cover
Contact Name
Danang Ari Santoso
Contact Email
sprinter.ilmuolahraga@gmail.com
Phone
+6283847529157
Journal Mail Official
sprinter.ilmuolahraga@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi - Ma. Bulian Km. 21 Pijoan - Jaluko - Muaro Jambi - Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
ISSN : -     EISSN : 27454231     DOI : https://doi.org/10.46838/spr.v1i2.73
Core Subject : Science, Education,
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata olahraga.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga" : 5 Documents clear
Pelatihan Hollow Sprint Berbeban 0,5 kg di Pinggang Terhadap Kecepatan Lari I Gusti Putu Ngurah Adi Santika; Danang Ari Santoso; Maryoto Subekti
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/spr.v1i2.73

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP N 3 Banjarangkan menunjukkan kecepatan lari siswa masih berada pada kategori sedang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecepatan tubuh yang dihasilkan oleh pelatihan Hollow Sprint Berbeban 0,5 kg di pinggang. Sampel berjumlah 30 orang yenag terbagi menjadi 2 kelompok. Rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Experimental Randomize Pres-Test and Post-Test Group Design. Dalam penelitian ini diperoleh peningkatan kecepatan lari 21,52% pada pelatihan Hollow Sprint Berbeban 0,5 kg di Pinggang.
Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun Pelajaran 2018/2019 Siti Fajarwati; Vega Mareta Sceisarriya
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga khususnya pembelajaran gerak dasar lokomotor.Masih banyak yang tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya penerapan permaian gobak sodor diharapkan dapat meningkatkan minat siswa. Berdasarkan batasan masalah maka penelitian membatasi permasalahannya yaitu pengaruh permainan gobak sodor terhadap minat siswa dalam gerak dasar lokomotor khususnya berlari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan gobak sodor pada minat siswa dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pretest-posttest. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena melibatkan semua. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, data pretest, mendapatkan persentase 65% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan.Sedangkan, dari hasil data postest, mendapatkan persentase 87% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh permainan gobak sodor terhadap minat siswa dalam mengikuti pembelajara gerak dasar lokomotor dapat digunakan dan diterapkan sebagai pengaruh minat belajar dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor pada siswa kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan.
Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjas Pada Siswa SDLB di Probolinggo Tahun 2020 Annisa Maqfiroh Choirullita; Wawan Setiawan; Lutfi Irawan
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya perhatian secara khusus pada siswa SDLB di Probolinggo dalam pembelajaran penjas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswa SDLB di Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengunpulan data terdiri dari tiga tahapan. Yang pertama adalah observasi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan yang terakhir guru mengisi angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani di lima SDLB yang ada di Probolinggo. Dengan jumlah total 19 guru. Analisis data menggunakan tekik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswaSDLB di Probolinggo berada dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 63,16%, kategori tinggi dengan persentase 36,84%, kategori rendah dengan persentase 0%, dan kategori sangat rendah 0%. Secara keseluruhan tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswa SDLB di Probolinggo berada dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,05%.
Pengaruh Latihan Mental Imagery Terhadap Pasing Bawah Bolavoli Peserta Ekstrakulikuler SMKN 1 Suruh Tahun Ajaran 2018/2019 Dera Haneswara; Henri Gunawan Pratama
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan mental imagery terhadap pasing bawah bola voli peserta ekstrakulikuler di SMK N 1 suruh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah one-grup pre-test dan post-test desain, penelitia ini menggunakan sampel 15 anak peserta ekstrakulikuler dengan menggunkan pengukuran tes dari AAHPERD analisis yang digunakan menggunakan uji t dengan menggunakan paired sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan mental imagery terhadap pasing bawah bola voli peserta ekstrakulikuler di SMK N 1 Suruh. Berdasarkan Paired Samples Test untuk data pasing bawah sebelum dan sesudah diberi perlakuan pengaruh mental imagery didapatkan nilai uji t sebesar -5,245 dengan p-value (sig.) sebesar 0.000. Dengan p-value yang kurang dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pasing bawah sebelum dan sesudah diberi perlakuan pengaruh mental imagery, atau dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan Imagery mempengaruhi pemahaman siswa.
Pengembangan Media Talibanfia Untuk Pembelajaran Tolak Peluru Di SDN 2 Wonocoyo Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019 Rhofin Setyawan; Ardhi Kurniawan
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Vol. 1 No. 2 (2020): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Model penelitian ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling berstrata atau statified sampling. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Produk media pembelajaran ini dapat digunakan di SDN 2 Wonocoyo, hal ini berdasarkan data hasil nilai ahli media pembelajaran dengan persentase revisi 1= 48%, revisi 2= 76%, revisi 3= 90% dan hasil nilai dari ujicoba dengan persentase 100% yang bila di analisa kelayakan produk berdasarkan klasifikasi persentase mendapatkan kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5