cover
Contact Name
Puteri Andika Sari
Contact Email
puteri.andika31@gmail.com
Phone
+6285714178686
Journal Mail Official
puteriandika@ekuitas.ac.id
Editorial Address
Jl. P.H.H. Mustofa No. 31 Bandung 40124 Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas
ISSN : 25282190     EISSN : 27160149     DOI : 10.52250/p3m
Dharma Bhakti Ekuitas adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STIE EKUITAS. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat. Artikel yang dimuat dalam Dharma Bhakti Ekuitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti" : 9 Documents clear
PELAKSANAAN PROMOSI DAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PESANAN JAHITAN PADA ALLIFA COLLECTION BANDUNG Dani Ramdani; Bimbim Maghriby; Efi Fitriani
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.93

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang metode strategi peningkatan pesanan jahitan dan pembuatan laporan keuangan keuangan sederhana pada Allifa Collection. Target khusus yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah dapat meningkatkan jumlah konsumen yang menggunakan jasa Allifa Collection dan membuat laporan keuangan sederhana pada Allifa Collection. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan tentang strategi peningkatan pesanan jahitan melalui promosi (pamplet, brosur dan media sosial) dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh tim, Allifa Collection diharapkan akan lebih berkembang dengan terjadinya peningkatan dalam pesanan jaitan dan adanya laporan keuangan sederhana. Dengan adanya pelatihan yang akan diberikan oleh tim pelaksana, Allifa Collection diharapkan akan lebih berkembang yaitu dengan terjadinya peningkatan jumlah konsumen dan adanya laporan keuangan sederhana. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini adalah terlaksananya pelatihan pelaksanaan promosi melalui pembuatan pamplet dan brosur, serta pengadaan mesin jahit. Kemudian hasil lain yang dicapai adalah terjadinya peningkatan pesanan jahitan dan adanya laporan keuangan yang sederhana pada Allifa Collection.
PENGEMBANGAN POLA PENJUALAN USAHA PEMBUATAN PANGSIT & MIE MELALUI PERLUASAN PASAR BAIK ONLINE MAUPUN OFFLINE DAN ANALISIS PENGGUNAAN SDM Henny Utarsih; Heppy Agustiana Vidyastuti; Wiendy Puspita Sari
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.96

Abstract

Usaha Pangsit dan Mie Alex merupakan industri rumahan yang memproduksi pangsit & mie. Dalam menjalankan usahanya, mereka menghadapi beberapa hambatan seperti terbatasnya kapasitas produksi karena mesin yang rusak, terbatasnya pangsa pasar membuat penjualan stuck, dan permasalahan lain yaitu tidak efektifnya penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengabdian kepada Masyarakat ini mempunyai tujuan untuk mengatasi permasalahann ini dengan pemberian spare part, pelatihan e-marketing, dan analisis penggunaan SDM yang efektif. Dengan diberikan spare part mesin yang rusak, mesin produksi yang digunakan dapat bekerja dengan optimal dan meningkatkan kapasitas produksi, sehingga dapat mendukung perluasan pangsa pasar. Dengan diberikan pelatihan e-marketing, mereka dapat memperluas pangsa pasar dengan media social seperti facebook & instagram, sehingga penjualan meningkat. Dengan diberikannya analisis penggunaan SDM yang efektif, SDM dapat bekerja dengan efektif, sesuai dengan Jobdesk-nya, sehingga kapasitas produksi meningkat dan tepat waktu.
KEUANGAN SEDERHANA DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI BERBASIS EXCEL PADA CLOTHING “DOBUJACK” KOTA BANDUNG Dodi Supriyanto; Rukanda Ahmad Sulanjana; Iwan Mulyana
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.97

Abstract

Dobujack is a privately owned company engaged in the manufacturing industry of clothing, bags, shoes, etc. In running its business, Dobujack already has workshops and showrooms to produce and market the products it produces. Dobujack has a production capacity of 10,000 pieces of T Shirts per month in all sizes, 200 jackets with all size sizes (L, M, XL, and S) and 5,000 pairs of shoes with a size that is held by 25 (twenty five) employees on 2 ( two) workshops covering 1,300 m2, and the remainder are produced with the maklun system. The purpose of this study is to find out about the process of applying financial management in terms of presenting financial statements of individual industrial companies named Dobujack. This research uses descriptive verification method, which is to find out the description of the object under study in accordance with real conditions in the field. In terms of data collection, the compiler does it by using interview techniques, literature review and on the spot directly to the object under study. Based on the results of the study showed that the activities of this company have not fully used the application of good financial management, the financial statements used are limited to knowing cash and sales positions. And online transaction reports can be accessed only by the owner. With this dedication research, it is hoped that this clothing company will be able to present financial reports properly and correctly according to accounting standards. This is done in order to anticipate the company's progress in the future.
PENINGKATAN KINERJA USAHA KOPI MELALUI PELATIHAN KEUANGAN SEDERHANA, PEMASARAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGUSAHA KEDAI KOPI DI UJUNGBERUNG Dwi Puryati; Susinah Kuntadi; Teguh Iman Basuki
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.99

