cover
Contact Name
Toha Ma'sum
Contact Email
mahsuntoha81@gmail.com
Phone
+6281336490389
Journal Mail Official
jiemstaida@gmail.com
Editorial Address
Jalan KH. Wahid Hasyim Krempyang Tanjunganom Nganjuk Jawa Timur
Location
Kab. nganjuk,
Jawa timur
INDONESIA
JIEM : Journal of Islamic Education and Management
ISSN : 2723343X     EISSN : 27456552     DOI : -
JIEM : Journal of Islamic Education and Management adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk. Jurnal ini memuat tulisan para dosen dan praktisi pendidikan yang memuat tema Pendidikan dan Manajemen berbasis Islam yang bersumber dari penelitian literer maupun lapangan. JIEM: Journal of Islamic Education and Management telah mendapatkan SK ISSN Cetak dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia nomor : 0005.2723343X/JI.3.1/SK.ISSN/2020.08, tertanggal 04 Agustus 2020 dengan nomor ISSN (cetak) 2723-343X dan SK ISSN online dengan nomor SK : 0005.27456552/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09, tertanggal 28 September 2020 dengan nomor ISSN (online) 2745-6552 .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022" : 5 Documents clear
SEJARAH DAN PARADIGMA KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Ahmad Saifudin
JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum adalah unsur yang sangat penting pada setiap model dan bentuk pendidikan. Kurikulum secara formal sudah diterapkan di sekolah sejak zaman Belanda. Artinya pada saat itu kurikulum juga sudah ada. Pelaksanaan pendidikan pada zaman Belanda punya ciri khas kurikulum tersendiri yang tentu diwarnai dengan misi penjajahan pemerintah Belanda. Demikian juga halnya pada zaman Jepang. Maka bisa disimpulkan bahwa tujuan pendidikan pada zaman tersebut ialah untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat membantu misi penjajahan di Indonesia. Pemerintah Belanda misalnya memanfaatkan penduduk pribumi untuk mengumpulkan dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin, sedangkan pemerintah Jepang bertujuan untuk membantu mereka memenuhi misinya dalam peperangan di Asia Timur Raya. Pendidikan di Indonesia terus berkembang setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, dalam hal ini termasuk perhatian dalam hal kurikulum. Sehubungan dengan hal ini, kurikulum di Indonesia dibagi menjadi dua periode: periode sebelum kemerdekaan dan periode setelah kemerdekaan. Secara kronologis sejak tahun 1945, keberadaan kurikulum telah mengalami banyak perubahan yaitu dimulai pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan 2013. Keberadaan Pendidikan Islam tetap menjadi bagian penting dari sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia. Pendidikan Islam pada zaman ini dituntut mampu meningkatkan pemahaman siswa atau anak didik dalam ilmu agama sekaligus mengamalkan ajaran Islam
STRATEGI PENINGKATAN CITRA SEKOLAH MELALUI OPTIMALISASI PERAN HUMAS DI SMPN 2 NGETOS NGANJUK Toha Ma'sum; Niken Ristianah
JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hubungan sekolah dengan masyarakat sangatlah penting dalam pelaksanaan program pendidikan, karena jika masyarakat dapat menjalankan perannya dengan baik terhadap sekolah maka akan timbul dukungan dan keikutsertaan masyarakat terhadap berjalannya sebuah lembaga pendidikan. Hal ini akan sangat membantu kelancaran sekolah dalam menjalankan tugasnya untuk menciptakan generasi masyarakat yang terdidik dan berguna bagi Nusa dan Bangsa. Hubungan masyarakat pada dasarnya bertujuan menciptakan dan mengembangkan persepsi citra positif sekolah di masyarakat. Pentingnya pendidikan menjadikan kerjasama sekolah dengan masyarakat sebagai kebutuhan dasar. Kerjasama tersebut dimaksudkan demi kelancaran pendidikan di sekolah pada umumnya dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada khususnya. Public relations atau humas sangat diperlukan baik pada tingkat pemerintahan maupun lembaga pendidikan. Public relations diharapkan mampu bekerja sama dengan masyarakat dalam berbagai aktivitas bisa sama-sama memberikan informasi dengan tujuan bersama. Untuk mewujudkan sekolah yang berprestasi perlu program-program strategis yang harus dikembangkan oleh sekolah dalam membangun citra positif sehingga ada percepatan peningkatan kualitas sekolah. Aspek-aspek yang harus di perhatikan oleh sekolah untuk mengantarkan sekolah yang memiliki citra positif di antaranya sekolah harus mempunyai visi dan misi yang jelas, memiliki SDM kepala sekolah dan guru yang mumpuni, manajemen yang profesional inovasi kurikulum, dan keterlibatan orang tua atau masyarakat
