cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020)" : 11 Documents clear
PEMENUHAN KEBUTUHAN KARYAWAN KONTRAK DAN KARYAWAN TETAP PADA BANK MUAMALAT INDONESIA BERDASARKAN TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW Andi Harpepen; Atika Permata Sari
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemenuhan kebutuhan karyawan kontrak dan karyawan tetap pada Bank Muamalat KC. Bengkulu berdasarkan teori hierarki kebutuhan maslow. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teorihierarki kebutuhan Maslow. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan karyawan kontrak dan karyawan tetap berdasarkan teori hierarki maslow telah terpenuhi, baik itu kebutuhan fisiologis (physiological needs), kebutuhan rasa aman (safety needs), kebutuhan sosial (social needs), kebutuhan penghargaan (esteem needs), kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs). Katakunci: Kebutuhan, Teori Hierarki, Abraham Maslow, karyawan
TEORI REALITAS DALAM HIKMAH MUTA’ALIYAH DAN BAGAVADGITA Biiznillah Biiznillah
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Artikel ini mengetengahkan kajian komparatif antara Kitab Hikmah Muta’aliyah dan Kitab Bagavadgita yang merupakan dua buah karya klasik yang berisikan pengetahuan filosofis dan mistik mengenai realitas yang bersifat transenden sekaligus imanen. Kedua kitab ini menjelaskan kemendasaran realitas berikut fenomena kejamakannya. Walaupun kedua kitab ini menyampaikan gagasan yang sama mengenai realitas, namun seksuai kondisi sosio-historis, dan konteks tradisi keagamaan, kedua karya ini disajikan dengan cara yang berbeda. Di dalam kajian ini akan dijelaskan secara umum pandangan kedua sumber mengenai realitas yang memiliki dimensi filosofi dan juga dimensi mistik. Kata Kunci : Hikmah, Gita, Wujud, Brahman
PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KUALITAS RELASIONAL PELAYANAN PEMBAYARAN UKT IAIN BENGKULU Ahmad Nazir
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap. Objek dari penelitian ini adalah Mahasiswa IAIN Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kualitas Relasionalmahasiswa IAIN Bengkulu. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan mahasiswa IAIN Bengkulu dalam melaksanakan pembayaran UKT berpengaruh terhadap kualitas relasional dari maahsiswa itu sendiri, hal ini sesuai dengan kondisi lapangan karena suatu mahasiswa dapat dengan memperoleh update infromasi pembayaran UKT dengan baik dengan adanya fitur yang diebrikan oleh bank mitra pembayaran. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Relasional, UKT
ANALISIS PEMIKIRAN EKONOMI IMAM AL-GHAZALI TENTANG BATASAN KEUNTUNGAN DALAM JUAL BELI Novitri Nanda Sari; Amimah Oktarina
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Profit in selling generally does not have limitations. There is no limit in taking advantage that will encourage traders to take large-scale profits that can result in the difficulty of people in meeting the needs of life. This research aims to know about the limit of profits according to the thought of Imam Al-Ghazali and knowing the reason the Imam Al-Ghazali sets the limitation of profits in the sale and purchase. This research uses a qualitative method that is included in the tribal research that is reporting from various literature such as books, journals, and previous research related to the reservation issues. Existing sources were then analyzed to produce findings based on facts. The results of this study are the Al-Ghazali Imam limits the profit in the sale of 5 - 10% of the purchase price. the reason for Imam Al-Ghazali critically in setting the limits of the profit is to keep humans from greed nature that will make people forget the purpose of life in the world. Keywords: Al-Ghazali, Limitation of Profit, Buying and Selling Abstrak Keuntungan dalam jual beli umumnya tidak memiliki batasan. Tidak adanya batasan dalam pengambilan keuntungan maka akan mendorong pedagang untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya yang dapat berakibat mempersulit masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang batasan keuntungan menurut pemikiran Imam Al-Ghazali dan mengetahui alasan Imam Al-Ghazali menetapkan batasan keuntungan dalam jual beli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang termasuk dalam penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan penelitian terdahulu yang terkait dengan permasalahan peneliti. Dari sumber-sumber yang ada kemudian dianalisis untuk menghasilkan temuan berdasarkan fakta. Hasil penelitian ini adalah Imam Al-Ghazali membatasi keuntungan dalam jual beli yaitu sebesar 5 – 10 % dari harga beli. Adapun yang menjadi alasan Imam Al- Ghazali secara kritis dalam menetapkan batasan keuntungan tersebut adalah untuk menjauhkan manusia dari sifat serakah yang akan membuat manusia lupa akan tujuan dari kehidupan di dunia. Kata Kunci: Al-Ghazali, Batasan Keuntungan, Jual Beli
PANDANGAN FIQH MUAMALAH TERHADAP KENAIKAN HARGA MAKANAN DI OBJEK WISATA PANTAI PANJANG BENGKULU Elman Johari
