cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Teknologi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas dikalangan praktisi dan akademisi di Indonesia sebagai 'The Indonesian Journal for the Science of Management' yang mencakup bidang-bidang antara lain: Knowledge and People Management, Operations and Performance Management, Business Risk, Finance and Accounting, Entrepreneurship, Strategic Business and Marketing and Decision Making and Strategic Negotiation. Jurnal Manajemen Teknologi ( ManTek ) sudah terakreditasi "B" berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 81/DIKTI/Kep/2011. Masa Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal ditetapkan. Dan terindeks oleh Indonesian Publication Index (IPI), Google Schoolar. Print ISSN: 1412-1700; Online ISSN: 2089-7928
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 2007" : 6 Documents clear
Manajemen Risiko Pada Pemasaran Kartu Seluler Wiryono, Sudarso Kaderi; Aminah, ,; Windya Giri, Refi Rifaldi
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13824.08 KB)

Abstract

Indosat merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa layanan telekomunikasi, dengan tiga bidang usaha yaitu Cellular, Fixed Telecom dan MIDI. Diantara ketiganya, bidang bisnis Celullar memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan Indosat secara keseluruhan. Diantara produk selularnya, Mentari merupakan salah satu produk utama yang terus dikembangkan oleh Indosat. Dinamisnya industri selular serta meningkatnya persaingan menimbulkan risiko-risiko dalam pemasaran Mentari, yang dapat menghambat tujuan perusahaan. Tingginya tingkat peralihan jumlah pelanggan (churn rates) di Bandung Raya menunjukkan rendahnya tingkat loyalitas pelanggan Mentari. Hal tersebut merupakan salah satu risiko pemasaran yang sedang dihadapi oleh Indosat saat ini. Manajemen risiko perusahaan merupakan suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi risiko-risiko tersebut. Manajemen risiko perusahaan merupakan suatu siklus yang dimulai dari proses identifikasi, pengukuran risiko, penanganan risiko sampai dengan proses pengawasan yang kemudian kembali pada proses identifikasi selanjutnya. Risiko pemasaran yang berkaitan dengan tingkat peralihan jumlah pelanggan (churn rates), citra Mentari dan loyalitas pelanggan selular di Indonesia (khususnya pada daerah Bandung, Yogyakarta, Batam dan Pakanbaru), diidentifikasi dan dinilai dari persepsi pelanggan melalui penyebaran kuesioner. Analisis faktor dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi pelanggan dalam melakukan peralihan dari kartu Mentari, serta faktor-faktor utama pembentuk citra Mentari. Analisis faktor juga digunakan untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan kartu selular dan analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pelanggan dan Switching Barrier terhadap loyalitas pelanggan. Penilaian risiko-risiko tersebut kemudian dipetakan dalam matriks probabilitas dan dampak, untuk menentukan risiko-risiko utama pemasaran Mentari. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa faktor utama yang menjadi alasan pelanggan Mentari di Bandung Raya dalam melakukan peralihan adalah struktur tarif (pricing structures), sedangkan faktor utama yang mempengaruhi citra Mentari adalah layanan bernilai tambah (value-added services) . Faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan kartu selular di Bandung Raya pun adalah layanan bernilai tambah (value-added services). Kepuasan pelanggan dan switching barrier memiliki keterkaitan yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu selular di Bandung, Yogyakarta, Batam dan Pakanbaru. Matriks probabilitas dan dampak menunjukkan risiko utama dalam pemasaran kartu Mentari di Bandung Raya adalah risiko strategi akuisisi, risiko strategi retensi, risiko penentuan segmen,target dan posisi, risiko struktur tarif, risiko kualitas layanan, risiko pindahnya pelanggan lama dan risiko persaingan merupakan risiko utama dalam pemasaran Mentari. Peninjauan kembali segmen, target dan posisi Mentari, peningkatan kualitas layanan melalui perbaikan infrastruktur, serta penentuan struktur tarif berdasarkan pasar dan penguatan citra melalui asosiasi merek, merupakan usulan-usulan yang diharapkan dapat mengurangi dampak dan peluang terjadinya risiko-risiko utama dalam pemasaran kartu Mentari di Bandung, Yogyakarta, Batam dan Pakanbaru. Keywords: manajemen risiko, identifikasi risiko, pengukuran risiko, risiko pasar, churn-rate, loyalitas pelanggan
Hubungan Amalan Pergudangan Dengan Prestasi Organisasi Pergudangan : Pengenalan Kepada Kerangka Konsep Ramli, Azahari; Yusof, Rushaimi Zein; Mohtar, Shahimi
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.616 KB)

