cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 7 Documents clear
PERANAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK SISWA KELAS X DI MA AL-MUTHMAINNAH Haerul, Irlan
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Negara Indonesia menganut sistem pemerintahan demokrasi yang mengharuskaan warganegaranya memiliki kemampuan untuk berpartisipaasi dalam meningkatkan kemajuan bangsa. Siswa sebagai warga negara Indonesia diharuskan berpartisipasi dalam bidang politik dengan jalan berpartisipasi dalam kegiatan politi. Untuk emningkatkan partisipasi politik diperlukan kesadaran politik dari diri siswa. Salah satu jalan untuk meningkatkan partisipasi politik melalui pendidikan politik. Pendidikan ini akan berhasil apabila lembaga-lembaga politik dapat menjalankan perannya dengan baik. Lembaga pendidikan politik yang berperan dalam meningkatkan partisipasi politik siswa yaitu Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Pendidikan Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Kelas X di MA AL-MUTHMAINNAH? Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Pendidikan Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Kelas X di MA AL-MUTHMAINNAH. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan teknik penelitian angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Objek penelitian adalah siswa MA AL-MUTHMAINNAH sebanyak 164 siswa yang diwakili sampel 35 orang dengan kisaran 20% dari populasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pendidikan politik terhadap siswa dilakukan oleh tiga lembaga pendidikan politik yaitu : Guru PPKn, Pembina OSIS, dan Pembina Pramuka, siswa memperoleh pembelajaran politik dari ketiga lembaga pendidikan politik tersebut sehingga partisipaasi politik siswa meningkat yang ditandai dengan siswa memiliki pengetahuan, sikap, dan prilaku politik yang ditandai dengan kesadaran siswa berpartisipasi dalam pemilihan ketua Oraganisasi Siswa Intra Sekolah dan ikut aktif dalam Organisasi lainnya yang ada di sekolah, prilaku politik siswa meningkat yang ditandai dengan kemampuan siswa berpendapat didalam kelas, dan partisipasi politik siswa juga meningkat dilihat dari tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler sangat aktif. Kesimpulan pendidikan politik merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan partisipasi politik. Untuk itu kepada semua pihak disarankan agar memiliki kepedulian terhadap pendidikan politik agar partisipasi politik dapat meningkat.
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 CILAKU CIANJUR dianita rahayu
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan wahana dalam meningkatkan taraf hidup manusia. Hal ini sangat penting terhadap kemajuan bangsa dan negara. Dalam pendidikan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah kepiawaian guru dalam memberikan pengajaran. Artinya guru dituntut untuk dapat merekayasa cara penyampaian materi pembelajaran, karena pada kenyataannya siswa merasa kurang tertarik dalam pembelajaran apabila kepiawaian guru dalam memberikan materi kurang kreatif. Maka timbul sebuah kekhwatiran akan terjadinya hal tersebut terhadap peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 CILAKU CIANJUR”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 139 siswa kelas XI IPS dan 3 orang guru PPKn. Sampel siswa diambil 25% dari populasi yakni 34 siswa secara random. Sampel guru diambil 1 guru dari 3 guru PPKn yakni guru PPKn kelas XI IPS. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data maka kesimpulan penulis yaitu metode Role Playing juga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode Role Playing mampu membuat siswa merasa senang dan aktif dalam pembelajaran.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DISMP BUDI LUHUR CUGENANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) niki juhermawanti
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegitan pembelajaran di sekolah secara umum masih terlihat monoton, tidak ada hal-hal baru yang disesuaikan agar tidak membuat siswa jenuh dan bosan. Pada awal pembelajaran siswa tidak termotivasi untuk belajar dan akhirnya berimbas pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Salah satu alternatif permasalahan itu yaitu dengan penerapan pola pembelajaran kooperatif. Pola pembelajaran kooperatif adalah kegiatan mengajar yang dapat mempengaruhi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran didukung oleh pendekatan strategi, metode, gaya dan teknik serta prosedurnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Kegunanan penelitian ini adalah dapat dijadikan gambaran tentang keberhasilan memotivasi siswa agar lebih giat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek ini terhadap siswa SMP Budi Luhur Cugenang Cianjur sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan non tes, instrumen tes berupa tes siklus I, II, dan III, sedangkan instrument non tes berupa uraian yaitu tes siklus, skala sikap,wawancara, catatan harian siswa dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian A.  Menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai dan daya serap klasikal dari tiap siklus pembelajaran. B.  Analisis lembar observasi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berpengaruh positif terhadap aktivitas siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil ini terlihat dari lembar observasi siswa yang diisi oleh observer. C.  Analisis hasil angket menunjukkan bahwa siswa merespon positif. Hal ini terlihat dari hasil analisis respon siswa pada skala sikap. D.  Terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif di SMP Budi Luhur Cugenang.
