cover
Contact Name
Mohamad Zaenal Arifin
Contact Email
mzaenalarifin@stai-binamadani.ac.id
Phone
+6282249559482
Journal Mail Official
jurnaltarbawi@stai-binamadani.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Hasyim Ashari kav dpr 236 gg. ambon. Kec. Pinang Kota Tangerang Post Code: 15145
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : 20885733     EISSN : 27154777     DOI : https://doi.org/10.51476/tarbawi
Core Subject : Religion, Education,
jurnal tarbawi adalah jurnal yang dipublikasikan oleh prodi pendidikan agama islam yang membahas mengenai pemikiran dan pendidikan islam. Adapun scope dan focus jurnal ini adalah strategi pembelajaran islam, manajemen pendidikan islam, kurikulum pendidikan islam, konsep pemikiran, perencanaan dan evaluasi pembelajaran islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam" : 7 Documents clear
REFORMASI PENDIDIKAN KHALIFAH: STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HASAN LANGGULUNG Abdul Rosyid
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.635 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.259

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan reformasi pendidikan Khalifah yang digagas oleh pakar pendidikan Islam, Hasan Langgulung. Reformasi Pendidikan Khalifah adalah pendidikan berbasis spiriztual atau juga dapat disebut pendidikan langit, pendidikan Ilahi berdasarkan bimbingan wahyu Allah. Konsep pendidikan ini berupaya mengembangkan pendidikan iman, kesalehan, kesetiaan, kecerdasan dan karakter yang memiliki keterampilan dan keinginan untuk terus belajar dan melayani orang lain sepanjang hidup mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus pada penelitian dalam penelitian perpustakaan. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan filosofis dan pendekatan ilmiah. Mengintegrasikan pendekatan filosofis dengan pendekatan ilmiah dimaksudkan untuk menemukan jawaban atas masalah pendidikan dalam upaya merancang konsep.Tulisan ini menunjukan bahwa paradigma reformasi pendidikan Khalifah dari Langgulung, ditujukan untuk mengeksplorasi, menumbuhkan dan mengembangkan, serta mengoptimalkan semua potensi manusia sebagai khalifah di bumi ini, untuk mewujudkan kesejahteraan mereka, duniawi dan ukhrawi dalam kapasitas mereka sebagai Hamba Allah.Penelitian ini mendukung pendapat para pakar pendidikan seperti David H. Yarn Jr., (2010), AN. Whitehead (1929), Syed Muhammad Naquib al-Attas (2014) yang berpendapat bahwa, "Inti dari pendidikan adalah agama dan tujuan terpenting pendidikan adalah membentuk manusia agama. Reformasi pendidikan Khalifah Langgulung adalah kritik konstruktif terhadap pendidikan humanis yang cenderung sekuler, mengabaikan sisi spiritual dan agama. Kritiknya adalah bahwa pendidikan celestial berusaha membebaskan umat manusia sebagai abdullah (hamba Allah) dari segala jenis belenggu hidupnya di dunia ini, tetapi juga di akhirat.
IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN DALAM PENDIDIKAN Achmad Saeful
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.441 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.260

Abstract

Tulisan ini menelaah implementasi nilai kejujuran dalam Pendidikan. Dalam tulisan ini dijelaskan bahwa nilai kejujuran merupakan nilai penting yang patut diajarkan oleh setiap peserta didik di sekolah, baik melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Penanaman nilai kejujuran dimaksudkan agar peserta didik memahami pentingnya nilai tersebut dalam setiap aspek kehidupan. Kejujuran merupakan modal penting bagi peserta didik untuk menjadi generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Kejujuran adalah salah satu nilai berharga dalam aspek kehidupan.
DAARUL ARQAM DAN MANAZILUL ULAMA’; SEBUAH ROLE MODEL PENDIDIKAN ISLAMIC HOME SCHOOLING DAN SEKOLAH ALAM DI INDONESIA Ahmad Suja'i; Saiful Bahri
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.948 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.261

Abstract

Konsep dan istilah pendidikan Home Schooling dan Sekolah Alam di Indonesia baru muncul dalam beberapa tahun ini dan telah mengalami perkembangan yang signifikan di beberapa Daerah. Bahkan di kemudian hari telah menjadi alternative dalam system pendidikan Nasional. Sejatinya model system pendidikan seperti ini sudah ada sejak masa awal kenabian, periode sahabat, periode tabiin dan periode tabii tabiin. Saat itu, sytem pendidikan disebut dengan istilah pendidian Daarul Arqam dan Manazilul Ulama. Dalam praktiknya, pada system Daarul Arqam dan Manzilul Ulama’, peserta didiklah yang mendatangi rumah-rumah para pendidik dan dalam proses transformasi ilmu pengetahuan di kemas dengan natural tanpa terikat dengan peraturan-peraturan sebagaimana dalam system pendidikan formal. Maka sangatlah tepat jika system pendidikan Daarul Arqam dan Manazilul Ulama’ digunakan sebagai Role Model Pendidikan Home Schooling dan Sekolah Alam.
KETERPADUAN ANTARA SPIRIT DAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM Fuad Masykur
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.676 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.262

