cover
Contact Name
Yana Setiawan
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
+6285722670850
Journal Mail Official
gunahumas@upi.edu
Editorial Address
Gedung University Center Lantai 1. Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 50154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunahumas
ISSN : 27742822     EISSN : 26551551     DOI : https://doi.org/10.17509/gunahumas
Core Subject : Education, Social,
Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public Relations. Articles submitted and will be published will be assessed by bild reviewers gradually. Scope of the article to be written include: (1) Philosophical Studies Public Relations (2) Philosophical Studies Human Relationship (3) Relationship Public Relations Resources (4) Media Human Relationship (5) Public Relations Communication Systems (6) Digital Public Relations Research (7) Publication and Public Relations Policy (8) Public Relations Organization (9) Modernization of Public Relations (10) Public relations in the fields of Education, Science and Technology
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas" : 5 Documents clear
Penerapan Media Pembelajaran Digital Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Di SMPN 1 Cisompet Wulansari, Risma
Gunahumas Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v6i1.65261

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang menyebabkan kurangnya antusiasmepeserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh , sehingga hasilnya pun menjadi kurang optimal. Fenomena ini dapat dilihat darikurangnya minat siswa dalam mengerjakan tugas yang dapa t    dilihat dari sedikitnya siswa yang mengumpulkan tugas yang diberikan, serta hasil tes formatif maupun sumatif nilai mata pelajaran IPA sering tidak mencapai nilai KKM, yaitu 70. Hal ini salah satunya dikarenakan pembelajaran yangcenderung monoton dan belum optimal    sehingga membuat siswa tidak maksimal dalam belajar apalagi di Masa   Pandemi Covid-19 seperti ini. Juga faktor dari Guru dalam memilih media belajar belum bervariasi. Masalah lain yang cukup urgen di SMPN 1 Cisompet adalah terbatasnyaketersediaan sumber belajar di sekolah, salah satunya adalah buku pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka judul penelitian ini  adalah “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar      Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPAdi SMPN 1 Cisompet”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan sebagai inovasi media pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode pre- eksperimen dengan bentuk pretest posttetst control group design. Sampel  dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Cisompet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, tes dan dokumentasi. 
Faktor Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Kalangan Mahasiswa Pasca Sarjana Khakimah, Novalisma Nur
Gunahumas Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v6i1.65262

Abstract

Covid-19 mematikan dan melumpuhkan aktivitas kalangan masyarakat, covid juga telah mengubah system Pendidikan di seluruh dunia, yangmengarah ke penutupan sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai ke universitas. segala kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah maupun Universitas harus dilakukan di rumah atau dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa program prasca sarjana yang sedang menjalani pendidikan di institut Pendidikan Indonesia (IPI). Subjek penelitian ialah mahasiswa Pasca Sarjana Program Teknologi Pendidikan Angkatan 16 dan 17 yang berdomisili di wilayah Garut, Tasik dan Bandung. Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan ialah menggunakan google form dan observasi di dalam kelas online melalui Zoom Meeting. kegiatan pembelajaran jarak jauh, walaupun dinilai cukup efektif, namun bagi beberapa mahasiswa yang tinggal di daerah yang cukup terpencil dianggap menjadi sebuah kendala dikarenakan beberapa faktor. Faktor- faktor tersebut adalah sarana gawai, koneksiinternet dan kelancaran komunikasi.
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Menggunakan Content Youtube Channel Expert Melalui Whatsapp Dalam Pembelajaran IPA Jarak Jauh Fitrianti, Dewi; Darmawan, Deni
Gunahumas Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v6i1.65263

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) materi sistem pencemaan melalui penggunaan media content youtube channel expert melalui whatapps di Kelas VIII.G  SMPN 4 Klari, 2) meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan melalui penggunaan media content youtube channel expert melalui whatsapp. Penelitian merupakan tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian siswa k elas VIII.G SMPN 4 Klari dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.  Pengumpulan data dilakukan dengan metode: wawancara via daring, observasi secara online, dokumentasi PJJ daring, dan tes evaluasi online yang dilaksanakan dua pertemuan dalam setiap siklusnya. Data hasil pengamatan nilai evaluasi diolah dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi  dan hasil belajar IPA pada materi sistem penceraaan siswa melalui penggunaan media content youtube channel expert dengan aplikasi whatapps mengalami peningkatan, khususnya pada materi sistem pencernaan yaitu pada siklus II lebih baik dari pada siklus I Demikian pula hasil belajar pada siklus I lebih baik dari pada pra siklus. Rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 76,92 dan ketuntasan klasikal 69%. Pada siklus I rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 80,813 dan ketuntasan klasikal sebesar 71%.
Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Buku Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Firdaus, Muhammad Rizal; Suprihadi, Dudi
Gunahumas Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v6i1.65259

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah?, (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan buku digital interaktif? dan (3) menganalisis perbedaan kemapuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah berbatuan Buku digital interaktif dengan yang tidak berbatuan buku digital interaktif?. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang pada dasarnya hampir sama dengan penelitian eksperimen murni dimana dalam penelitian ini menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Adapun rancangan penelitian yang akan dilakukan yaitu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Groups Design. Dimana desain penelitian Nonequivalent Control grup design ini membagi kelompok menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bisa ditarik kesimpulan bahwa Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan buku digital interaktif pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XII di SMK Fauzaniyyah.
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran PPKN di Sekolah dalam Kaitannya dengan Keterampilan Kewarganegaraan Mustika, Sinta; Tetep, Tetep
Gunahumas Vol 6, No 1 (2023): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ghm.v6i1.65260

Abstract

Proses pembelajaran seharusnya tidak lagi menjadi wahana mengajar (teaching) tetapi lebih diarahkan sebagai wahana belajar (learning), karena pembelajaran merupakan proses pendewasaan seseorang. penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan kewarganegaraan civic skill peserta didik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih daalam tentang penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan kewarganegaraan (civic skill) peserta didik. Dengan adanya penelitian ini bisa menambah literature bagi   lembaga Institut Pendidikan Indonesia dalam bidang kajian  keterampilan kewarganegaraan bagi siswa dalam mata pelajaran PPKn. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terstruktur, seperti kuesioner, lembar survei atau polling.Hasil analisis didasarkan pada sampel yang merupakan representasi dari populasi. diperoleh berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan mengenai pengaruh persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam kaitannya dengan keterampilan kewarganegaraan siswa di Desa Sukanegla, setelah itu dapat diketahui  terdapat pengaruh yang sedang perubahanya terhadap pengaruh persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam kaitannya dengan keterampilan kewarganegaraan siswa dengan memberikan rangsangan atau memeberikan suatu gambaran kepada siswa tentang kemampuan kewarganegaraan supaya siswa dapat memahami dan mamapu meningkatkan kemampuan siswa dikelas dan mampu menerapkan pada saat dikelas atau diluar kelas dimana siswa memiliki rasa saling tolong menolong ,ikut serta dalam kegiatan gotong royong di lingkungan  sekolah ataupun dilingkungan masyarakat di Desa Sukanegla.

Page 1 of 1 | Total Record : 5