cover
Contact Name
Yunita Nur Afifah
Contact Email
mechonversio@umaha.ac.id
Phone
+6231-7884034
Journal Mail Official
mechonversio@umaha.ac.id
Editorial Address
Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257 031-7884034, Fax. 031-7884034
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
ISSN : 26228262     EISSN : 26226170     DOI : -
The focus and scope of MMEJ: including control system, robotic system, manufacturing apparatus, CNC machine, sensors, actuators, kinematics, and mechanical dynamics
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022" : 6 Documents clear
UJI KARAKTERISTIK PEMBAKARAN PREMIXED PADA METHYL ESTER SCHLEICHERA OLEOSA SEBAGAI CAMPURAN BAHAN BAKAR DIESEL Djoko Wahyudi; Dani Hari Tunggal Prasetiyo
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.1808

Abstract

Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dikembangkan saat ini. Biodisel dapat digunakan secara langsung pada mesin kendaraan tanpa harus memodifikasi terlebih dahulu. Namun, sebelum digunakan diperlukan pengujian terlebih dahulu, salah satunya dengan uji karakteristik pembakaran premixed. Pengujian pembakaran premixed dilakukan dengan memvariasikan komposisi bahan bakar dan ekivalen ratio. Biodiesel yang digunakan sebagai campuran bersumber dari minyak kesambi (schleichera olesa). Komposisi bahan bakar terdiri dari B0, B90K10, B80K20 dan B70K30 dengan ekivalen ratio 0,8, 1 dan 1,2. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bunsen burner untuk pengamatan secara visual. Hasil pengujian menghasilkan data laju pembakaran laminer tertinggi pada komposisi bahan bakar B90K10 pada ekivalen ratio 0,8, 1 dan 1,2 masing-masing sebesar 25,136 cm/s, 27,973 cm/s dan 24,641 cm/s. Sedangkan nilai laju pembakaran laminer terendah terdapat pada komposisi bahan bakar B70K30 dengan nilai berturut-turut pada ekivalen ratio 0,8, 1 dan 1,2 sebesar 21,786 cm/s, 22,431 cm/s dan 20,186 cm/s. Hal ini menunjukan bahwa nilai laju pembakaran laminer dan tinggi api dipengaruhi oleh ekivalen ratio serta komposisi bahan bakar.
ANALISIS PENGARUH PIPA INNER SEBAGAI KATALIS METANOL DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI PANAS YANG TERBUANG Dani Hari Tunggal Prasetiyo; Djoko Wahyudi
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.1809

Abstract

Pertumbuhan populasi kendaraan yang semakin meningkat, menimbulkan emisi gas buang yang dapat mencemari lingkungan dan menggangu kesehatan manusia. Pengembangan teknologi pada kendaraan merupakan upaya dalam mengurangi emisi gas buang dan mengoptimalkan performa kendaraan. Salah satu pengembangan teknologi yang dapat dilakukan adalah penggunaan pipa inner sebagai katalis metanol yang akan digunakan sebagai campuran bahan bakar. Pipa katalis berfungsi untuk memecah atom hidrokarbon menjadi atom hidrogen (H) dan karbon (C) pada metanol. Pengujian dilakukan dengan menambahkan pipa inner dengan memvariasikan putaran mesin (rpm). Hasil pengujian adalah performa mesin dan emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan pipa inner diperoleh data nilai torsi tertinggi sebesar 10,7 N.m, nilai daya efektif tertinggi sebesar 7,9 N.m, kadar HC terendah sebesar 67 ppm, kadar CO terendah sebesar 0,32%, kadar CO2 terendah sebesar 1,9%. Penguj
ANALISA PENGARUH KETINGGIAN KINCIR ANGIN POROS HORIZONTAL TERHADAP DAYA ENERGI LISTRIK Muhammad Fathuddin Noor; Djoko Wahyudi; Ahlan Ahlan; Eva Kurnia Yulyawan
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.1757

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi alternatif energi listrik di daerah perkotaan maupun di pedesaan, sejalan dengan meningkatnya upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat. Kemudian penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui besar produksi energi listrik yang dihasilkan kincir angin poros horizontal pada ketinggian 2 meter, 3 meter dan 4 meter.Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian lapangan (field Reasearch) penelitian ini penulis lakukan di Bukit Bentar Desa Curah Sawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik wawancara. Sedangkan didalam pembahasannya digunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis.Dari hasil penelitian penulis tentang Analisa Pengaruh Ketinggian Kincir Angin Poros Horizontal Terhadap Produksi Energi Listrik. Ketinggian 2 meter menghasilkan output maksimum 3,72 volt,sedangkan ketinggian 3 meter 4,2 volt dan ketinggian 4 meter 6,4 volt. Padas kincir angin gabungan  ketinggian 2 meter menghasilkan output maksimum 4,6 volt, sedangkan ketinggian 3 meter 4,2 volt dan ketinggian 4 meter 4,12 volt. Ketinggian 2 meter dan 3 meter, dari data menunjukkan kecepatan diatas 4,0 m/s ketinggian kincir angin 2 meter lebih tinggi dari 3 meter lebih rendah, hal ini juga terdapat dari pengamatan visual dimana terjadi ketika angin berhembus, 3 meter berputar lambat, 2 meter lebih cepat. hal ini terjadi akibat turbulensi angin akibat pengaruh bangunan dan pepohonan di sekitar tempat pengambilan data.
PEMANFAATAN DAUN CENGKEH LIMBAH DESTILASI UNTUK BAHAN BAKAR PADAT RAMAH LINGKUNGAN suhartoyo suhartoyo
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.1822