Abstract

Manusia dilihat dari struktur lahir maupun batinnya dianugrahi pancaindra, akal pikiran, dan hati sanubari. Baik ia sebagai an-Nas/ Insan, Basyar maupun Anak Adam ia memiliki struktur batin yang sekaligus sebagai potensi yang dimilikinya yakni kefitriannya, ruh, nafs dan ‘aql. Penelitian ini bertujuan menyingkap spirit Pendidikan dalam Islam yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan ummat Islam pada generasi awal dan kemudian dipadukan dengan kurikulum Pendidikan yang semestinya. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Liberary research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif-analitis. Proses dalam menafsirkan dan menganalisa data, penelitian ini menggunakan tehnik deduksi dan induksi serta discourse Analisys.Mencermati spirit pendidikan yang telah dibangun dan dikembangkan oleh Nabi Muhammad SAW dan ummat Islam pada generasi salaf, maka penelitian ini menemukan bahwa orientasi pendidikan dalam Islam adalah holistik; menggabungkan aspek ruhaniyyah jasmaniyyah, ukhrawi dan duniawi. Arah tujuannya adalah pembentukan dan pengembangan karakter yang tidak hanya kecerdasan pikir saja tetapi juga dzikir, tidak hanya cerdas namun berkarakter, kuat, trampil, peduli dan kerjasama.
PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERMUTU DI MADRASAH Imam Turmidzi
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.253 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.264

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal sudah dikenal sejak awal abad ke 11 atau 12 M, yaitu sejak dikenal adanya madrasah Nidzamiyah yang didirikan di Baghdad oleh Nizam Al-Mulk. Pendirian madrasah ini telah memperkaya khasanah lembaga pendidikan di lingkungan masyarakat Islam, karena pada masa sebelumnya masyarakat Islam hanya mengenal pendidikan tradisional yang diselenggarakan di masjid-masjid dan dar al-khuttab. Namun, eksistensi madrasah saat ini telah terabaikan selama beberapa periode terakhir. Hal ini tentunya menjadi tantanga pengelola Madrasah saat ini. Untuk menjawab tantangan madrasah, maka harus dirumuskan sebuah formula yang harus dijawab dan diimplementasikan, yaitu: 1) pengelolaan pendidikan bermutu di madrasah, 2) konsep pendidikan bermutu di madrasah, 3) prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan di madrasah, 4) permasalahan-permasalahan yang dihadapi di madrasah dan solusi pemecahan masalah-masalahnya.
PENDIDIKAN PROFETIK DI PESANTREN LUHUR ILMU HADITS DARUS SUNNAH CIPUTAT Rizka Maulani
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.611 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.265

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadits yang merupakan sesuatu yang bersumber dari Nabi sebagaimana dikemukakan bahwa pendidikan profetik bersumber dari Nabi maka hadits termasuk pada pendidikan profetik. saat ini tidak banyak lembaga yang berfokus pada hadist dan ilmu hadits padahal hadits merupakan salah satu sumber agama setelah Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan profetik dalam pembelajaran hadits yang dilaksanakan di Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah Ciputat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menjelaskan hasil penelitian secara deskriptif. Fokus penelitian terhadap proses pembelajaran hadist di Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah melalui konsep-konsep pembelajaran hadits yang telah dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah Pisangan pembelajaran hadits khususnya kitab-kitab hadits dilaksanakan secara langsung. Secara garis besar konsep pendidikan profetik dalam pembelajaran kitab hadits di Pesantren Hadits Darus Sunnah digambarkan dengan dua istilah keilmuan hadits yakni Liqa’ dan mulazamah
PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI MELALUI PEMBIASAAN SHALAT TAHAJJUD DI PPTQ AL-MUNAWWAROH CIKARANG BARAT BEKASI siti nurkholilah; Erba Rozallina Yulianti; sururin sururin
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.19 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i2.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat tahajjud yang dilakukan di PPTQ Al-Munawwaroh, dan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter yang tercermin dari santri yang rutin melaksanakan shalat tahajjud. Serta apa saja kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembiasaan shalat tahajjud di PPTQ Al-Munawwaroh Cikarang Barat Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari wawancara langsung dengan pimpinan pesantren dan para wakil, serta para ustad atau musyrif dan para santri dan hasil observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen, naskah,buku atau arsip yang berkaitan dengan pembentukan karakter santri melalui pembiasaan shalat tahajjud di PPTQ Al-Munawwaroh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter santri melalui pembiasaan shalat tahajjud ini menunjukan hasil tentang pelaksanaan pembiasaan shalat tahajjud di PPTQ Al-Munawwaroh dan nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dilihat dari santri yang membiasakan shalat tahajjud serta bagaimana kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembiasaan shalat tahajjud di PPTQ Al-Munawwaroh. Selain dilakukan sebagai pembiasaan, pelaksanaan shalat tahajjud dan ibadah sunnah lain pun dilaksanakan secara berjamaah, dan kerjasama seluruh pihak yang berada di PPTQ Al-Munawwaroh untuk membentuk karakter santri didampingi juga oleh program yang mendukung perkembangan karakter para santri untuk mempersiapkan masa depan mereka yang gemilang dengan harapan para santri nantinya dapat menjadi para “ḥuffāz yang berkarakter qur’ani”

Page 1 of 1 | Total Record : 7