cover
Contact Name
Choiril Anwar
Contact Email
choirilanwar@unissula.ac.id
Phone
+6281931704317
Journal Mail Official
jurnalbudai@unissula.ac.id
Editorial Address
Jl. Kaligawe Km 4 Semarang 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies
ISSN : -     EISSN : 28096169     DOI : -
Core Subject : Religion,
BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies is a peer-reviewed journal published by Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai-nilai Islam (LKPI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Indonesia. The journal publishes research articles, conceptual articles, reports field studies and book reviews of Islamic studies. The articles of this journal are published every six months (2 issues per year) in the months of November and May
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025)" : 11 Documents clear
Relevansi Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’līm al-Muta’allim Karya Imam Az-Zarnuji terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Muti, Fatkhatun; Farhan, Moh; Choeroni, Choeroni
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.2.2.155-162

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembentukan karakter dan kepribadian individu. Di Indonesia, konsep pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan nasional, terutama dengan diperkenalkannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai luhur sesuai dengan ideologi bangsa. Burhanuddin azZarnuji, seorang cendekiawan Islam yang hidup pada abad ke-14, memberikan kontribusi besar pada pengembangan pendidikan karakter dalam tradisi Islam melalui karyanya, Kitab Ta’līmul Muta’allīīm, az-Zarnuji menguraikan prinsip-prinsip pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter yang baik dan moralitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji, konsep dan penerapan kurikulum merdeka, dan relevansi Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji terhadap terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Fokus Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data primer kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam al-Zarnuji, dan sumber data sekunder berupa buku-buku dan jurnal yang relevan dengan Pendidikan karakter dan kurikulum merdeka serta implementasinya. Adapun metode analisis data berupa analisis isi (content analysis), analisis induktif, dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm meliputi etika dalam belajar mengajar yaitu adab terhadap guru dan kesungguhan serta kedisiplinan, pengembangan sikap spiritual, sikap terhadap ilmu, sikap terhadap sesama, pengendalian diri dan etika pribadi, konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’līmul Muta’allim memiliki relevansi terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dapat dilihat dari beberapa aspek terutama pada pendekatan Pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang diajarkan, dan tujuan Pendidikan, Pembentukan Karakter Melalui Penghormatan Terhadap Guru dan Orang Tua, dan Pengembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab.
Manajemen Stres Spiritual Terhadap Kualitas Hidup Pasien Ca Ovarium Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Astutik, Nanik Windi; Nugrahini, Retno Wahyu; Muntiningrum, Indah
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.26-36

Abstract

Kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker ginekologi dengan tingkat mortalitas yang tinggi, terutama karena sering terdiagnosis pada stadium lanjut. Selain dampak fisik akibat penyakit dan terapi yang dijalani, pasien juga mengalami tekanan psikologis yang signifikan, seperti kecemasan, stres, dan depresi. Manajemen stres spiritual diyakini dapat membantu pasien dalam mengelola tekanan emosional, meningkatkan ketenangan batin, serta memperbaiki kualitas hidup mereka. Metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 35 pasien kanker ovarium yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang mengukur tingkat manajemen stres spiritual dan kualitas hidup pasien. Analisis data menggunakan uji statistik Kendall Tau. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas pasien memiliki manajemen stres spiritual yang tinggi (62,9%) dan kualitas hidup yang tinggi (62,9%). Adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara manajemen stres spiritual dan kualitas hidup pasien kanker ovarium dengan nilai Kendall Tau = 0,978 dan p-value = 0,000 (p < 0,05). Manajemen stres spiritual memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas hidup pasien kanker ovarium. Pasien yang memiliki manajemen stres spiritual yang baik cenderung mengalami peningkatan kesejahteraan emosional, mengurangi kecemasan, serta memiliki pandangan hidup yang lebih positif. Oleh karena itu, pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek medis dan spiritual perlu diterapkan dalam perawatan pasien kanker ovarium guna meningkatkan kualitas hidup mereka.
Penerapan Metode “Qur’an Follow The Line” pada Siswa Kelas VII Aushaf, Mahartika Syadza; Hariyadi, Sugeng
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.37-46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode “Qur’an Follow The Line” (QFTL) pada siswa kelas VII-A untuk meningkatkan kemampuan menulis di MTsN 8 Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan melibatkan praktik metode QFTL. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Gambaran penerapan metode QFTL pada siswa kelas VII-A di MTsN 8 Sleman. 2) Hasil diterapkannya metode QFTL pada siswa yaitu didapati kemampuan menulis huruf Arab siswa meningkat.3) Adanya faktor pendukung yaitu pendidik yang kompeten, fasilitas sekolah yang memadai,dan motivasi peserta didik yang tinggi. 4) Faktor penghambat dalam penerapan metode QFTL yaitu kurangnya dukungan dari lembaga pendidikan dan kurangnya dana dalam menyelenggarakan metode QFTL.
Pendidikan Akhlak Melalui Tapak Wali Indonesia Terhadap Pembinaan Moral Remaja di Kelurahan Puusinauwi Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe Jaya, Jaya; Irfan, Agus
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.47-58