Abstract

Tanaman cengkeh banyak manfaatnya, anatar lain daun cengkeh dan batang cengkeh yang diolah menjadi minyak atsiri. Pengolahan dengan cara destilasi, hasil dari proses destilasi adalah minyak dan daun yang sudah tidak mengandung minyak. Daun tersebut hanya dibiarkan menjadi tambahan bahan bakar ketika proses destilasi terjadi. Satu sisi bahan bakar dari fosil sudah mulai menipis, dibandingkan jumlah kebutuhan yang selalu meningkat. Hal tersebut adalah masalah yang dihadapi sekarang belum lagi masalah polusi udara dan pengolahan limbah yang belum maksimal. Solusi yang sedikit dapat menjadi penyelesaian permasalahan tersebut adalah mengolah daun dan batang cengkeh ditambah dengan jerami padi menjadi bahan bakar ramah lingkungan untuk skala rumah tangga. Waktu yang paling cepat mendidihkan 1 liter air adalah variasi 3 yaitu 50% daun dan batang cengkeh yang telah didestilasi ditambah 50% jerami padi yang sudah dibuat arang. Waktu paling lama yaitu pada variasi 4 dan variasi 5. Dimana variasi 4 adalah 25% daun dan batang cengkeh yang telah didestilasi ditambah 75% jerami padi yang sudah dibuat arang membutuhkan waktu untuk mendidihkan air 1liter adalah 10.2” menit. Variasi 5 adalah 100% jerami padi yang sudah dibuat arang dan direkatkan dengan perekat membutuhkan waktu 10.2” untuk mendidihkan air sebanyak 1liter air.  Kebutuhan briket untuk memanaskan air 1 liter adalah variasi 3 yaitu 50% daun dan batang cengkeh yang telah didestilasi ditambah 50% jerami padi yang sudah dibuat arang dan membutuhkan briket sebanyak 153 gram bahan bakar briket. Penggunaan bahan bakar paling banyak yaitu pada variasi 5. Variasi 5 adalah 100% jerami padi yang sudah dibuat arang dan direkatkan dengan perekat membutuhkan 180 gram briket untuk mendidihkan air sebanyak 1 liter air.
IMPLEMENTASI AUTOMATIC POWER METER BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) DENGAN NODE MCU ESP8266 Vaisal Bahri; Gezaq Abror; Totok Dewantoro
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.1869

Abstract

Penghematan penggunaan energi listrik adalah langkah awal untuk membantu pemerintah dalam mengurangi defisit sumber ketenagalistrikan di Indonesia. Dalam pemanfaatannya seringkali tidak diketahui berapa energi yang sudah dipakai yang cenderung menjadi pemborosan energi lisrik, maka diperlukan pengukuran terhadap penggunaan energi listrik tersebut. Selain itu, perkembangan teknologi internet saat ini sudah maju dan banyak masyarakat yang mengenalnya dengan istilah Internet of Things (IoT). Namun, penggunaan IoT masih banyak digunakan hanya sebatas monitoring. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan sebuat alat yang dapat memonitoring maupun mengkontrol pemakaian energi listrik berbasis IoT. Perangkat atau modul yang digunakan adalah PZEM 004T dan Node MCU ESP8266. Dari pengujian alat yang telah dilakukan didapatkan hasil akurasi power meter mencapai 98.3% untuk pembacaan energi, dan 100% dalam proses pengiriman data dengan jeda durasi selama ±2 detik. Sedangkan untuk pembatasan energi mencapai tingkat keberhasilan 100%.
ANALISIS DISPLACEMENT DAN TEGANGAN VON MISES RANGKA MOBIL LISTRIK TYPE RANGER RAPTOR Mochamad Choifin; Chanin Ashari Putra
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v5i1.12231

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembebanan pada rangka mobil listrik. Rangka adalah bagian mobil yang diharuskan memiliki rancangan yang kuat untuk menahan berat kendaraan. Oleh sebab itu kontruksi rangka dibuat bisa untuk menahan sebuah beban dari kendaraan. Sedangkan untuk chasis adalah merupakan satu bagian bodi mobil, untuk mendapatkan mobil listrik yang aman dan nyaman, diperlukan proses perancangan rangka mobil yang suatu rangka yang sempurna, yang dimana pada perancangan rangka ini di lakukan Analisa displacement dan Tegangan Von Misses menggunakan software solidwork. Riset yang digunakan yaitu pengembangan dengan bantuan software solidwork yang bisa membuat suatu model dalam bentuk 3 dimensi, yang menghasilkan pengujian beban roda depan 69,14 kg, dan beban roda belakang 504,42 kg di bagi dua menjadi 251.71 kg.

Page 1 of 1 | Total Record : 6