cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 7 Documents clear
PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 3 KARANGTENGAH CIANJUR Muhaemin, Muhaemin
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak dilaksanakan disetiap jenjang sekolah. Dalam kegiatan kepramukaan siswa dididik dan dibina untuk memiliki kepribadian, berwatak baik, memiliki budi pekerti yang luhur, beriman dan bertaqwa serta memiliki tanggung jawab yang tinggi. Pendidikan kepramukaan sangat mendukung terhadap tujuan pendidikan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Kendati demikian, walaupun kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang banyak dilaksanakan di setiap jenjang sekolah baik dasar, menengah maupun perguruan tinggi dan mempunyai banyak manfaat bagi anggotanya, tetapi kepedulian dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur? Adapun tujuan pada pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Hal ini dilakukan karena dibutuhkan hasil penelitian yang sistematis, faktual dan akurat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka di SMP Negeri 3 Karangtengah tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 39 siswa. Jumlah sampel diambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 39 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka mempunyai pengaruh positif bagi siswa yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian. Salah satu kegiatan yang ada dalam  kegiatan kepramukaan adalah kegiatan penjelajahan, siswa mengikuti kegiatan penjelajahan dengan tujuan yang berbeda-beda yaitu untuk melatih sikap, melatih kemandirian, melatih tanggung jawab dan kedisiplinan. Kegiatan penjelajahan berpengaruh terhadap rasa tanggung jawab siswa yang direalisasikan dengan selalu berani mengakui kesalahan sendiri, selain dilatih untuk bertanggung jawab, dalam kegiatan penjelajahan juga ditanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang direalisasikan dengan selalu mengatur waktu dengan baik dan selalu mengerjakan tugas sendiri. Dalam kegiatan kepramukaan dilaksanakan kegiatan perkemahan. Melalui kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk memiliki rasa tanggung jawab, hal ini direalisasikan siswa dengan selalu mengerjakan tugas dengan baik. Selain memiliki rasa tanggung jawab, dalam kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk disiplin dan mandiri, hal ini direalisasikan oleh siswa dengan cara selalu mengatur waktu degan baik dan percaya pada kemampuan diri sendiri.
PENERAPAN PROJECT CITIZEN DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 Desy Nurhidayah; Muhammad Virgiawan A; Asri Nur Afifa
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu bagian terpenting bagi setiap individu dan suatu proses perubahan tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang individu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. Dan universitas merupakan salah satu bagian dari pendidikan yang ikut andil dalam mengubah tingkah laku mahasiswa dengan dosen sebagai peran utama yang mengajarkan berbagai macam hal  dan fasilitator mahasiswa supaya dapat belajar dan mengembangkan potensi serta keterampilan yang ada pada diri. Oleh karena itu, Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sebuah cara untuk memotivasi mahasiswa yang diajarnya sehingga dapat memiliki keterampilan abad 21 atau  21st Century Skills. Dan dalam rangka untuk mewujudkan keterampilan 21, model yang dirasa cocok untuk hal tersebut adalah project citizen. Dimana project citizen ini di adaptasi dari We The People: Project Citizen. Dengan menggunakan model project citizen, mahasiswa dituntut untuk lebih kritis dalam menerima kebijakan publik dan menyelesaikan masalah, mengembangkan kreativitasnya, melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP HUKUM WARIS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA JAMBUDIPA KABUPATEN CIANJUR) Dina Indriyani; Dadang Yudih
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam bentuk kekerabatan yang sama belum tentu berlaku sistem kewarisan yang sama. Hukum kewarisan dalam masyarakat sangat sangat dipengaruhi oleh sistem sosial yang dianut oleh masyarakat dengan corak masyarakatnya yang bercorak kesukuan. Sebagai suatu wilayah yang sangat religius, penduduk di Desa Jambudipa sangat kuat memegang teguh nilai-nilai Islam, salah satunya dalam sistem waris. Hampir seluruh masyarakat Desa ini menggunakan sistem waris Islam dalam pelaksanaan pembagian waris, walaupun adakalanya yang ada sebagian masyarakat yang menggunakan sistem waris adat. Meskipun masyarakat hampir mayoritas menggunakan sistem waris islam, namun dalam prakteknya sistem waris islam yang digunakan ada berbagai versi. Pada masyarakat Desa Jambudipa terdapat berbagai persepsi mengenai sistem pembagian waris berdasarkan Hukum Islam. Ada yang mempersepsikan bahwa sebelum pembagian waris dilakukan harta warisan peninggalan yang ditinggalkan haruslah dibagi dua terlebih dahulu sebagai bentuk harta gono-gini, dan adapula yang mempersepsikan bahwa dalam Islam tidak dikenal adanya istilah harta gono-gini sehingga harta peninggalan tidak perlu dibagi dua terlebih dahulu.
