cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA PONTIANAK Nur Kur'ani
Tarbawi Khatulistiwa Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v8i1.3888

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Adapun jumlah sampel 30, diambil dari populasi 62 siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Pontianak dengan menggunakan simple random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien 17,3% artinya sisanya 82,7% ditentukan oleh faktor lain. Hal ini berarti pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi secara bersama-sama memberi pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pola asuh demokratis dan meningkatkan kecerdasan emosi siswa.Kata kunci: pola asuh, kecerdasan emosi, motivasi
MANFAAT MEDIA DALAM MODEL DAKWAH KULTURAL Zuhair Nur Rohman
Tarbawi Khatulistiwa Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v8i1.3712

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendskripsikan bagaimana manfaat media dalam dakwah kultural Muhammadiyah. Pemelitian ini perlu di perlukan untuk memotivasi agar seluruh elemen dakwah Muhammadiyah mampu memanfaatkan media sebagai sarana dalam berdakwah. Metode penelitian ini adalah kepustakaan denagan menggunakan data dari literatur literaturn baik dari buku-buku, jurnal, maupun karya tulis, analisa data menggunakan analisis isi, hasil peneltian ini adalah penting nya media dalam menyampaikan dakwah kultural Muhammadiyah dengan memanfaatkan beberapa unsur media seperti, youtbe, instagram, twittwe, facebook, dan lain lain.
Problematika Pelaksanaan bimbingan Mata Kuliah Ibadah Ibadah kepada Mahasiswa Universitas Muhamdiyah Pontianak M.Alias Elin B Sumantri
Tarbawi Khatulistiwa Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v8i1.4136

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pelaksanaan bimbingan Mata Kuliah Ibadah Ibadah kepada Mahasiswa Universitas Muhamdiyah Pontianak. Latar belakang yang menjadi alasan adalah bimbingan yang di lakukan oleh dosen kepada mahasiswa ada beberapa problem yang muncul dikalngan mahasiswa adalah dari hasil penelitian kepada  mahasiswa dan  Pengalaman selama menjadi dosen Al  Islam dan Kemuhammadihan di kampus Universitas Muhammdiyah Pontianak  sejak  tahun 2004  ada  fakta menarik  bahwa  bahwa mahasiswa tidak pernah mendengar dan menerima materi ibadah mahdhah khususnya bacaan dan gerakan sholat sesuai Himpunan Majelis tarjih  atau HPT Muhammadiyah. Kemudian Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif, pelaksanaan penelitian ini di Kampus Um Pontiank dengan subyeknya adalah dosen dan mahsiswa yang ada di prodi psikologi Um Pontianak.Adapun rujukan utama dalam yang menjadi sumber bacaan materi Ibadah Mahdah adalah HPT PP Tarjih Muhammadiyah dengan materi khusus Sholat wajib, sholat Jenazah, Mandi Junub, Tayamum dan doa lainnya.  Dari hasil penelitian menunjukkan ada 10 faktor yang  menjadi Problematika yang dapat menghambat menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah, dan doa diantaranya berasal dalam diri Malas dan Bosan ( 16 – 23 /  41 %),Lemah Ingatan ( 18-21  / 46 %) ,Tidak Konsisten (18-21 / 46%),Hati tidak Jernih atau pusing ( 14-25 / 35.9%) ,Faktor Usia ( 12-27/ 30.6 %), Selain muncul dari dalam diri penghafal, masalah dalam menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah dan doa  juga dapat  disebabkan dari luar darinya sendiri atau Eksternal yaitu: Adanya pengaruh gedget (17-22/ 43.6 %,Tidak mampu mengatur waktu dengan efektif  (18-21/ 46.2%,Adanya Resitasi atau penugasaan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), Tidak adanya pembimbing ( ustad, guru, dosen) ketika menghafal Al-Qur’an (16-23/ 41 %), Tidak pernah mengenal bacaan sholat dari  HPT Muhammadiyah (15-24/ 38.5 %). Dari hasil peneletian tersebut yang domominan responden memberikan inforemasi adalah adanya Resitasi atau Penugasan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), hal ini menunjukkan bahwa materi tersebut dengan strategi penugasan atau Penugasan atau Resitasi  oleh dosen pemibimbing ketika menghafal materi ibadah mahdhah hasilnya cukup baik  dan dapat d lihat prestsasi mahasa denga katagori  nilai B dan  AKata kunci : Problematika Pelaksanaan Bimbingan
Pengaruh Pemberian Motivasi Ekstrinsik oleh Guru BK terhadap Siswa Kelas XI yang Melakukan Penyimpangan Perilaku (Akhlak) di Madrasah Aliyah (MA) Ushuluddin Singkawang Hidayah Pratiwi, Yusida Imran, M.Alias
Tarbawi Khatulistiwa Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v8i2.4559

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang termotivasi dalam belajar dengan alasan pembelajaran terlalu lama durasinya, selain itu ditemukan juga penyimpangan siswa diantaranya merokok, berpacaran, membawa HP, bolos sekolah, dan membully sesama temannya. Skripsi ini bertujuan mengetahui tentang: 1) Pemberian motivasi ekstrinsik, 2) Perilaku menyimpang, 3) Pengaruh pemberian motivasi ekstrinsik terhadap penyimpangan perilaku (akhlak). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasi dan garis regresi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.  Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Pemberian motivasi ekstrinsik oleh guru BK dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 65,9. 2) Perilaku menyimpang dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 64,5. 3) Terdapat pengaruh pemberian motivasi ekstrinsik oleh guru BK terhadap penyimpangan perilaku (akhlak) yaitu 0,383 nilai hitung sedangkan nilai tabel 0,367 karena dari hasil pengolahan data bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel koefisien korelasi. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Sedangkan untuk nilai garis regresi sebesar 0,75 lebih besar dari nilai tabel 0,367 dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Motivasi Ekstrinsik, Penyimpangan Perilaku (Akhlak)
EPEKTIFITAS TARIQAH INTIQA’IYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHARATUL QIRA’AH TEKS BAHASA ARAB TANPA HARAKAT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK TAHUN 2020 Eli Eli
Tarbawi Khatulistiwa Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v8i1.5412

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui peningkatan maharatulqiro’ah teks Bahasa Arab tanpa harakat dengan menggunakan metode tariqah al intiqaiyyah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) Pelaksanaan metode tariqah al intiqaiyyah dalam proses pembelajaran bahasa arab pada mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah. 2) Peningkatan maharatul qiro’ah teks Bahasa Arab tanpa harakat dengan menggunakan metode tariqah al intiqaiyyah pada pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak. Karena melihat kemampuan mahasiswa program studi pendidikan agama islam Unmuh  Pontianak sangat rendah  dalam membaca teks bahasa arab tanpa harakat. Pada umumnya mereka tidak memahami kaidah-kaidah bahasa arab baik ilmu nahwu maupun ilmu sharaf. Dalam penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode tariqah al lintqaiyah  dalam membaca teks bahasa arab yang tidak berharakat. Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan maharatul qira’ah Bahasa Arab, tariqah al Intiqa’iayah

Page 1 of 1 | Total Record : 5