cover
Contact Name
Gatut Setiadi
Contact Email
iaiskjmalang.jurnal@gmail.com
Phone
+6281232252015
Journal Mail Official
iaiskjmalang.jurnal@gmail.com
Editorial Address
INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN KALIJOGO MALANG Jl. Keramat Desa Sukolilo Kec. Jabung Kab. Malang Kode Pos 65155 Website : www.iaiskjmalang.ac.id, Email : iaiskjmalang@gmail.com » Tel / fax : (0341) 792669 /
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : 27157725     EISSN : 27219496     DOI : https://doi.org/10.51339/iqtis
Core Subject : Economy,
Jurnal aL-IQTISHOD terbit tahun 2018, setiap enam bulan sekali bulan Desember dan Juni, merupakan jurnal Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup ekonomi syariah, keuangan syariah dan perbankan syariah, bahkan isu-isu ekonomi global yang berlandaskan Islam, yang meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan ulasan) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi syariah sebagai berikut: 1. Ekonomi Islam 2. Keuangan Publik Islam 3. Keuangan islam 4. Akuntansi Syariah 5. Etika Bisnis Islam 6. Asuransi Syariah 7. Perencanaan Keuangan Islam 8. Sumber Daya Insani 9. Pasar Modal Syariah 10. Keuangan Mikro Syariah
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah" : 5 Documents clear
Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Zakat Produktif Laily Maghfiroh; Lailatul Istiqomah
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.203 KB)

Abstract

Zakat yang diberikan kepada mustahiq diharapkan mampu berperan sebagai pendukung peningkatan ekonomi mereka apabila, dikonsumsikan pada kegiatan produktif. Pengembangan zakat bersifat produktif dengan cara dijadikannya dana zakat sebagai modal usaha, untuk pemberdayaan ekonomi penerimanya, dan supaya fakir miskin mempunyai penghasilan yang tetap, meningkatkan usaha dan dapat mengembangkan usaha agar dapat disisihkan untuk menabung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pelaksanaan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Sragen dan untuk mengetahui perbedaan antara pendapatan mustahiq sebelum dan setelah mendapatkan bantuan zakat produktif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada pendekatan kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi pada BAZNAS Kabupaten Sragen. Sedangkan, pendekatan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 17 berupa analisis Uji Beda Dua Rata-Rata untuk mengetahui perbedaan pendapatan mustahiq sebelum dan setelah didistribusikan zakat produktif. Dan hasil dari penelitian ini adalah BAZNAS Kabupaten Sragen dari hasil uji beda dua rata rata, diperoleh nilai rata-rata pendapatan sebelum mendapat zakat produktif adalah Rp 1.050.00,00 dan rata-rata setelah mendapatkan zakat Produktif adalah Rp 1.380.000,00 dengan selisih Rp 330.000,00 atau meningkat bekisar 32.4% dan didapatkan nilai signifikansi dua sisi (2-tailed) adalah 0.010 < 0.05, maka HO ditolak, yang artinya pendapatan mustahiq sebelum dan sesudah adalah berbeda.
Analisis Implementasi Lembaga Keuangan Syari’ah dalam Suatu Institusi sebagai Media Pembelajaran Prilaku Ekonomi Islam yang Efektif Mohammad Yasin; Mohammad Yusuf Wijaya
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.71 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor produk, pelayanan, proses serta system sebagai ukuran implementasi lembaga keuangan syariah. Dalam penelitian yang diadakakan di Pusat Pendanaan Syari’ah (PPS) Universitas Islam malang (UNISMA), penulis menemukan ada pengaruh yang signifikan terhadap perilaku ekonomi islam yang ada pada institusi pendidikan tersebut. Penelitian ini Menggunakan 40 sampel dari nasabah pusat pendanaan syariah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan antara variabel produk, pelayanan, proses dan system berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi sebagai media pembelajaran. Dan secara parsial variabel produk dan variabel pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi islam, sedangkan proses dan system berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi islam.
Service Marketing Mix dan Relationship Markteing sebagai Pendekatan dalam Menentukan Loyalitas Nasabah Penabung Bank Syariah Rudhy Dwi Chrysnaputra; Sri Mulyani
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.644 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis loyalitas nasabah penabung bank syariah umum BUMN di Kota Malang dengan pendekatan marketing mix dan trust. Populasi penelitian ini sejumalah 576 nasabah penabung Bank Syariah Umum BUMN di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pengambilan sample dilakukan melalui teknik insidental sampling yaitu membagi kuesioner kepada responden yang kebetulan ditemui pada saat melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan alat analisis Statistik Deskriptif dengan Uji Realibitas dan Uji Validitas menggunakan alat bantu computer yaitu SPSS for Windows 21. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Service Marketing Mix terbukti menentukan Loyalitas nasabah penabung Bank Syariah Umum BUMN di kota Malang.
Jodipan sebagai Implementasi Desa Wisata Madani Harun Al Rasyid; Ahsani Taqwiem
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.914 KB)

Abstract

Nowadays, halal tourism with economic community empowerment being goverment concentration in advancing the economy in Indonesia. Asset based community development is one of the method approach on empowering the economic community. Then, village assets such as nature, humans, and other resources become a potential empowerment and welfare of the village community. Jodipan as one of the tourism village destination has the both element : residents and village officials participated in the development and empowerment of the village community, is in line with Islamic principles, namely maqashid Syari’ah. This study exerts a qualitative approach with case study on Jodipan tourism village. Data from this study were obtained by conducting observations, interviews, and documentation. While the data were analyzed by triangulation method to determine the validity of the data obtained. Through this research, it was found that halal tourism development in Jodipan village has a great strategy to build the village, as like the role of government of keeping al-Dharuriyat, industry sector which can be material, financial, or empowerment training and private industry as for keeping al-Hajjiyat, and maintaining tahsiniyat by using mass media to support promotional activities.
Pengaruh Pembiayaan, Non Performing Financing (NPF), Capital Adequecy Ratio (CAR), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas Bank Syariah Mochamad Mukhlis
Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2 (2019): Al-Iqtisod: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.952 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kebijakan dividen terhadap kualitas laba yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) tahun 2014-2015. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive judgement sampling. Dari populasi sebanyak 139 perusahaan manufaktur diperoleh 15 perusahaan manufaktur sebagai sampel dengan metode pengamatan selama 2 tahun (2014-2015). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap kualitaslaba baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel kebijakan dividen memiliki pengaruh paling dominan terhadap kualitas laba.

Page 1 of 1 | Total Record : 5