan tahapan polya dan indikator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tahap memahami masalah 44%, pada tahap merencanakan 32%, pada tahap melaksanakan rencana 13%, sedangkan tahap melihat kembali 11% termasuk kategori kurang sekali. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk soal literasi numerasi masih tergolong rendah. Kata kunci: kemampuan literasi numerasi, polya.
AM Analisis Kemampuan Siswa SMP Negeri 4 Kodi Utara Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA Apliana Mone
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK :Tujuan dari penelitian ini,untuk mengetahui kemampuan peserta didik di SMP Negeri 4 Kodi Utara dalam menyelesaikan soal-soal matematika bertipe PISA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Kodi Utara dengan jumlah siswa 15 orang. Subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 6 subyek, keenam subyek dipilih berdasarkan kriteria baik sekali,baik,cukup, kurang dan kurang sekali, masing- masing kategori dipilih untuk diwawancarai. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dari hasil tes Matematika bertipe PISA. Data dianalisis berdasarkan tahapan BSNP. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan Matematika bertipe PISA peserta didik pada tahap memahami konsep matematika 6,7% termasuk kategori kurang sekali, pada tahap menggunakan penalaran 2,2%, sedangkan tahap memecahkan masalah 0% termasuk kategori kurang sekali. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk soal bertipe PISA masih tergolong rendah.Kata kunci: kemampuan Matematika Bertipe PISA, BSNP.
Malo Optimalisasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Virginia Videlince Wini Malo; Dekriati Ate; Samuel Rex M. Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v3i2.298

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan jurnal dan sumber-sumber lainnya sebagai objek yang utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan jurnal dan skripsi yang sudah terdaftar dan sah melalui koneksi internet kemudian  dikaji. Berdasarkan hasil penelitian studi literatur dari beberapa jurnal dan skripsi yang relevan dengan judul, menyatakan bahwa kemampuan penalaran mempunyai hubungan yang erat dengan model discovery learning karena untuk menyelesaikan permasalahan matematika dibutuhkan suatu proses yang mendukung siswa sehingga dapat menyimpulkan dan mendapatkan pemahaman baru tentang materi yang dipelajari. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Discovery Learning.
DA ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MOODLE Desak Made Anggraeni; Ferdinandus Bele Sole; Yohanis Umbu Kaleka
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v3i2.333

Abstract

Kemandirian belajar sangat penting, karena sikap kemandirian bertujuan agar dapat mengarahkan diri ke arah perilaku positif yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, kemandirian sangat dibutuhkan agar siswa mempunyai tangung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya, selain itu dalam mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar mahasiswa STKIP Weetebula dalam pelaksanaan kegiatan matrikulasi mahasiswa baru yang dilaksanakan secara daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang mahasiswa peserta kegiatan matrikulasi yang terdiri dari mahasiswa kelas M dan kelas N yang menggunakan e-learning moodle dalam proses pembelajaran selama kegiatan matrikulasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum kemandirian belajar mahasiswa pada kegiatan pembelajaran secara daring menggunakan e-learning moodle berada pada kategori cukup baik dari percaya diri, disiplin, inisiatif dan tanggungjawab. Aspek inisatif dan percaya diri merupakan dua aspek yang perlu ditanamkan kepada mahasiswa sejak mereka mengikuti kegiatan matrikulasi
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Negeri 2 Wanukaka Dimu Dedi; Dekriati Ate; Samuel Rex M. Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui kemampuan peserta didik di SMP Negeri 2 Wanukaka dalam meneyelesaiankan soal-soal literasi numerasi bertipe PISA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Wanunaka dengan jumlah siswa 20 orang. subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 5 subjek, kelima subjek dipilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali, masing-masing kategori dipilih untuk diwawancarai. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dari hasil tes literasi numerasi siswa. Data dianalisis berdasarkan tahapan polya dan indicator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tahap memahami masalah 16% termasuk kategori kurang sekali, pada tahap merencanakan 8% termasuk kategori kurang sekali, pada tahap melaksanakan rencana 27% termasuk kategori kurang sekali, sedang pada tahap melihat kembali 0%, termasuk kategori kurang sekali. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk soal bertipe PISA masi tergolong rendah. Kata kunci: kemampuan literasi numerasi, polya
Kodi Analisis Proses Penyelesaian Soal Matematika Bertipe PISA Di SMP Negeri 1 Kodi Yohana Kodi; Samuel Rex M. Making; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v3i2.289

