cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober" : 9 Documents clear
PENGARUH KONSELING BEHAVIOR MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRAYA BARAT Endriani, Ani; Patimarliza, Reza
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4812

Abstract

Abstract: Behavioral counseling using role playing technique is intended as a form of counseling activity that is focused on changing behavior by developing imagination and appreciation through role playing to increase students' attitudes of responsibility. The attitude of responsibility is an attitude in which a person has independence in learning, can complete learning tasks and obligations, is willing to bear all consequences or sanctions. The formulation of the problem in this research is "Is there an effect of Behavioral Counseling Using Role Playing Techniques on Attitudes of Responsibility in Class VIII Students of SMPN 1 Praya Barat ". The purpose of the study was "To determine the effect of Behavioral Counseling Using Role Playing Techniques on Responsible Attitudes in Class VIII Students of SMPN 1 Praya Barat". The sampling technique used in this research is purposive sampling. The population in this study was 146 students, the sample used was 10 students who had a low attitude of responsibility. The data collection method used is the questionnaire method as the main method and the method of observation, interviews and documentation as a complementary method. To analyze the data using the t-test formula, based on data analysis, the t-count is 7.258 with the t-table value at a significance level of 5% with db (N-1) = 9 of 2.262. Thus the value of tcount is greater than the value of t in the table (7,258>2,262), so it can be concluded that there is a significant effect of Behavioral Counseling Using Role Playing Techniques on Attitudes of Responsibility in Class VIII Students of SMPN 1 Praya Barat.   Keywords: Behavior Counseling, Role Playing   Abstrak: Konseling behavior menggunakan teknik role playing adalah dimaksudkan sebagai suatu bentuk aktivitas konseling yang difokuskan pada perubahan tingkah laku dengan mengembangkan imajinasi dan penghayatan melalui bermain peran untuk meningkatkan sikap tanggung  jawab siswa. Sikap tanggung jawab adalah suatu sikap dimana seseorang tersebut mempunyai kemandirian dalam belajar, bisa menyelesaikan tugas dan kewajiban belajar, kesediaan menanggung segala akibat atau sanksi. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavior Menggunakan Teknik Role Playing Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Praya Barat ”. Tujuan penelitian adalah “Untuk Mengetahui Pengaruh Konseling Behavior Menggunakan Teknik Role Playing Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Praya Barat ”. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 146 siswa, sampel yang digunakan adalah 10 orang siswa yang memiliki sikap tanggung jawab rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 7,258 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 9 sebesar 2,262. Dengan demikian nilai thitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (7,258>2,262), sehingga dapat di simpulkan Ada Pengaruh Konseling Behavior Menggunakan Teknik Role Playing Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Praya Baratdinyatakan Signifikan.  Kata Kunci : Konseling Behaviour, Role Playing
Analisis Efektivitas Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Pada Rinjani Hill Hotel di Masa Pandemi Covid 19 Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4813

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine whether the marketing strategy applied to Rinjani Hill Hotel was effective in increasing room occupancy. The method used in this research is descriptive method, and the population is the guests (customers) who stay at Rinjani Hill Hotel. Determination of the sample in the study using the Yamane formula with a precision level of 10% with a confidence level of 90%, so that the results obtained amounted to 83 people. The sampling technique used is purposive sampling and accidental sampling, using library data collection techniques and field studies which include observation, interviews and questionnaires. And to analyze the data obtained is a single table data analysis technique. The results of this study indicate that the marketing strategy applied to Rinjani Hill Hotel has been effective in increasing room occupancy, as evidenced by the number of full rooms and the number of guests staying and the condition of the hotel, rooms and facilities available in accordance with the wishes and needs of guests (customers). . And it was also found that visitors who stay feel like, happy and satisfied with the services of this hotel.   Keywords: marketing strategy, Rinjani Hill Hotel, promotion   Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan pada Rinjani Hill Hotel sudah efektif dalam meningkatkan hunian kamar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan yang dijadikan populasi adalah tamu (costumer) yang menginap di Rinjani Hill Hotel. Penentuan sample dalam penelitian menggunakan rumus Yamane dengan tingkat presisi 10% dengan tingkat kepercayaan 90%, sehingga diperoleh hasil berjumlah 83 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampling purposif dan sampling kebetulan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi metode observasi, wawancara dan kuesioner. Serta untuk menganalisis data yang diperoleh adalah dengan teknik analisis data tabel tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada Rinjani Hill Hotel telah efektif dalam menigkatkan hunian kamar, terbukti dari jumlah kamar yang penuh dan banyaknya tamu yang menginap serta kondisi hotel, kamar dan fasilitias yang tersedia telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tamu (customer). Dan ditemukan juga bahwa pengunjung yang menginap merasa suka, senang dan puas dengan pelayanan hotel ini.  Kata kunci: strategi pemasaran, Rinjani Hill Hotel, promosi
DESAIN PROGRAM SEKOLAH ISLAM TERPADU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM Wibawa, Restu; Hardiansyah, Hardiansyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4814

