cover
Contact Name
Hendra Nelva Saputra
Contact Email
hendra.nelva@umkendari.ac.id
Phone
+6282193165892
Journal Mail Official
jurnal.decode@umkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Gedung E Lantai 2
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
ISSN : 27752984     EISSN : 27751813     DOI : 10.51454
Core Subject : Science, Education,
DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan September. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: (1) Jaringan Komputer, (2) Rekayasa Perangkat Lunak, (3) Data Mining, (4) Software Engineering, (5) Multimedia , (6) Pembelajaran Berbasis TIK , (7) Mobile Learning, (8) Blended Learning, (9) Desain Pembelajaran, (10) Kebijakan TI dalam Pendidikan, (11) Inovasi dan Trend TI dalam Pendidikan, (12) Teknologi Informasi
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1: MARET 2024" : 30 Documents clear
Implementasi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tasyah Coffee Tantri Maya Leni; Nurwati; Elly Rahayu
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.170

Abstract

Tasya Caffe yang terletak di Kerasaan, Sumatera Utara, yakni sebuah caffe yang menjual produk yang cepat saji seperti pasta, croffle, steak ayam, dimsum, nasi goreng, steak kambing dan lainnya. Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang sangat menarik dan efektif untuk penjualan dan kwalitas pelayanan pelanggan, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak Cafe dan pelanggan.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Metodologi penelitian ini dapat menarik kesimpulan dengan menggambarkan angka mangenai objek yang diteliti. Aplikasi yang dibangun dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database MYSQL. Hasil Implementasi CRM Pada Tasyah Coffee memberikan kemudahan kepada pelanggan mendapatkan informasi tentang produk, layanan, dan loyalty program bagi pelanggan serta memberikan kemudahan bagi pemilik dalam memantau transaksi penjualan secara realtime. Sistem yang diterapkan dapat mempermudah Tasyah Coffee dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, sehingga pelanggan tetap mempercayai pembelian di Tasyah Coffee.
Penerapan Metode Single Eksponensial Smoothing Dalam Memprediksi Penjualan Sembako Pada Toko Radin Reza Aditya; Iqbal Kamil Siregar; Rika Nofitri
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.171

Abstract

Toko Radin melakukan pengambilan (reorder) stok sembako ke produsen, dan untuk proses pengambilan (reorder) pemilik Toko Radin harus memprediksi terlebih dahulu berapakah yang harus diambil untuk dijadikan barang stok digudang. Selama ini Toko Radin belum dapat memprediksi keinginan dari pelanggan pada periode berikutnya sehingga mengakibatkan kurangnya kesiapan dalam penyimpanan penjualan sembako. Dari permasalahan yang terjadi pada toko radin, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitaif. Dimana metodologi kuantitatif ini bergantung pada data historis atau variabel asosiatif untuk meramalkan permintaan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem peramalan menggunakan metode single exponential smoothing berbasis website. Dengan tujuan dapat membantu Toko Radin dalam memprediksi penjualan sembako pada 1 bulan yang akan datang serta dapat mengetahui penjualan sembako di Toko Radin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi peramalan aplikasi sudah dapat diimplementasikan dan mendapatkan hasil perhitungan peramalan penjualan sembako toko radin yaitu penjualan tertinggi gula dengan hasil error 29,20%, kemudian disusul produk susu dengan persentase 24,72%, telur dengan persentase 13,80%, beras dengan persentase 10,47%, dan minyak dengan persentase 8,49%.
Rancang Bangun Aplikasi Notifikasi Dan Geolocation Pada Pedagang Keliling Terdekat Berbasis Android Rina Safitri; Hamzah Setiawan; Novia Ariyanti; Rohman Dijaya
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.173

