cover
Contact Name
Vika Nurul Mufidah
Contact Email
editor.mozaic@gmail.com
Phone
+6289658014728
Journal Mail Official
editor.mozaic@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Agama Islam, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (FAI-UNUSIA) Lantai 2 : Taman Amir Hamzah No 5 Pengangsaan Menteng-Jakarta Pusat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Mozaic : Islam Nusantara
ISSN : 25276549     EISSN : 25278738     DOI : https://doi.org/10.47776/mozaic
Mozaic: Islam Nusantara publishes articles on the study of Islamic Nusantara in Indonesia from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies multidisciplinary of Islamic Studies with various perspectives of Islamic Sharia, Islamic Education, Madrasah Studies, Islamic Banking, Islamic Economy, and much more.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara" : 5 Documents clear
STRATEGI AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Siti Rozinah
Mozaic : Islam Nusantara Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47776/mozaic.v4i2.124

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa maka tak heran apabila upaya dalam peningkatan mutu serta pengembangannya banyak dilakukan. Peningkatan mutu pendidikan merupakan serangkaian usaha pemerintah yang sedang digalakkan pada saat ini. Hal ini merupakan pengejawantahan dari tujuan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Di mana tercantum dalam pembukaan UUD 945 pada alinea ke 4, disebutkan bahwa salah satu tujuan kemerdekaan Indonesia adalah mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif. Hal itu lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan
PROBLEMATIKA VERIFIKASI DATA CALON PENGANTIN Hayaturrohman Hayaturrohman
Mozaic : Islam Nusantara Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47776/mozaic.v4i2.125

Abstract

Tujuan perkawinan adalah untuk membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Perkawinan yang bahagia dalam kehidupan keluarga yang bahagia, Inilah cita-cita dan idaman bagi tiap-tiap manusia baik laki-laki maupun perempuan. Hanya saja kebahagiaan itu tidak bisa ditebak, kadang sering datang dan kadang sering pergi, kadang ketika kebahagiaan yang diharapkan, namun kadang juga ternyata kekecewaan yang datang. Di dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1975 (yang selanjutnya disebut PP) pasal 3 ayat (1) menjelaskan bahwa “setiap orang yang akan melangsungkan perkawinan memberitahukan kehendaknya itu kepada pegawai pencatat di tempat perkawinan akan dilangsungkan. Hal ini menerangkan bahwa setiap orang yang ingin melangsungkan pernikahan harus melaporkan atau memberitahukan kehendaknya agar perkawinannya dicatatkan dan memiliki kekuatan hukum
PERPEKTIF PENDIDIKAN TENTANG PERKEMBANGA PSIKOLOGI ANAK Pradana Anis Riantori
Mozaic : Islam Nusantara Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47776/mozaic.v4i2.160

Abstract

Dalam konteks kehidupan berbangsa, pembinaan dan pengembangan akhlak sangat penting, disaat sebagai berbangsa indonesia tengah diuji dengan krisis multidimensional. Krisis tersebut secara hakiki dipicu oleh adanya krisis akhlak (moral). Dekadensi akhlak terjadi karena kita bangsa, sudah tidak memagang teguh nilai-nilai akhlak yang selama ini kita pegang secara kuat. Kebanyakan dari contoh dekadensi moral ini terjadi pada anak menginjak usia remaja. Oleh karena itu pendidikan harus dilakukan dalam rangka membentuk kepribadian yang utama sesuai dengan kaidah-kaidah islam, terutama pendidikan akhlak, harus ditanamkan sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini di Keluarga Karir di RW 03 Kelurahan Sukabungah Kecamatan Sukajadi yang dirumuskan pada empat pertanyaan yaitu bagaimana pelaksanaan, metode, materi dan hambatan pendidikan akhlak pada anak usia dini di keluarga karir. Berdasarkan hasil penelitian, dapat digambarkan adanya usaha orangtua dalam menerapkan pendidikan akhlak pada anak usia dini di keluarga walaupun, di tengah-tengah kesibukan orangtua yang sama- sama bekerja.
PANDANGAN MASYARAKAT BETAWI PADA FENOMENA HABAIB Arif Rahman
Mozaic : Islam Nusantara Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47776/mozaic.v4i2.161

Abstract

Tak banyak yang tahu dari mana asal muasal sebutan Habib. Orang awam hanya paham, habib identik dengan ustadz keturunan Arab dengan stereotip berjanggut tebal dan bersorban. Publik hanya mengetahui bahwa Habib adalah pendakwah yang harus dihormati. Jika ditelisik dalam perspektif antropologis, munculnya Habib merupakan fenomena ‘penghormatan’ terhadap keturunan Nabi Muhammad SAWHabaib sangat dihormati oleh masyarakat muslim betawi, karena dianggap sebagai tali pengetahuan yang murni dari garis keturunan langsung Nabi Muhammad. Penghormatan ini sangat membuat gusar para kelompok anti-sunnah yang mengait-kaitkan hal ini dengan bid’ah. Faktanya, Habaib di Indonesia sangat banyak memberikan pencerahan dan pengetahuan akan agama Islam. Sudah tak terhitung jumlah orang yang akhirnya memeluk agama Islam di tangan para Habib itu.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BERBAGAI SUDUT PANDANG Dede Setiawan
Mozaic : Islam Nusantara Vol 4 No 2 (2018): Mozaic : Islam Nusantara
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47776/mozaic.v4i2.162

Abstract

Penelitian ini mencoba menjawab integrasi ilmu keislaman dengan ilmu umum dalam progam studi Pendidikan Agama Islam. Persoalan integrasi ilmu, di lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam belum tuntas. Hasil dari penelitian adalah secara ontologi jelas asalnya, epistimologi kuat teorinya, dan aksiologi dapat diopersionalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar d. Sehingga bangunan ilmu Prodi Pendidikan Agama Islam sudah kuat dan kokoh. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif; lebih fokus pada studi perpustakaan dan pengamatan serta pengalaman dalam mengelola Prodi Pendidikan Agama Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5