cover
Contact Name
Andreas Ryan Sanjaya
Contact Email
jurnalkomunikasi@unika.ac.id
Phone
+6224-8441555
Journal Mail Official
jurnalkomunikasi@unika.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum dan Komunikasi, Universitas Katolik Soegijapranata, Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Semarang 50234, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Komunikasi dan Media
ISSN : -     EISSN : 27468364     DOI : https://doi.org/10.24167/jkm
Core Subject : Education,
Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan informasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: November 2024" : 6 Documents clear
ANALISIS ISI KUALITATIF KONTEN EDUKASI TERKAIT SUSTAINABLE FASHION PADA AKUN TIKTOK @DOSEN_FASHYUN Ramadhani, Zahidah
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12613

Abstract

Industri fashion menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap pencemaran lingkungan, dengan emisi karbon yang melebihi sektor penerbangan dan pelayaran internasional. Banyaknya limbah tekstil dan praktik fast fashion yang tidak berkelanjutan memperburuk masalah lingkungan global. Tingginya urgensi masalah ini mendorong kebutuhan akan solusi edukasi mengenai sustainable fashion menjadi krusial untuk mengubah pola konsumsi masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana akun TikTok @dosen_fashyun memfasilitasi edukasi terkait fashion berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun @dosen_fashyun memfasilitasi edukasi tentang sustainable fashion melalui tujuh tema besar: konsumsi pakaian, desain berkelanjutan, greenwashing, produksi lokal, produksi etis dan transparansi, fase penggunaan pakaian, dan material. Melalui pendekatan komprehensif, akun ini tidak hanya memberikan informasi tetapi juga mendorong audiens untuk kritis terhadap praktik fast fashion dan menerapkan pola konsumsi yang lebih berkelanjutan. Temuan ini menyoroti pentingnya peran platform edukasi seperti @dosen_fashyun dalam mempromosikan keberlanjutan di industri mode.
THE REPRESENTATION OF SINGLE MOTHER'S DUAL ROLE IN "IBU ORA SARE" SHORT FILM (CHARLES S. PEIRCE SEMIOTIC ANALYSIS) Nahumury, Amanda Putri; Tania, Adelia Septiani Restanti; Nugraha, Nugraha; Antony, Rian
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12158

Abstract

A common social trend is the rise in single-parent families, where children are primarily raised by one parent—either the father or the mother. In Indonesia, single mothers, more prevalent than single fathers, often face bad stigma from society. The research then delves into the dual role of single mothers depicted in the film Ibu Ora Sare using Charles S. Peirce's semiotic analysis. The research findings reveal that single mothers defy the negative stereotypes imposed by society. In the film, Ibu Ora Sare, Gogon’s mother also juggles earning a livelihood, taking Gogon to school, and doing tasks which typically associated with fathers. Single mothers juggling multiple roles should not face unwarranted criticism as they adeptly fulfill their responsibilities—also, the role of the father is already replaced. The research findings provide insights into single mothers' dual responsibilities. Future studies are encouraged to explore deeper feminism's theoretical foundations in this context.
SIKAP MAHASISWA SURABAYA TERHADAP KONTEN TIKTOK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA Lesmana, Fanny; Laurencia, Valerie Audrey; Mamarimbing, Gabriella Valentina; Sukmarani, Reyna Arumanti
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12255

Abstract

Awal tahun 2024 merupakan masa pemilu bagi Indonesia sehingga memunculkan banyak upaya dari berbagai partai politik untuk melakukan komunikasi politik. Seiring berkembangnya bidang teknologi, media yang digunakan sebagai alat penyampai komunikasi politik juga semakin beragam, salah satunya media sosial. Pada tahun 2024, diprediksi 60% suara berasal dari pemilih muda. Berbagai partai politik dan tokoh politik berlomba dalam merancang komunikasi politik guna menjangkau pemilih muda. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan salah satu partai politik yang banyak mengunggah konten yang menarik perhatian pemilih muda, sehingga mengalami lonjakan pengikut dalam waktu yang singkat. Media sosial yang diteliti adalah TikTok, mengingat sebanyak 34,9% dari pengguna TikTok Indonesia berusia 18-24 tahun, yang mana usia ini didominasi oleh kalangan mahasiswa. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah mahasiswa tertinggi di Indonesia dan kota Surabaya sendiri merupakan kota dengan jumlah perguruan tertinggi di Jawa Timur. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa Surabaya terhadap konten TikTok Partai Solidaritas Indonesia. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus Organism Response (S-O-R) untuk dapat mengetahui sikap para responden terhadap konten TikTok PSI. Hasil dari penelitian ini diraih melalui metode kuantitatif deskriptif dan penyebaran survei kepada mahasiswa aktif Surabaya. Pemerolehan data juga menggunakan skala Likert untuk dapat menentukan hasil akhir dan jumlah sampling dari populasi diukur menggunakan rumus Slovin. Setelah menyebarkan survei kepada 100 responden, didapati bahwa sikap mahasiswa Surabaya terhadap konten TikTok PSI bersifat positif dalam tingkat kognitif, afektif, dan konatif.
PERAN DAN EKSISTENSI JURNALIS OLAHRAGA DI JAWA TENGAH DALAM MENYAJIKAN BERITA OLAHRAGA DI ERA DIGITAL Prakosa, Himawan; Nurrachmad, Limpad
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12581

