cover
Contact Name
I Gusti Made Dharma Hartawan
Contact Email
arthasatyadharma@gmail.com
Phone
+62
Journal Mail Official
arthasatyadharma@gmail.com
Editorial Address
Jalan Yudistira Selatan No. 11 Singaraja, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. 81112
Location
Kab. buleleng,
Bali
INDONESIA
Jurnal Artha Satya Dharma
ISSN : 08538565     EISSN : 27761908     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Artha Satya Dharma merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi manajemen dan diterbikan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Satya Dharma. Artha Satya Dharma diteribitkan pertama kali pada tahun 2007. Artha Satya Dharma diteribitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Maret dan Desember. Artha Satya Dharma menerima tulisan tenatng hasil studi di bidang, ekonomi, manajemen, akuntansi, bisnis dan kewirausahaan.
Articles 210 Documents
PENGARUH POSITIONING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BANYUATIS STUDI PADA (KONSUMEN KOPI BANYUATIS DI BULELENG I Gusti Made Oka Astana; Kadek Putra Awatara
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhPengaruh Positioning dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Banyuatis Studi Pada (Konsumen Kopi banyuatis Di Buleleng). Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dengan berupa alat ukur skala likert, dimana dipilih sebagai responden adalah Konsumen Kopi Banyuatis sebanyak 95 orang yang. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Regresi Linier Berganda , yang terkenal disebut SPSS StatistikAdapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Positioning, Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Positioning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil (5,928) dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (1.661). Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan Signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil t-hitung (4.179) lebih besar dari t-tabel (1.661)
LOYALITAS PELANGGAN MELALUI EXPERIENTIAL MARKETING PADA ROXY SALON DAN SPA Ni Luh Nurkariani; Ni Komang Purnama Sari
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek toko atau pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang., lebih mudah berkembang dan sukses jika perusahaan dapat menjadikan pelanggan menjadi setia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sense, Feel, Think, Act, Relate Terhadap Loyalitas PelangganPada Roxy Salon dan Spa Di Singaraja. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji determinasi, Uji F-Test dan uji Hipotesis dengan T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri atas Sense, Feel, Think, Act, Relateberpengaruh positif dan signifikan terhadapLoyalitas Pelanggan Pada Roxy Salon dan Spa Di Singaraja. Hasil ini dibuktikan dengan pengujian Hipotesis dengan T-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung> t-tabel dan hasil uji model dengan F-Test yang menunjukkan bahwa F-hitung> F-tabel. Hasil inimemberikan arti bahwa dalam menciptakan Loyalitas Pelanggan maka Roxy Salon dan Spa harus memperhatikan strategi yang digunakan salah satunya adalah Experiential Marketing.
NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA ELEKTRONIK BANKING PADA PT BNI (PERSERO) TBK. CABANG KARANGASEM I Ketut Suardka
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan adanya beberapa kasus kecurangan di media electronic banking mengakibatkan menurunnya Kepercayaan (trust) nasabah dalam penggunaan electronic banking BNI. Hal ini memberi dampak kepada bank yaitu akan berakibat membesarnya biaya operasional untuk memperbanyak fasilitas yang bersifat tradisional dan pembuangan biaya untuk investasi sistem Electronic banking yang pada akhirnya tidak digunakan. Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah di atas maka tampak adanya fenomena yang terjadi yaitu nilai pelanggan dan kulitas sistem memiliki andil dalam membentuk Kepercayaan (trust) penggunaan electronic banking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan (customer value) dan kualitas sistem terhadap kepercayaan (trust) penggunaan Electronik Banking pada PT. BNI Tbk. Cabang Karangasem. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji hipotesis dengan uji T-Test dan Uji F-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap kepercayaan di PT BNI (Persero) Tbk. Cabang Karangasem yang menunjukkan hubungan yang lurus dan kuat antara nilai pelanggan dengan kepercayaan, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga hipotesis diterima yakni “Semakin baik nilai pelanggan nasabah maka semakin tinggi Kepercayaan Pengguna Elektronik Banking pada PT BNI (Persero) Tbk. Cabang Karangasem”. Kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepercayaan di PT BNI (Persero) Tbk. Cabang Karangasem yang menunjukkan hubungan yang lurus dan sangat kuat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga hipotesis diterima yakni ”Semakin baik kualitas sistem maka semakin tinggi kepercayaan pengguna Elektronik Banking pada PT BNI (Persero) Tbk. Cabang Karangasem”.