Abstract

Pengurus pergudangan meletakkan harapan besar ke atas amalan-amalan yang diamalkan supaya ia dapat menghasilkan prestasi organisasi yang membanggakan. Kajian mengenai amalan pergudangan dan hubungannya dengan prestasi organisasi kurang diberikan tumpuan padahal permintaan ke atas sektor pergudangan adalah kedua tertinggi selepas pengangkutan dalam industri 3PLs. Oleh itu, kerangka konsep yang diperkenalkan ini sedikit sebanyak dapat membantu memperbanyakkan kajian dalam sektor pergudangan.Dengan menjadikan teori RBV sebagai asas untuk kepada pembangunan kerangka konsep mengenai hubungan amalan pergudangan dengan prestasi organisasi pergudangan amat bertepatan sekali kerana teori tersebut menyokong konsep hubungan sumber-sumber organisasi dengan prestasi. Sumber-sumber organisasi seperti sumber manusia, teknologi maklumat, material pengendalian dan jaringan telah dicadangkan dalam kerangka konsep untuk diuji bagi melihat hubungannya dengan prestasi organisasi. Kerangka konsep ini amat sesuai untuk diuji ke atas syarikat yang menjadikan perkhidmatan pergudangan sebagai teras perniagaan mereka.disebabkan survival perniagaan syarikat ini amat bergantung kepada amalan dan prestasi. Kata kunci: Logistik, Pengurusan Rantaian Pembekalan Pengurusan Pergudangan, Strategi Operasi
A Taxonomy of Supply Chain Collaboration Simatupang, Togar Mangihut
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.114 KB)

Abstract

Supply chain collaboration has emerged as an important cooperative strategy leading to new focus on interorganisational boundaries as the determinants of performance. Although collaboration increasingly receives great attention both from practitioners and academics, relatively little attention has been given to systematically reviewing the research literature that has appeared about supply chain collaboration. The purpose of this paper is to examine previous studies on supply chain collaboration based on a taxonomy. The proposed taxonomy is composed of four different research streams of describing specific subjects of interorganisational settings, namely information sharing, business processes, incentive schemes, and performance systems. The analysis includes the assessment of research ideas and key findings. Results show the great variability of key concepts across the four components of the taxonomy and an increased awareness of complementarity amongst research streams. Several recommendations for future research are also identified in this paper. Keywords: supply chain collaboration, literature review, supply chain management, taxonomy
Proses Pembentukan Kepercayaan Konsumen : Studi Kasus pada Sebuah Usaha Kecil Menengah Percetakan Digital di Bandung. Nasution, Reza Ashari; Widjajanto, Angela Saskia
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.913 KB)

Abstract

Kepercayaan atau trust merupakan faktor utama yang menentukan terjadinya loyalitas antara penyedia jasa dan penggunanya. Oleh karena itu, proses pembentukan kepercayaan pada diri konsumen (consumer trust) menjadi topik riset yang penting di dalam literatur. Di dalam paper ini dilakukan studi mengenai proses terjadinya kepercayaan pada sebuah usaha kecil dan menengah di Bandung yang bergerak di bidang penyediaan jasa percetakan digital. Studi mengenai hal ini menjadi sangat penting dalam konteks usaha kecil dan menengah karena peranan kepercayaan yang sangat dominan dalam proses bisnis mereka. Kata kunci: kepercayaan konsumen, usaha kecil dan menengah
A Systematic Approach to Strategy Formulation for Medium-Sized Shipyards Ma'ruf, Buana
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.87 KB)

Abstract

A more comprehensive strategy formulation has an important role for sustainable competitive advantage of the shipbuilding companies in the global market. The nature of shipbuilding industry differs from general industry, therefore a strategy formulation model should be developed based on its own characteristics and business environment. This paper presents a proposed strategy formulation model for medium-sized shipyards both in business and corporate levels. A new approach was developed based on comprehensive business environment analysis, using questionnaires to the industry's stakeholders and multivariate analysis 'Factor Analysis.' From the analysis, two business environmental models are made, and combined into corporate model called 'Ten-boundary environment model.' These models are used to develop Shipyard Matrix, then integrated into a shipyard strategy formulation model, called 'YARDSTRAT,' using the David's strategy formulation framework. Real case application and discussion have been carried out in two national shipyards. The proposed model and the results were compared to their existing formulation model for model evaluation and validation, using 12 evaluation criteria. The results show that, the average value of each criteria of the proposed model is much higher than the average value of the existing model (SWOT analysis). Key words: shipyard, environment model, strategy formulation, strategic management
Linkage Between The Core Service and Academic Achievement Mohtar, Shahimi
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 6, No 2 2007
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study investigates the relationship between the core services with academic achievement in private institutions of higher learning. The core service is especially important to the institutions of higher learning in Malaysia as they are gearing themselves to become exporters of premier education services. Aresearch framework was developed and hypothesis was posited and tested. Data was collected using the survey method. Survey questionnaires were hand-delivered to the respondents who volunteered to be participants in this study. A total of 331 representative samples of the population were obtained from the private institutions of higher learning by using the private institutions of higher learning directory as a sampling frame, after dropping numbers of private institutions of higher learning, which had ceased their operations. The data were analyzed by using descriptive statistics and inferential analysis. Statistical analyses used were the Pearson correlation and multiple regressions. Descriptive statistics were also employed. The results revealed that the core service has a relationship with academic achievement. Therefore, it deserves to be monitored and tailored appropriately in order to enhance organizational performance through academic performance. In conclusion, this study provides an insight into further understanding on how to enhance organizational performance by implementing excellent the core service management practices and simultaneously gives due emphasis on the academic achievement. Keywords: education service, academic achievement, higher learning

Page 1 of 1 | Total Record : 6