cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Phone
+6285278594970
Journal Mail Official
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Editorial Address
jl.tentara pelajar no 49 semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
ISSN : 2085773X     EISSN : 27461173     DOI : 10.0593
Core Subject : Economy,
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna dengan E-ISSN: 2746-1173 dan P-ISSN: 2085-773X merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara enam bulan sekali. Anindyaguna Ekonobisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu di bidang manajemen. Anindyaguna Ekonobisnis diterbitkan oleh LPPM STIE ANINDYAGUNA, Anindyaguna Ekonobisnis menerima tulisan hasil kajian di bidang manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen kewirausahaan. Focus and Scope: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategis, Perilaku Organisasi, Manajemen operasi, Manajemen Pengetahuan Kewiraswastaan, Bisnis elektronik,
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna" : 10 Documents clear
Analisis Blue Ocean Strategy Pada Perusahaan Wings Group Any Setyarini
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v3i2.23

Abstract

The dynamics of corporate business competition today is very dynamic, it can be seen from the variety of products issued by the company. This article discusses the role of the blue ocean strategy in the wings group company. The method used is a literature review from several journal sources and related articles. The results of this article confirm that the existence of a blue ocean strategy in which a renewable innovation can improve the company's performance for the better in the eyes of consumers. Other results revealed in this article if a company wants to win the market competition should pay attention to market segmentation, and current market trends. In addition, it must pay attention to the needs and desires of consumers about products that are liked and not liked, this will make the company more aware of the company's position in the market.
The Effect of Tax Avoidance Practices, Earnings Management, Independent Commissioners, and Audit Committees on Company Value (Study on Property, Real Estate, and Building Construction Companies listed on the IDX for the period 2015-2019) Arif Setiawan; R.Ery Wibowo A.S; Nurcahyono Nurcahyono
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penghindaran pajak, manajemen laba, komisaris independen, dan komite audit terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian kausal komparatif. Penelitian dilakukan pada perusahaan properti, real estate, dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 dengan jumlah sampel sebanyak 185 sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah studi dokumentasi dengan data sekunder diambil dari situs Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penghindaran pajak dihitung dengan menggunakan rasio Cash Effective Tax Rate (CETR). Manajemen Laba diukur dengan menggunakan akrual diskresioner yang dihitung menggunakan metode modified Jones. Komisaris independen dihitung menggunakan presentase jumlah komisaris independen terhadap dewan komisaris. Komite Audit dihitung dengan jumlah anggota komite audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penghindaran pajak, manajemen laba, komisaris independen, dan komite audit memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Rekomendasi untuk penelitian kedepannya untuk memperluas objek penelitian di luar perusahaan properti, real estate, dan konstruksi bangunan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan model perhitungan lain untuk variabel dependen dan variabel independen.
DISIPLIN KERJA DIPENGARUHI OLEH LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN Wayan Juni Sutranto; Akhmad Nurrofi; Sri Sulistyaningsih
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, budayaorganisasi dan kepemimpinan terhadap disiplin kerja pada organisasi perusahaan.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 109 orang responden. Sedangkan pelaksanaanpengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling yaituteknik pengambilan sampel secara kebetulan kepada responden / pegawai Teknik analisisdata menggunakan regresi berganda.Hasil pengujian statistik diperolurreh kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh yangpositif dan signifikan Lingkungan kerja terhadap Disiplin kerja artinya semakin baiklingkungan kerja karyawan maka akan semakin baik pula disiplin kerja. Sebaliknya, semakinburuk lingkungan kerja maka akan semakin buruk disiplin kerja karyawan. Terdapatpengaruh yang positif dan signifikan Budaya organisasi terhadap Disiplin kerja, artinyasemakin baik budaya organisasi karyawan maka akan semakin meningkatkan disiplin kerja.Sebaliknya, semakin buruk budaya organisasi karyawan maka akan semakin menurunkandisiplin kerja karyawan. Dan Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kepemimpinanterhadap Disiplin kerja, artinya semakin baik kepemimpinan di perusahaan maka akansemakin meningkatkan disiplin kerja. Sebaliknya, semakin buruk kepemimpinan di instansiatau perusahaan maka akan semakin menurunkan disiplin kerja
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COUNTER JALA KENCANA SEMARANG Nuruddin Mahmud; Fiderius Ismanto; Martini Martini
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan Harga dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Counter Jala Kencana. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Pada Counter Jala Kencana. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,739 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.323; (2) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,638 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.251; (3) Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3.976 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.383.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020) Sri Kawuri
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v3i2.36