Abstract

Abstract: Integrated Islamic schools that have emerged in the current era are here to answer the educational challenges that are being faced by society. Of course, the institution has an educational program design that will be carried out. The design of educational programs at each level that will be used as a basis for implementing education is called the curriculum. Integrated Islamic School is a school whose curriculum integrates Islamic values, skills with the national curriculum. The purpose of this study was to describe the program design in an integrated Islamic school by taking research data at SMP IT Al-Qimmah. This research uses a qualitative case study approach. Techniques for collecting data using interviews, observation, and documentation. Then the data analysis techniques are data reduction, data display or data presentation, and conclusion drawing/verification or drawing conclusions. Then analyzed by reducing the data, presenting the data, and making conclusions. The results show that the curriculum design at SMP IT Al-Qimmah places more emphasis on internalizing Islamic values in every content of the national curriculum, without neglecting the national curriculum that has been set by the ministry of education. Process assessment is the main goal created in the learning environment as well as the content of teaching materials that are full of Islamic values. While the purpose of the curriculum design is, so that students have a strong foundation of religious education, which leads to the strength of aqidah and moral perfection. Internalization of Islamic values in integrated Islamic schools is not only done through the subjects taught, but through the design of school activity programs that support the inculcation of Islamic values in students.  Keywords: Integrated Islamic School Program Design, Curriculum  Abstrak: Sekolah Islam terpadu yang muncul pada era sekarang ini hadir untukmenjawab tantangan pendidikan yang tengah dihadapi masyarakat. Tentunyalembaga tersebut memiliki rancangan program pendidikan yang akandijalankan. Rancangan program pendidikan pada setiap jenjang yang akandigunakan sebagai pijakan pelaksanaan pendidikan disebut dengan istilahkurikulum. Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang kurikulumnya mengintegrasikan antara nilai-nilai Islam, keterampilan dengan kurikulum nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang desain program di sekolah Islam terpadu dengan mengambil data penelitian di SMP IT Al-Qimmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik mengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yaitu reduksi data, data display atau penyajian data, dan concuslion drawing/verification atau penarikan kesimpulan. Kemudian di analisa dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum yang ada di SMP IT Al-Qimmah lebih menekankan pada internalisasi nilai-nilai Islam dalam setiap muatan kurikulum nasional, tanpa mengenyampingkan kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh kementrian pendidikan. Penilaian proses merupakan tujuan utama yang tercipta dalam lingkungan belajar maupun konten bahan ajar yang sarat dengan nilai-nilai Islam. Sedangkan tujuan dari desain kurikulumnya adalah, agar peserta didik memiliki landasan pendidikan agama yang kuat, yang bermuara pada kekuatan aqidah dan kesempurnaan akhlak. Internalisasi nilai-nilai keIslaman pada sekolah Islam terpadu bukan hanya dilakukan melalui mata pelajaran yang diajarkan, akan tetapi melalui desain program kegiatan sekolah yang mendukung dalam penanaman nilai-nilai Islam pada peserta didik.   Kata Kunci: Desain Program Sekolah Islam Terpadu, Kurikulum  
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PERENCANAAN AKADEMIK DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4816