Abstract

Pesatnya pertumbuhan peminum kopi di Indonesia yaitu 8% yang melebihi pertumbuhan peminum kopi dunia (6%) berimbas pada peningkatan jumlah industri kopi. Selain itu perkembangan industri juga dipengaruhi oleh industri kopi dunia. Peningkatan yang signifikan terjadi pada industri hilir sebagaimana terlihat pada maraknya kafe-kafe dan kedai kopi di berbagai daerah. Di daerah Ujungberung Bandung bermunculan kedai-kedai kopi baik yang kecil maupun yang besar. Namun demikian, kedai-kedai kopi kecil di daerah Ujungberung masih belum mampu menghadapi persaingan dengan kedai-kedai kopi yang sudah dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dalam manajemen usaha. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman pengelolaan keuangan, pemasaran secara online dan peningkatan kompetensi barista maupun manajemen sumber daya manusia. Setelah mengikuti pelatihan, terjadi pemingkatan pemahaman pelaku usaha kedai kopi di wilayah Ujungberung yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan, pencatatan sederhana, pengemasan dan pemasaran online. Selain itu pemahaman dan keterampilan mereka dalam membuat dan menyajikan produk terutama specialty coffee juga mengalami peningkatan. Dengan pengabdian ini diharapkan kedai-kedai kopi kecil di di wilayah Ujungberung dapat meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan pemasaran, sehingga omzet dan kinerja keuangan pun meningkat.
PENINGKATAN OMZET MELALUI PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN DAN PERENCANAAN PEMASARAN STRATEGIS PADA SYMPHONY COFFEE BANDUNG Fia Dialysa; Anton Mulyono Azis; Mohamad Hadi Prasetyo
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.100

Abstract

Tujuan dari program ini ialah untuk memberikan pelatihan pencatatan keuangan dan perencanaan pemasaran strategis pada Symphony Coffee Bandung. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan usaha agar dapat bersaing di pasar dan dapat meningkatkan kelas usaha dari para pelaku usaha serta berujung pada meningkatnya total pendapatan. Masalah yang terjadi disini ialah para pelaku usaha tidak melakukan sistem pencatatan keuangan yang sistematis sehingga berdampak pada tidak terlihatnya marjin keuntungan antara modal dengan biaya yang dikeluarkan. Hal itu juga berpengaruh pada perencanaan pemasaran pada periode berikutnya. Metode dalam program ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu pengenalan masalah, prosedur kerja, dan kegiatan yang dilakukan. Objek pengabdian kepada masyarakat ini adalah Symphony Coffee di Jl. Margacinta no. 192 Bandung.
PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARANPADA UMKM CLOTHING – UNSCARRED Kannya Prawirasasra; Terra Saptina Maulani
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.102

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu kota kreatif di dunia, hal tersebut ditandai dengan berkembangnua industri kreatif di berbagai bidang. Salah satu sektor yang paling berpotensi adalah di bidang fashion, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pertumbuhan distro, clothing dan factory outlet. Salah satu clothing yang telah berdiri sejak tahun 2015 adalah UNSCARRED. Usaha ini masih tergolong UMKM, dengan target pasar nya adalah anak muda berbasis komunitas Skater. Semakin berkembangnya industri ini menimbulkan persaingan yang tidak dapat dihindarkan baik dari dalam kota maupun luar kota karena menyasar pasar yang sama, maka dari itu perlunya mempernahankan usaha agar tidak kalah persaingan dengan dilakukannya strategic marketing plan. Tidak hanya persoalan di bidang pemasaran, hambatan lain yang dihadapi oleh usaha ini adalah tidak adanya pencatatan keuangan yang sistematis dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai keuangan, terbatasnya alat bantu dalam membuat laporan keuangan yang terdapat di pasaran memiliki harga yang relatif mahal, serta minimnya modal, mengakibatkan perusahaan tidak memiliki SDM yang berkompeten dalam menyusun laporan keuangan. Dengan dilakukannya pengabdian ini berupa Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Perencanaan Strategi Pemasaran Pada UMKM Clothing – UNSCARRED dapat membantu pelaku usaha meningkatkan keterampilan sebagai bekal untuk bersaing.
MANAJEMEN PERUBAHAN: KULINER MAKANAN TRADISIONAL UMKM DAWET DESA SANGKANHURIP KABUPATEN BANDUNG Deni Hamdani; Hery Syaerul Homan; Siska Willy
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.103

