cover
Contact Name
Fitriani
Contact Email
fitrianifitri240@gmail.com
Phone
+6285242096399
Journal Mail Official
jurnaltmiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jl Sultan Hasanuddin, Balangnipa, Sinjai Utara, Sulawesi Selatan
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Tadris Matematika (JTMT)
ISSN : 2745956X     EISSN : 27459551     DOI : https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2
Core Subject : Science, Education,
Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, eksperimental penelitian, penelitian tindakan kelas, dll.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021" : 5 Documents clear
Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Guided Note Taking pada Kelas III SD Eka Fitriana HS; Satriawati Satriawati; Muh. Reski Salemuddin; Perawati Bte Abustang
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i1.639

Abstract

This study aims to determine the increase in motivation to learn mathematics on the implementation of Guided Note Taking learning strategies in third grade students of SD Negeri Kassi Makassar City. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) which is recycled/cycled with a focus on the implementation of the Guided Note Taking strategy. And the subjects in this study were third grade students of SD Negeri Kassi Makassar City with a total of 29 students. Data collection techniques used are questionnaires, documentation, and observations regarding student learning activities during the learning process. The discussion of the results of the teacher activity research in the first cycle was in the sufficient category (C) while in the second cycle it increased to good (B). Likewise, the student activities in the first cycle were in the sufficient category (C) while in the second cycle increased to the good category (B). The results showed that in the first cycle the motivation to learn mathematics in the class was in the less category (K) and in the second cycle it increased and was in the good category (B). The conclusion of this study is that the application of Guided Note Taking learning strategies can increase the learning motivation of third grade students of SD Negeri Kassi Makassar City.
Profil Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal Ani Wardani; Prima Mytra; Fitriani Fitriani
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i1.641

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, baik siswa yang berkemampuan awal tinggi (KT), berkemampuan awal sedang (KS) dan siswa berkemampuan awal rendah (KR), Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 3 orang siswa masing-masing terdiri dari satu orang KT, satu orang KS dan satu orang KR. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa kelas VIII dengan kemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan masalah matema tika menunjukkan profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika melalui tahapan 1) memahami masalah, 2) Merencanakan, 3) melaksanakan rencana dan 4) memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan awal sedang dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika melalui tahapan 1) memahami masalah, 2) Merencanakan, dan 3) melaksanakan rencana, siswa berkemampuan awal sedang tidak menunjukkan profil berpikir reflektif dalam langkah memeriksa kembali. Sedang siswa dengan kemampuan awal rendah dalam menyelesaikan masalah matematika hanya menunjukkan karakeristik profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika dua langkah pemecahan masalah menurut Polya dalam masalah matematika melalui tahapan, yaitu langkah memahami masalah dan merencanakan.
Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Co Op Co Op dan Teams Games Tournament (TGT) Chairun Nisa; Fitri Amalia
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i1.642

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:1)Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Co Op Co Op dan kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) 2)Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Co Op Co Op dan kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) 3)Interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa kelas VII MTs Negeri Lubuk Pakam. Data dianalisis dengan Analisis Varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1)Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Co Op Co Op tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) 2)Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Co Op Co Op lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) 3) adanya interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci: berpikir kreatif, pemahaman konsep matematika, strategi kooperatif tipe Co Op Co Op, strategi kooperatif tipe TGT Abstract The purpose of this study is to find out: 1)Creative thinking ability of students who are taught with Co op Co op type cooperative learning strategy and team game tournament type cooperative (TGT) 2)Ability to understand the mathematical concept of students taught with Co op Co op type cooperative learning strategy and cooperative type Team Game Tournament (TGT) 3)Interaction between learning strategy and student math ability. This research is quantitative research with quasi-experimental type. The sample of this study was 60 students of grade VII MTs Lubuk Pakam. The data is analyzed with Variant Analysis (ANAVA). The findings show that: 1)The creative thinking ability of students taught with Co Op Co Op type cooperative learning strategy is no better than students taught with Team Game Tournament (TGT) type cooperative learning strategy 2) The ability to understand the mathematical concepts of students who are taught with Co op Co op type cooperative learning strategies is better than students who are taught with team game tournament (TGT) type cooperative learning strategy 3) there is a significant interaction between learning strategy with creative thinking ability and student math concept understanding ability. Keywords: creative thinking, understanding mathematical concepts, Co op Co op type cooperative strategy, TGT type cooperative strategy
Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Aktivitas Belajar Sebagai Variabel Intervening Rina; Herna; Nur Fahri Tadjuddin
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i1.648

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas (causal comparative research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu Kabupaten Polewali Mandar melalui aktivitas belajar (aktivitas belajar sebagai variabel intervening). Hal ini dikarenakan minat belajar, aktivitas belajar, serta hasil belajar adalah tiga hal krusial dalam pembelajaran matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas dengan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket minat belajar, angket aktivitas belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial yang meliputi uji t, koefisien determinasi (nilai R2), serta analisis jalur dengan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu.
Perbandingan Antara Pendekatan Problem Posing Dan Pendekatan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Nurjannah Nurjannah; Fitriani Fitriani
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i1.652

Abstract

The purpose of this study was to obtain information that learning achievement with a problem-posing approach is better than learning achievement with an expository approach. This research was comparative experimental research. The population in this study were all eighth-grade students at SMP Negeri 2 Kahu. The samples, namely Class VIIIA and VIIIC, were randomly selected from 5 existing classes as the experimental class and the control class. Data were collected by giving a learning achievement test (post-test) to determine the level of student achievement. The data analysis technique was carried out using descriptive statistics and inferential statistics. The results of the descriptive analysis showed that the average score of students in the experimental class was 78.18 with a standard deviation of 13.67, while the average score of students in the control class was 66.19 with a standard deviation of 11.90. The results of inferential statistical data analysis using t-test obtained a p-value of 0.001 < 0.05, so it can be concluded that students' mathematics learning achievement with the problem-posing approach is higher than student achievement with the expository approach.

Page 1 of 1 | Total Record : 5