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR kania kania
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru mempunyai peranan penting dalam menentukan berhasilnya tujuan pembelajaran di sekolah. Segala tindakan yang dilakukan oleh seorang guru akan mempunyai pengaruh terhadap siswa. Seorang guru harus bisa menciptakan suasan nyaman dalam belajar, salah satunya dengan pemilihan metode pembelajaran agar siswa lebih aktif, kreatif dan termotivasi. Melalui metode diskusi siswa dituntut untuk memiliki kemampuan mengemukakan pendapat pada masalah-masalah yang diskusikan sehingga terdapat kesimpulan yang diinginkan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan dari dalam diri siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di SMA Pasundan 1 Cianjur?. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: Metode pembelajaran diskusi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di kelas XI, hal ini terlihat dari sangat antusiasnya siswa dengan penggunaan metode diskusi yang diterapkan oleh guru, siswa menjadi lebih berpikir kritis, aktif, kreatif dalam mengemukakan pendapat dan membuat suasana kelas menjadi semakin hidup sehingga siswa tidak bosan.
PERANAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRILAKU BERORGANISASI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MANDE CIANJUR munawar rois
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga yang tidak hanya sebagai sarana dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi sekolah juga harus membina dan meningkatkan perilaku berorganisasi peserta didik. Perilaku berorganisasi diarahkan sebagai dasar dan pondasi perilaku peserta didik itu sendiri dalam mengali potensi yang mereka miliki. Sekolah memiliki peranan menjadikan peserta didiknya menjadi manusia yang memiliki rasa kesadaran yang memiliki rasa kesadaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai warga Negara yang baik. Oleh karena itu sekolah berkewajiban memanfaatkan fungsinya sebagai memberikan dorongan dalam peminatan berorganisasi dan sikap yang menunjukan kearah yang lebih baik.tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peranan sekolah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi peserta didik. peneliti bertujuan untuk memperoleh informasi tentang : (1) Peranan sekolah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi dari peserta didik, (2) bentuk prilaku dalam prilaku berorganisasi, (3) program dalam meningkatkan prilaku berorganisasi, (4) pembinaan prilaku dalam berorganisasi (5) masalah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik penelitian berupa observasi,wawancara dan angket di SMA Negeri 1 Mande Cianjur.
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF POLITIK HUKUM Dina Indriyani; Winda Marliani
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Negara Indonesia merupakan suatu negara yang berdasarkan pada aturan hukum. Makadari itu, pemerintah telah mengatur segala sesuatu perbuatan yang dilakukan oleh setiap warga negaranya dengan adanya peraturan atas suatu hukum tertentu.Hal tersebut mencerminkan bahwa negara Indonesia memiliki peranan penting terhadap adanya politik hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salah satu perwujudan adanya implementasi dari politik hukum itu adalah adanya peraturan yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional juga dengan adanya peraturan yang mengatur tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai perwujudan dan usaha pemerintah untuk  mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik sebagai warga negara. Implementasi terhadap Penguatan Pendidikan Karakter dibutuhkan agar dapat menumbuhkan kesadaran terhadap kepribadian bangsa yang menjungjung tinggi akhlak mulia, nilai-nilai luhur, kearifan, dan budi pekerti. Sebab, pemerintahan yang baik akan mewujudkan warga negara yang baik pula.
HUBUNGAN ANTARA BERITA POLITIK DENGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG POLITIK DI MA TELADAN AL-KALAM CIRANJANG lisda lisda
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa cenderung tidak peduli dengan hal yang berbau politik. Mereka meganggap politik suatu hal yang membosankan, sehingga mereka malas untuk menonton tayangan berita politik, mereka lebih asyik menggunakan kemajuan IPTEK dengan bermain seperti memainkan sosial media secara berlebihan, main games online, streaming acara musik, menonton drama atau sinetron dll. Sehingga membuat pemahaman siswa dalam pola prilaku berpolitikpun berkurang dan merosot. Berdasarkan masalah di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “HUBUNGAN ANTARA BERITA POLITIK DENGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG POLITIK DI MA TELADAN AL-KALAM CIRANJANG”. Dari judul tersebut, maka dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode desktiftif kuantitatif, dan tehnik pengumpulan datanya meliputi angket, studi literatur, wawancara, dan observasi. Dengan mengambil sampel penelitian di kelas XI IPS 1-2 MA Teladan Al-kalam Ciranjang yang berjumlah 42 orang. Hasil penelitian, menunjukan bahwa berita politik memiliki hubungan dengan peningkatan pemahaman siswa tentang politik, karena didalam berita terdapat informasi yang menyangkut pemilu, partai politik, kelembagaan negara, konstitusi, tokoh politik dll. Yang merupakan sumber materi ajar dalam kegiatan pembelajaran PPKn bagi anak-anak sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7