cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Pariwisata
ISSN : -     EISSN : 26209322     DOI : https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1
Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research activities of academics who are interested in the field of tourism such as Culinary and Shopping Tour, Cultural Heritage, History and Religion, Marine Tourism, Eco-tourism, Adventure Tour, Countryside Tour, MICE, and also Halal Tourism
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021" : 7 Documents clear
ANALISIS KUALITAS DAYA TARIK DESTINASI PARIWISATA PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI SETU BABAKAN (di Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan) Sukaesih, Uuh; Miswan, Miswan
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.406

Abstract

Kota Jakarta dengan penduduk asli suku Betawi  perlu mendapat perhatian agar kebudayaan penduduk asli tidak tergerus dengan perkembangan era globalisasi.  Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan ditargetkan akan menjadi wisata modern pada 2020. Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) Untuk mengetahui karakteristik wisatawan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, dan 2) Untuk mengetahui kualitas daya tarik destinasi pariwisata Perkampungan Budaya Betawi  Setu Babakan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang yang mengunjungi Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif diukur  menggunakan skala interval  dari 1 sampai 4, yang selanjutnya dihitung rata-ratanya dan disajikan dalam tabel. Hasil penelitian diperoleh karakteristik  wisatawan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta yaitu : paling banyak laki-laki 53 persen , paling banyak (72 persen) berusia kurang dari 35 tahun, paling banyak (46 persen) adalah pelajar/mahasiswa,. Kualitas daya tarik destinasi pariwisata Perkampungan Budaya Betawi  Setu Babakan dengan skala penilaian 1 sampai 4, diperoleh nilai rata-rata = 3.31 (katagori baik).
PENGELOLAAN WEBSITE DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN Marisa, Yunice
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.407

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi profile website Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kuesioner terhadap 80 wisatawan pada beberapa destinasi wisata di Provinsi Lampung. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik, pengujian keabsahan data dan pendekatan evaluasi pengelolaan website. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa website yang ada di Dinas Pariwisata masih kurang menarik. Selanjutnya rekomendasi penelitian ini dalam pengelolaan website yang menarik, strategi SEO atau mesin pencari merupakan fokus utama dalam memaksimalkan promosi melalui website, konten adalah salah satu elemen yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi SEO. Online advertising juga sangat membantu untuk dapat memberi informasi kepada wisatawan. Promosi online secara keseluruhan dapat disimpulkan bersifat positif atau baik. Daya tarik objek wisata di Provinsi Lampung cukup menarik untuk dikembangkan.  
STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU BUATAN KUALO MUDO BENGKALIS RIAU Fatmawati, Fatmawati; Silvia, Silvia
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan objek wisata danau buatan Kualo Mudo Bengkalis Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, informan diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa : (1) kekuatan pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah keindahan pemandangan danau buatan, letaknya strategis, akses jalan cukup baik, transportasi cukup baik, digunakan sebagai penyaluran hobi memancing, tersedianya wahana permainan anak-anak. (2) kelemahan pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah kurang terawatnya, kebersihan yang kurang diperhatikan, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana seperti WC, mushola, cafe, parkir, gerbang masuk, tidak adanya hotel/ wisma tempat penginapan pengunjung, kurangnya promosi pada objek wisata. (3) peluang pada objek wisata Danau Buatan Kualo Mudo adalah adanya kerjasama antara swasta dan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengembangkan objek wisata, dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata, biaya masuk yang relatif murah. (4) ancaman pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah adanya objek wisata lain yang lebih diperhatikan dan dikembangkan pemerintah serta persaingan dengan objek wisata lain, keamanan yang belum terjaga. (5) strategi atau kebijakan pengembangan yang dilakukan sebagai berikut pertama; memperhatikan perawatan lokasi, kedua; menambah anggota pengelola untuk menjaga kebersihan danau dari sampah-sampah yang berserakan, ketiga; menambah dan memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana, keempat; membangun tempat-tempat penginapan, hotel/ wisma, kelima; meningkatkan promosi, keenam; meningkatkan kerjasama antara swasta, pemerintah daerah dan masyarakat, ketujuh; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lokasi.
ANALISIS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEGIATAN TELEMARKETING DI HOTEL SALAK THE HERITAGE Djamhur, Ina; Zulfa, Ananda Widianti
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar operasional prosedur (SOP) kegiatan telemarketing di Hotel Salak The Heritage. Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang mewakili instansi pemerintahan dan perusahaan swasta yang pernah melakukan kegiatan meeting dan lainnya di Hotel Salak The Heritage pada tahun 2019 berdasarkan hasil promosi melalui telemarketing. Metode Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dalam survei penelitian menggunakan pendeketan kuantitatif, informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner dan juga wawancara kepada informan kunci. Pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara Sales and Marketing Dapartement di Hotel Salak The Heritage untuk pengumpulan data yang sedalam-dalamnya. Melalui penelitian desktiptif, akan diperoleh gambaran dan penjelasan mengenai SOP telemarketing. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kegiatan telemarketing sudah dijalankan sesuai SOP dengan nilai 90.5%.   Namun, masih terdapat beberapa kelemahan dalam kegiatan telemarketing. Oleh karena itu, disarankan agar para telemarketer mendapatkan pelatihan secara rutin (tiga bulan sekali), misalnya berkomunikasi secara fasih, pelayanan prima serta motivasi. 
PENGARUH VARIABEL HIJAU TERHADAP BISNIS YANG BERKELANJUTAN: STUDI SEKTOR KULINER DESTINASI WISATA JOGLOSEMAR SAAT PANDEMI COVID-19 Yudawisastra, Helin G; Andriyani, Yeni
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.410

