cover
Contact Name
Hasby
Contact Email
hasby@unsam.ac.id
Phone
+6285261759275
Journal Mail Official
pend_kimia_fkip@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Langsa City, Aceh 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2721902X     EISSN : 27219038     DOI : https://doi.org/10.33059/katalis.v4i1.3106
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember dengan isi sebanyak 6 artikel/volume atau 12 artikel/nomor terbit. Jurnal Katalis dirancang sebagai bentuk komitmen Program Studi Pendidikan Kimia dalam upaya memfasilitasi para peneliti, dosen, mahasiswa dan guru agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara daring dan cetak. Fokus kajian: 1. Pendidikan Kimia 2. Penelitian Kimia (kimia organik, biokimia, kimia anorganik, kimia fisik, kimia analitik, kimia lingkungan, dan kimia bahan alam) 3. Komputasi kimia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia" : 6 Documents clear
Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Manyak Payed pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Unsur Nila Diana
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan Sifat-sifat Unsur bagi siswa kelas XII IPA 4 pada SMA Negeri 1 Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 4 pada SMA Negeri 1 Manyak Payed yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II, dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Sifat-sifat Unsur. Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan sifat-sifat unsur bagi siswa kelas XII IPA 4 semester 1 SMA Negeri 1 Manyak Payed.. Hasil penerapan model pada akhir siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa (41,4%), sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa (82,8%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa (17,2%). Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung, hal ini tampak pada banyaknya siswa yang aktif pada setiap akhir siklusnya. Pada akhir pertemuan siklus I hanya 15 siswa (52 %) yang aktif dalam diskusi kelompoknya maka pada akhir pertemuan kedua siklus II jumlah siswa yang aktif dalam diskusi kelompoknya menjadi 25 siswa (86 %).
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Materi Termokimia Israyati Israyati
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dapat ditingkatkan melalaui perapan strategi pembelajaran kooperatif pada materi termokimia bagi siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasidengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada materi senyawa termokimia Pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan hanya ada 9 siswa (25,7 %) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa (74,3 %) dan pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45,7 %), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa (54,3 %), sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (65,7 %), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa (34,3 %). Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 52,3 sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 55,7 dan nilai rata- rata kelas pada siklus II ini adalah 66,9. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung . Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya pada materi termokimia bagi siswa kelas XI IA.2 semester 1 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2010/2011.
Uji Aktivitas Antidiabetes Ekstrak Etanol pada Tanaman Pegagan (Centella Asiatica (L) Urban) Ulfi Maulida; Jofrishal Jofrishal; Mauliza Mauliza
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis metabolit sekunder dan aktivitas antidiabetes dari tanaman pegagan (Centella asiatica (L.) Urban). Ekstrak pegagan kental diperoleh dengan cara evaporasi menggunakan rotary evaporator. Hewan uji yang digunakan adalah mencit (Mus musculus) jantan yang diinduksi EDTA + glukosa 10%. Pengukuran kadar glukosa darah pada mencit menggunakan glukometer. Mencit dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan secara acak dengan pengobatan yang berbeda. Kelompok 1, 2, 3 dan 4 masing-masing kelompok diberi ekstrak tanaman pegagan dengan konsentrasi 10; 20; 30; dan 40% (b/v) dalam pelarut aquades, sementara kelompok 5 diberi suspensi glibenklamid sebagai kontrol positif dan kelompok 6 diberi Na-CMC sebagai kontrol negatif. Analisis data menggunakan uji statistik Anova dan Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman pegagan mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, alkaloid dan tanin. Uji Anova antar keenam perlakuan menunjukkan nilai signifikan 0,008 < 0,05, yang artinya terdapat suatu penurunan kadar glukosa darah yang bervariasi dari keenam perlakuan. Nilai rata-rata tertinggi sebesar 156,33 diperoleh dari hasil uji Duncan pada perlakuan dengan konsentrasi 40% yang paling efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak tanaman pegagan mempunyai aktivitas dalam menurunkan kadar glukosa darah.
Ekstrak Etanol Kulit Buah Naga Super Merah (Hylocereus costaricensis) sebagai Anti Oksidan dengan Menggunakan Metode DPPH Devi Haveni; Mastura Mastura; Ratih Permana Sari
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder di dalam ekstrak etanol kulit buah naga super merah dan mengetahui aktivitas ekstrak etanol kulit buah naga super merah sebagai antioksidan dengan menggunakan metode DPPH. Ekstrak etanol diperoleh melalui metode maserasi. Pengujian antioksidan dilakukan dengan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil). Ekstrak etanol kulit buah naga super merah memiliki kandungan metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, saponin, triterpenoid dan fenol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peredaman optimum sebesar 97,84% dengan nilai IC50 74,5742 mg/L dan jenis antosianin yang terkandung dalam ekstrak etanol kulit buah naga super merah adalah sianidin dengan membentuk puncak maksimum pada panjang gelombang 547 nm. Berdasarkan penelitian ini, ekstrak etanol kulit buah naga super merah memiliki potensi sebagai antioksidan.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Manyak Payed dengan Menggunakan Pendekatan NHT pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia Reni Vinolia
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Manyak Payed dengan menggunakan pendekatan NHT pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang pada siswa kelas X IPA 1 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Penguasan materi suatu pelajaran dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa dalam setiap siklus pelajaran yang terjadi. Jika dari siklus I ke siklus II dan seterusnya mengalami perubahan hasil belajar yang meningkat pada setiap siklusnya maka upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa berhasil dilakukan. Berdasarkan analisis data yang didapat dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I rata-ratanya 6,5 dan pada siklus II 7,3, terjadi kenaikan 0,8 atau 12,3 %. Respon siswa SMA Negeri 1 Manyak Payed terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan NHT sangat positif, hal ini dikarenakan hampir semua siswa bertanggung jawab pada kelompoknya masing-masing.
Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Juniwati Juniwati; Ratih Permana Sari
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa SMP Negeri 1 Kota Langsa. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi experimental, bentuk non equivalent control group design, pengumpulan data melaluisoal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik didapat thitung > ttabel yaitu 2,80 >1,70. Hasil N-Gain kategori tinggi mencapai 95% untuk kelas eksperimen dan 25% untuk kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model CTL dalam pembelajaran IPA materi asam basa terhadap berpikir kritis peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6