Abstract

Abstract: The Principal's Leadership function must be placed proportionally according to his capacity. Self improvement from a leader has a broad meaning in the implementation of academic planning which is required to be able to carry out his responsibilities properly and correctly. So that it can improve teacher performance in the teaching and learning process, where the effectiveness of leadership if applied by a leader will be able to create an effective and efficient teaching and learning process. The formulation of the problem in this research is "Is There a Relationship between the Implementation of Academic Planning Skills in Principal Leadership. This type of research is descriptive quantitative with questionnaire data collection method on variable X and documentation on variable Y as the main method, interview method as a complementary method. The population in this study were the teachers at SMPN 3 Gangga with 16 teachers. The results of this study indicate that the principal's academic planning has a relationship with teacher performance. The conclusion that can be obtained in this study is "there is a relationship between the implementation of the principal's academic planning in the principal's leadership. Keywords: Implementation, Planning, Academic, Leadership Abstrak: Fungsi Leadership Kepala Sekolah harus diletakkan secara proporsional sesuai dengan kapasitasnya. Self improvement dari seorang pemimpin memiliki makna yang luas Dalam Implementasi Perencanaan Akademik yang disyaratkan untuk dapat mengemban tanggung jawabnya dengan baik dan benar. Sehingga dapat meningkatkan kinerja guru di dalam proses belajar mengajar, dimana keefektifan kepemimpinan kalau diterapkan oleh seorang pemimpin akan mampu menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Hubungan Implementasi Keterampilan Perencanaan Akademik dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket pada variabel X dan dokumentasi pada variabel Y sebagai metode pokok, metode wawancara sebagai metode pelengkap. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SMPN 3 Gangga dengan jumlah guru 16 orang, dari hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan akademik kepala sekolah ada hubungan dengan kinerja guru. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah “Adanya Hubungan antara Implementasi Perencanaan Akademik Kepala Sekolah dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kata Kunci : Implementasi, Perencanaan, Akademik, Kepemimpinan
IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN NON FORMAL SANTRIWATI YANG BERSEKOLAH MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HALIMY SESELE LOMBOK BARAT Sa'di, Kholisus; Fahmi, Agus; Purmadi, Ary
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4817

Abstract

Abstract: Abstract: Non-formal education is education that can be carried out in stages but is not official and the material is strengthening in formal educational institutions, such as educational units for courses, packages A, B, and C. Islamic non-formal education includes Islamic boarding schools. The focus of the problem is how to implement the non-formal education system for female students. The purpose of the study was to determine the implementation of the non-formal education system "santriwati" who attended Madrasah Aliyah at the Anwarul Halimy Sesele Islamic boarding school, West Lombok. The research method used in this study is a qualitative research method, namely an approach whose research findings are not obtained through statistical procedures or other forms of calculation. The results showed that the Anwarul Halimy Islamic boarding school applied the same learning method as other Islamic boarding schools throughout Indonesia and abroad in general and the materials and books taught or presented were the same as the standards of Islamic boarding schools throughout Indonesia and elsewhere. abroad, because basically the study books discussed have the same reference source.  Keywords: Santriwati Non Formal Education System  Abstrak: Pendidikan non formal adalah pendidikan yang dapat dilakukan secara berjenjang tapi tidak bersifat resmi dan materinya bersifat penguatan pada lembaga pendidikan formal, Seperti satuan pendidikan kursus-kursus, paket A, B, dan C. Pendidikan non formal Islam diantaranya Pesantren. Fokus masalahnya adalah bagaimana Implementasi sistem pendidikan Non Formal santriwati. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi sistem pendidikan  Non Formal “santriwati” yang bersekolah Madrasah Aliyah di pondok pesantren Anwarul Halimy Sesele Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu pendekatan yang temuan-temuan penelitiannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk perhitungan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Anwarul Halimy menerapkan metode pembelajaran yang sama dengan pembelajaran pondok pesantren lainnya yang ada di seluruh indonesia maupun luar negeri pada umumnya dan materi-materi beserta kitab-kitab yang diajarkan atau disajikan sama dengan standar pondok pesantren di seluruh indonesia maupun di luar negeri, karena pada dasarnya kitab-kitab kajian yang dibahas sumber refrensinya sama.  Kata Kunci: Sistem Pendidikan Non Formal Santriwati
PENGUKURAN PRODUKTIVITAS SEKOLAH DI SMP KOTA MATARAM Zulfikar, Ahmad; Afian, Tilal
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4818