PENGELOLAAN PROGRAM QUR’ANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MA AL-HIDAYAH TERMAS BARON NGANJUK Abdul Kholiq; Moch. Yaziidul Khoiiri
JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini muncul berdasarkan penilaian bahwasanya karakter religius peserta didik kian hari kian menurun, Sehingga perlu langkah-langkah strategis yang tepat guna meningkatkan tingkat karakter peserta didik di sebuah lembaga pendidikan, salah satu strategi yang dapat diambil adalah program qur’ani yang dijalankan.Agar program tersebut dapat berjalan efektif dan efisien, maka perlu adanya pengelolaan yang baik pula terhadap program yang hendak dijalankan.Melalui serangkaian program yang dijalankan, diharapkan mampu mendongkrak karakter peserta didik di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk menjadi pribadi yang religius.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dan bersifat deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Penerapan pengelolaan program qur’ani telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen, Karakter siswa religius di MA Al-Hidayah belum berjalan secara menyeluruh kendati sudah ada berbagai kegiatan yang dapat membangun dan membentuk karakter siswa religius. Pengelolaan program qur’ani telah mampu membentuk karakter religius siswa seperti karakter disiplin, bertanggungjawab, berjiwa sosial dan fastabiqulkhairat
IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN NON AKADEMIK M. Munir; Mohamad Mustafid Hamdi
JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk terwujudnya peran pendidikan tersebut, telah ditempuh berbagai upaya oleh pemerintah. Upaya-upaya tersebut hampir mencakup seluruh komponen pendidikan seperti pengadaan buku-buku pelajaran, peningkatan kualitas guru, proses pembelajaran, pembaharuan kurikulum, serta pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan untuk membantu pengembangan minat dan bakat peserta didik dan pemantapan pengembangan kepribadian siswa yang cenderung berkembang untuk memilih jalan tertentu. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah bagi siswa yang memiliki minat dan bakat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan prestasi non akademik siswaharus menerapkan fungsi dari manajemen, yaitu Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sudah dilaksanakan sesuai dengan target dan sasaran. Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler sudah di atur dengan baik. Setiap jenis kegiatan ekstrakurikuler dibina oleh pembina yang sesuai dengan bidangnya dan dibantu oleh dua guru pendamping. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dipegang oleh waka kesiswaan dibantu oleh pembina dan guru pendamping kegiatan ekstrakurikuler di bawah pengawasan kepala sekolah.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Lumanul Hakim
JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen Vol 2 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah dan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya, dalam meningkatkan kinerjanya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Usaha meningkatkan mutu tersebut melalui konsep manajemen mutu. Dengan demikian kepala sekolah dan guru mampu meningkatkan kemampuaannya secara maksimal dalam pengelolaan layanan pembelajaran yang meningkatkan mutu pendidikan. Dengan Strategi transformatif seorang kepala sekolah, dapat meningkatkan mutu pendidikan, meskipun pasti ada kendala yang menghalangi berjalannya program sekolah. Upaya yang dapat dilakukan kepala sekolah antara lain adalah membentuk struktur kepengurusan dalam pelaksanaan program, kepemimpinan kepala sekolah yang luwes, tegas, dan bijaksana dan menjadi panutan serta dapat mendorong, memotivasi dan mempengaruhi semua anggota dalam mengembangkan dan mengatasi masalah-masalah dari program sekolah hingga mencapai tujuan bersama dan dapat dipercaya oleh masyarakat

Page 1 of 1 | Total Record : 5