ANALISIS RASIONPL, LDR , ROA DAN DAMPAKNYA MANAJEMEN LABA PADA PT BPR KANAYA SINGARAJA Ni Nyoman Juli Nuryani
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) serta dampaknya terhadap Manajemen Laba studi kasus di PT BPR Kanaya Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif berupa data laporan keuangan selama 5 tahun dari tahun 2013 - 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi sehingga didapat jumlah sempel selama 5 tahun yaitu 60 sempel perbulannya. Analisis data menggunakan path analisis dengan bantuan program SPSS version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) NPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Ditunjukkan dari koefesien regresi bernilai positif sebesar 0,489 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,011 lebih kecil dari α = 0,05. 2) LDR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Ditunjukkan dari koefesien regresi yang bernilai negatif sebesar – 0,089 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. 3) ROA berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Manajemen laba. Ditunjukkan dari koefesien regresi bernilai positif sebesar 0,106 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,280 lebih besar dari α = 0,05. 4) NPL berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Manajemen laba, Ditunjukkan dari koefesien regresi bernilai positif sebesar 0,048 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,743 lebih besar dari α = 0,05.5) LDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Manajemen laba. Ditunjukkan dari koefesien regresi bernilai positif sebesar 0,003 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,843 lebih besar dari α = 0,05.
PERAN INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI KINERJA PEMASARAN PADA UKM DI DESA NAGASEPAHA Ni Made Devira Satyawati
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanaPeran Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Keuunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran Pada UKM Di Desa Nagasepaha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis variance atau component based SEM, yang terkenal disebut Partial Least Square (PLS) Visual version 3.0. , diamana yang dipilih sebagai responden adalah seluruh pelaku usaha pada UKM di Desa Nagasepaha sebanyak 80 orang dengan nilai t-tabel untuk tingkat signifikan α = 0,05 dan degree of freedom (df) = 60 adalah 1,671. Semua hubungan yang diteliti dalam penelitian ini rata – rata menunjukan hasil yang signifikan terkait keberadaan Peran Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Keuunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran yaitu pengaruh Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran, pengaruh Kinerja Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran dan pengaruh Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan masing – masing dengan nilai t-statistik > dari t-tabel (3,709 > 1,671), (3,895 > 1,671), (2,208 > 1,671), (4,530 > 1,671), (2,361> 1,671). Untuk itu dalam realisasinya, UKM Nagasepaha yaitu dengan cara meningkatkan kinerja perusahaan seperti meningkatkan inovasi produk dan menargetkan orientasi pasar yang baik sehingga tujuan untuk mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan melalui kinerja pemasaran akan tercapai karena dapat dilihat dari hasil indirect effect menyatakan bahwa kinerja pemasaran belum dapat memediasi kineja perusahaan dengan baik, sehingga kinerja perusahaan perlu ditingkatkan terlebih dahulu.
PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOLISTIC DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN DI USAHA MAS DEKORASI Nyoman Selly Tri Astuti
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apa saja strategi-strategi yang tepat digunakan oleh usaha Mas Dekorasi dalam peningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tenik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan pengisian kuesioner yang dilakukan dengan pemilik serta pengguna jasa di usaha Mas Dekorasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah matriks SWOT dan QSPM. Pada matriks SWOT akan ditentukan kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh usaha Mas Dekorasi dan kemudian penentuan strategi IE dengan cara memberikan bobot serta rating. Pada tahap selanjutnya yaitu adalah matriks QSPM yang digunakan untuk mengevaluasi serta memilih strategi yang paling tepat digunakan oleh usaha Mas Dekorasi berdasarkan strategi-strategi yang sudah didapatkan sebelumnya. Dalam memperoleh Total Attractive Score (TAS), informan harus memberikan penilaian terhadap key factors yang ada pada strategi-strategi terpilih sebelumnya. Berdasarkan hasil dari matriks SWOT dan QSPM ini, strategi yang tepat digunakan oleh Mas Dekorasi yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan, memberikan kualitas jasa yang baik dan memberikan harga yang tejangkau yang merupakan bagian dari strategi SO dan berkaitan langsung dengan strategi Intensif yaitu strategi pengembangan produk jasa sehingga diharapkan dapat keningkatkan kinerja pemasaran usaha Mas Dekorasi.