Abstract

Maraknya pedagang keliling di Indonesia menjadi suatu tantangan tersendiri bagi masyarakat dalam mencari pedagang keliling terdekat. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu calon pembeli dalam mencari pedagang keliling terdekat dengan mudah dan efisien. Rancang Bangun Aplikasi Notifikasi dan Geolocation pada Pedagang Keliling Terdekat Berbasis Android merupakan aplikasi yang dirancang dengan tujuan untuk memudahkan calon pembeli dalam mencari pedagang keliling di sekitar lokasi mereka berada. Aplikasi ini memanfaatkan fitur geolocation pada perangkat Android dan menggunakan algoritma Haversine untuk menghitung jarak antara lokasi calon pembeli dengan lokasi pedagang keliling. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang akan memberikan informasi kepada calon pembeli jika ada pedagang keliling terdekat yang sedang berada di sekitar lokasi mereka. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model pengembangan Waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, perancangan sistem, pengujian sistem, serta tahapan implementasi dan evaluasi sistem. Perancangan sistem menggunakan bahasa pemrograman Kotlin serta menggunakan Android Studio sebagai platform pengembangan. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang akurat.
Islamic School Students’ Online Proselytizing Skills Enhancement through Graphic Design Learning Erna, Angdy; Abdul Kadir Jailani; Nurdin
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.181

Abstract

Islamic online proselytizing (e-dakwah) is the utilization of digital technology for motivating people to goodness based on Islamic principles, Al Qur’an and As-Sunnah. This study aims to implement a graphic design learning technology to improve students’ skills in e-dakwah, where all Muslims are obliged to carry out this virtue. The educators conducted the learning program at SMK-IT Ibnul Qayyim Islamic School (IQIS) of Makassar. The Analyze, State, Select, Utilize, Require, dan Evaluate (ASSURE) model is adopted to ensure that the learning activity is well-planned, effective, and achieves its objectives. The students' outcomes are expected to understand knowledge of graphic design and be able to create Islamic content using free apps via smartphones. They learned through a combination of lectures, demonstrations, and hands-on activities. Furthermore, the educators evaluate the learning process using multi-assessment techniques such as the pre-test, post-test model, and practical test. For the hands-on practice, the educators present it through a graphic design competition. The assessment instruments are designed based on lower-order thinking skills (LOTS) and higher-order thinking skills (HOTS) levels in Bloom's revised taxonomy. The research findings indicate a significant improvement in the students' skills quality. This achievement is expected to inspire students' creativity, prepare them to become Muslims with the spirit of inviting goodness, and limit unnecessary smartphone activities.
Peramalan Bandwidth Jaringan Internet User Pada Kantor Pusat Kementrian Keuangan Dengan Menggunakan Metode Holt-Winters Januar Malik Mahardika; Raden Anggia Apriani Djumhana; Arief Wibowo
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.191

Abstract

Saat ini kebutuhan internet adalah suatu hal yang tidak bisa tidak dipisahkan dalam pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), jaringan internet merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan infrastruktur dan layanan sistem TIK. Terutama kebutuhan akan akses email, aplikasi - aplikasi core Kemenkeu serta Stakeholder, dan yang saat ini sedang popular adalah aplikasi video conference seperti zoom, Webex, ms.teams, google meet dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan diimplementasikannya collaboration tools Microsoft office 365 di Kemenkeu, menjadikan jaringan internet dirasa sangat krusial untuk user Kemenkeu saat ini. Berdasarkan kebutuhan tersebutlah dirasa perlu untuk dilakukannya peramalan bandwidth jaringan internet pada kantor pusat Kemenkeu. Adapun metode yang digunakan adalah menggunakan metode Holt-Winters. Data yang digunakan merupakan data historis mingguan selama 1 tahun pada periode 2022. Hasil dari peramalan yang dilakukan dengan menggunakan metode Holt-Winters adalah menghasilkan nilai RMSE sebesar 177,209 dan menghasilkan peramalan bandwidth hingga periode 2024. Peramalan ini dilakukan agar dapat digunakan sebagai dasar data dukung untuk menentukan kebutuhan bandwidth internet user pada kantor pusat Kemenkeu untuk tahun 2025. Sehingga nantinya akan muncul perkiraan anggaran yang dibutuhkan dalam menyediakan layanan internet pada kantor pusat Kemenkeu.
Penerapan Metode Exponential Smoothing Untuk Memaksimalkan Penjualan Stock Sepeda Motor Pada Dealer Honda Denny Riandhita Arief Permana; Muhamad Fahrul Rozi; Fifi Lailasari Hadianastuti
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.194

