cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMPERKOKOH TINGKAH LAKU PESERTA DIDIK DI MA SWASTA MUSLIMIN CIKONDANG KECAMATAN BOJONGPICUNG KABUPATEN CIANJUR Lukman, Lusyeu Agsy
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4052

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter adalah segala upaya untuk mengarahkan, mendidik dan memupuk nilai-nilai yang baik untuk membentuk individu-individu yang baik, bijaksana sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat secara luas. Namun saat ini masih banyak peserta didik yang belum memperkokoh tingkah lakunya di sekolah, maka untuk mengatasi peserta didik yang belum memperkokoh tingkah lakunya di sekolah perlu dilaksanakan dan diberlakukan pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur?. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui implementasi pendidikan karakter dalan memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman bahwa pendidikan karakter sangatlah penting diimplementasikan oleh peserta didik agar dapat memperkokoh tingkah lakunya di sekolah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa ; implementasi pendidikan karakter dapat memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, pengimplementasian pendidikan karakter mampu memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, dan guru sebagai pendidik di sekolah dapat memberikan pemahaman dan arahan tentang pendidikan karakter dalam memperkokoh tingkah laku peserta didik di sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Tingkah Laku, Peserta Didik
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUTHMAINNAH CIANJUR Sopiah, Sopiah; Indriyani, Dina
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4053

Abstract

Abstrak Sebagai suatu miniatur kehidupan masyarakat yang memiliki paham dan ajaran islam, pondok pesantren Al-Muthmainnah harus mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari agar dapat tercermin identitas santri sebagai manusia yang beragama sekaligus sebagai warga negara yang baik (good citizen). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari santri di pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling serta pencarian data yang didasarkan pada observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulannya pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur telah mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan dan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang dicerminkan santri pondok pesantren Al-Muthmainnah merupakan sublimasi dari kepribadian, habit, culture dan nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah. Dan perilaku santri sebagai wujud dari nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah berdasarkan pedoman Pancasila menjadi bukti bahwa Pancasila sebagai kristalisasi dari ajaran agama islam. Kata kunci : nilai-nilai pancasila, pondok pesantren, kehidupan sehari-hari, santri
PERANAN PENDIDIKAN KEWARGAENGERAAN DALAM MENUMBUHKAN MORALITAS SISWA UNTUK MENCEGAH KONFLIK ANTAR SISWA DI SMA PASUNDAN CIKALONGKULON Dina Indriyani; Lukita Dewi; Sumarna Sumarna
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4512

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang dapat membentuk warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Pendidikan kewarganegaraan berhubungan erat dengan moralitas siswa dimana tugas pendidikan kewarganegaan yaitu salah satunya untuk menumbuhkan moralitas peserta didik agar memiliki moral yang baik. Sehingga tindakan yang dilakukan oleh peserta didik yang akan menimbulkan konflik dapat dihindari sedini mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban atas masalah yang telah dirumuskan yakni ingin mengetahui bagaimana peranan pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan moralitas siswa untuk mencegah konflik antar siswa di SMA Pasundan Cikalongkulon. Berdasarkan hasil penelitain, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan moralitas untuk mencegah konflik antar siswa memberikan dampak positif bagi siswa, yaitu siswa memilki pemahaman tentang nilai-nilai moral sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan sesama siswa hal tersebut dapat memperkuat hubungan positif di anatara siswa. Kata kunci : moralitas, pendidikan kewarganegaraan, mencegah konflik
KAJIAN PERANAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn Euis Sulastri
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4050

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan manusia yang memiliki sumber daya yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran. Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran berbagai upaya dilakukan oleh sekolah, di antaranya menerapkan pembelajaran aktif agar siswa berprestasi. Dalam belajar siswa akan berhasil apabila dalam dirinya terdapat kemauan atau keinginan yang mendorong belajar, karena dengan adanya motivasi belajar maka siswa akan tergerak, terarahkan sikap dan perilakunya untuk belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMP IT Nurul Hidayah Ciranjang, diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Akibatnya, hasil belajar yang diraihnya menjadi tidak memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian menggunakan metode studi literatur dengan teknik penelitian studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian berdasarkan deskripsi data, penafsiran data dan pembahasan, maka kesimpulan penulis adalah motivasi berperan sangat penting sebagai faktor yang banyak berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pelajaran PPKn
Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa linda anggraeni
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4102

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan system pendidikan nasional. Untuk membentuk generasi penerus bangsa yang Cerdas, kreatif, inovatif serta mempunyai nilai moral yang tinggi, sehingga pendidikan kewarganegaraan menjadi pendidikan yang membentuk karakter bangsa. pengaruh dari nilai-nilai pendidikan kewaranegaraan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa untuk menciptakan generasi yang unggul dan mampu mengahadapi perubahan-perubahan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang, oleh karena itu dengan adanya pendidikan kewarganegraan dan pendidikan karakter untuk memebntuk generasi penerus bangsa yang dapat berpikir kritis serta memepunyai rasa tanggug jawab sebagai warga negara yang baik. penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai sumber lalu dituangkan dengan pemikiran kita sendiri untuk menulis artikel ini. Hasil dari mengkaji dari berbagai sumber yang didapatkan yaitu, dengan adanya artikel pengaruh nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa ini agar masyarakat Indonesia memiliki rasa tanggung jawab akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, sehingga tercipta nya warga negara yang baik dan berkarakter.
PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PENGURUS DI SMPN 1 CAMPAKA Nugraha, Siti Tarwiyah Reska
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i1.4051

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Namun saat ini kedisiplinan peserta didik kurang, masih banyak pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah. Untuk menciptakan ketertiban di lingkungan sekolah maka sudah seharusnya dilakukan pembinaan terhadap peserta didik, pembinaan tersebut dapat dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan, salah satunya yaitu melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap peningkatan kedisiplinan pengurus di SMPN 1 Campaka. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Populasi penelitian yang dijadikan subjek penelitian yaitu keseluruhan pengurus OSIS SMPN 1 Campaka yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berpengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan pengurus di SMPN 1 Campaka. Kata Kunci : Kegiatan OSIS, Peningkatan Kedisiplinan

Page 1 of 1 | Total Record : 6