Abstract

The research is intended to determinate the effect of size, profitability, and disclosure corporate social responsibility on firm value in manufacturing companies which listed on the Indonesia Stock Exchange 2016 - 2020. Independent variables of this research is size, profitability, and disclosure corporate social responsibility. Dependent variable of this research is firm value. The population of this research is manufacturing companies which listed on Indonesia Stock Exchange in the period 2016 – 2020 based on chosen sampling criteria of the population, it draws 41 companies.type of data is secondary data carried by documentary method which conducted by accessin website www.idx.co.id. Result of this research that company size no effect on firm value, profitability positive effect on firm value (ROA), and disclosure corporate social responsibility no effect on firm value Keywords : company size, profitability, and disclosure corporate social responsibility
THE EFFECT of DPR, DER, ROE and GCG on PBV of BANKING COMPANIES LISTED IN BEI PERIOD 2018 -2020 Iin Indarti; Weni Anna Adnanti
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Present Book Value perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pertukaran tahun 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seratus dua puluh sembilan perusahaan dan sampel sebanyak empat puluh lima perusahaan dengan menggunakan purposive judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi: uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dividend Payout Ratio berpengaruh signifikan positif. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE) dan Good Corporate Governance (GCG) tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis data Dividend Payout Ratio (DPR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE) dan Good Corporate Governance (GCG) dapat menjelaskan Present Book Value (PBV) sebesar 62,8%. Sedangkan sisanya sebesar 37,2% dijelaskan oleh faktor lain selain penelitian ini seperti Equity per Share.Cosporate Social Responsibility.
PENGARUH PRICE DISCOUNT, SALES FORCE CAPABILITY DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HALAL MART HNI HPAI BC SEMARANG Wa Ode Sitti Nurrahmah; M Roby Jatmiko
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the effect of Price Discount, Sales Force Capability and Store Atmosphere on Impulse Buying at the Halal Mart HNI-HPAI BC Semarang consumers. This study uses primary data, the method of collecting data using questionnaires. The sample collection of 110 respondents in this study used a non probability sampling method. The analysis used in this study included Test Validity, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, and Hypothesis Testing. The results of analysis using multiple linear regression can be seen that the Price Discount variable does not significantly influence the Impulse Buying on consumers of Halal Mart HNI HPAI BC Semarang. Sales Force Capability has a positive and significant effect on Impulse Buying on Halal Mart HNI-HPAI BC Semarang consumers and Store Atmosphere has a positive and significant effect on Impulse Buying at Halal Mart HNI-HPAI BC Semarang consumers. The results of the analysis using the t test can be seen that Price Discount has no significant effect while, Sales Force Capability and Store Atmosphere have a significant effect on Impulse Buying on consumers of Halal Mart HNI-HPAI BC Semarang.
PENGARUH TINGKAT INFLASI TERHADAP KURS RUPIAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA Bayu Teguh Wibowo
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi virus Covid-19 membuat banyak tekanan dalam perekonomian dan juga nilai tukar Rupiah. Kondisi ini sangat mempengaruhi inflasi yang terjadi di Indonesia dan tentunya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing khususnya US Dollar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inflasi terhadap nilai tukar mata uang Rupiah terhadap US Dollar. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Bank Indonesia untuk inflasi dan nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar dari data Kementrian Perdagangan tahun 2020 dan 2021 dimana merupakan periode pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data analisis regresi linier sederhana. Dengan hasil persamaan regresi Y=13921,675+31336,740X dimana persamaan tersebut menggambarkan bahwa hubungan variabel X dan variabel Y berpengaruh positif. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,1 menunjukan bahwa tingkat inflasi mempengaruhi nilai tukar Rupiah sebesar 10%
PERAN BRAND PERSONALITY DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO DOVE DI KOTA SEMARANG Pradipta Risma Rukma Ardi
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Shampoo Dove berada pada urutan paling bawah. Di tahun 20120 angka Top Brand Indeks (TBI) sebesar 6,1% dan pada tahun 2021 menunjukkan peningkatan sebesar 7,6% akan tetapi shampoo Dove berada pada urutan paling bawah dan tidak masuk dalam nominasi TOP. Tujuan dalam penelitian ini adalah. Untuk menganalisis pengaruh Brand Personality dan brand trust terhadap Keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen shampoo Dove di Kota semarang dengan sampel penelitian sebanyak 96 responden. Alat analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand personality dan brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
PERAN ELEMEN- ELEMEN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBEIAN (Studi Empiris pada Martabak Ojollali Semarang) M. Roby Jatmiko; Wa Ode Sitti Nurrahmah; Aldi Friyatna Dira
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 2 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Martabak Ojolali adalah salah satu kuliner yang berada di Semarang sudah berdiri sejak lima tahun dan saat ini omsetnya turun 30 persen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh elemen brand equity terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen martabak Ojolali di kota Semarang dengan sampel minimum adalah 96 responden. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua elemen brand equity berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10