Abstract

PT Cheger Motor merupakan perusahaan dealer yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan yang melayani service dan penjualan unit sepeda motor khususnya sepeda motor bermerek Honda. PT Cheger Motor masih kesulitan dalam mengatur bisnisnya, terutama dalam pengolahan data penjualan. selain. Hal ini menimbulkan beberapa masalah diantaranya penumpukan unit sepeda motor, yang diakibatkan kurang tepatnya dalam meramalkan penyediaan unit sepeda motor untuk periode berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuatkan sebuah sistem yang diharapkan dapat membantu melakukan proses pembelian unit dan peramalan untuk pembelian mendatang. Langkah-langkah pengelolaanya yaitu mengumpulkan data penjualan sepeda motor, ploting data, dan menentukan metode perhitungan yang sesuai. Penerapan sistem pendukung keputusan (SPK) untuk menyelesaikan masalah pembelian stock sepeda motor yang nantinya akan dijual dengan menggunakan Metode peramalan. Penerapan Metode Time Series Exponential Smoothing implementasikan ploting data penjualan unit sepeda motor Honda di PT Cheger. Hasil analisis dengan Metode Exponential Smoothing menunjukan bahwa didapati ada 3 jenis motor dengan nilai error yang kecil yaitu diatas 50% yaitu Beat Deluxe sebesar 55,26%, Beat CBS Sporty Fi sebesar 60,93% dan Scoopy Fi Sporty 52,86%. Hasil dari perhitungan membantu mengurangi keterlambatan atau kesalahan pada stok barang dan perusahaan dapat melakukan pembelian dengan tepat.
Pre-Processing Pada Klasifikasi Citra Medis Pneumonia Rio Subandi; Herman; Anton Yudhana
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.198

Abstract

Pemrosesan citra merupakan teknik pengolahan citra yang mengubah suatu citra input menjadi citra yang berbeda sehingga keluarannya memiliki keunggulan lebih tinggi daripada citra input. Pemrosesan citra berguna untuk tingkat mutu citra, membuang cacat citra, mengenali objek, dan menggabungkannya dengan bagian lain dari suatu citra. Kemajuan teknologi pengolahan citra digital (digital image processing) yang semakin pesat, dapat mempermudah kehidupan manusia. Salah satu contoh penerapan dalam bidang kesehatan yaitu klasifikasi penyakit pneumonia, klasifikasi data penyakit pneumonia berbentuk dataset citra yang akan diklasifikasikan menggunakan sebuah metode. Saat ini banyak aplikasi yang dapat diterapkan dalam melakukan pre-processing terhadap berbagai citra baik citra medis maupun non medis. Tujuan penelitian ini untuk mempersiapkan data citra sebelum diproses dan untuk memudahkan dalam analisis pada model klasifikasi CNN, data yang di pre-processing berupa data ctscan image. Tujuan dilakukan pre-processing pada citra untuk menghasilkan dimensions dan pixel yang sama agar memudahkan dalam klasifikasi CNN. Citra yang digunakan berwarna grayscale, agar memudahkan dalam klasifikasi pada tahapan selanjutnya. Hasil dari penelitian ini berjalan dengan baik karena dapat mengubah 5.196 citra grayscale menjadi citra yang lebih jelas, bersih, dan siap untuk diklasifikasikan dengan metode klasifikasi selanjutnya.
Penerapan Network Monitoring Menggunakan The Dude Mikrotik dan Notifikasi Pesan dengan Aplikasi Telegram, WhatsApp, dan Email Vindi Eka Safitri; Iqsyahiro Kresna A; Cahyo Prihantoro
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.200