Abstract

Kecamatan Katapang merupakan kecamatan di Kabupaten Bandung yang memiliki beragam jenis usaha sampai dengan tingkat nasional. Usaha mikro yang menjadi perhatian kami adalah produksi kuliner tradisional dawet. Hal ini didasarkan pada penghasilan perhari asal cukup untuk makan pada hari itu dan dijadikan modal untuk berjualan besok harinya, proses pembuatan dawet yang masih tradisional dan kapasitas produksi renda namun permintaan cukup tinggi, belum mempunyai merk dagang, kemasan dan plang tempat produksi, daerah pemasaran yang terbatas berdasarkan langganan dan belum memperluas daerah pemasaran. Pengelolaan pemasaran masih dilakukan secara sederhana dengan cara menjual langsung kepada masyarakat atau ditenteng berkeliling kampong di sekitaran Desa Sangkanghurip dan Desa Sukamukti. Hal ini desebabkan karena keterbatasan pengetahuan pemilik usaha Dawet dan produk turunanya yang terdiri dari dodol moyeg, palupis, ketan goreng dan cilok tentang cara pemasaran, bagaimana mengkomunikasikan dan pembuatan laporan keuangan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi pengetahuan dasar mengenai manajemen perubahan dalam pemasaran, mengidentifikasi pasar sasaran, dan menerapkan komunikasi pemasaran yang tepat. Serta pencatatan dan pelaporan keuangan sederhana. Pengabdian yang dilakukan pada Usaha mikro ini pada akhirnya mampu menerapkan manajemen perubahan, pemasaran dengan baik dan dapat meningkatkan daerah pemasarannya serta tertib laporan keuangan.
SOSIALISASI PROSES REKRUTMEN, SELEKSI, PELATIHAN, SERTA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) LEGAL DI JAWA BARAT Dina Sartika; Sri Djatnika; Mery Citra Sondari
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.136

Abstract

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengemukakan bahwa warga asal Jawa Barat (Jabar) paling banyak menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dibanding wilayah lainnya yaitu sebanyak 50.910 pada tahun 2018. Sayangnya, permasalahan TKI muncul sejak proses awal di Indonesia. Mulai dari penyaluran TKI melalui agen illegal melalui makelar yang datang ke desa, dengan janji upah tertentu, pilihan pekerjaan yang banyak, dan menawarkan bantuan kemudahan proses. Mayoritas dari mereka berpendidikan rendah. Mereka bergaji rendah, jam kerja tak terbatas, kondisi kerja rentan pelecehan dan penganiayaan, serta terisolasi dari dunia di luar rumah pengguna jasa. Untuk itu, edukasi terhadap calon TKI mengenai proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, serta perlindungan hukum bagi calon TKI legal sebaiknya dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Dengan demikian, jumlah Tenaga Kerja Indonesia illegal serta risiko permasalahan TKI di luar negeri dapat dikurangi.
PENGEMBANGAN PROGRAM PEMASARAN KERAJINAN TAPIS KEBUNG TIKHAI MENGGUNAKAN E-COMMERCE PADA UMKM TAPIS KILU ANDAN DI DESA BATU RAJA Viola De Yusa; Betty Magdalena
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : STIE Ekuitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/p3m.v4i2.139

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada desa Batu Raja khususnya UMKM Tapis Kilu Andan masih memiliki kendala terhadap sistem promosi produk Tapis Kebung Tikhai yang masih sangat sederhana pada UMKM Tapis Kilu Andan. Metode pengabdian yang kami lakukan dengan memberi arahan, mengajarkan teknik-teknik dalam pemasaran secara online melalui media sosial. Kami melakukan optimalisasi marketing di bagian promosi khususnya e-commerce. Dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah pengetahuan dan keterampilan UMKM Tapis Kilu Andan dalam memasarkan Tapis Kebung Tikhai yang pada era saat ini sudah serba digitalisasi agar UMKM dapat memasarkan produknya secara lokal, nasional, bahkan internasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 9