Abstract

Abstract: Schools as educational organizations must always increase productivity with various innovations and achievements, should not stagnate in the comfort zone with low productivity, therefore it is necessary to measure school productivity for school self-evaluation as a reference in increasing school productivity. The purpose of this study was to describe the level of school productivity in the Mataram city junior high school. The method used in this study is a survey method with a quantitative approach, the population is 1620 respondents in 35 junior high schools consisting of principals, teachers and administrators, the sample used is 106 respondents, drawn using proportional stratified random sampling based on the sampling formula of solvin. The data collection technique used a questionnaire and then analyzed descriptive statistical data using the WMS (Weighted Means Scored) technique. The results of the measurement of school productivity at the Mataram City Middle School show that the school input dimension is in the very high category with a score of 4.37 while the school output is in the high category with a score of 4.25.   Keywords: Measurement, School Productivity   Abstrak: Sekolah sebagai organisasi pendidikan harus selalu meningkatkan produktivitas dengan berbagai inovasi dan prestasi, tidak boleh stagna pada zona nyaman dengan produktivitas rendah, maka dari itu diperlukan pengukuran produktivitas sekolah untuk evaluasi diri sekolah sebagai acuan dalam peningkatkan produktivitas sekolah. Tujuan dari penelitian Ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat produktivitas sekolah di SMP kota Mataram . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, populasinya adalah 1620 responden di 35 unit SMP  yang terdiri  dari kepala sekolah, guru dan tenaga administrator,  sampel yang digunakan berjumlah 106 responden, ditarik dengan menggunkan  proportional stratified  random sampling berdasarkan rumus pengambilan sampel dari solvin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemudian di lakukan analisis data statistik deskriptif dengan menggunakan teknik WMS (Weighted Means Scored). Hasil dari pengukuran produktivitas sekolah di SMP kota Mataram menunjukkan bahawa dimensi school input berada pada kategori sangat tinggi dengan skor 4,37 sedangkan school output berada pada kategori tinggi dengan skor 4,25.    Kata kunci : Pengukuran, Produktivitas Sekolah 
RESILIENSI DAN INOVASI UMKM SEBAGAI PENGGERAK PEMULIHAN EKONOMI Sofyan, Ahdi Topan
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4828

Abstract

Abstract: The purpose of the study was to describe the benefits of the importance of resilience and innovation for strengthening MSMEs, to find out the stages, processes and requirements of innovation that are beneficial for the development of MSMEs in West Sumbawa Regency. This research is a qualitative descriptive study with interviews and as a data collection method. In this study, researchers used the SWOT analysis method. The results of this study indicate that the inhibiting factors faced in economic downturn are by utilizing the vast potential of the environment as an extraordinary potential as a material capable of producing quality added value and supporting factors in implementing the economy and tourism by utilizing the environment as a potential innovation based on technology. And it is hoped that it can provide a strengthening of the economic sector and tourism must be more creative and innovative with the potential that exists in West Sumbawa Regency and West Nusa Tenggara Province to better see the advantages of creative economy and tourism based on the benefits of research, this research is for authors to express ideas and thoughts as a contribution for progress into economic development and tourism in West Sumbawa Regency, the benefits for the government are to advance the economic and tourism sectors in West Sumbawa Regency while the benefits for the community are the results of economic and tourism strategies as well as established capital so that they can quickly recover for increased development. Keywords: Innovation, potential for innovation, tourism economy, MSME development. Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Mendeskripsikan manfaat pentingnya resiliensi dan inovasi bagi penguatan UMKM, Untuk mengetahui  tahapan, proses dan syarat- syarat inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Sumbawa Barat, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara dan sebagai metode pengumpulan data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penghambat yang dihadapi dalam keterpurukan ekonomi dengan memanfaaat potensi lingkungan yang sangat luas sebagai potensi yang luar biasa sebagai bahan mampu menghasilkan nilai tambah  yang berkualitas dan faktor-faktor pendukung dalam pengimplementasian ekonomi dan pariwisata  dengan memanfaatkan  lingkungan sebagai potensi  inovasi yang berbasis teknologi. Dan diharapkan dapat memberikan penguatan sektor ekonomi dan Pariwisata harus lebih kreatif dan inovasi dengan potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk lebih melihat keunggulan ekonomi dan Pariwisata  berbasis kreatifManfaat penelitian, Penelitan ini bagi penulis untuk menuangkan ide dan pikiran sebagai sumbangsih untuk kemajuan menjadi pembangunan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat, manfaat bagi pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat sedangkan manfaat bagi masyarakat hasil dari strategi ekonomi dan pariwisata serta modal yang mapan sehingga bisa cepat pulih untuk peningkatan pembangunan. Kata Kunci : Inovasi, potensi inovasi, ekonomi pariwisata, pengembangan UMKM.
METODE PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ALTERNATIF METODOLOGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI (BAGIAN-2) Najwa, Lu`luin; Iqbal, Muhammad; Muslim, Ahmad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4840

