cover
Contact Name
Nanis Hairunisya
Contact Email
nanis.hairunisya@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282143247279
Journal Mail Official
inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
INSPIRASI (JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 19072015     EISSN : 26863456     DOI : http://dx.doi.org/10.29100/insp
The management team received scientific papers both in the form of research results and thought results in IPS education Âand social science.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2020)" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS TERINTEGRASI NILAI ANTI KORUPSI Dwi Cahya Mardhinata (SMPN 2 Campurdarat)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1569

Abstract

Abstrak Mata pelajaran IPS berperan memfungsionalkan dan merealisasikan ilmu-ilmu sosial yang bersifat teoritik ke dalam dunia kehidupan nyata di masyarakat. Oleh karenanya secara substansi materi IPS mengintegrasikan dan mengorganisasikan secara pedagogik dari berbagai ilmu sosial serta penerapan nilai-nilai karakter bangsa utamanya pendidikan anti korupsi. Secara optimal-nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan melalui beberapa model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer yang bersumber dari observasi, partisipasi, pengukuran (langsung di lapangan), serta hasil dari interogasi atau wawancara dan data sekunder. Hasil dan pembahasan penerapan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah yang berisi keteladanan, simulasi, bermain peran dalam mencari solusi pemecahan masalah. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai budaya dan karakter bangsa tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari, sehingga penerapan dari integrasi nilai-nilai anti korupsi dapat terwujud.Kata kunci:  Model Pembelajaran Berbasis Masalah, IPS, Nilai-Nilai Anti Korupsi. Abstract  Social studies subjects function to realize and realize theoretical social sciences in the real life world in society. Therefore, in substance the IPS material integrates and organizes pedagogically from various social sciences and the application of national character values, especially anti-corruption education. Optimally, these values can be implemented through several learning models. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data sources consist of primary data sourced from observations, participation, measurements (directly in the field), as well as the results of interrogations or interviews and secondary data. Results and discussion of the application of social studies learning using Problem based learning model or problem based learning which contains role models, simulations, role playing in finding problem solving solutions. Thus, learning cultural values and national character is not only at the cognitive level, but touches on internalization, and real practice in the lives of learners everyday, so that the application of the integration of anti-corruption values can be realized.Keyword:  Project based learning, social studies, the value of anti corruptuion
KEBIJAKAN DEVIDEN DAN HUTANG SERTA KEPUTUSAN INVETASI PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Lidia - Andini (STIE Malangkucecwara Malang)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1562

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi, kebijakan dividen, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek  Indonesia Periode 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposive sampling. Populasidalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur sektor Industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek  Indonesia Periode 2016-2018.Dari populasi sebanyak 53 perusahaan manufaktur diperoleh 12 perusahaan manufaktur sebagai sampelnya. Data dianalisis denganmenggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan investasiberpengaruh positifdan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh positifdan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan hutangberpengaruh positifdan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel yang memiliki nilai  tertinggi adalah variabel kebijakan deviden. Artinya nilai perusahaanlebih didorong oleh kebijakan deviden.Kata kunci : keputusan investasi, kebijakan dividen, kebijakan hutang,  nilai perusahaan. AbstractThis research aims to test the influence of investment decision, dividend policy, and debt policy against the company's value in manufacturing company of consumer goods industry listed on Indonesia Stock Exchange period 2016-2018. The research method used is the purpose sampling method. The population in this study is all manufacturing companies of the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange period 2016-2018. Of the population as many as 53 manufacturing companies acquired 12 manufacturing companies as Samples. Data is analyzed using multiple linear regression analyses.The results showed that the investment decisions were positively and significantly influential towards the company's value, the dividend policy positively and significantly affected the value of the company, and the debt policy positively and significantly affected the value of the company. The variable that has the highest count is the debt policy variable.. This means that corporate values are more driven by dividend policy.Key Words : investment decision, dividend policy, debt policy, firm value
PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA MASYARAKAT DESA PAKISREJO TANGUNGGUNUNG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS Eko Samsul Hadi (SMPN 2 Tanggunggunung)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1570

Abstract

Abstract Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui penerpan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Desa Pakisrejo dalam menjaga ketahanan pangan yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran  IPS. Melalui penerapan nilai-nilai kearifan lokal merupakan suatu upaya untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama, meluaskan pengetahuan tentang budaya bangsa, serta merupakan bagian dari upaya untuk meminimalisir dampak negatif dari arus globalisasi yang tidak lagi dapat dihindarkan dewasa ini. Berbagai permasalahan tersebut, tentu saja memerlukan pemecahan, karena dampak globalisasi akan menjadi ancaman yang serius bagi generasi muda bangsa apabila mereka tidak didasari oleh kesadaran akan pentingnya nilai-nilai adat dan tradisi yang berlaku dalam lingkungannya. Fokus kajian dari penelitian ini adalah dikhususkan pada proses ketahanan pangan yang menjadi ciri khas dari masyarakat Desa Pakisrejo Tanggunggunung. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode etnografi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa kearifan lokal dalam upaya menjaga ketahanan pangan yang dilakukan oleh masyarakat Pakisrejo Tanggunggunung yang menjadi salah satu nilai budayanya telah mampu hidup berkembang dalam masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan pengolahan berbagai produk olahan singkong dan pemberdayaan wana wisata baru. Kemampuan mereka menjaga ketahanan pangan tersebut tidak lepas dari proses pewarisan budaya yang tetap terjaga dari generasi ke generasi. Nilai budaya tersebut dinilai tidak hanya dapat berkembang didalam budaya mereka saja, akan tetapi dapat berlaku pula pada seluruh umat manusia. Dengan demikian, nilai-nilai budaya lokal tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS, dengan tujuan untuk menjadikan pembelajaran IPS menjadi lebih bermakna bagi para peserta didik. kearifan lokal masyarakat di suatu daerah memiliki konsep nilai-nilai sains yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS pada tingkat SMP. Pembelajaran yang terintegrasi pada kearifan lokal dapat meningkatkan cara  berpikir positif, meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep dan lain sebagainya. Kata kunci:   Nilai Kearifan Lokal, Budaya Masyarakat dan Sumber Belajar Siswa
ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN Bella Giovana Putri (STIE Malangkucecwara Malang); Siti - Munfaqiroh (STIE Malangkucecwara Malang)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1563

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan menggunakan analisis rasio keuangan.Rasio keuangan yang digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas.Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk dari tahun 2016 sampai dengan 2018.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi.Metode analisis yang digunakan adalah metode time series analysis yaitu membandingkan kinerja keuangan perusahaan dalam beberapa periode.Hasil perhitungan rasio likuiditas adalah perusahaan mampu memenuhi kewajiban keuangannya yang berjangka pendek.Hasil perhitungan rasio solvabilitas adalah tidak baik dikarenakan jumlah hutang lebih besar dari pada modal.Hasil perhitungan rasio profitabilitas perusahaan telah mampu dalam meningkatkan laba perusahaan namun pada ROI dan ROE perusahaan belum cukup mampu menghasilkan laba.Hasil perhitungan rasio aktivitas adalah perusahaan kurang efisien dalam menggunakan aktiva perusahaan.Kata Kunci :Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas Abstract This study aims to determine the company's financial performance using financial ratio analysis. The financial ratios used are liquidity ratios, solvency ratios and activity ratios. Data sources in this study are secondary data namely PT. Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk from 2016 to 2018. The data collection technique used is documentation. The analysis method used is the time series analysis method, which compares the company's financial performance in several periods. The result of calculating the liquidity ratio is that the company is able to meet obligations short-term financial results. Solvability ratio calculation results are not good because the amount of debt is greater than capital. The results of the calculation of the profitability ratio of the company has been able to increase company profits, but the ROI and ROE companies have not been able to generate profits. less efficient in using company assets.Keywords: Liquidity Ratio, Solvency Ratio, Profitability Ratio, Activity Ratio
UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL BERBANTUAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 1 NGLAYANG KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO Wahyudi - Wahyudi (Universitas PGRI Madiun); Nurhadji - Nugraha (Universitas PGRI Madiun); Sudarmiani Sudarmiani (Universitas PGRI Madiun)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1573

Abstract

This study aims to determine efforts to improve teacher performance through an individual approach assisted by academic supervision in SD Negeri 1 Nglayang, Jenang District, Ponorogo Regency.This research use desciptive qualitative approach. While this type of research uses School Action Research. School Action Research  is a type of research conducted by principals and school supervisors. This school action research was carried out in a collaborative and participatory way, that is, researchers did not conduct their own research, but collaborated (in collaboration) with teachers in SD Negeri 1 Nglayang, Jenang District, Ponorogo Regency.The results showed that: 1) The implementation of academic supervision, obtained good results because there was an increase in results in the second cycle compared to the first cycle; 2) Teacher performance in SD Negeri 1 Nglayang; (a) professional aspects, (b) pedagogical aspects, and (c) social aspects very good results; 3 Implementation of academic supervision can improve teacher performance through individual teacher approaches at SD Negeri 1 Nglayang Jenang District Ponorogo District, this can be seen from: (a) Educational supervision that has been carried out for the professional aspect; (b) Educational supervision that has been carried out for pedagogical aspects; (c) Educational supervision that has been carried out for social aspects has been successful. Keywords: Teacher Performance, Individual Approach, Academic Supervision 
IMPLEMENTASI MANAJEMEN RE UNTUK MENGURANGI JAM KOSONG, KETERLAMBATAN GURU MARDI - MARDI (SDN Kendal Tulungagung)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1564

Abstract

Abstract Tujuan dari penulisan untuk mengurangi jam kosong di sekolah, mengurangi jumlah guru yang terlambat datang di sekolah, mengurangi jumlah guru yang terlambat masuk kelas.Yang dimaksud manajemen RE adalah sebuah konsep manajemen yang berarti upaya-upaya untuk menciptakan teori atau konsep baru (Tentunya yang lebih efektif) berkaitan dengan cara mengelola sebuah sekolah dengan 6 langkah melalui sebuah siklus (cycling). Keenam langkah tersebut adalah “reorienting, relearnin, replanning, redoing, rechecking, dan re-acting”. Inti dari manajemen ini adalah bagaimana seorang kepala sekolah memberdayakan semua aspek yang ada disekolah, untuk dikelola secara profesional dan total, melalui tahapan-tahapan yang digambarkan melalui model siklus tersebut. Selain itu bagaimana komponen-komponen yang ada dalam siklus tersebut dapat disinergikan sehingga pola pengelolaan sekolah yang menurut penulis bersifat spiralis tidak terjadi “missing link”.Adapun pola siklus yang penulis tawarkan dimulai dari pengendalian, perbaikan/peningkatan, pemeliharaan, tindakan, perencanaan, pemeriksaan dan pelaksanaan. Pengendalian perlu dilakukan terhadap produk input, proses pengerjaan (KBM) atau implementasi PBM hingga akhir output. Untuk itu perlu dikembangkan “mentalitas berkwalitas guru” yang melekat pada pelaku proses (built in quality) dan menerapkan do it right the first time.Dari hasil yang diperoleh dapat disampaikan disini bahwa dengan manajemen RE dapat menformat disiplin guru dan berefek pada disiplin siswa, yang akhirnya akan mewujudkan sekolah yang efektif dan unggul. Kata kunci: Implementasi, Strategi Manajemen RE, KedisiplinanAbstract               The purpose of writing is to reduce free hours at school, reduce the number of teachers who are late coming to school, reduce the number of teachers who are late for class.What is meant by RE management is a management concept which means efforts to create new theories or concepts (certainly more effective) related to how to manage a school with 6 steps through a cycle (cycling). The six steps are "reorienting, relearning, replanning, redoing, rechecking, and re-acting".   The essence of this management is how a school principal empowers all aspects of the school, to be managed professionally and totally, through the stages described through the cycle model. Besides that, how the components in the cycle can be synergized so that the school management pattern which according to the author is spiralistic does not occur "missing link".             The cycle pattern that the writer offers starts from controlling, improving / improving, maintaining, acting, planning, examining and implementing. Control needs to be done on input products, work processes (KBM) or PBM implementation until the end of the output. For this reason, it is necessary to develop a "teacher quality mentality" that is inherent to process actors (built in quality) and to implement do it right the first time.       The results obtained can be conveyed here that with RE management can format teacher discipline and have an effect on student discipline, which will ultimately create an effective and superior school.  
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Lailatus - Saadah (STIE Malangkucecwara Malang)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1557

Abstract

Corporate governance merupakan tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. (2) untuk  mengetahui apakah komite audit berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (3) untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan dan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan bahan kimia yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018. Pengambilan sampel menggunakan purpusive sampling sebanyak 14 perusahaan. Variabel yang digunakan adalah dewan direksi, komite audit dan ukuran perusaaan sebagai variabel dependennya, sedang kinerja perusahaan sebagai variabel independen. Alat analisis yang digunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian membuktikan bahwa dewan direksi dan  komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan tambang..
PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII Muhammad Denny Wicaksono (SMPN 2 Tanggunggunung)
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1568

Abstract

 Abstract Technology at this time has become the basic needs of everyone from parents, to young people, experts to lay people also use technology. Google classroom acts as a medium or tool that can be used by teachers and students to create online classes. learning strategies need technology that can develop and support these learning strategies. This study aims to describe the use of google classroom in cooperative learning strategies in social studies subjects. This research uses descriptive qualitative research methods. In this design, the researcher describes the phenomenon of the object of research, collects and tells information about the phenomenon of the object of research, and reports it narratively about the information that has been found. The research location is SMP Negeri 2 Tanggunggunung, JL. Raya Tenggong, Tanggunggunung District, Tulungagung Regency. The results of this study are, the use of google classroom in cooperative learning has several steps, namely orientation, group work, and evaluation. The use of Google classroom in cooperative learning strategies is also considered to be able to foster the activeness, ability to express opinions, enthusiasm and interests of students, because with the appropriate media and learning strategies, the learning process is no longer boring.Keywords: Google classroom, Learning strategies, Cooperative learning. AbstrakTeknologi pada saat ini telah menjdi kebutuhan dasar setiap orang dari orang tua, hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi. Google classroom berperan sebagai media atau alat yang dapat di gunakan oleh pengajar dan siswa untuk menciptakan kelas online. strategi pembelajaran di perlukan Teknologi yang dapat mengembangkan dan mendukung strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan google classroom dalam strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam rancangan ini, peneliti mendeskripsikan fenomena objek penelitian, mengumpulkan dan menceritakan informasi tentang fenomena objek penelitian tersebut, serta melaporkannya secara naratif tentang informasi-informasi yang telah ditemukan. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Tanggunggunung, JL. Raya Tenggong, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini adalah, pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran kooperatif memiliki beberapa langkah yaitu orientasi, kerja kelompok, dan evaluasi. Penggunaan Google classroom dalam strategi pembelajaran kooperatif  juga di nilai dapat menumbuhkan keaktifan, kemampuan berpendapat, semangat dan minat peserta didik, karena dengan adanya media dan strategi pembelajaran yang sesuai, maka proses pembelajaran tidak lagi membosankan. Kata kunci: Google classroom, Strategi pembelajaran, pembelajaran kooperatif
CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP MINAT BELI Yuyuk - Liana (STIE Malangkucecwara) Malang
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.1556

Abstract

Pertumbuhan perekonomian di Negara kita melaju cukup pesat, berkaitan dengan hal tersebut maka akan semakin banyak muncul bisnis baru serta jenis produk dan jasa yang ada di berbagai bidang yang ada pada sektor bisnis Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara brand personality terhadap minat beli, kualitas produk terhadap minat beli dan citra merek terhadap minat beli. Adapun populasinya adalah konsumen yang menggunakan produk minyak Bimoli yang berjumlah 110 responden. Metode pengumpulan datanya adalah dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa semua hasil ada pengaruh secara signifikan antara brand personality terhadap minat beli, ada pengaruh kualitas produk terhadap minat beli dan ada pengaruh citra merek terhadap minat beli.
ANALISIS KENAIKAN BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS TELADAN KECAMATAN MEDAN KOTA Majid Dalimunthe; Zainuddin Nasution
INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/insp.v17i1.3049

Abstract

This study aims to analyze the increase in the rate of BPJS health for public health services at model health centers.  by using five dimensions of health service quality, namely: Reability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy.  The research location is at the model health center in the Medan City sub-district.  The sample in this study amounted to ten informants.  That this research uses descriptive method.  Based on the results of research and data analysis from respondents from the five dimensions of the quality of public services that were determined, good results were obtained.  The quality of health services at the puskesmas on the dimension of reliability provides services accurately or without errors, on the tangible dimension of service quality in the neatness of the officer's discipline.  and on the responsiveness of the puskesmas employees who greet each patient and patient's family from the assurance point of the officers who serve in a friendly manner and can create a good first impression for the patients and visitors to the puskesmas, from the empathy of the puskesmas an exemplary service provided to each patient in accordance with the mission of the puskesmas  to his patients.

Page 1 of 2 | Total Record : 11