MEMBANGUN JIWA ENTRPRENEURSHIP DI KALANGAN MAHASISWA Riana Dewi Kartika
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada akhir decade ini semakin banyak mahasiswa muda yang memiliki usaha sendiri. Mereka didukung oleh kemajuan tekhnologi dan kemudahan mendapat informasi. Sudah banyak mahasiswa yang berhasil menjalankan usahanya dengan baik. Salah satu faktor untuk membangun jiwa entrepreneurship para mahasiswa ditinjau dari latar belakang dan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan enam narasumber mahasiswa yang masih aktif berkuliah dan memiliki serta mengelola usaha di Singaraja. Penelitian fokus pada latar belakang mahasiswa berwirausaha ditinjau dari Lingkungan keluarga, Pendidikan dan Organisasi. Karakter yang dimiliki oleh mahasiswa yang terkait dengan kewirausahaan juga turut didalami. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa wirausahawan memilij untuk berwirausaha karena pengaruh lingkungan eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan, etnis, organisasi dan sejarah kerja memiliki peran dalam mendorong intensi berwirausaha mahasiswa sedangkan faktor internal seperti karakter. Mahasiswa wirausahawan memiliki karakter yang inovatif, percaya diri, terbua dengan hal baru, berani mengambil resiko, suka berencana dan pantang menyerah.
ANALISIS POSITIONING DARI PERSEPSI KONSUMEN TRANSPORTASI ONLINE (GRAB) I Made Sukadana; Komang Gita Krishna Murti
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini internet telah merubah banyak hal menganai selera konsumen, termasuk dengan pemakaian transportasi dikalangan masyarakat. Konsumen saat ini menginginkan segala sesuatu nya dengan cepat dan terjangkau, disinilah grab berdiri dan bertumbuh sangat cepat karena dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Positioning dari transportasi online yang ditawarkan oleh grab berdasarkan persepsi konsumen di kota Singaraja. Dalam penelitian ini pendektakan yang digunakan melalui metode kualitatif, yaitu berupa wawancara langsung kepada pengelola grab, mitra grab beserrta konsumen grab yang ada di kota Singaraja. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan variabel Positioning yang memiliki indikator Nilai, Keunikan, Kredibilitas, Berkelanjutan serta Kesesuaian dilihat dari persepsi konsumen yang ada di kota Singaraja. Hasil penelitian ini menunjukan adanya persepsi yang positif terhadap positioning yang dilakukan oleh grab, ini dikarenakan Kesesuaian Positioning yang di lakukan oleh grab menurut konsumen sama dengan apa yang mereka rasakan dan dapatkan ketika menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan oleh grab dengan positioning yang dirancang oleh grab.
ANALISIS KINERJA LPD TANGGUWISIA ( Suatu Kajian Aspek Keuangan dan Non Keuangan ) I Dewa Made Joni
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja LPD Tangguwisia dikaji dari aspek keuangan dan non keuangan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa laporan keuangan LPD dan kuesioner terhadap responden nasabah dengan sampel sebanyak 89 orang, dan karyawan dengan sampel 14 orang. Penentuan sampel menggunakan Teknik slovin. Aspek yang dinilai dalam Analisis kinerja adalah keuangan dengan current ratio, debt to asset ratio, ROA, ROE, non keuangan dengan perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek keuangan, current ratio dihasilkan rata-rata sebesar 119,85% dengan kriteria kurang baik, kemudian debt to asset ratio memiliki rata-rata sebesar 127,57% dengan kriteria baik, selanjutnya untuk ROA memiliki rata-rata sebesar 5,61% dengan kriteria cukup baik, dan ROE memiliki rata-rata sebesar 25,83% dengan kriteria sangat baik, kemudian dari perspektif Nasabah berada pada kategori cukup puas (-0,36), kemudian dilihat dari perspektif bisnis internal yang diukur dengan AETR berada pada kategori baik (5,90%), dan dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang diukur dengan kepuasan karyawan berada pada kategori puas (-0,15). Secara keseluruhan dari aspek yang dikaji menunjukan kinerja LPD Tangguwisia berada pada katagori cukup baik, berdasarkan hasil rating scale sebesar 0,43 terletak diantara 0-0,50.
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA (STUDI PADA KARYAWAN DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN BULELENG) I Putu Agus Adnyana
ARTHA SATYA DHARMA Vol 12 No 2 (2019): Jurnal Artha Satya Dharma
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh dari Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja karyawan Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Buleleng. GCG diukur dari segi keadilan, transparansi, akuntabilitas dan tanggung jawab. Lima hipotesis diformulasikan terkait dengan tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, dari 64 kuesioner yang dibagikan, 64 kuesioner dikembalikan dengan tingkat tanggapan 100%. Untuk menguji hipotesis, analisis regresi dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 17.00. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik regresi. Penelitian ini menunjukkan bahwa GCG (yaitu fairness, transparancy, accountability dan responsibility) memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 21 | Total Record : 210