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Kenaikan harga dan pengambilan keuntungan yang tinggi di suatu objek wisata memang bukan sesuatu yang aneh atau asing lagi bagi masyarakat sekarang, bahkan oleh sebagian orang sudah dianggap sesuatu yang wajar. Sesuatu yang dianggap sudah wajar oleh sebagian masyarakat belum tentu itu dibenarkan oleh Islam. Islam sangat menekankan nilai keadilan dalam setiap aspek kehidupan umat manusia. Oleh karena itu, adalah hal yang wajar jika keadilan juga diwujudkan dalam aktifitas pasar, khususnya harga. Nabi menghimbau agar dalam akad jual beli, harga disesuaikan dengan yang berlaku di pasaran. Penelitian ini berusaha mengkaji apa saja yang menjadi faktor penyebab penaikan harga harga makanan di objek wisata pantai Panjag Bengkulu bagaimana perhitungan keuntungan/laba di objek wisata pantai Panjang Bengkulu, dan bagaimana pandangan fiqh muamalah terhadap penaikan harga makanan di objek wisata pantai Panjang Bengkulu. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif analisis, berusaha memberikan gambaran yang jelas, mendalam, sistematis, dan faktual. Berdasarkan hasil kajian ditemukan faktor penyebab penaikan harga makanan di objek wisata pantai Panjang Bengkulu adalah karena beban biaya perawatan pondok/kedai dan anggapan pedagang terhadap lokasi objek wisata berbeda dengan tempat lain. Mekanisme penaikan harga makanan di objek wisata pantai Panjang Bengkulu tidak dipengaruhi oleh faktor permintaan dan penawaran. Adapun penaikan yang terlampau tinggi dan penurun harga terhadap konsumen lokal tidak dibenarkan karena tidak sesuai dengan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Rasulullah saw menganjurkan agar setiap pedagang dalam menjalankan bisnisnya senantiasa berpegang kepada sifat-sifat terpuji, hal ini bukan hanya menguntungkan bagi bisnisnya, tetapi juga memiliki konsekuensi religius. Dalam kaitan tersebut, penulis juga menyarankan agar sebaiknya pedagang membuat daftar harga makanan agar konsumen dapat mengetahui harganya sebelum melakukan pembelian. Hal ini untuk menghindari kekecawaan para konsumen yang berakibatkan kepada tidak adanya saling ridha dalam jual beli. Kata Kunci : Fiqh, Muamalah, Harga Abstract. The increase in prices and high profit taking in a tourist attraction is not something strange or foreign to the community now, even by some people it is considered something natural. Something that is considered reasonable by some people is not necessarily justified by Islam. Islam strongly emphasizes the value of justice in every aspect of human life. Therefore, it is natural that justice is also realized in market activities, especially prices. The Prophet appealed for the sale and purchase agreement, prices adjusted to those in force in the market. This study seeks to examine what are the factors causing the increase in food prices at the Bengkulu beach tourism object, how the profit / profit calculation at Long Bengkulu beach attractions, and how the muqalah fiqh view towards raising food prices at the Long Bengkulu beach attraction. The author uses a descriptive analysis approach, trying to provide a clear, deep, systematic, and factual picture. Based on the results of the study found factors causing the increase in food prices in Long Bengkulu beach attractions is due to the cost of maintenance of the cottage / shop and the assumption of traders to the location of the tourist attraction is different from other places. The mechanism of raising food prices at the Long Bengkulu beach attraction is not influenced by demand and supply factors. The raising is too high and the lowering of prices for local consumers is not justified because it is not in accordance with the principles of muamalah in Islam. Rasulullah SAW recommends that every trader in running his business always adheres to commendable qualities, this is not only beneficial for his business, but also has religious consequences. In this regard, the authors also suggest that traders should make a list of food prices so that consumers can know the price before making a purchase. This is to avoid the disappointment of consumers which results in the absence of mutual pleasure in buying and selling. Keywords: Fiqh, Muamalah, Price
PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KESESUAIAN TUGAS TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL KARYAWAN (STUDI KASUS BRI SYARIAH KC PALEMBANG) M Iqbal; Rinol Sumantri; Puspa Aulia Apri Yanti; Faisal Muttaqin
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan kesesuaian tugas terhadap kinerja individual karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bank BRI Syariah Kantor Cabang Palembang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode dari penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. kuantitatifadengan menggunakan moder regresi liner berganda, pengelolaan data kuesioner yang digunakan dengan bantuan program SPSS Versi 22.Hasil uji persial (Uji T) menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi infromasi (X1) 0,003 < 0,05, nilai t hitung 3,173 > t tabel 2,02809 artinya pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individual (Y), nilai signifikan kesesuaian tugas (X2) 0,009 < 0,055, nilai t hitung 2,761 > t tabel 2,02809 artinya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja individual (Y). Kata kunci : Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kesesuaian Tugas, Kinerja Individual