Abstract

Ceo Point RT/RW Net merupakan instansi penyedia layanan internet berbasis RT/RW Net dengan cakupan pelanggan internal kabupaten Pekalongan. Instansi tersebut belum menerapkan monitoring jaringan untuk memantau perangkat jaringan komputer pada instansi tersebut. Hal ini menyebabkan proses perbaikan berjalan lebih lambat karena perlu dilakukan pengecekan ulang secara manual terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan menerapkan sistem monitoring jaringan dengan The Dude yang mana notifikasinya dikirim melalui aplikasi pesan seperti Telegram, Whatsapp dan Email sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan Ceo Point RT/RW Net. Hasil penelitian ini adalah bahwa adanya sistem monitoring pada Ceo Point RT/RW Net dapat melakukan pemantauan jaringan komputer melalui fitur maps The Dude Client. The Dude dapat melakukan monitoring kondisi perangkat keras jaringan Ceo Point. The Dude dapat memperlihatkan grafik riwayat ping pada fitur History. Dengan menggunakan The Dude dapat diketahui juga bahwa traffic terpadat upload/download jaringan Ceo Point sering terjadi pada pukul 12.00-14.00 yang artinya pada pukul ini menjadi jam-jam sibuk penggunaan internet. Dari hasil pengujian notifikasi ketika terjadi perubahan status kondisi perangkat, The Dude akan mengirim pemberitahuan melalui Telegram, Email, dan Whatsapp.
Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Promosi dan Pengenalan Kampus Menggunakan Game Development Life Cycle Christoper Jordan Lipaw; Thamrin Sofian; Theresia Herlina Rochadiani
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.214

Abstract

Promosi kampus merupakan elemen penting bagi akademik untuk menarik perhatian calon mahasiswa baru. Seiring perkembangan teknologi, media untuk promosi kampus semakin bervariasi. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media promosi kampus berupa game visual novel untuk pengenalan kampus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC) oleh Heather Chandler. Game visual novel diujicoba kepada 30 pelajar SMA/SMK sederajat. Evaluasi ujicoba pada data pengukuran dari kuesioner memperoleh hasil bahwa pengukuran terhadap 5 kriteria usability memperoleh hasil rata-rata sebesar 4.74 untuk learnability, 4,73 untuk memorability, 4.78 untuk efficiency, 4.43 untuk error, 4.62 untuk satisfaction dan keseluruhan pengukuran sebesar 4.67 yang digolongkan dalam kategori “Sangat Baik. Hasil pengukuran terhadap daya tangkap memperoleh pengukuran sebesar 91.1% penguji dapat menjawab pertanyaan dengan benar. 100% penguji setuju bahwa game visual novel lebih menarik dibandingkan dengan media promosi kampus yang ada. Hasil pengukuran ini menegaskan bahwa game visual novel dapat berpengaruh sebagai media promosi kampus.
Analisis Peran Atlet Dota 2 Dengan Algoritma Random Forest Dicky Huang; Ito Wasito
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 4 No. 1: MARET 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v4i1.216

Abstract

Dota 2 merupakan permainan action real time yang tergolong dalam game dengan genre strategi. Dalam Dota 2, para pemain dibagi menjadi 2 tim, yaitu, radiant dan dire untuk melawan satu sama lain. Setiap tim terdiri dari lima pemain, dengan peran masing-masing yang telah dipilih sebelumnya, salah satu cara dalam mengidentifikasi pemain berdasarkan keahliannya adalah dengan melakukan prediksi peran berdasarkan hasil statistik permainan sebelumnya. Untuk memprediksi kesesuaian pemain terhadap perannya, kami menggunakan Random Forest sebagai classifier dalam algoritma. Penelitian ini bertujuan menyortir pemain terhadap peran yang sesuai dengan permainannya. Metode random forest digunakan sebagai model prediksi yang meraih hasil akurasi sebesar 86,89%. Adapun penggunaan Confusion Matrix yang berfungsi untuk mengevaluasi teknik kategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Random Forest dapat menentukan peran yang sesuai bagi setiap pemain. Hasil tersebut dapat digunakan oleh perusahaan dan pelatih untuk melakukan prediksi terhadap peran yang sesuai dengan kualitas pemain tersebut.

Page 1 of 3 | Total Record : 30