cover
Contact Name
Yana Setiawan
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
+6285722670850
Journal Mail Official
gunahumas@upi.edu
Editorial Address
Gedung University Center Lantai 1. Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 50154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunahumas
ISSN : 27742822     EISSN : 26551551     DOI : https://doi.org/10.17509/gunahumas
Core Subject : Education, Social,
Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public Relations. Articles submitted and will be published will be assessed by bild reviewers gradually. Scope of the article to be written include: (1) Philosophical Studies Public Relations (2) Philosophical Studies Human Relationship (3) Relationship Public Relations Resources (4) Media Human Relationship (5) Public Relations Communication Systems (6) Digital Public Relations Research (7) Publication and Public Relations Policy (8) Public Relations Organization (9) Modernization of Public Relations (10) Public relations in the fields of Education, Science and Technology
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas" : 5 Documents clear
Pengaruh Terpaan Iklan Promo Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Syahida, Lutfiana
Gunahumas Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v4i1.37732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh signifikan antara terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee, yang dilihat dari ketiga sub variabel frekuensi, durasi, dan atensi terhadap perilaku konsumtif remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 100 responden followers Twitter @ShopeeID. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh pada perilaku konsumtif remaja. Namun hanya dua subvariabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif, yaitu frekuensi dan atensi. Dari ketiga sub variabel (X) yang memiliki pengaruh paling besar yaitu dimensi atensi, mengenai seberapa jauh khalayak memahami atau fokus terhadap isi pesan iklan. Sedangkan sub variabel yang memiliki pengaruh paling rendah yaitu durasi. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh secara positif pada perilaku konsumtif remaja, meskipun tidak terlalu berpengaruh besar.
Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung ke Wisata Dusun Bambu Firmansyah, Anisa Widi
Gunahumas Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v4i1.37736

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan fenomena eWOM yang terjadi di media sosial khususnya instagram, dikarenakan karakter media sosial yang sangat mendukung berkembangnya eWOM menjadi lebih cepat, seolah dapat diasumsikan bahwa media sosial adalah partner kolaborasi terbaik yang dimiliki oleh eWOM saat ini. Penelitian ini mengkaji eWOM terhadap minat berkunjung dimana seseorang memiliki peluang besar untuk secara aktif terlibat dalam komunikasi online dari mulut ke mulut. Dalam hal ini bahwa orang-orang dapat dengan mudahnya memberikan pengalamannya mengenai apa yang telah ia alami. Karena pada dasarnya kini orang-orang akan mudah terpengaruh dengan perkataan seseorang yang turut mengalami daripada hanya sekedar iklan. Penelitian ini merujuk pada theory of planned behaviour dimana seseorang melakukan perilaku tertentu dipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku, norma subyektif dan juga persepsi faktor kontrol perilaku. Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap minat berkunjung ke wisata Dusun Bambu. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui penyebaran kuisioner sebagai pengumpulan data untuk dianaisis. Kuisioner disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengikut instagram @dusun_bambu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Komunikasi Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung ke Wisata Dusun Bambu dengan nilai koefisien determinasi simultan sebesar 64,6%.
Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris Saepulloh, Saepulloh; Rahayu, Erna Sri; Nurparida, Nurparida; Ratnawati, Yeli; Setiawati, Wawat
Gunahumas Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v4i1.31485

Abstract

Salah Satu k eterampilan Yang memucat Sulit dikuasai PESERTA DIDIK Adalah keterampilan menulis ( menulis ) . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model interaktif multimedia tutorial pada pembelajaran bahasa inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design .Hasil penelitian berdasarkan hasil uji peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,31 dengan aktegori sedang yaitu peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan model tutorial interaktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. H asil uji hip o tesis Nilai Asymp Sig. (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 maka Ha diterima maka dapat diabaikan bahwa terdapat peningkatan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia interaktif tutorial dan kelas control dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah
Optimalisasi TIK Dengan Memanfaatkan Whatsapp Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19 Nurazizah, Erika; Nuraeni, Yeti; Wahyudin, Wahyudin
Gunahumas Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v4i1.31561