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1. Memahami secara menyeluruh keadaan moral remaja di Kelurahan Puusinauwi, 2. Mengidentifikasi fungsi dan peran tapak wali dalam pembinaan moral remaja di daerah tersebut. 3. Menggabungkan berbagai aktivitas yang dilakukan tapak wali untuk meningkatkan semangat remaja, 4. mengidentifikasi kendala yang dihadapi saat menjalankan program pembinaan moral dan langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam peran Tapak Wali dalam membentuk karakter moral remaja. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan anggota Paguyuban, pembina, dan remaja peserta, serta observasi partisipatif selama kegiatan latihan. Analisis data menggunakan metode grounded theory menghasilkan temuan bahwa Paguyuban berperan signifikan dalam pembentukan karakter moral remaja melalui penanaman nilai-nilai disiplin, kerja sama, dan keberanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tapak Wali membentuk karakter dan moral remaja di Kelurahan Puusinauwi, memberikan pelatihan disiplin, nilai-nilai keagamaan, dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan moral remaja
Manfaat Keberadaan Rumah Syariah Sebagai Penggerak Kapitalis Syariah di Dunia Kesehatan dan Ekonomi Elianita, Avika
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.%p

Abstract

Pada tanggal 1 Oktober 2016 DSN-MUI menerbitkan Fatwa DSN-MUI No. 107/DSNMUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Syariah. Istilah shariah di Amerika mulai trend diawal tahun 2000an. Diketemukan bahwa konsep syariah yang sedang diejawantahkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dalam fatwa menggunakan satu sudut pandang Maqashid Syariah Imam Syatibi. Mengapa dikatakan rumah sakit Syariah membawa kapital syariah karena selain melibatkan industry IT negara maju, penduduk muslim semakin meningkat dan pelayanan syariah dinikmati non islam, peluang Indonesia melibatkan industry keuangan BSI syariah, Mandiri Syariah, Bank Jateng Syariah, BCA Syariah dan BRI syariah dan diproyeksikan Indonesia 2050 sama pendapatan perkapita nya dengan negara maju menduduki top 5 dunia. Kemudian layanan Digitalisasi E RM telah dilewati oleh standar rumah sakit syariah dalam memenuhi upgrade kemampuan sistem dan teknologi. Produk syariah membawa paradigma baru didunia Kesehatan dengan penyesuaian gender pada saat pelayanan, pelayanan jenazah, sakaratul maut, standar halal gizi, penyesuaian obat dengan standar syariah. Memberikan dampak daerah sekitar, kota, provinsi, sampai negara. Hasil sangat erat dengan Masyarakat Ekonomi syariah menuju negara kapitalis syariah kedepannya. 
Implementasi Kegiatan Jumat Amal dalam Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Bagi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar Hartono, Hartono; Warsiyah, Warsiyah
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.59-74

Abstract

Kemajemukan masyarakat Indonesia berpotensi menimbulkan perbedaan pandangan yang dapat memicu konflik sosial. Oleh karena itu, penanaman nilai kepedulian sosial sejak dini menjadi krusial untuk membentuk generasi yang toleran dan harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi kegiatan Jumat Amal dalam membentuk karakter kepedulian sosial pada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Muktiharjo Kidul 04 Semarang dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi; wawancara dilakukan secara mendalam kepada guru dan siswa, sementara observasi difokuskan pada aktivitas Jumat Amal yang berlangsung di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Jumat Amal berkontribusi positif terhadap pembentukan sikap kasih sayang, tanggung jawab, dan hidup harmonis pada siswa. Nilai-nilai tersebut tercermin dalam perilaku toleransi, tolong-menolong, empati terhadap teman, serta disiplin di sekolah. Penanaman karakter kepedulian sosial dilakukan melalui pembiasaan amal baik seperti infak, sedekah, berbagi, dan makan bersama setiap hari Jumat. Guru berperan sebagai model teladan yang konsisten, sehingga perilaku siswa terbentuk melalui proses imitasi dan internalisasi nilai. 
Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ilustrasi Buku Anak “Dhikr For Kids” Karya Farah Kureshi Syadida, Nadia Bella Dina; Haryadi, Sugeng
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.1-14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ilustrasi ketujuh dan delapan buku anak “Dhikr for Kids” karya Farah Kureshi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten (content analysis) guna memahami bagaimana ilustrasi dalam buku tersebut menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam secara visual. Sumber data penelitian ini terdiri dari isi buku  “Dhikr for Kids”, wawancara dengan ilustrator dari buku tersebut, dan pembaca. Data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi ketujuh dan delapan dalam buku “Dhikr For Kids” mengandung nilai-nilai pendidikan Islam berupa aspek akidah dan syariat, yang diimplementasikan melalui elemen- elemen yang beragam, seperti warna, orang, tumbuhan, buah-buahan, pakaian, elemen alam, tulisan, bangunan, serta benda-benda tak hidup lainnya, seperti tasbih dan mutiara. Ilustrasi sudah tepat dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam. Sebagai implikasi, diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pendidikan dapat memanfaatkan ilustrasi sebagai media pembelajaran dan penelitian untuk memperkuat fungsi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya ilmiah.
Pola Integrated Learning Pembelajaran PAI dalam Membentuk Multiple Intelligence Siswa MTs Salafiyah Syafa'atun, Tria; Warsiyah, Warsiyah
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.87-96