DAMPAK KONDISI EKONOMI TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 10 REJANG LEBONG Helmi Helmi
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang keefektifan proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif. Dalam penelitian ini, responden yang berkaitan sebanyak 5 orang dari SMA Negeri 10 Rejang Lebong, terdiri dari 2 guru, 2 wali murid, dan 1 murid. Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti memberi nama responden P1, P2, P3, P4, dan P5. Wawancara dilakukan terstruktur dengan pertanyaan yang disusun dan dikaitkan serta dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah kurang efektif nya pembelajaran daring terkait dengan saran dan prasarana kegiatan. Kata kunci : Pembelajaran online, efektifitas, pandemi Covid-19 Abstract The purpose of this study was to obtain information about the effectiveness of the online learning process during the Covid-19 pandemic. The research used a qualitative exploratory method with an inductive approach. In this study, 5 respondents from SMA Negeri 10 Rejang Lebong consisted of 2 teachers, 2 guardians and 1 student. To maintain the confidentiality of the respondent's identity, the researcher gave the names of the respondents P1, P2, P3, P4, and P5. Structured interviews were conducted with questions that were compiled and linked and developed with related literature. The result of this research is the ineffective online learning related to activity suggestions and infrastructure. Key word : online learning, effectivity, covid-19
UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS MADRASAH Pasmah Chandra
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The problems faced by Madrasas have been an interesting subject from the past until now. Madrasa seems to be education number 2 (two) or in other words it can be called an alternative education institution. One of the problems faced by madrasas is related to the quality of teachers as human resources in building these educational institutions. Some previous studies have not emphasized the problem of teacher professionalism as the main problem faced by madrasas. The purpose of this study is to determine the quality of madrasas and professionalism of teachers. This type of research is qualitative research. The results of the study indicate that madrasa educational institutions strive to catch up with schools under the auspices of the Ministry of Education and Culture which is far more advanced. The teacher plays an important role in the success of curriculum implementation, because it is the teacher who will ultimately implement the curriculum in the classroom. Teachers are at the forefront in implementing curriculum. Even though the curriculum and education system has been good, without the support of the quality of qualified teachers, everything will be in vain. Improving the quality of education in Indonesia, especially madrasas, is not enough to improve the curriculum, but must also be followed by improving the quality or professionalism of teachers at primary and secondary levels. Keywords: Madrasa Quality, Teacher Professionalism. ABSTRAK Permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah telah menjadi pokok yang menarik sejak dahulu hingga saat ini. Madrasah seolah menjadi pendidikan nomor 2 (dua) atau dengan kata lain bisa disebut sebagai lembaga pendidikan alternatif. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh madrasah ialah berkaitan dengan kualitas dari guru sebagai sumber daya manusia dalam membangun lembaga pendidikan tersebut. Beberapa studi terdahulu belum menitikberatkan permasalahan profesionalisme guru sebagai masalah utama yang dihadapi madrasah. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas madrasah dan profesionalisme guru. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan madrasah berupaya untuk mengejar ketertinggalan dengan sekolah di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang jauh lebih maju. Guru memegang peranan penting terhadap keberhasilan implementasi kurikulum, Karena gurulah yang pada akhirnya akan melaksanakan kurikulum di dalam kelas. Gurulah garda terdepan dalam implementasi kurikulum. Walaupun kurikulum dan sitem pendidikan telah baik, namun tanpa didukung mutu guru yang memenuhi syarat maka semuanya akan sia-sia. Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya madrasah tidak cukup dengan pembenahan di bidang kurikulum saja, tetapi juga harus diikuti dengan peningkatan mutu atau profesionalisme guru di tingkat-tingkat dasar dan menengah. Kata Kunci: Kualitas Madrasah, Profesionalisme Guru.