Abstract

Optimalisasi TIK pada pembelajaran jarak jauh harus dilakukan selama pandemi covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp (WA) pada pembelajaran fisika. Dilakukan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara pada 30 responden yang merupakan murid kelas XI IPA SMA IT ANNISA Kadungora. Responden mengisi data melalui chating dan tautan yang dikirimkan pada chating grup WA. Hasilnya menunjukkan 40% merasa sangat terbantu, 53% terbantu dan 7% cukup terbantu dalam komunikasi pembelajaran. Kemudian 7% merasa sangat terbantu, 86 % terbantu dan 7% cukup terbantu dalam penyampaian bahan pembelajaran. Data yang diterima ini tidak mengurangi nilai yang didapatkan dibandingkan dengan tatap muka langsung. Bahkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan pembelajaran dengan adanya interaksi, peningkatan kualitas komunikasi dan diskusi. Responden sangat antusias dan menyarankan agar mengaplikasikannya pada pembelajaran lain. Diharapkan pada tahap selanjutnya dengan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan WA dari segi prestasi.
Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Al-Hadits dan Ijtihad Abidin, Zaenal
Gunahumas Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v4i1.40230

Abstract

AbstractManajemen adalah suatu upaya atau usaha dalam mengelola sebuah organisasi atau lembaga secara efektif, efisien, dan profesional. Sedangkan manajemen pendidikan karakter adalah sebuah proses yang dilakukan secara bersama, melibatkan banyak orang , dan lembaga dalam rangka mewujudkan cita-cita tujuan pendidikan nasional, agar peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Pendidikan karakter bukan hanya mengajarkan kecerdasan intelektual semata kepada peserta didik ( murid ), akan tetapi juga pendidikan karakter menanamkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai moral, sopan santun, budi pekerti, toleran, moderat, rendah hati, dan berakhlak mulia. Di sisi lain, jauh sebelum manusia mengenal istilah pendidikan karakter,  Al-Qur’an telah mengajarkan kepada umat manusia akan pentingnya pendidikan karakter,yaitu : agar manusia pandai bersyukur, atas segala nikmat pemberian Tuhan, berbuat baik kepada kedua ibu dan bapak, serta peduli terhadap sesama. Al-Qur’an juga membimbing manusia agar menjadi pribadi-pribadi yang unggul. Yaitu pribadi yang gemar membaca, yang mengenal jati dirinya,mengenal Tuhannya,suka menulis, dan penelitian menjadi kebutuhan hidupnya. Bahkan hadits Nabi dengan jelas dan tegas menjelaskan, bahwa manusia sejak lahir sudah membawa potensi pendidikan karakter, yakni : memiliki hati nurani yang baik dan pemikiran yang baik pula,sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zamanKata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad AbstractManagement is an effort or effort in managing an organization or institution effectively, efficiently and professionally. Meanwhile, character education management is a process that is carried out jointly, involving many people and institutions in order to realize the ideals of national education goals, so that students become human beings who believe, fear God Almighty, and have noble morals. Character education not only teaches intellectual intelligence only to students, but also character education instills awareness of the importance of moral values, courtesy, character, tolerance, moderation, humility, and noble character. On the other hand, long before humans recognized the term character education, the Al-Qur'an has taught mankind the importance of character education. Namely: so that humans can be smart to be grateful, for all the blessings given by God, to do good to both mothers and fathers, and to care for others. Al-Qur'an also guides people to become superior individuals. Namely, a person who likes reading, who knows his identity, knows his God, likes to write, and research is his life necessity. Even the hadith of the Prophet clearly and emphatically explains, that since birth humans have brought the potential for character education, namely: having a good conscience and good thinking, so that they can develop their potential in accordance with the demands and developments of the times

Page 1 of 1 | Total Record : 5