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan akan pembelajaran agama yang hanya menggunakan model pembelajaran klasik pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu (1) mengetahui perencanaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (2) mengetahui implementasi pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (3) mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan peneliti bertindak sebagai pengumpul data, instrument kunci, pengamat dan reporter. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah berhasil mengetahui bahwa pola integrated leaarning dapat membentuk multiple intelligence siswa pada mata pelajaran PAI, (2) pola integrated learning diaplikasikan dengan baik oleh guru mapel pada pembelajaran PAI, (3) berhasil mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola integrated learning pada pembelajaran PAI sudah tepat untuk meningkatkan minat dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta membentuk multiple intelligence siswa secara alami.
Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Bimbingan Konseling untuk Siswa yang Bermasalah Akademik Lintang Kusuma, Regina Wahyu; Rifa'i Subhi, Muhamad
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.15-25

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis program bimbingan konseling yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) bagi siswa yang menangani permasalahan akademik, dengan penekanan pada penerapan nilai-nilai Islam. Permasalahan akademik yang dihadapi siswa sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi belajar, lingkungan yang tidak kondusif, serta minimnya pemahaman akan nilai-nilai spiritual dalam proses pendidikan. Analisis ini menggunakan pendekatan studi literatur yang dikonsentrasikan pada penelitian sebelumnya terkait bimbingan konseling berbasis nilai-nilai Islam. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen yang relevan, serta observasi terhadap praktik bimbingan konseling yang diterapkan di beberapa sekolah Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa program bimbingan konseling yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa dan perubahan perilaku. Nilai-nilai seperti kesabaran, kejujuran, keikhlasan, dan tanggung jawab menjadi pilar penting yang membantu siswa dalam menghadapi kesulitan akademik. Pendekatan ini juga melibatkan metode mentoring dan motivasi spiritual, serta penggunaan referensi dari Al-Qur'an dan Hadis sebagai dasar dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi siswa. Dari kajian literatur ini, disimpulkan bahwa program bimbingan konseling yang berbasis pada nilai-nilai Islam dapat menjadi solusi yang efektif untuk membantu siswa mengatasi masalah akademik. Rekomendasi bagi sekolah adalah untuk lebih mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam layanan bimbingan konseling, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter siswa secara menyeluruh.
Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Nur Azizah, Risda Alifia; Hariyadi, Sugeng
BUDAI: MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai - Nilai Islam Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/budai.4.1.111-118

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Pendidikan agama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik peserta didik adalah metode Tahfidzul Qur'an One Day One Colour. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Tahfidz ul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik dengan metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode One Day One Colour dalam menyusun rencana pembelajaran sudah baik karena sudah mencerminkan pembelajaran tahfidzul Qur’an yang terprogram secara utuh. Kemudian dalam melaksankan pembelajaran sudah efektif karena menunjukkan hasil atau pengaruh sesuai dengan target yang sudah disusun. Kemudian evaluasi memiliki keunggulan lebih menyenangkan, cepat, terstruktur, dan mudah. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti perbedaan kemampuan menghafal peserta didik dan keterbatasan penerapan. Sekolah telah berupaya mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode One Day One Colour berkontribusi signifikan meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik Peningkatan ini terlihat dari peningkatan hafalan secara umum, serta peningkatan pada tiga aspek hafalan, yaitu kelancaran, ketepatan, dan kemampuan muraja'ah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11