PROGRAM PEMBINAAN PENGAWAS PADA POKOK BAHASAN MATEMATIKA EKONOMI DI SMA N 7 REJANG LEBONG Susi Susi
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Profesionalisme pengawas sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas memberikan layanan supervisi akademik bagi guru, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pokok bahasan Matematika ekonomi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara pengawas dalam membina guru matematika pada pokok bahasan matematika ekonomi. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan informan satu orang pengawas matematika pada Sekolah SMAN 7 Kabupaten Rejang Lebong melalui supervisi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan program pembinaan pengawas pokok bahasan matematika ekonomi dilakukan dengan program “smarter” dan program pengawasan berjalan baik, yang dapat dilihat keaktifan guru mengikuti program ini dengan diskusi, dan tanya jawab, serta penguasaan guru terhadap materi termasuk dalam kategori baik, dilihat dari hasil pos tes yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada pengawas untuk melaksanakan program pembinaan lebih sering lagi, sehingga guru memiliki wadah sebagai solusi permasalahan di Sekolah. Rekomendasi lainnya bagi Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu khusus bidang matematika untuk fokus pada pelaksanaan volume kehadiran dan peningkatan frekuensi pembinaan pengawas. Kata Kunci: Program pembinaan, pengawas, matematika ekonomi Abstract Professionalism of supervisors is needed in carrying out the task of providing academic supervision services for teachers, so as to create an active, innovative, creative, effective, and fun learning atmosphere. The subject of economic mathematics is one of the things needed to solve problems related to economics. The purpose of this study was to describe the way supervisors guide mathematics teachers on the subject of economic mathematics. The design of this research is descriptive qualitative, with the informant being one mathematics supervisor at the School of SMAN 7 Rejang Lebong Regency through academic supervision. The results of this study indicated that the program for supervisors on the subject of economic mathematics is carried out with the “smarter” program and the supervision program is running well, which can be seen from the active teachers participating in this program with discussions and questions and answers, as well as teachers' mastery of the material which is in the good category post test results given. Based on the results of the research, it is recommended that supervisors carry out the coaching program more frequently, so that teachers have a forum as a solution to problems in schools. Another recommendation for the Rejang Lebong Regency Government and the Bengkulu Province Education and Culture Office specifically in the mathematics sector is to focus on implementing attendance volume and increasing the frequency of supervisor guidance. Keyword: Construction programs, supervisors, economic mathematics
SISTEM PERAMALAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI SENTRAL YAMAHA MALANG DENGAN METODE LEAST SQUARE Pramana Yoga Saputra; Indra Dharma Wijaya; Sirajuddin Muhammad Anshori
JURNAL AGHNIYA Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The aim of this study is to create forecasting system on motorcycle sales in central yamaha Malang, East Java to find out sales for the next year. The research was carried out with forecasting and SDLC (System Development Life Cycle) system with waterfall model. The data used for dorecasting sales is from January 2016 to December 2018. Lthe first step taken with observed in central yamaha Malang, after that the researchers design the system that will be made for forecasting by designing the appearance of the application, creating usecase diagram, dfd diagram and designing the database. The data hase been collected is processed in excel using the Least Squere Method, then after that it is implemented into the application. Forecasting using Least Squere method, the error value is obtained using an average MSE of 8,3 %, so this data can be used because the error value obtained is below 10 % in accordance with the MSE standard value. The result of the application experiment on 80, 56 % users stated that the application was good to use. Keyword: Forecasting, Least Square, ESP, MSE Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem peramalan pada penjualan motor yang berada di Sentral Yamaha Malang untuk mengetahui penjualan pada tahun berikutnya. Penelitian dilakukan dengan peramalan dan dengan menggunakan sistem SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall. Data yang digunakan untuk peramalan penjualan motor dari Januari 2016 sampai dengan Desember 2018. Langkah pertama yang dilakukan dengan melakukan observasi pada Sentral Yamaha Malang, setelah itu merancang sistem yang akan dibuat untuk peramalan dengan mendesain tampilan aplikasi, membuat usecase diagram, dfd diagram dan mendesain basisdata. Data yang telah terkumpul diolah dalam excel dengan menggunakan metode Least Square. Setelah itu diimplementasikan dalam aplikasi. Peramalan dengan metode Least Square didapatkan nilai error dengan menggunakan MSE rata-rata sebesar 8.3%, sehingga metode ini dapat digunakan dikarenakan nilai error yang didapatkan dibawah 10% sesuai dengan nilai standar MSE. Hasil percobaan aplikasi pada pengguna 80,56% menyatakan bahwa aplikasi baik digunakan. Kata Kunci: Peramalan, Least Square, ESP, MSE

Page 1 of 2 | Total Record : 11