cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6285267795998
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Seltatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 16934768     EISSN : 26568861     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v25i3
Core Subject : Economy,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, pengkajian, dan pengembangan mengenai isu ekonomi, manajemen, dan bisnis. Situs Jurnal Media Ekonomi menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis, berskala nasional, dan sumber referensi bagi akademisi. Editor menerima kiriman artikel yang sudah disesuaikan dengan template dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasi pada jurnal lain. Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses cek plagiat melalui alat bantu turnitin.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April" : 15 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Awang Yabani; Muhamad Effendi
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya hasil kerja yang baik, sehingga kinerja yang dilakukan karyawan belum sesuai dengan keinginan dan harapan Nasabah. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan regresi liniear sederhana menemukan yang di peroleh nilai persamaan regresi liniear sederhana Y = a+bX (Kinerja Karyawan= 42,613+ 0,266 Motivasi Kerja). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan pelayanan sebagai variabel moderasi yang menunjukan nilai R Square sebesar 0,415 atau 41,5% meningkat sebesar 58,5% dari hasil nilai R Square sebelum adanya variabel moderasi (motivasi) sebesar 0,129 atau 12,9%.
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PT SILAMPARI GREEN GARDEN WATERVANG Rizalludin Rizalludin; Supriyanto Supriyanto; Yuli Eprianti
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT. Silampari Green Garden Watervang Kota Lubuklinggau.Populasi dan sampel penelitian berjumlah 32 responden dengan metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji t (parsial) variabel Promosi (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memperoleh nilai thitung = 3,644> ttabel = 1,697 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil uji t (parsial) variabel Harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memperoleh nilai thitung = 3,899> ttabel = 1,697 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil uji F (simultan) memperoleh nilai Fhitung12,598> Ftabel = 3,33 dengan nilai signifikasn 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa Lingkungan Kerja dan Kompetensi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelianPerumahan PT. Silampari Green Garden Watervang Kota Lubuklinggau.
ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS Yohanes Susanto; Dian Anwar
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kompetensi, disiplin dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di puskesmas rawat Inap Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di puskemas sebanyak 40 pasien. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan analisis regresi liner berganda, dari hasil olah SPSS uji f dengan nilai 239,521 > dari f tabel sebesar 2,46 ini menunjukan bahwa secara simultan variable kualitas layanan (X1), kompetensi (X2) disiplin (X3) dan fasilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y)kepuasan pasien dan secara parsial dari masing-masing variabel (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) terhadap pasien di puskesmas rawat inap pendopo kabupaten empat lawang sumatera selatan, namun variabel yang paling dominan mempengaruhi kepusan pasien adalah fasilitas yang tersedia, oleh karenanya upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien di puskesmas rawat inap pendopo kabupaten empat lawang sumatera selatan, dapat dilakukan dengan peningkatkan fasilitas layanan kesehatan,kualitas layanan, kompetensi, disiplin kerja, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepuasan pasien.
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Awang Yabani; Muhamad Effendi
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya hasil kerja yang baik, sehingga kinerja yang dilakukan karyawan belum sesuai dengan keinginan dan harapan Nasabah. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan regresi liniear sederhana menemukan yang di peroleh nilai persamaan regresi liniear sederhana Y = a+bX (Kinerja Karyawan= 42,613+ 0,266 Motivasi Kerja). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan pelayanan sebagai variabel moderasi yang menunjukan nilai R Square sebesar 0,415 atau 41,5% meningkat sebesar 58,5% dari hasil nilai R Square sebelum adanya variabel moderasi (motivasi) sebesar 0,129 atau 12,9%.
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PT SILAMPARI GREEN GARDEN WATERVANG Rizalludin Rizalludin; Supriyanto Supriyanto; Yuli Eprianti; Yulpa Rabeta
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT. Silampari Green Garden Watervang Kota Lubuklinggau.Populasi dan sampel penelitian berjumlah 32 responden dengan metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji t (parsial) variabel Promosi (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memperoleh nilai thitung = 3,644> ttabel = 1,697 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil uji t (parsial) variabel Harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memperoleh nilai thitung = 3,899> ttabel = 1,697 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil uji F (simultan) memperoleh nilai Fhitung12,598> Ftabel = 3,33 dengan nilai signifikasn 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa Lingkungan Kerja dan Kompetensi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelianPerumahan PT. Silampari Green Garden Watervang Kota Lubuklinggau.
ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS Yohanes Susanto; Dian Anwar
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kompetensi, disiplin dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di puskesmas rawat Inap Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di puskemas sebanyak 40 pasien. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan analisis regresi liner berganda, dari hasil olah SPSS uji f dengan nilai 239,521 > dari f tabel sebesar 2,46 ini menunjukan bahwa secara simultan variable kualitas layanan (X1), kompetensi (X2) disiplin (X3) dan fasilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y)kepuasan pasien dan secara parsial dari masing-masing variabel (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) terhadap pasien di puskesmas rawat inap pendopo kabupaten empat lawang sumatera selatan, namun variabel yang paling dominan mempengaruhi kepusan pasien adalah fasilitas yang tersedia, oleh karenanya upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien di puskesmas rawat inap pendopo kabupaten empat lawang sumatera selatan, dapat dilakukan dengan peningkatkan fasilitas layanan kesehatan,kualitas layanan, kompetensi, disiplin kerja, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepuasan pasien.