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis variabel hijau (produk hijau, disain hijau, produksi hijau, kredit hijau) terhadap bisnis yang berkelanjutan melalui kewirausahaan hijau pada kota destinasi wisata Joglosemar saat kondisi pandemi covid-19. Penelitian menggunakan survey deskriptif verifikatif. analisis data menggunakan analisis faktor dan partial least square  dengan sampel 144 pelaku usaha sektor kuliner. Pada model 1 menunjukkan bahwa produksi hijau dan disain hijau tidak berpengaruh secara signifikan terhadap bisnis yang berkelanjutan melalui kewirausahaan hijau. Variabel hijau lain berpengaruh secara signifikan terhadap bisnis yang berkelanjutan melalui kewirausahaan hijau. Model 2 menunjukkan bahwa produksi hijau dan kredit hijau berpengaruh secara signifikan terhadap bisnis yang berkelanjutan melalui kewirausahaan hijau. Kewirausahaan hijau merupakan variabel mediasi antara variabel hijau dan bisnis yang berkelanjutan.
DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA UNIT USAHA PARIWISATA DI KAWASAN PESISIR KOTA KUPANG Nugraha, Yudha Eka
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.411

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi dan analisis dampak ekonomi yang muncul selama pandemic COVID-19 pada unit usaha pariwisata di kawasan pesisir Kota Kupang. Metode campuran kualitatif dan kuantitatif deskriptif merupakan pendekatan untuk mengetahui dampak pandemic tersebut. Jenis data kuantitatif dalam penelitian ini terkait pendapatan unit usaha, pengurangan tenaga kerja, jumlah wisatawan, dan jenis data kualitatif yang bersumber dari hasil wawancara bersama pemilik unit usaha di kawasan pesisir Kota Kupang. Beberapa unit usaha pariwisata yakni penjual makanan lokal, penjual souvenir, jasa fotografi, dan jasa pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada unit usaha di kawasan pesisir Kota Kupang, kuisioner dan wawancara dengan 77 pemilik unit usaha di kawasan pesisir Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh unit usaha pariwisata mengalami dampak penurunan pendapatan sebanyak rata-rata 70% tergantung pada jenis usahanya yaitu unit usaha makanan berupa penjual pisang kelapa, penjual salome (bakso), penjual gula lontar, penjual ikan laut, usaha kafe, usaha homestay, dan jasa fotografi. Dampak lain yang muncul adalah meningkatnya modal, pengurangan tenaga kerja pariwisata, tidak meratanya distribusi keuntungan, tutupnya unit usaha, dan kerugian lainnya. Upaya untuk meningkatkan kembali pendapatan telah dilakukan dengan menerapkan CHSE di kawasan wisata dan efisiensi anggaran di setiap unit usaha pariwisata di kawasan pesisir Kota Kupang.
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BERWISATA DI LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT Sinaga, Endang Komesty; Utami, Dwiesty Dyah; Sibarani, Jessica Anzamar; Haryandari, Valencienne; Buana, Vienti Angelita
Jurnal Industri Parawisata Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2021
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v3i2.412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel media sosial Instagram terhadap motivasi berwisata ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para wisatawan atau pengunjung yang akan atau yang sedang berkunjung di Kabupaten Bandung Barat, khususnya 10 atraksi wisata yang berada di Lembang dengan jumlah yang tidak diketahui pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media Sosial Instagram yang terdiri dari kamera, caption, hashtag, dan geotag atau lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi wisatawan yang akan berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (2) Kamera yang menampilkan foto atau video yang diunggah mengenai atraksi wisata di Lembang tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi berwisata bagi para wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (3) Caption pada sebuah unggahan foto atau video di Instagram dengan hashtag #lembang,   #lembangbandung, dan #explorelembang memiliki pengaruh secara individual terhadap motivasi berwisata wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (4) Hashtag yang digunakan pada unggahan foto atau video yakni #lembang, #lembangbandung, dan #explorelembang tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi berwisata wisatawan yang berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (5) Geotag atau lokasi yang digunakan pada unggahan foto atau video dengan hashtag #lembang, #lembangbandung, dan #explorelembang  memiliki pengaruh secara individual terhadap motivasi berwisata wisatawan yang berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7