Abstract

Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses penyelesaian soal matematika soal bertipe PISA di kelas IXA SMP Negeri 1 Kodi. Subjek penelitian adalah SMP Negeri 1 Kodi dengan jumlah 16 orang. subjek yang di pilih untuk di deskripsikan hasil yaitu 6 orang subjek, keenam subjek di pilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali. Masing-masing kategori di pilih untuk di wawancara. jenis data yang di kumpulkan berupa data deskriptif kualitatif dari hasil tes proses penyelesaian soal matematika bertipe PISA. Data  di analisis berdasarkan tahapan polya. Analisis data di lakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil analisis data termasuk dalam kategori kurang siswa yang mampu memahami diperoleh presentase 29%. siswa yang mampu menyusun rencana proses penyelesaian soal di peroleh presentase 28%, siswa yang mampu melaksanakan proses penyelesaian soal diperoleh presentase 18%, sedangkan proses penyelesaian  soal melihat kembali di peroleh presetase (0%). Sehingga dari hasil tersebut menunjukan bahwa analisis proses penyelesaian soal matematika bertipe PISA masih dalam kategori kurang. Kata Kunci: Proses Penyelesaian Soal Matematika Bertip PISA, Polya
Analisis Level Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA di SMP Seminari Sinar Buana Weetebula Kabupaten Sumba Barat Daya Yakobus Aryanto Ngongo; Dekriati Ate; Wilhelmus Yape Kii
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam artikel ini mengkaji level kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bertipe PISA. Sejak Indonesia bergabung pada tahun 2000, capaian Indonesia selalu berada pada level bawah dalam indeks PISA. Terbukti pada tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara partisipan untuk kemampuan membaca, peringkat 73 dari 79 negara partisipan untuk kemampuan matematika, dan peringkat 71 dari 79 negara partisipan  untuk kemampuan sains dalam PISA. Dengan hasil pencapaian yang konsisten di peringkat bawah indeks PISA, Indonesia di bawah ke konsekuensi pemikiran bahwa pendidikan tidak sesuai dengan standar umum/global dan berada di bawah Negara-negara lain di dunia. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui level kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika bertipe PISA di SMP Seminari Sinar Buana Weetebula. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan  jenis penelitian mixed metodh (metode gabungan). Kata kunci: kemampuan matematis siswa, level soal PISA
Pada Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Kelas VIII SMPK. St. Paulus Karuni Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel sarianti keiku pada; Samuel Rex M. Making; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 3 No. 2 (2021)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v3i2.329

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral siswa kelas VIII SMPK. St. Paulus Karuni dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIc SMPK St. Paulus Karuni dengan jumlah 28 siswa. Subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 3 subjek, ketiga subjek ini dipilih berdasarkan 3 kategori yaitu tinggih, sedang, dan rendah. Masing – masing kategori dipilih 1 subjek untuk diwawancarai. Data dianalisis berdasarkan aspek berpikir lateral. Analisis data dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan berpikir lateral siswa pada kategori tinggi 2 (7%) mampuh memenuhi aspek berpikir lateral,  pada kategori sedang 5(18%) cukup mampuh memenuhi aspek berpikir lateral. dan pada kategori rendah 21 (75%)  belum mampuh memenuhi aspek berpikir lateral. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir lateral siswa masi tergolong rendah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Lateral Siswa, Soal SPLDV

Page 1 of 1 | Total Record : 8