Abstract

Bencana Covid-19 memaksa kegiatan dilakukan secara daring, yang mengakibatkan perubahan signifikan dalam bidang informasi dan komunikasi masyarakat. Di era digital, informasi dapat disampaikan secara real-time dan akurat. Organisasi media di Jawa Tengah berperan penting dalam menyampaikan berita dengan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan eksistensi jurnalis olahraga di Jawa Tengah dalam menyajikan berita olahraga di era digital.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi dengan validitas diperiksa melalui triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalis olahraga berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Mereka melakukan riset dan mencari referensi sebelum menerbitkan berita olahraga. Tantangan utama bagi mereka adalah kecepatan publikasi di era digital dan koneksi internet yang buruk.Jurnalis olahraga berperan sangat penting dalam menyajikan berita dengan selalu meneliti secara mendalam sebelum mencari berita dan keberadaan jurnalis olahraga dapat diketahui melalui hasil beritanya di media online, serta tantangan dan kendala seorang jurnalis olahraga di era digital adalah kecepatan pemberitaan dan koneksi internet yang tidak stabil pada saat publikasi berita. 
MEDIA POWER YOUTUBE DALAM MEMBENTUK TREND KESENIAN TARI SAMRAH WANDAN CULTURE Maryam, Zuhrotul; Prapta, Fico Indra; Br Siregar, Wahidah Zein
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12591

Abstract

Artikel ini betujuan menganalisis trend tari samrah modern Wandan Culture di YouTube. Tari samrah modern Wandan Culture dinilai unik karena merepresentasikan kesenian tari samrah khas Islam asal Timur Tengah yang dikolaborasikan dengan gerakan-gerakan pemuda suku Wandan. Channel YouTube Wandan Culture dipilih sebagai objek utama dalam penelitian ini, karena channel tersebut yang pertama kali mepelopori kegiatan tari samrah Wandan culture serta menggagaskan visi sebagai platform yang mengakomodir kreasi, seni, adat dan budaya suku Wandan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode konten analisis media. Penelitian ini fokus menganalisis tiga aspek, yakni; bagaimana nilai estetika tari samrah Wandan Culture dalam membentuk trend budaya kesenian Islam di YouTube, bagaimana YouTube dapat membentuk respon netizen terhadap kesenian Islam yang dipopulerkan oleh Wandan Culture, dan Apa faktor yang mendorong kepopuleran tari samrah Wandan Culture di YouTube.  Berdasarkan analisis tersebut penelitian ini menemukan beberapa kesimpulan. Pertama, YouTube memiliki fungsi untuk mempromosikan budaya Wandan. Dalam hal ini, YouTube memiliki fungsi yang sama dengan keinginan masyarakat Wandan untuk mempromosikan, mengekspos dan mempopulerkan budaya lokal Wandan. Kedua, YouTube berhasil membantu masyarakat Wandan untuk menarik respon netizen. Hal tersebut terbukti dari jumlah subscriber, penonton, dan komentar netizen. Ketiga, support penonton di media YouTube juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti sinergi nilai kesenian, islam, dan budaya lokal Wandan.
ANALISIS SENTIMEN DAN JARINGAN AKTOR TERHADAP KOMERSIALISASI TRAGEDI PADA VIDEO YOUTUBE TRAILER FILM VINA : SEBELUM TUJUH HARI Taufiqurrahman, Taufiqurrahman; Bakry, Gema Nusantara
Jurnal Komunikasi dan Media Vol 5, No 1: November 2024
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/jkm.v5i1.12029

Abstract

Penelitian ini menganalisis sentimen publik dan jaringan aktor terkait komersialisasi tragedi dalam trailer Film “Vina: Sebelum Tujuh Hari” yang diunggah di YouTube. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini memanfaatkan analisis teks komentar dan analisis sentimen untuk memahami reaksi masyarakat terhadap film tersebut. Analisis Jaringan Sosial (SNA) diterapkan untuk mengidentifikasi aktor kunci serta mengukur degree centrality, betweenness centrality, dan closeness centrality menggunakan aplikasi Netlytic.org dan labs.polsys.net, serta visualisasi melalui Gephi. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1.509 aktor dengan pada akun YouTube @alexisyoung656 sebagai node sentral yang memiliki degree 95. Selain itu, analisis sentimen mengindikasikan bahwa sentimen positif mendominasi komentar yang diberikan oleh penonton. Penelitian ini menekankan pentingnya menggabungkan SNA dan analisis sentimen untuk memperoleh wawasan yang komprehensif mengenai respons publik dan dinamika jaringan di platform media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi industri perfilman dalam menyampaikan pesan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih sensitif terhadap isu-isu sosial dan etis, serta meningkatkan hubungan dengan audiens.

Page 1 of 1 | Total Record : 6