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 CIANJUR Putri Alsa
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu factor penentu kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa. Oleh karna itu, sangat di butuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang memiliki kemampuan dan kepribadian yang mantap. Pendidikan merupakan pendewasaan peserta didik agar dapat mengembangkan bakat, potensi dan keterampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan, sebab seharusnya pendidikan di desain gun amemberikan pemahaman serta prestasi belajar peserta didik. Pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, berhasil tidaknya pendidikan tergantung pada proses yang terjadi pada berbagai aspek pendidikan, baik dari program pendidikan itu sendiri, tenaga pengajarnya, maupun lokasi dimana sekolahnya berada. Pendidikan merupakan hak setiap warga Negara dan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga. Salah satu usaha untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal yaitu dalam proses belajar mengajar siswa harus  mendapatkan kenyamanan dalam lingkungannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang di sekeliling manusia yang dapat mempengaruhi tingkah laku secara langsung maupun tidak langsung, lingkungan adalah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam ruang yang kita tempati, kehidupan manusia selalu berhubungan dengan ligkungan yang didalamnya diperlukan suatu interaksi antara sesama manusia. Lingkungan belajar tidak hanya terbatas pada adanya interaksi antara guru dengan siswa yang berupa proses belajar mengajar dikelas, tetapi meliputi semua proses belajar yang dialami oleh siswa baik dilingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan juga lingkungan sekolah. Penelitian ini untuk mengatehui pengaruh lingkungan terhadap proses pembelajaran kelas XI di SMK Negeri 1 Cianjur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara dan observasi. Populasi penelitian sebanyak 337 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Cianjur itu, sample siswa yang di ambil 15% dari populasi yakni sebanyak 50 siswa, sedangkan sample guru diambil satu. Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh fositif dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah terhadap proses pembelajaran yang menyenangkan dan efisien. Lingkungan yang baik berpengaruh pada proses belajar dengan ciri siswa lebih aktif dan kreatif.
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Yahya Mulyadi; Iyep Candra Hermawan; Tjeppy Sulaeman
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajeman Berbasis Sekolah (MBS) adalah model manajemen yang awalnya dikembangkan oleh Amerika Serikat, di sana dikenal antara lain dengan sebutan School Based Management (SBM). Indonesia mengembangkannya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pemberlakuan MBS sejalan dengan kebijakan desentralisasi pendidikan memberikan otonomi pengelolaan kepada sekolah. Dalam MBS sekolah dituntut untuk bertanggung jawab optimal sesuai kewenangannya, memberikan pelayanan terbaik pada semua pihak  berkepentingan internal dan eksternal berdasarkan standar yang berlaku, sehingga dapat mencapai keunggulan baik dalam proses perencanaan dan pelaksanaan maupun hasilnya. Sekolah diberi keleluasaan untuk profesional dalam pengelolaan, yakni menciptakan pemerataan pendidikan, partisipasi masyarakat, kepemimpinan demokratis, efisiensi anggaran, efektivitas kinerja, dan prestasi siswa.
UNSUR NILAI NASIONALISME INDONESIA SEBAGAI JIWA PEMERSATU BANGSA Suyatno Suyatno
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nasionalisme adalah hal yang utama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, nasionalisme dapat dimaknai dengan rasa cinta tanah air tetapi tidak kebablasan. Penulisan ini merupakan sebuah kajian historis dalam kehidupan bangsa Indonesia yang terinspirasi dari Soekarno, dan merupakan telaah mendalam dari segi-segi pemikiran Soekarno. Nilai nasionalisme yang kita manifestasikan berupa: 1. Menolak Imperialisme, 2. Patriotisme, 3. Kemandirian, 4. Religiusitas, 5. Kemanusiaan, 6. Kerakyatan, 7. Anti Penjajahan Nilai-ini ini diyakini dapat menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam tamansarinya internasionalisme. Dapat ditarik bahwa sosio-nasionalisme bisa disederhanakan sebagai berikut: (1) sosio-nasionalisme merupakan ajaran politik yang memperjuangkan masyarakat tanpa klas alias masyarakat adil dan makmur. (2) sosio-nasionalisme memberi kerangka pada revolusi Indonesia agar tak berhenti pada revolusi nasional semata, tetapi harus berlanjut pada transisi menuju sosialisme. (3) Sosio-nasionalisme meletakkan semangat kebangsaan negeri terjajah berjalan seiring dengan cita-cita internasionalisme.
PEGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 CIANJUR Rena Sopyana
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik apabila didukung oleh kegiatan pembelajaran yang efektif, kegiatan pembelajaran tersebut tentu tidak lepas dari cara siswa memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru, minat belajar merupakan salah satu faktor penunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran karena dengan minat belajar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh positif dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, dengan teknik yang dipakai adalah angket, observasi, dan wawancara. Populasi yang dijadikan subjek dalam penelitian yaitu seluruh murid kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur berjumlah 270 orang siswa, serta sampel sejumlah 20%  yaitu 45 orang.Dari hasil penelitian di SMP Negeri 3 Cianjur diperoleh temuan bahwa minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, khususnya dalam peningkatan nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai ulangan akhir semester.

Page 1 of 1 | Total Record : 7