MEMBANGUN PEMASARAN RELASIONAL DAN CITRA MERK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KEDAI KOPI KENANGAN Helmita Helmita
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah kedai kopi kenangan masih kalah bersaing dengan kedai kopi yang lainnya serta kedai kopi kenangan masih kurang dalam mengamati perilaku konsumen paska pembelian. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, membagikan kuesioner, dan melakukan dokumentasi dalam mencari data. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemasaran relasional dan citra merk terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran relasional (X1) terhadap loyalitas konsumen (Y) menunjukkan nilai thitung = 16,594 lebih besar dari nilai ttabel (1,986) dengan tingkat sig. = 0,05. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa pada kedai kopi kenangan secara parsial pemasaran relasional berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel citra merk (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) menunjukkan nilai thitung = 14,844 lebih besar dari nilai ttabel = (1.986) dengan tingkat sig. = 0,05. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa secara parsial citra merk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada kedai kopi kenangan. Berdasarkan hasil uji nilai Fhitung yang diperoleh adalah 145,696 > Ftabel = 3,859 dan tingkat kemaknaan secara serentak sig F adalah 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel bebas penelitian (pemasaran relasional dan citra merk) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (loyalitas konsumen)
PENGARUH KEBIJAKAN SUPERVISI PIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 14 PESAWARAN Oktavia Nilasari; Helmita Helmita
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh kebijakan Supervisi Pimpinan (Kepala Sekolah) terhadap kinerja guru di SMP Negeri 14 Pesawaran. Sampel guru yang digunakan adalah seluruh guru yang ada di SMP Negeri 14 Pesawaran 30 guru dengan teknik populasi. Analisis yang digunakan meliputi uji validasi data, uji rehabilitas, analisis regresi berganda, Uji t, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan variable independen seperti pimpinan (X), berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) pada SMP Negeri 14 Pesawaran. Variabel supervisi Pimpinan / Kepala Sekolah (X) secara parsial berpengaruh signifikan kinerja guru (Y). Kepala Sekolah belum memberikan supervisi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan para guru masih adanya ketidak sesuaian dalam membuat atau melaksanakan supervise yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru untuk sebuah penilaian kinerja guru. Dalam system pembelajaran masih di anggap kuranmg maksimal karena dalam system penilaian yang dilakukan pimpinan/kepala sekolah belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai juknis (aturan) yang sudah mendajdi ketetapan dari dinas Pendidikan.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. DUA PUTRA ADITYA DI MUSI RAWAS Nopri Tri Nanda; Murlina Nisusmiati; Suwarno Suwarno
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Dua Putra Aditya Musi Rawas.. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa 1) Berdasarkan hasil perhitungan uji t dapat dijelaskan bahwa Variabel Komunikasi (X1) terhadap Kinerja (Y) menunjukkan nilai thitung = 3,448 lebih besar dari nilai ttabel (2,020) dengan tingkat signifikansi sig. = 0,05. Artinya secara parsial variabel Komunikasi (X1) berpengaruh terhadap Kinerja (Y) karyawan PT. Dua Putra Aditya. 2) Berdasarkan hasil perhitungan uji t dijelaskan bahwa Variabel Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja (Y) menunjukkan nilai thitung = 3,291 yang lebih besar dari nilai ttabel (2,020) dengan a tingkat signifikansi sig. = 0,005. Artinya secara parsial variabel Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja (Y). 3) berdasarkan rekapitulasi hasil uji regresi linier berganda diketahui bahwa Fhitung yang diperoleh sebesar 9,015 > Ftabel = 2,33 dan taraf signifikansi simultan sig F sebesar 0,000.
PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI PENDIDIKAN TERHADAP PENGEMBANGAN SDM KANWIL DJBC SUMBAGBAR DENGAN KEBIJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Yogi Darminto; Tien Yustini; Juhaini Juhaini
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan kuantitatif, Penelitian kuantitatif umumnya ditujukan untuk membuat generalisasi dari hasil analisis dan penelitiannya dapat di replikasi, Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Bagian Barat, pengambilan sample menggunakan rumus Slovin Jumlah data sebanyak 194 responden yang diambil melalui kuisioner google form dengan menggunakan metode analisis data partial least square (PLS). Berdasarkan uji statistik, hasil penelitian menunjukan bahwa Minat dan Motivasi pendidikan berpengaruh terhadap pengembangan SDM pada Kanwil DJBC Sumbagbar, Minat pendidikan dan Motivasi pendidikan berpengaruh terhadap kebijakan pada Kanwil DJBC Sumbagbar, Kebijakan berpengaruh terhadap pengembangan SDM pegawai pada Kanwil DJBC Sumbagbar, serta Kebijakan juga menjadi mediasi antara variabel minat pendidikan terhadap pengembangan SDM pegawai di lingkungan Kanwil DJBC Sumbagbar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 30 No 2 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 30 No 1 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue