cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.Yc.Oevang Oeray,Nomor 92, Baning Kota, Sintang , Kalimantan Barat, 78612
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 25805703     EISSN : 27757242     DOI : 10.51826/edumedia
Core Subject : Education,
Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA MATERI KEANEKARAGAMAN JENIS Nepenthes Hendra Setiawan
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.176

Abstract

Media pembelajaran berbasis elektronik merupakan sarana belajar yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-booklet keanekaragaman jenis Nepenthes di Kecamatan Sintang, mengetahui kelaikan e-booklet dan respon minat belajar mahasiswa menggunakan e-booklet. Jenis peneltian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R & D) dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Validasi media dilakukan kepada ahli media sedangkan uji coba terbatas e-booklet dilakukan kepada dua kelompok kecil mahasiswa MK Ekologi tahun ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kapuas Sintang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini terdiri dari pengembangan media e-booklet, validasi media dan uji coba terbatas media terhadap respon minat belajar mahasiswa. Pengembangan media e-booklet mengikuti tahapan model 4D yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebarluasan. Hasil validasi akhir media e-booklet menunjukan nilai sebesar 3,32, hal ini berarti bahwa media ebooklet valid dan laik digunakan sebagai media ajar. Hasil angket respon minat belajar mahasiswa terhadap media e-booklet pada kelompok 1 menunjukan nilai sebesar 4,26 sedangkan pada kelompok 2 sebesar 4,10. Kedua nilai tersebut dikategorikan memiliki respon yang sangat setuju (kelompok 1) dan setuju (kelompok 2) bahwa media e-booklet dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa terutama pada materi keanekaragaman jenis.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS bejo -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.364

Abstract

Salah satu tugas seorang Pengawas Sekolah pada dimensi supervisi akademik adalah membimbing guru dalam pelaksanakan pembelajaran di kelas. Adanya bimbingan dari Pengawas Sekolah ini diharapkan guru-guru yang mengajar pada sekolah binaannya dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif. Kenyataan yang terjadi pada beberapa Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten Sintang adalah belum tercapainya proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran efektif. Kategori penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksankan minimal 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil pelaksanaan pembelajaran guru diambil dari hasil observasi kelas. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata setiap siklus hasil kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh guru e” 70%. Hasil penelitian nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran guru IPA pada siklus I di SMPN 1 Dedai 60%, di SMPN 2 Dedai 60% dan di SMPN 3 Dedai 55,50 %. Nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran guru IPA pada siklus II di SMPN 1 Dedai 82,50 di SMPN 2 Dedai 82%, dan di SMPN 3 Dedai 73,50%. Kemampuan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran efektif dapat ditingkatkan melalui Supervisi Klinis.
ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMPN 2 SINTANG KALIMANTAN BARAT Rachmi Afriani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.365

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang terfokus ke peserta didik, untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi penilaian pada kurikulum 2013, mengetahui bentuk instrumen penilaian yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sintang, mengidentifikasi hambatan dalam proses penilaian IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian bahwa guru umumnya melakukan penilaian konvensional tanpa adanya kebijakan khusus yang ditetapkan oleh pihak sekolah, tanpa instrumen khusus yang disesuaikan kebutuhan evaluasi, dan cenderung belum melaksanakan pengembangan, hambatan penilaian beragam meliputi perilaku siswa tidak terekam sehingga penilaian menjadi tidak objektif. Saran bagi guru yaitu perlu ditingkatkan lagi pemahaman dan kemampuan melakukan penilaian dan mengembangkan instrumen penilaian serta melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang untuk kemudahan dalam pelaksanaan penilaian bagi peserta didik.
IDENTIFIKASI JENIS IKAN AIR TAWAR DI PASAR MASUKA SINTANG KALIMANTAN BARAT Desi Ratnasari
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.366

Abstract

Pisces merupakan kelompok vertebrata yang hidup di perairan dengan menggunakan sirip untuk bergerak dan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan memiliki jumlah spesies yang beragam. Pisces disebut hewan poikiloterm karena suhu tubuhnya tidak tetap (berdarah dingin) karena dipengaruhi oleh suhu disekelilingnya. Tubuh terbagi atas kepala, badan, dan ekor. Kulit terdiri atas dermis dan epidermis, pada umumnya bersisik dan berlendir. Alat gerak aktif berupa otot bersegmen yang disebut miotom. Sirip ekor berfungsi sebagai kemudi. Ada tiga macam bentuk sirip ekor yaitu homoserkus, heteroserlus, dan difiserkus.
STUDI ANATOMI TRIKOMA DAUN PADA FAMILI SOLANACEAE DAN CUCURBITACEAE Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi variasi struktur anatomi trikoma daun pada famili Solanaceae dan Cucurbitaceae.Sampel dalam penelitian ini adalah daun tanaman dari famili solanaceaedan familicucurbitaceae yang mudah ditemukan di daerah sekitar Desa Merpak Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biologi Universitas Kapuas Sintang pada 10 spesies yang mewakili dari 2 famili yaitu famili solanaceae dan cucurbitaceae, telah ditemukan adanya jenis dan bentuk trikoma daun yang berbeda.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING mustakim -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas Negeri 2 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subyeknya adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sungai Tebelian yang berjumlah 32 orang.Faktor yang diamati adalah aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti tahapan dalam PTK yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) Evaluasi dan (5) Refleksi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk persentase terhadap nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar, yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa bila dibandingkan antara hasil test awal, post test siklus I dan post test siklus II. Pada hasil test awal nilai rata-rata skor klasikal hanya sebesar 67,50 pada post test siklus I meningkat menjadi 73,30 (meningkat sebesar 5,80 poin) dan pada post test siklus II menjadi sebesar 80,00 (meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Pada siklus II pelaksanaan hasil evaluasi pembelajaran sudah mencapai nilai rata-rata 80,00 (> 75) atau memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah, maka pembelajaran telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA Makdalena -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.369

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan oleh berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan termasuk guru yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar, Oleh karena itu guru dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya, seorang guru perlu teknik pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Model pembelajaran think talk write (TTW) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir aktif, berpatisipasi dalam pembelajaran dengan baik, mampu mengemukakan pendapat, menghargai orang lain, dan melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya kedalam bentuk tulisan secara sistematis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan pengukuran, Hasil penelitian bahwa siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,5% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 83%, maka hasil belajar siswa mengalaami peningkatan sebesaar 10,8%. Kesimpulan Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkat hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kelam Permai.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SINAR KASIH 2 SINTANG Gradila Afriani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.370

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Sinar Kasih 2 Sintang tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Sinar Kasih 2 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrumen pengukuran adalah soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe pair cheks ditinjau dari guru dan siswa dikatagorikan tinggi dengan presentase masing-masing sebesar 90% dan 100%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di SMP Sinar Kasih 2 Sintang. Faktor internal dan faktor eksternal diduga mempengaruhi hasil pengujian yang dilakukan.
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELAM PERMAI Marzuki -; Cendrato -; Marten -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.371

Abstract

Metode pembelajaran karyawisata merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Metode pembelajaran ini juga dapat membuat siswa belajar lebih rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode pembelajaran karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Metode penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar penelitian dan foto serta dokumen nilai yang berkaitan dengan hasil. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 3,857 > ttabel 1,670. Yang artinya hasil hipotesis thitung lebih besar dibandingkan ttabel sehinga metode pembelajaran karyawisata yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Kelam permai. Besaran pengaruh pengunaan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,2 (kategori pengaruh Kecil).

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 9 No 1 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 2 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 1 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 2 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2023): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 1 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2022): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2021): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2021): EDUMEDIA Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3 No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Media Edukasi More Issue