Abstract

Abstract: Research that raises the issue of educational policy can be an interesting and challenging alternative methodology for TTI students. Policy research can be focused on research related to educational programs. One method that can be used for policy research is program evaluation research, which is a combination of research and evaluation methods. Evaluation itself is closer to the word effectiveness, namely the extent to which a program or policy can achieve its goals. When a student wants to research a policy, the program evaluation method is one of the alternative methodologies that can be used. Program evaluation research can be started by first identifying the program to be evaluated, determining the appropriate evaluation model or it can be based on one program component (free model evaluation). The next stage is to prepare an evaluation proposal which contains: 1) introduction, 2) literature review, and 3) research methods. The introduction contains at least 3 things, namely background, problem formulation, and research objectives. The literature review contains three components, namely: 1) conceptual basis, 2) relevant research, and 3) framework of thinking. In the conceptual foundation section, researchers must include the evaluation standards used. The research methods section contains several things, namely 1) the place and time of the research, 2) the type of research, 3) the focus or research variables, 4) data sources and instrumentation, and 5) data analysis methods. The last stage is compiling a report of research results after the research is carried out. This report will contain two parts, namely 1) a description and discussion of the research results, and 2) a closing which contains conclusions and recommendations.   Keywords: Policy Research, Evaluation of Educational Programs   Abstrak: Penelitian yang mengangkat isu kebijakan pendidikan dapat menjadi alternatif metodologi yang menarik dan menantang untuk mahasiswa LPTK. Penelitian kebijakan dapat difokuskan pada penelitian yang terkait program pendidikan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk penelitian kebijakan ini adalah penelitian evaluasi program, yaitu sebuah perpaduan antara metode penelitian dan metode evaluasi. Evaluasi sendiri lebih dekat dengan kata efektivitas, yaitu sejauh mana sebuah program atau kebijakan dapat mencapai tujuannya. Ketika seorang mahasiswa hendak meneliti sebuah kebijakan, metode evaluasi program adalah salah satu alternatif metodologi yang dapat digunakan. Penelitian evaluasi program dapat dimulai dengan terlebih dahulu mengidentifikasi program yang hendak dievaluasi, menentukan model evaluasi yang sesuai atau dapat didasarkan pada satu komponen program (free model evaluation). Tahapan berikutnya adalah menyusun proposal evaluasi yang berisi: 1) pendahuluan, 2) kajian pustaka, dan 3) metode penelitian. Pendahuluan minimal memuat 3 hal, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Kajian pustaka berisi tiga komponen yaitu: 1) landasan konseptual, 2) penelitian relevan, dan 3) kerangka berpikir. Pada bagian landasan konseptual, peneliti harus mencantumkan standar evaluasi yang digunakan. Bagianmetode penelitian memuat beberapa hal, yaitu 1) tempat dan waktu penelitian, 2) jenis penelitian, 3) fokus atau variabel penelitian, 4) sumber data dan instrumentasi, dan 5) metode analisis data. Tahapan terakhir adalah menyusun laporan hasil penelitian setelah penelitian dilakukan. Laporan ini akan memuat dua bagian, yaitu 1) deskripsi dan pembahasan hasil penelitian, dan 2) penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi.  Kata kunci: Penelitian Kebijakan, Evaluasi Program Pendidikan 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS EBOOK PADA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUSSIBYAN NW SANGKERANG Hariawan, Rudi; Sakti, Hadi Gunawan
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v9i2.4868

Abstract

Abstract: This research is a research on the development of ebook-based teaching materials for Information and Communication Technology (ICT) subjects for grade VII MTs students. Hidayatussibyan NW Sangkerang. The purpose of this study is to help students provide eBook- based teaching materials that are relevant, practical and easy to use for students. This development research method carried out 5 stages of testing, namely: 1) Content Test, 2) Media Test, 3) Design Test, 4) Small Group Test, and 5) Field Test. Based on the results of data analysis, the development of teaching materials based on ICT Subjects for Class VIII uses the Dick & Carey development model whose development process only reaches the ninth stage of development. The results of data analysis concluded that the Development of eBook-Based Teaching Materials for ICT subjects using offline multimedia had a Good (Eligible) qualification.  Keywords: e-Book-Based Teaching Materials  Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar berbasis ebook mata pelajaran Teknologi Infromasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa kelas VII MTs. Hidayatussibyan NW Sangkerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memabntu siswa menyediakan bahan ajar berbasis eBook yang relevan, praktis dan mudah digunakan bagi siswa. Metode penelitian pengembangan ini melakukan 5 tahapan uji coba, yaitu: 1) Uji Isi, 2) Uji Media, 3) Uji Desain, 4) Uji Kelompok Kecil, dan 5) Uji Lapangan. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pengembangan bahan ajar berbasis eBook Mata Pelajaran TIK Kelas VIII ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang proses pengembangannya hanya sampai pada tahap kesembilan tahap pengembangan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis eBook Mata pelajaran TIK menggunakan multimedia offline memiliki kualifikasi Baik (Layak).  Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis e-Book 

Page 1 of 1 | Total Record : 9