cover
Contact Name
Fadlul Amdhi Yul
Contact Email
fkip@unived.ac.id
Phone
+6285263027227
Journal Mail Official
fkip@unived.ac.id
Editorial Address
Jalan Meranti Raya Nomor 32 Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Computer and Informatics Education Review
ISSN : 00000000     EISSN : 27235726     DOI : https://doi.org/10.33258/cier
Core Subject : Education,
Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer Education; Informatics and Communication Technology-based Education; Multimedia-based Education Development; Digital Teaching Material Development; Vocational Education and Education Software Development. CIER is published every six months in June and December each year.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June" : 3 Documents clear
G GAMBARAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID 19 KELAS X TKR SMK S8 GRAKARSAA KOTA BENGKULU resti nopita sari
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.2202.1-5

Abstract

This study aims to determine the description of student's motivation in learning digital commucations during the covid 19 pandemic. this research was conducted on 30 - 30 september 2021 at SMK S8 Grakarsa Bengkulu City, street Adam Malik Km8. the benefits of this research are that it makes students enthusiastic about learning in participating in learning minimizes feclings of boredom, helps student no to give up easily. the approach method used in this study uses descrriptive qualitative methods, whith interviews, and observations and documentation. this researchers at SMK S8 Grakarsa Bengkulu City with the subject of teacher researchers teaching in class X TKR on digital commucation simulation subjectc, the result of this study were obtained through interviews and observations of the results of interviews conducted on Mrs. E. it indicated that the teacher to the students was inaccorgiven by the teacher function as a facilitator an motivator.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ahmad afif; Hermawansa Hermawansa; Edy Susanto
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.2467.5-9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Youtube pada mata pelajaran teknik jaringan komputer dan telekomunikasi terhadap hasil belajar di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang didapatkan yaitu berupa angka- angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai pembelajaran dengan metode ceramah atau sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Hasil penelitian : (1) Penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di X TKJ SMKN 3 Seluma. dilakukan dengan cara memutar video Youtube menggunakan bantuan proyektor. Penggunaan media video Youtube ini mendapatkan nilai akhir 40% dengan predikat sedang. (2) Efektivitas penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma tidak efektif digunakan sebagai media pembelajaran , Dari hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakukan yang diberikan pada masing-masing variabel Yang berarti penggunaan media video Youtube tidak efektif. Yaitu dengan Nilal signifikansi (2-tailed) 0.011 > 0.05. Kata kunci : Efektivitas, Media Youtube, Hasil Belajar.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS X A REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 03 BENGKULU TENGAH Irsan Todi; Fadlul Amdhi Yul; Jumiati Siska
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.3711.10-14

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan salah satu dapat dicapai dengan adanya peningkatan kualitas pada pembelajaran mulai dari metode pembelajaran ataupun media pembelajaran yang disediakan dengan segala bentuk kegiatan agar berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas proses keaktifan siswa.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 03 Bengkulu Tengah Siswa Kelas X A Rekayasa Perangkat Lunak dengan jumlah 30 siswa. Metode penelitian kualitatif deskriptif subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran kepada siswa guru melakukan tahap yaitu tahap awal, inti dan penutup dengan mendemonstrasikan materi yang akan dijelaskan sehingga dapat memudahkan penyampaian dan pemahaman materi serta tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dilihat dari hasil angket keaktifan siswa dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan siswa merasa lebih senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi mata pelajaran desain grafis.

Page 1 of 1 | Total Record : 3